Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Berikut ini adalah cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen. Dengan tulisan ini saya akan membagikan pengalaman pribadi mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Setiap kasus memang berbeda tetapi mudah - mudahan tulisan ini bermanfaat.

Sebelumnya saya sarankan untuk membaca artikel atau tulisan ini pelan - pelan agar lebih memahami situasi dan mudah - mudahan bagi anda yang juga mengalami hal seperti ini segera terselesaikan masalahnya.
Gagal Login (F02): Upaya untuk login telah ditolak karena terdeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematuhi kebijakan Shopee.
Apakah anda mendapatkan pemberitahuan seperti diatas? atau pemberitahuan lain yang serupa dengan itu? lalu bagaimana cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen seperti ini?

Baca juga: Hati - hati! Ada Halaman Promo Flash Sale Shopee Palsu

Penyebab Akun Dinonaktifkan

Bagi anda sering membuka shopee melalui komputer pasti anda menyadari di akun pembeli kita tidak dapat melihat daftar Barang Favorit (wishlist) seperti yang ada didalam aplikasi smartphone.

Yup! Karena saya lebih sering membuka shopee melalui komputer jadinya saya agak kesulitan jika ingin melihat daftar barang atau produk yang telah saya tandai (sukai).

Dan akhirnya saya menemukan cara untuk dapat melihatnya dari komputer yaitu menggunakan aplikasi emulator/simulator, yang sering digunakan oleh para gamer untuk bermain game smartphone di PC atau komputer.

Sebenarnya tidak ada masalah saat saya membuka akun melalui emulator dan melihat daftar wishlist (barang favorit). Namun satu waktu saya terburu - buru harus melakukan transaksi, akhirnya saya mencoba melakukan transaksi melalui emulator.

Di langkah terakhir proses tersebut tiba - tiba saya mendapat notifikasi bahwa akun Shopee dinonaktifkan permanen dan seketika itu juga sistem melakukan logout dan saya tidak dapat mengakses lagi. Dicoba login kembali namun notifikasi yang sama selalu muncul dan login selalu gagal.

Baca juga: Cara Aman Buka Halaman Wishlist Shopee di PC

Pedoman komunitas

Nah, contoh kasus saya diatas sepertinya bisa dijadikan pelajaran, apakah kesalahan yang kita lakukan dapat 'dimaafkan' atau memang benar - benar telah melanggar peraturan keamanan dari sistem shopee yang berlaku.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pedoman komunitas atau syarat layanan shopee dapat anda baca di halaman berikut ini: https://shopee.co.id/docs/3001

Pada saat itu, saya bingung dan juga panik karena selain sebagai pembeli saya juga sebagai penjual di Shopee. Kesana - kemari mencari tahu cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Beberapa diantaranya juga ada masih belum ada kejelasan, semakin membuat saya panik.

Jadi, jika anda belum pernah membaca pedoman komunitas di shopee baik sebagai penjual dan pembeli lebih baik anda segera membacanya. Takutnya kita melakukan sesuatu yang dianggap biasa ternyata hal tersebut dilarang.

Karena banyak juga yang mengeluh bahwa akun mereka tiba - tiba dinonaktifkan tanpa mengetahui alasannya. Hal ini bisa disebabkan karena belum membaca atau mempelajari pedoman komunitas dengan lengkap.

Dokumen pendukung

Sebelum kita ke langkah - langkah atau tutorial, silahkan siapkan beberapa data atau dokumen dibawah ini, untuk persiapan jika nanti diminta oleh CS atau tim support dari Shopee
  • Nama pemilik akun shopee (atau username)
  • Email yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Nomor telepon yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  • Nomor NIK yang ada di KTP
  • Bukti tangkapan layar (screenshot) saat login dan notifikasi error muncul
Pada kasus ini saya diminta untuk memberikan data - data diatas yang dikirim melalui email dan telepon (akan dijelaskan dibawah). Beda kasus mungkin beda permintaan, namun yang pasti CS atau tim Shopee tidak akan meminta password akun shopee anda. Dan jangan pernah memberitahukan password anda kepada siapapun, termasuk petugas dari shopee.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Dibawah ini adalah tutorial versi video (Youtube), jika anda ingin melihat penjelasan dengan audi dan visual silahkan putar saja video nya atau tonton di youtube. Jika anda ingin terus mengikuti tutorial di versi tulisan silahkan lewati saja video nya dan lanjutkan membaca.


Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support mengenai kendala login ini. Kedua yaitu menghubungi Call Center atau customer service representatif shopee. Dibawah ini adalah cara mengirim email ke tim support shopee.
  1. Buat pesan /email baru (Sangat disarankan menggunakan email yang terdaftar di akun shopee anda)
  2. masukan email tujuan yaitu tim support Shopee berikut ini: support@shopee.co.id atau help@support.shopee.co.id
  3. Isi judul (subjek) dengan jelas dan tidak terlalu panjang. Saya menggunakan subjek ini: "TIDAK BISA LOGIN" silahkan boleh ditiru, atau buat judul anda sendiri seperti: "MASALAH AKUN DINONAKTIFKAN" atau kata - kata lain yang serupa. Yang penting tidak keluar dari pembahasan agar mudah diidentifikasi oleh tim support.
  4. Pada isi pesan silahkan jabarkan permasalahan yang anda alami, lengkap dengan data akun anda (kecuali password) agar tim support lebih mudah menemukan akun anda yang bermasalah.
  5. Lampirkan screenshot atau tangkapan layar saat notifikasi error muncul saat anda mencoba melakukan login
    Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
    Isi email yang dikirim ke tim support shopee
  6. Periksa kembali tulisan dan data - data yang anda akan kirim. 
  7. Silahkan >kirim. Pastikan email terkirim dengan melihat di daftar pesan terkirim (Sent)
  8. Selesai. Beberapa menit kemudian biasanya anda akan menerima balasan berupa konfirmasi penerimaan pesan dan juga nomor tiket permintaan yang terhubung dengan pertanyaan atau permintaan anda.
Didalam email balasan juga biasanya disebutkan waktu yang dibutuhkan oleh tim shopee untuk membalas pesan anda (biasanya 3 hari kerja). Email balasan pertama ini bersifat pemberitahuan saja dan biasanya dikirim otomatis oleh sistem, tidak perlu dibalas.

Jika ada email balasan lagi dari tim shopee silahkan ikuti arahan dan permintaan dari tim support shopee tersebut.

Baca juga: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Menghubungi Call Center Shopee

Setelah satu hari email dikirim dan belum juga mendapatkan balasan akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi call center shopee di nomor 1500-702. Setelah beberapa kali salah memilih menu, akhirnya dapat berbicara langsung dengan customer service representatifnya. Dalam waktu ini juga saya tidak dapat melakukan transaksi karena akun shopee dinonaktifkan permanen.

Biaya melakukan telepon ke call center shopee lumayan mahal (jika dibandingkan telepon biasa), pada pengalaman saya ini menghabiskan sekitar 10 - 15 ribu rupiah untuk satu kali telepon. Untungnya saya hanya memerlukan satu kali telepon.

Setelah obrolan pembukaan, saya langsung mengutarakan permasalahan bahwa akun saya tidak dapat diakses dan ketika melakukan login mendapat notifikasi bahwa akun saya dinonaktifkan. Selanjutnya saya bertanya "apa yang harus saya lakukan agar bisa login lagi?"

Jika sedang tidak ada pulsa, anda bisa mengakalinya dengan menghubungi customer care shopee via sosial media ke akun twitter @ShopeeCare. Cara ini telah dipraktekan oleh salah satu pembaca rinditech.com. Untuk penjelasan lengkapnya silahkan baca di bagian komentar dibawah dari @Kokotak.

Singkatnya CSR (customer service representative) Shopee tersebut bertanya hal - hal dibawah ini:
  • Disini bapak/ibu sebagai penjual atau pembeli?
  • Siapa nama pemilik (atau username) akun tersebut?
  • Berapa nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut?
  • Apa alamat email yang terhubung dengan akun tersebut?
  • Sebutkan atau bacakan tulisan yang muncul di notifikasi gagal login tersebut
  • *dan pertanyaan - pertanyaan singkat lainnya mengenai akun yang bermasalah
Setelah saya memberikan informasi - informasi yang diminta, CS Shopee meminta waktu untuk melakukan proses dan kemudian memberitahu bahwa dia telah mengirim email terkait permasalahan saya. 

CS tersebut meminta saya untuk menunggu balasan email selanjutnya dari tim shopee yang mengurusi permasalahan ini. CS shopee juga menyebutkan waktu respon paling cepat adalah 1x24jam (1 hari) dan maksimal itu 3 hari kerja.
Saya jadi memiliki 2 nomor antrian tiket yang berbeda untuk permasalahan yang sama. Nomor tiket pertama saya dapatkan dari email yang saya kirim langsung ke bagian support. nomor tiket kedua saya dapatkan setelah melakukan panggilan telepon ke Call Center Shopee.

Hati - hati! Harus tetap waspada di sosial media Shopee

Jika anda memilih untuk menghubungi CS Shopee via sosial media, tetap harus perhatikan keamanan data anda. Berikan data - data akun anda ke CS Shopee hanya di DM /Message, jangan di tweet atau reply yang bisa dilihat oleh orang lain.

Sepertinya banyak juga para penipu yang memantau setiap percakapan di sosial media, jadi jika anda memberikan nomor HP di tweet atau reply, bisa jadi yang menghubungi anda duluan adalah penipu, bukan CS resmi.

Dan setahu saya, perusahaan - perusahaan seperti shopee sangat jarang menelepon pengguna, kecuali memang sangat penting. Kalaupun ada yang menang undian atau hadiah, biasanya diberitahu langsung di aplikasi, bukan di telepon.

