Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support. Kedua yaitu menghubungi Call Center Shopee. Semuanya akan dibahas didalam tulisan ini.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Berikut ini adalah cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen. Dengan tulisan ini saya akan membagikan pengalaman pribadi mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Setiap kasus memang berbeda tetapi mudah - mudahan tulisan ini bermanfaat.

Sebelumnya saya sarankan untuk membaca artikel atau tulisan ini pelan - pelan agar lebih memahami situasi dan mudah - mudahan bagi anda yang juga mengalami hal seperti ini segera terselesaikan masalahnya.
Gagal Login (F02): Upaya untuk login telah ditolak karena terdeteksi adanya kejanggalan pada aktivitas akun Anda. Pastikan bahwa Anda telah mematuhi kebijakan Shopee.
Apakah anda mendapatkan pemberitahuan seperti diatas? atau pemberitahuan lain yang serupa dengan itu? lalu bagaimana cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen seperti ini?

Penyebab Akun Dinonaktifkan

Bagi anda sering membuka shopee melalui komputer pasti anda menyadari di akun pembeli kita tidak dapat melihat daftar Barang Favorit (wishlist) seperti yang ada didalam aplikasi smartphone.

Yup! Karena saya lebih sering membuka shopee melalui komputer jadinya saya agak kesulitan jika ingin melihat daftar barang atau produk yang telah saya tandai (sukai).

Dan akhirnya saya menemukan cara untuk dapat melihatnya dari komputer yaitu menggunakan aplikasi emulator/simulator, yang sering digunakan oleh para gamer untuk bermain game smartphone di PC atau komputer.

Sebenarnya tidak ada masalah saat saya membuka akun melalui emulator dan melihat daftar wishlist (barang favorit). Namun satu waktu saya terburu - buru harus melakukan transaksi, akhirnya saya mencoba melakukan transaksi melalui emulator.

Di langkah terakhir proses tersebut tiba - tiba saya mendapat notifikasi bahwa akun Shopee dinonaktifkan permanen dan seketika itu juga sistem melakukan logout dan saya tidak dapat mengakses lagi. Dicoba login kembali namun notifikasi yang sama selalu muncul dan login selalu gagal.

Pedoman komunitas

Nah, contoh kasus saya diatas sepertinya bisa dijadikan pelajaran, apakah kesalahan yang kita lakukan dapat 'dimaafkan' atau memang benar - benar telah melanggar peraturan keamanan dari sistem shopee yang berlaku.

Untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pedoman komunitas atau syarat layanan shopee dapat anda baca di halaman berikut ini: https://shopee.co.id/docs/3001

Pada saat itu, saya bingung dan juga panik karena selain sebagai pembeli saya juga sebagai penjual di Shopee. Kesana - kemari mencari tahu cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen. Beberapa diantaranya juga ada masih belum ada kejelasan, semakin membuat saya panik.

Jadi, jika anda belum pernah membaca pedoman komunitas di shopee baik sebagai penjual dan pembeli lebih baik anda segera membacanya. Takutnya kita melakukan sesuatu yang dianggap biasa ternyata hal tersebut dilarang.

Karena banyak juga yang mengeluh bahwa akun mereka tiba - tiba dinonaktifkan tanpa mengetahui alasannya. Hal ini bisa disebabkan karena belum membaca atau mempelajari pedoman komunitas dengan lengkap.

Dokumen pendukung

Sebelum kita ke langkah - langkah atau tutorial, silahkan siapkan beberapa data atau dokumen dibawah ini, untuk persiapan jika nanti diminta oleh CS atau tim support dari Shopee
  • Nama pemilik akun shopee (atau username)
  • Email yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Nomor telepon yang terdaftar untuk akun tersebut
  • Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  • Nomor NIK yang ada di KTP
  • Bukti tangkapan layar (screenshot) saat login dan notifikasi error muncul
Pada kasus ini saya diminta untuk memberikan data - data diatas yang dikirim melalui email dan telepon (akan dijelaskan dibawah). Beda kasus mungkin beda permintaan, namun yang pasti CS atau tim Shopee tidak akan meminta password akun shopee anda. Dan jangan pernah memberitahukan password anda kepada siapapun, termasuk petugas dari shopee.

Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen

Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support mengenai kendala login ini. Kedua yaitu menghubungi Call Center atau customer service representatif shopee. Dibawah ini adalah cara mengirim email ke tim support shopee.
  1. Buat pesan /email baru (Sangat disarankan menggunakan email yang terdaftar di akun shopee anda)
  2. masukan email tujuan yaitu tim support Shopee berikut ini: support@shopee.co.id
  3. Isi judul (subjek) dengan jelas dan tidak terlalu panjang. Saya menggunakan subjek ini: "TIDAK BISA LOGIN" silahkan boleh ditiru, atau buat judul anda sendiri seperti: "MASALAH AKUN DINONAKTIFKAN" atau kata - kata lain yang serupa. Yang penting tidak keluar dari pembahasan agar mudah diidentifikasi oleh tim support.
  4. Pada isi pesan silahkan jabarkan permasalahan yang anda alami, lengkap dengan data akun anda (kecuali password) agar tim support lebih mudah menemukan akun anda yang bermasalah.
  5. Lampirkan screenshot atau tangkapan layar saat notifikasi error muncul saat anda mencoba melakukan login
    Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
    Isi email yang dikirim ke tim support shopee
  6. Periksa kembali tulisan dan data - data yang anda akan kirim. 
  7. Silahkan >kirim. Pastikan email terkirim dengan melihat di daftar pesan terkirim (Sent)
  8. Selesai. Beberapa menit kemudian biasanya anda akan menerima balasan berupa konfirmasi penerimaan pesan dan juga nomor tiket permintaan yang terhubung dengan pertanyaan atau permintaan anda.
Didalam email balasan juga biasanya disebutkan waktu yang dibutuhkan oleh tim shopee untuk membalas pesan anda (biasanya 3 hari kerja). Email balasan pertama ini bersifat pemberitahuan saja dan biasanya dikirim otomatis oleh sistem, tidak perlu dibalas.