Saran saya, pertama silahkan kirim dulu DM /pesan tentang permasalahan anda ke akun sosmed shopee, selanjutnya baru tweet atau mention akun shopee dan beritahu bahwa anda telah mengirim DM dan minta tolong segera direspon. Contohnya seperti ini:

"min, saya barusan kirim DM, tolong segera dibalas ya. Terimakasih"

Jadi di tweet publik anda hanya memberitahu bahwa anda telah mengirim DM ke akun shopee, isi DM dan data akun tidak disebutkan. Jadi orang lain yang melihat mention/tweet anda pun tidak memiliki petunjuk apapun tentang apa permasalahan anda, apalagi data pribadi anda. 

Follow up dari tim Shopee

Satu hari setelah saya menerima email dari CS shopee, saya mendapat email lanjutan dari CS shopee namun beda orang. Pada email lanjutan tersebut saya diminta data - data dibawah ini:
  1. Nama pemilik akun Shopee 
  2. Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  3. Nomor KTP (NIK)
  4. Bukti tangkapan layar mengenai kendala yang kamu alami (Notifikasi pada aplikasi Shopee)
Satu hari kemudian saya mendapat balasan ke email dengan nomor antrian tiket yang pertama. Dalam balasan tersebut saya diberitahu bahwa akun saya akan diaktifkan kembali setelah 1x24. Hari berikutnya saya coba login dan berhasil, akun saya kembali aktif dan dapat digunakan seperti biasa.
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Balasan terakhir dari tim Shopee

Semua data terkait transaksi, shopeePay, toko online, dll masih ada dan dapat diakses seperti biasa. Tidak ada data yang hilang atau kembali menjadi kosong. Saldo ShopeePay pun tidak berkurang dan bisa langsung digunakan untuk bertrasaksi di hari yang sama.

Baca juga: Cara Login Shopee Tanpa OTP ke Nomor HP

Copy Paste?

Apakah boleh mengirim email yang isinya sama dengan yang saya kirim diatas? Silahkan saja dan tidak ada yang melarang juga. Namun ada baiknya jika anda tidak sepenuhnya menggunakan kata - kata yang sama. Akan lebih baik disesuaikan dengan permasalahan yang anda hadapi.

Kalau satu atau dua orang menggunakan kata - kata yang sama sepertinya tidak ada masalah, namun jika sudah terlalu banyak yang menggunakan ditakutkan malah dicurigai oleh tim shopee nya. Yang penting anda dapat memberikan data - data yang diminta untuk verifikasi.

Panduan Telepon Call Center Shopee

Jika anda masih bingung dalam memilih menu saat telepon ke pusat bantuan, silahkan bisa dicoba langkah - langkah dibawah ini.

Pilihan pertama silahkan pilih menu mengenai produk shopee

  1. Tekan 1 (Produk Shopee)
  2. Tekan 1 (sebagai pembeli) atau Tekan 2 (Sebagai penjual) | Sesuaikan dengan akun anda
  3. Tekan 1 (Perubahan Data Akun)
  4. Tekan 0 (Terhubung ke Customer Service Shopee)
Terakhir saya coba di bulan Mei, 2020 langkah diatas masih bisa digunakan ya. Jika langkah diatas sudah tidak bisa digunakan, berarti pihak shopee sudah merubah posisi menu pusat bantuan. Mohon diinformasikan jika sudah tidak bisa digunakan.

Shopee PayLater

Informasi terbaru yang saya dapatkan, beberapa akun yang sekarang tidak bisa login atau dibatasi aksesnya juga bisa karena transaksi Shopee PayLater. Bukan karena menggunakannya tentunya, melainkan yang menggunakannya tapi tidak bayar tepat waktu.

Fasilitas shopeePay later memang sangat menggiurkan, tetapi jika anda tidak mempunyai manajemen keuangan pribadi yang baik, sebaiknya hindari penggunaan fasilitas Shopee PayLater. Alih - alih anda mendapatkan barang dengan cara dicicili, bisa jadi anda nantinya kerepotan dalam membayar tagihan.

Q&A: Pertanyaan yang sering dibahas tentang akun shopee

Q: Gan, gw beneran degdegan nih sampe sekarang, tiba - tiba ada pemberitahuan "akun anda dinonaktifkan" kira - kira akunnya bisa balik lagi gak ya?
A: Tenang gan, gw juga sama waktu pertama kali dapat pemberitahuan itu, gak tahu mesti ngapain. Tapi setelah nyari info kesana - kemari ternyata banyak juga yang senasip. Kalau kayak kita - kita nih yang memang gak ada niatan jahat untuk mencari keuntungan (mempermainkan sistem), harusnya sih bisa ya balik lagi. Apalagi kalau ini kejadian pertama seumur-umur punya akun shopee. Yang dua kali aja bisa dikembalikan, apalagi kita - kita yang baru pertama kali, peluangnya pastinya lebih besar untuk balik lagi akunnya. Yang penting segera diurus proses re-aktivasi nya ya, contohnya seperti langkah saya diatas.

Q: Bro, akun gw juga barusan dinonaktifkan katanya karena penggunaan yang tidak wajar... duhh males nih bro ngurusin yang gitu - gituan, ribet dehh urusan akun doang... kalau didiemin kira - kira akunnya bakal balik lagi gak ya, otomatis balik gitu setelah beberapa hari didiemin?
A: Brother, yang diurusin aja ada yang gak bisa balik lagi akunnya.. apalagi gak diurusin, semakin gelap itu nasib akunnya... Tapi itu terserah masing - masing ya, kalau akunnya mau diikhlaskan juga ga ada masalah kalau buat saya... hehe

Q: Terus untuk saldo ShopeePay dan cicilan di Shopee PayLater balik lagi gak ya??
A: Sepengalaman saya dan teman - teman yang lain (yang komen dibawah) semua saldo dan data lainnya, termasuk poin loyalti sebagai penjual tidak ada yang berubah, semuanya kembali seperti sebelum dinonaktifkan.

Q: Kak, saya kan sudah order barang, terus statusnya sudah "sedang dikemas" itu bakal tetep dikirim gak ya sama penjual nya?
A: Sesuai pengalaman teman - teman yang lain (yang komen dibawah) barang yang sudah jadi invoice (berhasil dibayar) atau selesai dipesan umumnya tetap akan dikirim sama penjual. Ditunggu saja sesuai estimasi barang sampai seperti biasa. Kecuali memang pesananmu benar - benar mencurigakan dan tidak wajar, mungkin pihak shopee juga akan intervensi ya. Tetapi umumnya akan tetap dikirim, apalagi kalau statusnya sudah masuk pihak ekspedisi, pasti dikirim.

Q: Gan, saya kan sebagai penjual nih.. terus ada pembeli yang bilang bahwa akunnya baru saja dinonaktifkan tetapi sudah terlanjur pesan. Kira - kira barangnya dikirim jangan ya???
A: Jawaban singkat saya, tetap kirim. Kenapa? Selama tidak ada notifikasi atau pemberitahuan resmi dari pihak/sistem shopee tentang permasalahan akun pembeli, berarti anda tetap berkewajiban untuk memenuhi pesanan yang sudah masuk. Uang pembelian pun pada saat itu sudah berpindah dari akun pembeli ke akun shopee (sebelum akun dinonaktifkan), jadi bukan termasuk dana yang dibekukan. Tapi kalau masih ragu, langsung aja kontak CS shopee nya dari akun penjual.

Q: Kak, saya sebelumnya ditelpon katanya dari Shopee saya menang hadiah uang tunai tapi harus top up shopee pay dulu. Terus habis itu saya ditanya2 data akun shopee saya dan disuruh nyebutin kode verifikasi yang dikirim ke HP, ehh tiba - tiba akun saya ke blok, sekarang gak bisa login.. gmn dong kak? apakah akun saya sudah diambil alih?
A: Itu jelas penipuan ya... kedepannya harus lebih hati - hati lagi, jangan mudah tergiur sama hadiah - hadiah gitu. Pihak Shopee TIDAK DIPERBOLEHKAN meminta data rahasia seperti password dan kode verifikasi atau OTP. Apakah dana saldo di shopeePay nya sudah diambil oleh penipu? Saya tidak tahu. Apakah akunnya sudah diambil alih oleh penipu? saya juga tidak tahu. Yang sebaiknya dilakukan sekarang adalah segera kirim email dan juga telepon (sangat disarankan untuk segera telepon CS shopee) dan sampaikan kronologinya dengan jelas agar segera ditangani oleh pihak shopeenya, mudah - mudahan saldo nya masih ada ya. 

Q: Gan, kok gak boleh sih pake emulator? Kan kita gak ngelakuin sesuatu yang ilegal walaupun pake emulator
A: Kalau untuk boleh gak boleh itu juga saya kurang tau, yang jelas akun saya di blok/nonaktif karena checkout (transaksi) menggunakan emulator. Dan di email konfirmasi juga tertulis jelas alasannya karena "use of emulator/simulator", tanpa saja beritahu mereka saya menggunakan emulator.

Q: Kalau di blok nya pas saat transaksi, berarti boleh dong pake emulator klo cuman buat liat - liat doang? yang penting gak transaksi gitu..
A: Teknisnya memang seperti itu, untuk login dan nyari-nyari barang aja gak ada masalah. Tetapi saya bukan pembuat peraturan di shopee, siapatau besok atau hari ini mereka membuat kebijakan baru bahwa yang login shopee di emulator langsung di blok, atau apalah yang memperketat penggunaan emulator. Jadi lebih baik hindari deh pake emulator walaupun cuman buat liat - liat barang doang. Kalau mau liat halaman barang yang sudah dikasih love/ditandai (favorite/wishlist) masih bisa kok di PC, caranya ada di website ini, di atas (ditengah artikel) juga sudah saya simpan linknya.

Q: Mas, saya juga kan sebagai penjual ya di shopee, terus toko saya sudah star seller lagi, itu bakalan balik lagi gak ya mas? Susah loh mas jadi star seller di shopee..
A: Saya juga sebagai penjual di shopee, walaupun belum star seller..hehe.., tapi semuanya balik lagi kok, semua bintang tetap ada, reputasi tetap segitu, data semua transaksi tetap ada dan saldo penjualanpun tidak hilang, semuanya balik lagi..

Q: Bang, saya dikasih peringatan katanya saya terlalu banyak transaksi menggunakan cashback, lah itu kan saya pakainya juga sesuai aturan bang, jadi hak saya dong mau dipake berapapun dan kapanpun?
A: iya.. iya.. sabar... Saya juga pengguna cashback sejati kok, lumayan bisa irit - irit. Tapi balik lagi, saya bukan orang shopee, saya juga pengguna layanannya seperti kamu. Jadi kalau misalnya kamu dikasih tau gitu ya tinggal di manage aja penggunaan cashback/poin nya.. Sekali - kali bayarnya pake cara lain lah, diselang gitu, jangan terus - terusan pake cashback/poin.. 

Q: Kak, saya sudah kirim email tapi kok gak dibales - bales ya... jadi tambah galau nih..
A: Biasanya di pesan konfirmasi tertulis estimasi kapan email akan dibalas (biasanya ditulis 1-3 hari kerja), tetapi itu juga estimasi. Jadi kalau masih satu haru ya sabar aja ditunggu sampai 3 hari. Dan seperti saran saya diatas, kalau bisa lakukan double-action... kalau sudah email, jangan nunggu balesan dulu, langsung telepon saja CS nya, jadi keliatan tuh kan kita ngebet banget pengen akunnya balik lagi.. kalau ngandelin email pastinya lama dan bayangin aja, dari jutaan pengguna shopee setiap harinya, pastinya ada juga banyak pengguna yang bermasalah, nahh masalah kita tuh istilahnya 'nyempil' didalam tumpukan masalah tersebut, jadi ya kitanya yang harus pro-aktif biar di prioritaskan..

Untuk pertanyaan - pertanyaan terbaru dan penjelasan yang lebih banyak lagi, bisa dilihat langsung aja dibagian kolom komentar ya.. semoga membantu!

Semoga tulisan mengenai cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen ini dapat membantu dan bermanfaat. Jika ada pertanyaan, silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER: 144
  1. Halo Mas Rindi, kebetulan saya sedang ngalamin kasus yg sama nih dengan kamu, diblokir, tapi ngga disebutin kenapa. Sebelumnya saya memang pakai emulator juga untuk akses shopee, karena android di hp saya masih yg lama dan susah akses bbrp fitur di shopee (tampilan di android lama jd error/rusak). Jadi apa memang kita ngga dibolehin ya pakai emulator di pc untuk akses shopee ? Aku masih ngga nemu poin itu di syarat ketentuannya. Thanks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau dari pengalaman saya sih tidak ada masalah untuk sekedar login dan melihat - lihat. Tapi jangan sekali - kali melakukan perubahan pada akun atau transaksi apapun dari emulator karena akan dianggap mengakali sistem (abusive). Yang pasti kita harus terus update peraturan biar pake nya juga tenang. hehe

      Delete
  2. saya baru saja juga diblokir. kalau login persis keterngan nya seperti itu gagal f02 ? apakah bisa dipulihkan kembali, padahal emng melakukan kesalahan seperti login 1 akun lainnya tpi di hp yg sama ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dicoba saja mengikuti langkah yang telah saya lakukan diatas, biasanya kalau untuk kesalahan pertama masih bisa diusahakan (kecuali kesalahan berat yang menimbulkan kerugian). Apalagi karena tidak sengaja atau tidak tahu seperti itu, dicoba saja. Semoga berhasil!

      Delete
    2. sdh sya cba klaim ke cs jga ka, tpi lma bnget udh bbrp hari blm ada jwaban, sedngkn aq dpt undian iphone 11 nya, syng aja klo gk bisa pulih lgi :'(

      Delete
    3. Kalau sampai batas waktu yang dijanjikan tidak juga mendapat balasan, saya sarankan mengirimkan lagi pesan dan juga menghubungi customer service shopee. Sampai mendapat keputusan yang pasti bisa atau tidak, saya sarankan tetap berusaha. Semoga berhasil!

      Delete
    4. Tlp cs nya tekon tombol apa sih biar langsung tersambung sama cs nya

      Delete
    5. Untuk tombol sampai ketemu customer care
      Menu pertama Pilihanya
      1.Produk SHopee ( Tekan Angka 1 )
      Menu pilihan kedua Pilihnya
      1. Registrasi perubahan data akun (tekan angka 1 )
      Selanjutnya untuk telp sama CS shopee
      0. Untuk menghubungi CS shopee ( Tekan angka 0 )

      Delete
    6. Kak saya mau nanya, permasalahan saya juga sama seperti yg kakak alami, nah tadi kan saya sudah mengirimkan email ke shopee, terus ada balasan dan saya disuruh untuk mengirimkan data username akun yang terkendala, itu bentuk file na harus doc atau tulis langsung aja di email?

      Delete
    7. Langsung ditulis di reply saja. Kecuali disana ditulis jelas kyk "Foto KTP" atau "Screenshot error" baru berbentuk file.

      Delete
  3. Mas Rindi, kira2 saya perlu gak menjelaskan ke CS via email kalau sudah login shopee pake Bluestack trus melakukan checkout beli barang ? (soalnya gara2 itu sih tadi kejadiananya... tiba2 logout sendiri trus mau login muncul tulisan F02 bla..bla... persis kejadiannya seperti anda) Saya udah telp Call Center juga td, waduuuuh pusing mas... mana akun dipake jualan juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo perlu nggak nya sih saya juga kurang tahu mas. Tp Sebenarnya sih tanpa perlu dijelaskan pun sistem shopee udah bisa detect kalau mas nya pake emulator (bakalan otomatis tertulis di judul email dari shopee). hehe

      Gimana enak nya masnya aja, kalau saya sih kemarin nggak sampai detail seperti itu. Isi email saya ke CS shopee benar - benar seperti gambar diatas itu.. ga ada yang dikurangi atau ditambahkan. Semoga cepat kembali mas akunnya!

      Delete
    2. Alhamdulillah mas... akunku sudah kembali barusan dan dapat email kayak punya mas Rindi (diaktifkan kembali dalam 1x24 jam)

      Senang rasanya bisa mampir disini...
      Salam hangat dari saya dan keluarga mas...

      Delete
    3. Yup! Alhamdulillah.. sama2 mas, senang tulisannya bermanfaat.
      Salam balik buat keluarganya, semoga sehat selalu.

      Delete
    4. Berapa lama mas waktunya untuk dikembaliin?? aku punya belum juga dibalas :(( padahal saldo shoopePay masih 280ribu lagi

      Delete
  4. waah sama persis barusan sy checkout pake NOX emulator eh langsung gagal login f02, browsing google eh ketemu blog ini.
    jd lega.. mdh2an 3 hari kedepan akun sy bs aktif lg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! mudah - mudahan akunnya segera kembali mas. Kedepannya kita harus lebih hati - hati lagi

      Delete
    2. Gimana mas? sekarang akunnya udh balik belum?

      Delete
  5. sama gan baru kejadian kemarin, niat beli HP tapi HP lama dah ke jual, pke webnya d google tp ga bs pke vocher cashback jdnya pke emulator, pas cashout langsung logout sendiri, terus g bs login malah muncul " Akun sedang ditinjau karena alasan keamanan atau karena ada aktivitas yang melanggar Peraturan Komunitas Shopee" mana duit buat beli HP dah msk shopeepay tambah saldo dari jual HP blom ditarik, tambah koin dah 125rb auto paniklah, nah gan kalo akun dipulihkan saldo2 aman ga?, terus akun Toko gmn tuh yg udh dpt review bagus dr pembeli ikut kereset g?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pas akun saya sih aman semua mas, produk toko tidak ada yang hilang, review juga aman semua. Saldo juga aman, tidak ada yang berubah. Semoga cepat kembali mas akunnya!

      Delete
    2. Hi Mas, aku coba bantu pengalamanku kemarin barusan ya, Masalah kita semua sama dan Akun saya BERHASIL KEMBALI dengan SELAMAT, total waktu saya cuma 3 hari, 2 hari untuk nunggu, 1 hari pemulihan tapi sebenarnya 2 hari doang sih, begitu saya nerima email dari CS kalo akun saya akan dikembaliin saya langsung login karna seneng dan berhasil, semuanya normal saja dan saldo ShopeePay ngga berkurang.

      Delete
    3. Langkah saya : tentu ngikutin yang ditulis mas Rindi dan bener2 ngebantu banget, Makasih banyak Mas Rindi, Sehat selalu!.
      Akun saya mungkin berbeda dengan mas2.
      - Saya akun pembeli biasa tanpa punya store
      - Saya lagi pesen barang ketika akun dibekukan selama 3 hari, tapi barang tetap sampai kok
      - Saya nggak punya pulsa untuk ngubungin CS Shopee jadi saya akalin untuk cari kontak medsos shopee dan ternyata aktif banget adminnya juga fast respon, ini twitter nya

      === https://twitter.com/ShopeeCare ===

      Nah, agan coba buat thread disitu tapi sebelumnya buat dulu laporan seperti yang Mas rindi jelasin diatas lewat email, setelah itu lampirin tiket permasalahan dan jelasin masalah kamu di threadnya. Next tunggu aja paling cuma 1 jam udh dibalas sama adminnya trus kamu dikasih tiket yang baru sama mereka,( jadi kita punya 2 tiket berbeda dengan masalah yang sama tapi ini gapapa kok ). Next tunggu email masuk yang minta verfikasi data kayak KTP, Nomor NIk, dsb.. (ini yang makan waktu paling lama gw) kalo semua berkas yang diminta udh dikirim agan tingal duduk tenang minum kopi, besoknya mungkin dikasih email keputusan akun mas dibalikin atau nggak. tapi biasanya pasti dibalikin karna kita dikasih peringatan doang sebenernya hehehe.. Mungkin pengalaman saya juga bisa membantu untuk temen2 di masa depan yang bakal datang ke blog ini juga wkwkkwk

      *Cari gratis ongkir adalah jalan ninjaku, barang murah adalah prioritasku. Salam anak kost

      Delete
    4. bener gan, udh aktif lg, utuh semua, saldo msh ada koin jg, akun toko review msh ada... nah mau nanya kalo tarik shopeepay d emulator bs g?, masalahnya saya blom beli HP tp dananya ada d shopeepay, d banned lg ga ya?

      Delete
    5. Menurut saya sih lebih baik tidak menggunakan emulator untuk transaksi dan juga perubahan akun lainnya (apalagi tarik dana). Sistem keamanan di website besar seperti shopee itu sensitif, ada keanehan sedikit langsung ditandai. Kalau memang butuh banget saya sarankan untuk menggunakan HP lain (pinjam HP teman atau saudara sebentar), biar aman, sekalian tukeran dulu nomor HP nya sampai transaksi berhasil.

      BTW, terimakasih juga untuk agan @Kokotak yang telah membagi pengalaman dan juga saran yang kreatif!

      Delete
    6. Mas nunggu email verifikasinya berapa hari ya ? Saya sudah 1 hari stelah email pemberitahuan awal . Terimakasih

      Delete
  6. mas mau tanya, akun sya sedang di tinjau hari ini 27 maret, dikarenakan ada aktifitas pelanggaran.
    kira2 tinjauanya berapa lama ya, dan kalo dihapus permanen, apakah saldo dan shopeepay juga kehapus?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya sih dikasih tahu estimasi waktunya, tp ambil saja 3 hari kerja. Klo dihapus permanen sepertinya saldo shopeePay juga hangus.

      Delete
    2. Kalau boleh tau pelanggaran yg pernah dialamin sebelum akunnya ditinjau apa ya mas?

      Delete
  7. malem mas rindis juga ngalamin hal serupa persis, trs minta tolong di IG shopeeId selalu dapat balasan beda2 orang, trs diminta huat ke Atm buat mengaktifkan kembaki akun shopee saya, apakah memang begitu mas ? makasiih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau tidak selesai satu kali chating saya sarankan sih ditelpon saja ke CS nya, walaupun keluar pulsa, menurut saya itu paling efektif.

      Delete
  8. saya baru alamin hal ini...sampai saat ini masih proses verifikasi ulang semoga bisa ke buka kembali adasoalnya dana saldo 3,8jt di dalan akun

    ReplyDelete
  9. Mas barusan saya ngalamin
    Saya udah kirim email, nomor tiker juga udah keluar

    Langkah selanjutnya apa yang harus saya lakuin ? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah menghubungi call center shopee? kalau belum saya sarankan segera telepon ya biar cepat direspond email nya.

      Delete
  10. Apa bisa gan kalo akun kita udah di bekukan f02, barang pesanan kita yg udah setengah perjalanan masih dampe kerumah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah diperjalanan biasanya tetep nyampe gan, karena sudah berada ditangan kurir. Kalau ada nomor resinya bisa di tracking saja di website ekspedisi.

      Delete
  11. Kak kalo akun kita dinonaktifkan, apa pesanan kemarin yg masih dikemas akan dikirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk itu saya tidak tahu pasti ya, kalau penjualnya masih bisa lihat detail pesanan sih sepertinya tetap akan dikirim. Ditunggu saja 3-4 hari sesuai estimasi biasanya.

      Delete
  12. Kalau sudah f02 akun ditinjau karena alasan keamanan trus kita cuekin kira2 balik sendiri GK akunya ? Males bingit aku ngurusin.... Lah akun Iki aku buat khusus belanja kebutuhan dapur doang gara2 ke Superindo tiap hari bisa di blokir. Apessss

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo gak diurusin sih kemungkinan besar gak dibalikin ya, kecuali memang kesalahan berasal dari sistem shopee nya

      Delete
  13. Akun saya gagal log in terus mas, saya kira masalahnya gara* saya pakek 2 akun dalam 1 hp, Sampek 3 akun yg di pakek tetep gak bisa...malah akun yg terakhir itu akun yg baru di buat tapi malah jadi gagal log in f2.. ini gara* hp/emang dari pihak shopee ya mas??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah begitu ada kemungkinan perangkat yang digunakan (HP) sudah ditandai karena digunakan untuk membuka banyak akun.

      Delete
  14. Assalamualaikum mas. Saya juga mempunyai ma Salah yang sama. Namun awal masalahny itu Saya di telpon oleh orang yg mengakui Tim shopee katanya Saya mendapatkan hadiah 2 juta. Kemudian Saya mendapatkan sms kode otp. Kemudian Tanpa pikir panjang. Saya beri tahu kode tersebut karena ia minta. Kemudian Saya di suruh isi shopeepay 200rbu agar uang 2 juta masuk. Kemudian Saya isi. Selanjutnya Saya cek sales Saya d shopee pay tidak Ada. Yang ad transaksi game. Tidak lama kemudian akun Saya di non aktif kan. Saya baru sadar kalau saya sudah di tipu. Bagaimana solusinya. Apakah masih bisa shopee saya digunakan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waalaikumsalam.. Kalau sudah seperti itu lebih baik langsung hubungi CS shopee via telepon. Silahkan utarakan permasalahannya kepada CS dan minta saran/langkah agar akunnya bisa digunakan lagi. Semoga masalahnnya cepat terselesaikan..

      Delete
    2. huaaa baruuu bgt sy jg gt td sore..skrg gelisahhh huhu
      blm prnah dgr da penipuan..merasa sgt bodoh bs prcayaaa

      Delete
  15. mau tanya mass,kalau ada tunggakan di shope pay later trus akun shopenya dibanned apa bisa dibalikin ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau unutk tunggakan yang gantung saya kurang tau, lebih baik langsung ditanyakan saja ke CS shopee nya biar jelas.

      Delete
  16. Gimana si caranya biar bisa langsung contact sama cs nya shopee, aku udh ngehubungin dr shopee cht, shopee telpon, tp slowrespon banget.
    Btw kalo akun shopee aku di hack sama orang, saldo shopee pay aku hilang sekitar 9 jutaan, kira kira dana trsbt bisa dikembalikan lagi ga ya?
    lalu pas aku buka shopee lagi, tbtb langsung keluar, dan masalahnya itu f02.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk panduan pilihan menu di telepon sudah di update di artikel ya, silahkan lihat kembali di bagian akhir tulisan. kalau saldonya masih ada di akun shopeePay, berarti masih bisa kembali ya uangnya, yang penting akun shopee nya bisa kembali dulu. Tapi kalau saldo nya sudah ditransfer ke rekening bank pribadi, sepertinya susah untuk bisa kembali lagi.

      Delete
  17. Ka akun saya juga gitu mana lagi pesa barang kira* tetap dikirim ga ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pesanan terkonfirmasi dan sudah dalam proses pengemasan seharusnya tetap dikirim ya. Ditunggu saja sesuai estimasi pengiriman biasanya.

      Delete
  18. maaf saya mau bertanya saya udah hub lewat email tapi nggak di respon suruh nunggu 3 hari kerja pdhal udh 3 hari, dan saya mau tanya pas di twiter itu hub nya gmna ? telpon kah / chat ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah lewat masa estimasi disarankan langsung hubungi CS nya saja ya. Di twitter itu hubunginya via DM ya, seperti chat gitu. Kalau mau telepon bisa telepon ke 1500702

      Delete
  19. Assalamu'alaikum..
    Selamat malam bang Rindi, mhon maaf mengganggu.
    Saya mengalami hal yang sama, akun saya tiba - tiba logout dgn kode f02, seingat sy minggu2 ini sy batu ganti foto profil dan sampul, gantinya di hp, apakh itu juga terdeteksi sebagai pelanggaran?

    Dan kebetulan akun sy juga akun toko, saldo nya ada 3jt lbih yg blm ditarik.. apa masih bisa dikembalikan??

    Trmksih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk alasan pastinya hanya pihak shopee yang tahu. Dicoba saja langkah - langkah yang saya tuliskan diatas, semoga saja itu kesalahan dari sistem shopee nya dan akunnya dapat segera dikembalikan.

      Delete
  20. Mas rindi

    Saya mau tanya saya mempunyai maslaah yang sama
    Tpi ini di link.
    Saya itu beli produk ke pnjual setelah pmbayaran selesai saya di whatapp pihak penjual saya di suruh buat masuk ke link/website di luar shopee

    https://shopeepay55.000webhostapp.com/Shopee/Pay


    Saya sudah melapor itu gara² penjual yh minta aku klik tautan link itu akhirnya pnyaku di kunci ini sudh email ke CS shopeenya.


    Apa saya juga perlu untuk telpon callcenter nya?. Biar dapet 2 tiket seperi anda

    Mohon balasan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya sih cukup dengan email, tunggu balasan hingga batas waktu 3 hari sesuai estimasi. Tapi kalau ditambah telepon CS biasanya penanganannya lebih cepat. Kalau mas Wahyu ada budget buat telepon sih saya sarankan tambah dengan telepon ke CS.

      Delete
  21. Kronologi kejadiannya. Tadi saya kan komen di ig shopee buat cek dm saya, terus muncul para 'admin shopee' nge dm saya, nanyain nomer hp karna katanya bakal dihubungin. Nah td saya dihubungin sama org yg katanya admin shopee tapi mencurigakan, td dia nanya2 ttg mbanking saya, sisa saldo saya sama nomer kartu bca saya. Terus dia nanya ttg kode otp yang masuk ke nomer saya. Di sms ada sih jgn ngasih kode otp ke tim shopee, tp Saya pikir mungkin di bbrp kondisi tertentu emg disuruh ngasih kode otp. Tp sy mulai curiga pas dia suruh saya topup saldo shopeepay saya. Terus pas saya cek shopeepay saya pin shopeepay saya udah keganti. Mau saya ganti tp gabisa. Terus saya lapor ke cs live shopee, katanya akun saya dibekukan sementara. Cuman yg saya takutin saya kan masih ada sisa saldo shopeepay yg jumlahnya cukup besar sama tagihan shopeepaylater. Itu dibekuinnya brp lama ya? Saya tkaut kalo yg tdnya dibekuin sementara malah jd dibekuin permanen dan saldonya ilang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau CS nya bilang sementara berarti bisa dibalikin lagi. Untuk berapa lama nya saya tidak tahu, tapi menurut saya sih kalau sudah dibekukan lebih baik langsung hubungi saja CS shopee tapi via telepon dan minta akunnya diaktifkan kembali (siapatau bisa langsung aktif). Dengan via telepon, umumnya penanganan lebih cepat dan bisa bertanya secara langsung dan dijawab juga secara langsung. Kalau perlu ditulis dulu semua pertayaannya baru telepon. Jangan lupa siapkan identitas dan data akun shopee nya. Semoga cepat kembali akunnya!

      Delete
  22. Hari ini barusan saya dapat telfon dari nomer tidak dikenal mengatas namakan shopee,, dia berkata bahwa saya mendapatkan hadiah sebesar 1 juta karna sudah memakai shope pay sudah lama jadi akun shope saya kata dia bisa di dapatkan uang 1 jt,, dengan syarat tranfer 1 jt terlebih dahulu nanti di saldo shope pay saya akan ada 2 juta, jd saya isi saldo 1 juta ke shope pay melalui alfamart yaitu melalui kodenya nomer saya sendiri, dan setelah saya transaksi 1 juta ,shope saya tiba2 keblokir, kata dianya mohon di tunggu sebentar sedang dalam proses di betulkan kembali akun shope sayanya,, dan setelah itu saya suruh menunggu, tapi sampai sekarang saya harus mash menunggu,, mohon dari pihak shope apakah ini penipuan ?? Karna saya sudah transfer ke saldo saldo shope pay saya dengan kode nomer saya sendiri disuruh oangnya kaya gtu, tapi sampai saat ini belum kembali akun shope sayanya, dan kata dia disuruh menunggu 1 sampai 2 hari. Bagaimana ini apakah penipuan atau tidak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu sepertinya jelas penipuan, kalau penelepon sudah minta dikirim uang/pulsa walaupun cuman 10ribu itu sudah tanda2 penipuan. Apalagi diminta 1 juta, lebih baik diabaikan saja atau dilaporkan.

      Delete
  23. gile rata-rata yang kena disini emulator semua ya semoga akun saya balik seperti semula seperti agan2 amin

    ReplyDelete
  24. makasih mas Rindi tulisannya bermanfaat sekali..

    ReplyDelete
  25. Kalau akun saya kode f02 juga. Trus saya banyak pesenan di shopee.. tetep bisa sampe gak ya barangnya.. sebagian sudah dikurir. Yg 1 status terakhir menunggu pick up. Kira2 tetap di pick up gak ya sm kurir. N tetap bisa sampe gak ya?? 😭

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah menunggu pick up berarti seller sudah menyelesaikan kewajibannya, harusnya sih barang tetap dikirim ya sama pihak ekspedisinya. Ditunggu saja, sambil nunggu pesanan, baiknya segera diurus akunnya biar bisa digunakan lagi.

      Delete
    2. Oke makasih kak.. saya masih urus biar akun bisa balik. πŸ™πŸ»πŸ˜Š

      Delete
  26. sudah balik akun saya mas Rindi hanya perlu menunggu sehari saja hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Caranya bisa balik akunnya bagaimana?, email atau telpon, krn saya juga tiba tiba ter log out dari akun sophee saya, dan masih ada pesanan di terima oleh penjual dan saya masih mempunyai sophee pay, terimakasih

      Delete
  27. Akun aku dinonaktifkan sementara, karna aku melaporkan kejadian yang aku alami kaku mengalami penipuan dngn pihak yang tdak bertangung jawab): apa akun aku bisa kembali lgi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau laporannya berasal dari pemilik akun sendiri sih seharusnya bisa diaktifkan lagi ya. Langsung telepon saja ke CS nya dan minta akunnya diaktifkan lagi.

      Delete
  28. Akun saya pun 2 hari lalu dinonaktfkan permanen saat mau checkout menggunakan emulator di PC. saya tidak tau kalau ada syaratnya tidak boleh pakai emulator :D
    dan uang saya masih nyangkut di akun tsb karena ikut lelang barang 10,000 x 6 barang, pesanan saya juga ada yg belum dikirim oleh seller dn sampai skrg blm sampai,, apa gak di kirim yaa pesanan saya ? terus uangnya bakal kembali semua gk yaa ,, yampunn bingung ..

    btw terimakasi banyak atas blog nya, saya terbantu sekali, karena tadi siang saya menerima email bahwa akun saya akan di aktifkan kembali ..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! sama - sama. Sesuai pengalaman saya, semua saldo kembali dan transaksi yang sedang berjalan juga tetap berlanjut.
      Untuk barang yang belum dikirim sepertinya karena sekarang lagi weekend saja, ada beberapa seller yang memang tidak mengirim barang selain hari kerja. Hari senin coba saja di cek lagi, apalagi sudah menerima email konfirmasi untuk re-aktivasi.

      Delete
  29. Saya diblokir 3 kali gara-gara pakai emulator dan sekarang shopee nya gak mau memulihkan akun saya lagi.
    Mohon solusinya apa yang harus saya lakukan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah tiga kali sih itu namanya bandel ya, wajar saja kalau pihak shopee tidak mau memulihkan akunnya. Kalau saran saya sih buat akun baru saja, dan kedepannya tidak melakukan kesalahan yang sama.

      Delete
  30. Mau tanya, untuk pembayaran menggunakan shopeepay pakai web shopee bisa gak?
    Atau harus pakai aplikasi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pembayaran pakai shopeePay bisa via web ya, yang penting saldonya harus cukup.

      Delete
  31. Assalamualaikum mas Rindi. Saya juga mempunyai ma Salah yang sama Namun berbeda motifnya,awal masalahny itu tepat hari ini Saya di telpon oleh orang yg mengakui Tim shopee katanya Saya mendapatkan hadiah 2 juta. Kemudian Saya mendapatkan sms kode otp. Kemudian Tanpa pikir panjang. Saya beri tahu kode tersebut karena ia minta. Kemudian Saya di suruh isi shopeepay 300rbu agar uang 2 juta masuk dan mnjdi 2.300rbu nantinya. Tetapi Saya bingung, dan merasa aneh. Akhirnya bilang kalau saya tidak top up shopee pay bgaimna, katanya akan dibatalkan dan hangus ttapi ada sms untuk kode otp pembatalan dan minta disebutkan, dri situ smakin aneh, lalu saya matikan telfonya, dan saya cek shopee, trnyata ada pmberitahuan baru bahwa ada pesanan pulsa snilai 500rbu yg bukan sya lakukan langsung saya batalkan, dan saya rubah pasword loginya, akhirnya bisa login dgn pasword baru, gak lama kemudian tiba2 akun saya terblokir dan saya login muncul gagal login f02, saya bingung, smpai tlvon cs panduan terus, saya email, trus saya sampai ingin mrubah nmor pda akun trsebut, ttpi mnunggu 3x24 jam..
    Apakah akun saya yg trblokir bisa diaktifkan kembali ttpi sdah tlanjur mncoba mlakukan pergantian nmor? Jika trblokir bgitu shopee pay later apa bisa terpakai dgn org yg meretas akun saya? Takutnya ada tagihan shopee paylater yg bukan saya lakukan...

    Maaf agak panjang nih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu jelas penipuan. Kenapa bisa ada kode otp? Penipu menggunakan fitur login dgn nomor HP dan kode OTP pasti dikirim ke nomor pemilik akun untuk verifikasi, maka dari itu penipu menelepon nanya kode OTP yang dikirim.
      Kalau akun sudah terblokir berarti tidak bisa diakses oleh siapapun, insyaallah akun ShopeePayLater aman. Harusnya sih akunnya bisa diaktifkan lagi ya.. dan menurut saya sih gak perlu ganti nomor, yang penting lebih berhati - hati lagi kalau ada modus yang sama. Semoga cepat aktif kembali akunnya!

      Delete
  32. Terimakasih mas membantu artikelnya.

    diemail pengaktifan kembali akun saya disebutkan pelanggaran: "Kakak dapat pelajari pada syarat layanan pasal 6.2 poin K (mengakses Situs, membuka akun pengguna, atau sebaliknya mengakses akun pengguna dengan menggunakan emulator, simulator, bot, atau perangkat kerasmaupun perangkat lunak sejenisnya)."
    Di beri link juga untuk persyaratan lengkapnya. Males bacanya panjang. Kebiasaan memang :D taunya nanti pas melanggar. Entahlah mengapa tidak boleh pakai emulator!

    Tambahan atau masukan saja ya, jangan pernah berikan password atau kode OTP. karena CS shopee biasanya tdk akan menayakan hal tersebut. Takutnya ada oknum tak bertanggung jawab menggunakan akun anda. Jikapun anda menang undian, CS shopee biasanya memberitahu lewat notifikasi di akun anda baik login pakai aplikasi atau web dan juga biasanya melalui email resmi. Jika ada yg janggal coba lapor dulu melalui email, telpon atau sosialmedia resmi mereka. atau seraching google.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! bener banget, jangan pernah kasih no OTP ke siapapun karena itu bersifat rahasia. Terimakasih nih pak/bu sudah mau sharing. Alhamdulillah sudah kembali lagi akunnya ya.. :)

      Delete
    2. Sama-sama mas.
      Butuh waktu 1 minggu saya :D
      Berawal dari masalah aplikasi shopee diandroid versi rendah (android 5) sejak 31 mei yg tidak bisa login. Melalui web masih bisa tapi pemakaian vocer ongkir terbatas 1x perminggu. saya sudah sempat email cs shopee dan jawabannya kira2 hanya diminta menunggu perbaikan sistem aplikasi. Masalah aplikasi yg berlarut sampai 6 juni akhirnya saya mencoba menggunakan emulator blustacks, niat untuk dapat menggunakan free ongkir pas event 6.6.
      Tidak ada masalah saat login, ambil vocer, main game, beri penilaian dan liat serta masukkan barang ke keranjang. Tapi saat melakukan checkout untuk pembelian barang. DOR... loading lama dan akhirnya logout sendiri dan keluar pop-up (F02). Bingung dah, terlebih saldo shopeepay masih ada.

      Pas liat smartphone ada email masuk dari shopee, notifikasi bahwa akun saya dibekukan karena ada aktivitas yg melanggar persyaratan. Mohon hubungi kami di help@support.shopee.co.id. langsung saja saya email pas tanggal 6 itu. OK selesai tinggal menunggu balasan berarti. Menunggu 2 hari tak ada jawaban, iseng searching google eh ternyata ada kasus yg sama. Saya baca pengalaman saudara. Setelah itu karena 2 hari tak ada jawaban maka saya mencoba menghubungi shopee di 1500-702, susah ternyata CSnya penuh terus. Pulsa berkurang tanpa hasil. ok lah tunggu 1 hari lagi, karena saya baca di sini estimasinya 3 hari.
      Hari ke 3 tanggal 9 masih tidak ada balasan email. Mau nelpon males, dah pasti masih rame karna sistem shopee jg lagi banyak masalah itu. Akhirnya saya coba saran di sini yaitu DM Twitter @ShopeeCare minta bantuan followup (saya sertakan no tiket sebelumnya, username shopee dan email saya). Hanya butuh beberapa jam ada tanggapan di jelaskan sudah dibantu diteruskan ke tim terkait dan saya mendapatkan no tiket yg baru (jadi sama saya juga dapat 2 nomor tiket). Serta diminta menunggu email balasan.

      Hari ke 4 tanggal 10 Juni akhirnya saya mendapatkan balasan email, itu pun judulnya Tindaklanjut DM Twitter (berarti email saya yg sebelumnya mungkin belum tersentuh) meminta NIK dan Foto KTP untuk proses kelanjutannya sama seperti proses saudara. OK saya berikan selama tidak minta password dan OTP. Hari ke 5 tanggal 11 akhirnya dapat balasan kembali bahwa:
      -Pengajuan pengaktifan akun telah kami setujui
      _Mohon untuk mencoba login secara berkala dalam waktu 1x24 jam kedepan.

      Ok 12 Juni dapat email lagi tp beda judul, ini balasan email saya yg pertama. Astaga 1 minggu baru di balas, mungkin saking ramainya. isinya hanya tambahan bahwa kendala bug aplikasi sudah diselesaikan melauli update. OK saya coba login di smartphone akhirnya masalah terselesaikan serta bug dalam aplikasinya sudah teratasi (setelah update versi shopee terbaru). Shopepay dan Koin shopee Alhamdulillah aman.


      Intinya menurut saya jika ada masalah, klu mau cepat brarti mesti 2 alternatif. Pertama malalui email untuk dapat no tiket. Kedua melalui telpon atau sosial media resmi dengan melampirkan no tiket awal tadi buat bantu follow up. Itu juga tergantung seberapa sibuknya CS shopee, klu lagi banyak masalah sistem seperti awal2 bulan ini ya begitu. Termaksud mudah daripada harus ngurus langsung ke kantor shopee. Tapi mesti sabar :)

      Delete
    3. Wahh... rinci sekali nih penjelasannya, siapapun nama anda, saya ucapkan terimakasih banyak sudah mau berbagi pengalaman disini... btw, lama juga ya satu minggu, untung gak patah semangat nih yang punya akun, Alhamdulillah sudah balik lagi :)

      Delete
  33. Saya kok disuruh masukin foto ktp sama kk ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga sama mas, waktu itu diminta foto ktp sama kk di email. Pastiin aja email nya resmi dari shopee, bukan email abal - abal.

      Delete
  34. Mau nanya nih yg udh berpengalaman jualan di shope. Kalau dapet pesanan dr akun yg dinonaktifkan masih bisa tetap diproses dan uangnya bisa cair ga ya? Soale pembeli saya akunnya jg kenaa tipu jd terblokir

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak ada pemberitahuan resmi dari shopee sih menurut saya dikirim saja. Kan order nya pas akun masih aktif dan uang juga sudah masuk ke rekening shopee. Tapi kalau masih ragu bisa ditanyakan langsung ke CS shopee.

      Delete
  35. Alhamdulillah, akun saya bisa saya dapatkan kembali, makasih banyak infonya kang, sangat berguna, makasih banyak

    ReplyDelete
  36. Saya udh coba kirim via email kok gk kekirim kirim? Saya belum tau caranya.. Jelasin donk kak.. Padahal udh sesuai sama yang ditulis itu..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau itu sih kyknya masalah sinyal saja ya, atau salah ketik alamat email. Kalau masih susah ke kirim coba lewat sosmed aja atau langsung di telepon aja CS shopeenya. Sama aja kok itu ketiganya, beda jalur aja.

      Delete
  37. selamat pagi ka, ka sy mau brtanya kmarin sy trkena tipu oleh org tidak brttanggung jwab , shopeepay sy pun lenyap 300ribu,dan akun sy dinonaktifkan, bgaimana solusinya apakah akun sy tidak bisa digunakan oleh penipu itu dan tidak dpat digunakan oleh siapapun ? apakah yg menonaktifkan akun sy itu dari pihak shopee atau bgaimana ka mohin bantuannya πŸ™πŸ™πŸ™πŸ™

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dinonaktifkan berarti tidak akan bisa dipake oleh siapapun, termasuk penipu. Sekarang tinggal minta diaktifkan lagi aja ke shopee nya. Dan nantinya lebih berhati - hati terhadap modus - modus penipuan yang serupa

      Delete
    2. Kak sama saya juga hari jumat tgl 26juni 2020 kemarin kena tipu modus dpt uang tunai dgn isi shopeepay sejumlah 300 setelah pengisian saldo shopee saya ga bs log in sampe skr...Saya mau aktifin lg akun saya kak caranya gimana????Tolong saya

      Delete
    3. kalau mau cepat direspond saya sarankan langsung di telpon saja CS shopee nya. Dan jangan lupa siapkan data - data diatas yang telah saya tulis.

      Delete
  38. Kak akun saya juga di nontaktifkan tiba"..saya udh coba ikut kayak yg diatas.. Tapi saya belum ada ktp.. Karrna saya masih smk.. Gimana kak? Padahal masih ada saldo shoopepay nya kak..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan sih langsung telpon saja CS shopee nya dan bilang kalau kamu masih sekolah dan belum puya KTP, minta alternatifnya buat verifikasi selain pake KTP

      Delete
  39. Hai kak,saya membeli barang via cod,lalu barang tersebut sedang dikemas,Tiba-tiba akun Shopee saya dibekukan kira kira barang akan tetap dikirim apa dibatalkan .tolong dijawab kak makasih. .

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah dikemas berarti pesanannya sudah diterima sama seller dan harusnya sih tetap dikirim ya. Ditunggu saja sesuai estimasi barang sampai. Sambil nunggu mendingan segera diurus akunnya biar bisa digunakan lagi ya

      Delete
  40. Halo kak, akun saya ga bisa login dan saya lagi pesan barang, terakhir saya lihat barang nya sedang di proses, apakah barang tersebut tetap dikirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. harusnya sih tetap dikirim ya, apalagi kalau sudah transfer. Uang yang ditransfer dan masuk shopee harusnya gak termasuk dana yang dibekukan. Ditunggu aja sesuai estimasi sampai seperti biasa.

      Delete
  41. Kalo dari pihak shope yg bipang akunnya dibatasi bisa kembali gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa, dicoba saja. Pada dasarnya kan semua pembatasan itu berasal dari sistem shopee, makanya yang ngasihtau duluan itu pasti dari pihak shopee

      Delete
    2. Maaf kak nanya lagi soalnya kepikiran banget penipu itu minta saya untuk kirim foto dan ktp saya ,itu foto dan ktp saya bisa disalah gunakan gk sama penipu?

      Makasih ka

      Delete
    3. kalau sama orang jahat ya bisa - bisa aja. untuk kedepannya harus lebih hati - hati biar gak kecolongan lagi, jadikan sebagai pelajaran berharga.

      Delete
  42. Kak menu apa yg dipilih saat tlp cs shopee nya πŸ˜”

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di dalam artikel juga sudah ada langkah - langkahnya agar cepat terhubung ke CS shopee. Coba dibaca lagi pelan - pelan dan cari sub-judul "Panduan Telepon Call Center Shopee"

      Delete
  43. kalau masih pelajar saya harus gimana kak? soalnya saya belum ada ktp

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya sarankan sih langsung telpon CS shopee nya dan bilang kalau kamu masih sekolah dan belum puya KTP, minta alternatifnya buat verifikasi selain pake KTP

      Delete
  44. Kak bagaimana ya kalau akun shopee di nonaktifkan tapi kita masih punya tagihan shopeepay latter

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau kebijakan dari shopee nya saya kurang tahu ya, tapi bagaimanapun juga itu sudah termasuk kewajiban walaupun akunnya sudah nonaktif tapi kan kewajibannya masih harus diselesaikan. Mungkin nanti pihak shopee nya akan menghubungi atau gimana saya kurang tahu. Saran saya sih sambil nunggu akunnya balik lagi, tetap siapkan uang buat bayar tagihannya ya...

      Delete
  45. Kk mau tanya klo aku shopee ku kan tiba² muncul notif "maaf akun anda sudah tidak ada lagi" saat login kembali, karna keluar sendiri akunnya.

    Nah di akun tersebut ada produk yg ku beli & dalam pengiriman. Apakah barang yg ku beli itu sampai ke alamat rumah?

    Aku harus Ngapain ya kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sesuai pengalaman pengguna lain sih barangnya tetap akan sampai, ditunggu saja sesuai estimasi. Kalau mau akunnya balik lagi ya ikuti langkah - langkah seperti diatas, dan sesuaikan isi email dengan permasalahannya. Jangan lupa juga untuk telepon CS shopee nya biar segera dibantu prosesnya

      Delete
  46. halo kak kmren saya jg sama gagal login f02 lalu saya urus2 siang, nah pas sore kebuka lagi, tapi knp barusan saya mau buka malah keluar notif gagal login f02 lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah klo itu saya baru tau tuh, bisa aja ada yang akses akun kamu dari tempat lain atau alasan keamanan lainnya. Menurut saya sih langsung telepon aja CS nya dan bilang kronologinya yang lengkap biar bisa dicaritau juga dimana letak kesalahannya

      Delete
  47. hallo kak, hari ini juga tiba2 akun shopee tidak bisa di buka
    awalnya akun shopee saya ada yang hack gitu sampe saldo shoppepay nya habis
    dan ketauan dari riwayat bahwa dia mentrasfer saldo shoppepay nya ke shoppe dia
    trus aku chat dong org nya kenapa tiba2 begitu, udah lah ya aku kata2in org nya ( tapi gak parah banget sih) cuma sedekedar saya ikhlas gitu itung2 buang sial gitu
    trus akun nya aku blokir, eh tapi tiba2 akun shopee aku gak bisa di buka.. udah sempet kirim email ke shoppe tapi belum di resepon juga. gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah lewat masa estimasi balasannya saya sarankan untuk langsung saja telepon CS shopee nya, dan bilang bahwa kamu juga telah mengirim email tapi belum dapat balasan

      Delete
  48. hallo kak...
    saya jga gagal login dari tgl 2 agustus kemarin, udah saya urus langsung, dikasih estimasi 3hari, tpi sampai skrg blm ad jawaban jga

    soalnya sore ditgl yg sama ad yv tlpn mengatasnamakan dari tim shopee, memberitahu saya dpt cashback 1juta, saya tidak percaya, tapi saat dy memberitahu semua aktifitas trakhir saya dishopee dari beli apa sampai bayar lewat apa, saya rada percaya, terus ad sms masuk dari shopee berupa kode suruh masukin ke bagian voucher, tapi gagal dan tidak saya lanjutkan lagi telponnya, sekitar jam 18.00 ad email masuk memberitahukan klo akun saya dibekukan, sampai sekarang belum ada tindak lanjutnya lagi kak, saya harus gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wow.. bisa sampai tau gitu ya transaksi terakhirnya. Tapi setau saya perusahaan seperti shopee itu jarang banget nelpon user, apalagi cuman ngabarin menang voucher. Pengumuman pemenang seperti itu biasanya langsung di aplikasi (di notifikasi), tidak di telpon.

      Kalau sudah mengirim email, saya sarankan langsung telepon CS shopee nya. Kalau kemarin sudah telepon, ya di telepon lagi dan beritahu bahwa kamu belum mendapat balasan setelah telepon terakhir kemarin. Bilang saja ada yang harus segera dibeli tapi akunnya masih gabisa dibuka

      Delete
  49. Saya juga sama isi saldo 6jtaan shopee d blockir kira2 mau balik lagi gak yaa
    D masa corona sangat sedih
    Udh seminggu pelaporan sampe habisin pulsa 150rbu gak juga ada email menyenangkan yang masuk πŸ₯Ί

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh besar juga ya 6jt. Sesuai pengalaman saya sih saldo tidak berubah setelah akun diaktifkan, tidak hilang. Semoga akun nya cepat kembali ya...Aamiin

      Delete
  50. Kak. Shopee pay later suamiku diretas penipu. Dipakai buat utang pulsa 500 ribu.. Gimana ya solusinya. Akun sempat diblokir juga sama pihak shopee. Udah aku atifin lagi. Tapi gimana dengan tagihan yg 500 ribu itu πŸ˜₯

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah bisa dipakai transaksi sama penipu sih berarti itu akun, password, dan PIN sudah diketahui sama penipu. Segera ganti semua data2 tersebut. Untuk tagihan yang 500 ribu coba saja bikin aduan seperti aduan akun ini sesuaikan judul dan uraian, kalau ingin fast respond sih mending langsung telepon aja CS shopee nya dan minta jalan keluarnya. Sebenarnya pihak shopee juga bisa tahu pas transaksi itu akunnya login di HP mana, kapan, dan dimana, yang penting kitanya ngasih informasi yang jelas. Semoga masalahnya cepat teratasi ya

      Delete
  51. Kak, tadi malem aku dapat telpon dari penipu, dan aku memberikan kode otp ke penipu itu, saldo shopeepay saya ditransfer ke akun penipu, saya sudah chat ke shopee di shopee live chat, lalu akun saya dinonaktifin, dan saat ini akun saya tidak bisa login seperti Kaka F02. Saya takut penipu itu melakukan transaksi di akun shopee saya, kan akun saya sekarang sedang tidak bisa login, semisal penipu melakukan transaksi di akun saya, apakah transaksi tersebut akan terus terproses? Dan untuk mengaktifkan akunnya apakah bisa mengikuti cara seperti yang Kaka jelaskan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sudah dinonaktifkan dari sistem shopee, berarti akunnya sudah ga bisa diakses lagi sama siapapun (termasuk penipu). Kalau untuk transaksi saya kurang tau bisa terproses atau tidak. Untuk cara re-aktivasi langkahnya sama saja, yang beda itu di bahasa/penjelasan kamu ke CS shopee nya, kenapa akunnnya dinonaktifkan. Semoga cepat kembali ya akunnya :)

      Delete
  52. akunku juga kak blm balik baru kena baned hari ini karena ganti2 pass dan login d banyak hp admn semoga cepat kemabali masi menunggu balasan shopee
    doain ya mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap! semoga cepat balik lagi ya akunnya...

      Delete
  53. Kak aku baru juga kena tipu, diminta kode. Karna smsnya dr shopee gitu kan jd aku percaya kasih tahu aja. Trus disuruh transfer 200, karna aku jg dibawah umur ya percaya aja. Tapi aku belum transfer, aku ngasih tahu dulu ke kakak. Trus kakak blg itu penipuan. Aku langsung tutup panggilannya trus blokir tangan aku udah gemeteran jd cepet2 aku ganti password shopeepay aku walau cmn 16rb tp itu berharga. Trus gk lama tbtb dpt notifikasi akun dibekukan. Sumpah aku gemeteran udah mau nangis. Jadi aku nyari artikel terkait itu. Byk artikel blg melakukan pelanggaran, tapi aku sama sekali gak melakukan apa-apa yang melanggar syarat karna aku buka akun shopee jg dibantu sama keluarga. Trus nemu artikel ini aku langsung lakuin yg kyk kk blg tapi cmn lewat email karna pulsaku gk ada, aku jg gk punya twitter, gk berani aku hubungi lewat ig. Jadi cmn hubungi lewt email. Dibalas sama tim shopee ditanya nama pelapor, dll. Trus disuruh tunggu 3 hari. Gimana ya kak, aku kan baru masuk smk belum ada kartu pelajar, takut hub CS karna nanti bakal ditanyain lagi panjang lebar sama keluarga. Jd gimana ya kak bagusnya? T^T

    ReplyDelete
    Replies
    1. kenapa dianggap melanggar? karena saat itu akun kamu sedang coba diakses sama si penipu dan sistem shopee nganggap itu ada keanehan jadi dinonaktifkan. Jadi bukan karena kamu yang melanggar, tetapi si penipu yang coba akses. Kalau sudah dibalas dan disuruh tunggu 3 hari ya mending tunggu saja sampai waktu yang ditentukan habis. Kalau sudah lewat 3 hari coba login, kalau masih belum bisa login saya sarankan hubungi lagi CS shopeenya, lewat IG juga gpp yang penting ada respond atau balasan dari tim CS nya di IG. Semoga cepat kembali ya akunnya

      Delete
    2. Huaa...makasii kak. Gk dpt notif balasan dr kakak iseng cek eh ternyata kakak balas. Aminn, semoga akunku gpp. Makasi kak atas sarannyaπŸ™

      Delete
  54. Pengalaman diatas dari beberapa orang yang terkena masalah mudah mudahan akun nya bisa digunakan lagi termaksud aku. Aku Minta tolong kak supaya pihak shopee bisa mengerti akan adanya hal hal penipuan seperti diatas.apalagi akun yang dipakai itu nomor pribadi kita. Makasih ya kak randi atas info infonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga semua yang terkena masalah ini semoga akunnya cepat dikembalikan. Saya yakin juga pihak shopee sudah mengetahui hal ini, semoga mereka memiliki cara khusus untuk menghindari hal - hal seperti ini dikemudian hari

      Delete
  55. Akun saya juga kena blokir ka setelah saya menerima telpon
    Awalnya saya mesan hp, tpi hp nya tidak dikirim kirim, saya tanya penjualnya , alesannya macem macem, disuruhnya verifikasi shopee pay, jadi saya mulai curiga, terus saya ajukan pembatalan pesanan, tapi si penjual tidak mau mengonfirmasi atau menjawab malah saya terus menerus disuruh verifikasi shopee pay
    Setelah itu akun saya diblokir oleh shopee
    Yang jadi pertanyaan saya apakah uang dari pesanan yang saya batalkan itu bisa kembali ke saya, saya sudah mencantumkan no.rek, apakah uang akan kembali ke rek. Saya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tidak ada urusan penjual sama verifikasi ShopeePay, jadi sangat mungkin itu modus penipuan. Sebelum barang sampai ke pembeli, uang akan tetap berada di pihak shopee. Kalaupun dikembalikan tidak akan langsung masuk rekening, biasanya masuk ke akun ShopeePay atau saldo di akun shopeePay. Baru setelah uang ada di akun ShopeePay bisa ditransfer lagi ke rekening pribadi. Semoga akunnya cepat kembali ya

      Delete
  56. Assalamualaikum mas saya mau tanya kemarin ada yg nelpon mengatasnamakan pihak shope...singkat cerita inti nya penipuan la..penipu ini meminta data ktp,sandi shope,dan minta kode otp Dr shope yg di dikirim melalui SMS..tp tidak saya berikan... setelah saya menutup tlpn ..saya buka aplikasi shope...terkejut saya Teryata limit shopepay letter saya hbs terkuras di gunakan untuk membeli produk digital..dan sempat saya cek tagihan shope payletter saya untuk bln depan mencapai 900 rb an...kok bisa masuk ke akun shope Tampa kode otp.dan limit payletter di gunakan untuk beli produk digital..dan otomatis ada pemberitahuan akun saya di bekukan .saya sdh kirim Gmail ke pihak shope masih menunggu 1-3 hr kerja..bagaimana tagihan shope payletter itu..apa di limpahan ke saya...saya ngk Maula bayar cicilan yg saya tidak menggunakan nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Seharusnya sih bisa dibatalkan ya seluruh tagihannya yang dibuat sama si penipu. Kalaupun nanti masih ada tagihannya, ya tinggal di beritahukan saja ke CS shopee atau di pusat resolusi nya. Minta supaya tagihan tersebut dihapus karena itu bukan kesalahan kamu. Semoga cepat kembali ya akunnya

      Delete
  57. Ka akun saya juga di nonaktifkan. Trus saya email ya ke shopee nyam pihak shopee nya bls kata akun saya sedang di nonaktifkan sementara. Tapi saya harus ngisi nama no hp dan kronologi kejadian . Apa saya ngasih kode otp ke orang lain ngga nya. Kira2 akun saya bakal kembali lagi ga ya. Soalnya ada cicilan shopee pay later. Saya takut malah nanti bunganya makin banyak kalo ga cepet di bayar. Tapi saya juga ga bisa buka akun shopee saya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pihak shopee nya sudah bilang 'sementara' ya berarti bakal diaktifkan lagi setelah semuanya clear. Diikuti saja langkah - langkah yang diminta, termasuk kronologi kejadian dll. Semoga cepat kembali aktif ya akunnya

      Delete
  58. Kak aku mau nanya. Barusan aja akun shopee aku dinonaktifkan krn penipuan. Awalnya itu aku dpt tlpn dr nomor pribadi yg gak aku kenal dan dia ngaku² sbg karyawan shopee awalnya aku ragu krn gak mungkin pakai nomor pribadi, aku niatnya mau lsg matiin tp gak enak jd aku dgrin dulu dia mau ngomong apa. Modusnya dia bilang aku menang hadiah tp aku gak prcya krn shopee sendiri gak pernah ngirim notif tapi lama kelamaan dia bikin aku sedikitpercaya karena jujur aku bukan pengguna shopee lama jadi gak tau sistemnya gimana terus dia nanya mau dicairkan tunai atau mau dimasukan ke shopeepay. Aku nanya² sama org itu krn aku sama sekali gak ngerti karena pengguna baru, dia bilang ini itu trs dia minta kode rahasia dan disitu aku benar² gak yakin tp gak tau knp masih aja aku kasih :( terus dia bilang ini benerkan trs aku bilang iya. Dia nyuruh aku cek saldo shopeepayku dan gak ada samsek dia alasan lagi diproseslah trs dia ngomong hrs ngisi saldo dulu, dia minta tf 200k trs bakal ketambah sama saldo yg mau dicairkan. Dia maksa bgt dan dr situ aku yakin ini penipuan dan aku lsg panik krn kodenya udh aku kasih. Aku buru² ngomong sama si penipu itu kalau aku gak ada duit buat tf²an lain kali aja. Kasih aja ke pemenang lain heheh trs pas sdh dimatiin aku cepet² ngubah password akun shopeeku tp beberp jam kemudian akunku dinonaktifkan. Di situ aku tkt bgt :( tkt akunku sama data²ku dipakai untuk hal yg gak baik mana aku pengguna baru jd kurang paham sistemnya :( tkt bgt dan aku lsg cari² cara mengaktifkan kembali. Mana aku lg melakukan pembelian barang :( kira² akun aku masih dipegang si penipu gak? Kok bisa ya dinonaktifkan pdhl aku udh ubah passwordnya? Terus itu si penipu itu apain akunku? Kan gak ada saldonya samsek :(((( nyesel bgt udh curiga tp masih aja aku kasih kodenya. Pas aku ubh password ada diminta kodenya gitu dan di situ baru ngeh knp aku bisa dpt kode itu si penipu itu mau masuk ke akunku pantesan dia tau kalau aku dpt kode dari shopee itulah yg bikin aku sempet yakin jd aku kasih pdhl curiga :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! untuk orang yang baru tahu dan langsung dihubungi seperti itu biasanya memang seperti sedikit 'terhipnotis'. bukan karena mistis, tapi memang psikologi orang normal seperti itu, maka dari itu sangat penting pengetahuan tentang keamanan data bagi orang awam kyk kita2.
      Kalau akun sudah dinonaktifkan berarti semua pihak (termasuk penipu) sudah tidak bisa lagi akses akunmu. Sekarang fokus saja ke reaktivasi akunnya. Dan kedepannya harus lebih berhati - hati lagi ya.

      Delete
  59. Kak aku mau nanya,kemaren baru aja akun aku dinonaktifkan gara² penipu. Untungnya sih aku gak ada saldo shopeepay dan lainnya dan aku jg sadar itu penipu sygnya aku udh terlanjur ngasih tau kode otpku jd aku buru² ubh pwnya tp kok bisa sejam kemudian akunku dinonaktifkan. Aku tkt dataku diambil atau dibuat untuk yg gak baik gitu mana aku lagi beli barang😭 kok bisa ya kak dinonaktifkan padahal aku udh buru² ganti pw? Kira² kalau udh dinonaktifkan gitu bisa kembali gak kalau udh ngeemail pihak shopeenya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dinonaktifkan karena sistem shopee melihat ada kejanggalan dalam akses ke akun kamu, dan itu sebenarnya tindakan yang perlu dilakukan. Daripada ada orang lain yang akses akun kamu secara ilegal lebih baik dinonaktifkan dulu dan nunggu pemilik akun hubungi mereka untuk verifikasi. Diikuti saja seluruh tahapannya yang diminta oleh tim shopee, insyaallah kembali lagi.

      Delete
  60. terima kasih banyak atas informasinya mas Rindi.
    dan saya juga ingin menginformasikan bahwa alamat Support@shoope.co.id sudah tidak di gunakan lagi pertanggal 30 April 2020, jadi saya mengirim ke help@support.shoope.co.id
    MAS Rindi semoga semakin sukses selalu, aamiin . . . .

    ReplyDelete
    Replies
    1. Baik mas, terimakasih atas informasinya. Sama - sama mas, semoga mas nya juga sukses dan sehat selalu. Aamiin

      Delete
  61. Hallo ka...
    Akun shopee saya kena hack krna penipuan dan lngsung saya hubungi CS trus lngsung d nonaktifkan atau d bekukan sama pihak shopee.. kira² smpai berapa lama ya ka ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau sampai kapannya saya juga kurang tahu, biasanya ada email pemberitahuan bahwa akun kamu dinonaktifkan sampai kapan. Kalau ga ada estimasi waktu mending langsung hubungi lagi CS nya dan tanya langsung, siapatau ada proses atau data yang harus dikirim dulu sebelum diaktifkan lagi

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support. Kedua yaitu menghubungi Call Center Shopee. Semuanya akan dibahas didalam tulisan ini.
https://1.bp.blogspot.com/-1RdH-TAdJAQ/XeYy7AXgqhI/AAAAAAAAHgc/Gv_1KNFRK-Ye73TcqHo_tUCtAqTgkhiVACLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BMengembalikan%2BAkun%2BShopee%2BDinonaktifkan%2BPermanen%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1RdH-TAdJAQ/XeYy7AXgqhI/AAAAAAAAHgc/Gv_1KNFRK-Ye73TcqHo_tUCtAqTgkhiVACLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMengembalikan%2BAkun%2BShopee%2BDinonaktifkan%2BPermanen%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/12/cara-mengembalikan-akun-shopee-dinonaktifkan-permanen.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/12/cara-mengembalikan-akun-shopee-dinonaktifkan-permanen.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content