Jika ada email balasan lagi dari tim shopee silahkan ikuti arahan dan permintaan dari tim support shopee tersebut.

Menghubungi Call Center Shopee

Setelah satu hari email dikirim dan belum juga mendapatkan balasan akhirnya saya berinisiatif untuk menghubungi call center shopee di nomor 1500-702. Setelah beberapa kali salah memilih menu, akhirnya dapat berbicara langsung dengan customer service representatifnya. Dalam waktu ini juga saya tidak dapat melakukan transaksi karena akun shopee dinonaktifkan permanen.

Biaya melakukan telepon ke call center shopee lumayan mahal (jika dibandingkan telepon biasa), pada pengalaman saya ini menghabiskan sekitar 10 - 15 ribu rupiah untuk satu kali telepon. Untungnya saya hanya memerlukan satu kali telepon.

Setelah obrolan pembukaan, saya langsung mengutarakan permasalahan bahwa akun saya tidak dapat diakses dan ketika melakukan login mendapat notifikasi bahwa akun saya dinonaktifkan. Selanjutnya saya bertanya "apa yang harus saya lakukan agar bisa login lagi?"

Singkatnya CSR (customer service representative) Shopee tersebut bertanya hal - hal dibawah ini:
  • Disini bapak/ibu sebagai penjual atau pembeli?
  • Siapa nama pemilik (atau username) akun tersebut?
  • Berapa nomor telepon yang terdaftar di akun tersebut?
  • Apa alamat email yang terhubung dengan akun tersebut?
  • Sebutkan atau bacakan tulisan yang muncul di notifikasi gagal login tersebut
  • *dan pertanyaan - pertanyaan singkat lainnya mengenai akun yang bermasalah
Setelah saya memberikan informasi - informasi yang diminta, CS Shopee meminta waktu untuk melakukan proses dan kemudian memberitahu bahwa dia telah mengirim email terkait permasalahan saya. 

CS tersebut meminta saya untuk menunggu balasan email selanjutnya dari tim shopee yang mengurusi permasalahan ini. CS shopee juga menyebutkan waktu respon paling cepat adalah 1x24jam (1 hari) dan maksimal itu 3 hari kerja.
Saya jadi memiliki 2 nomor antrian tiket yang berbeda untuk permasalahan yang sama. Nomor tiket pertama saya dapatkan dari email yang saya kirim langsung ke bagian support. nomor tiket kedua saya dapatkan setelah melakukan panggilan telepon ke Call Center Shopee.

Follow up dari tim Shopee

Satu hari setelah saya menerima email dari CS shopee, saya mendapat email lanjutan dari CS shopee namun beda orang. Pada email lanjutan tersebut saya diminta data - data dibawah ini:
  1. Nama pemilik akun Shopee 
  2. Foto KTP asli dan jelas (tidak buram)
  3. Nomor KTP (NIK)
  4. Bukti tangkapan layar mengenai kendala yang kamu alami (Notifikasi pada aplikasi Shopee)
Satu hari kemudian saya mendapat balasan ke email dengan nomor antrian tiket yang pertama. Dalam balasan tersebut saya diberitahu bahwa akun saya akan diaktifkan kembali setelah 1x24. Hari berikutnya saya coba login dan berhasil, akun saya kembali aktif dan dapat digunakan seperti biasa.
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Balasan terakhir dari tim Shopee

Semua data terkait transaksi, shopeePay, toko online, dll masih ada dan dapat diakses seperti biasa. Tidak ada data yang hilang atau kembali menjadi kosong. Saldo ShopeePay pun tidak berkurang dan bisa langsung digunakan untuk bertrasaksi di hari yang sama.

Copy Paste?

Apakah boleh mengirim email yang isinya sama dengan yang saya kirim diatas? Silahkan saja dan tidak ada yang melarang juga. Namun ada baiknya jika anda tidak sepenuhnya menggunakan kata - kata yang sama. Akan lebih baik disesuaikan dengan permasalahan yang anda hadapi.

Kalau satu atau dua orang menggunakan kata - kata yang sama sepertinya tidak ada masalah, namun jika sudah terlalu banyak yang menggunakan ditakutkan malah dicurigai oleh tim shopee nya. Yang penting anda dapat memberikan data - data yang diminta untuk verifikasi.

Semoga tulisan mengenai cara mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen ini dapat membantu. Jika ada pertanyaan, silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Android,35,Apple,28,Apps,15,ASUS,15,Automotive,6,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,14,Computer,5,Corel,8,Crime,20,Design,3,Facebook,23,Finance,23,Games,13,Google,19,HTML,5,Instagram,14,Internet,57,Microsoft,18,Modem,8,Muslim Corner,10,News,186,OPPO,1,Productivity,12,Review,45,Robot,1,Samsung,18,Security,35,Social Media,53,Software,22,Sony,4,Sponsored,2,Tips 'n Trick,178,Toko Online,30,Tutorial,202,Virtual Reality,1,WhatsApp,24,Xiaomi,29,YouTube,3,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen
Untuk mengembalikan akun shopee dinonaktifkan permanen, saya lakukan dua cara. Pertama yaitu mengirim email ke bagian support. Kedua yaitu menghubungi Call Center Shopee. Semuanya akan dibahas didalam tulisan ini.
https://1.bp.blogspot.com/-1RdH-TAdJAQ/XeYy7AXgqhI/AAAAAAAAHgc/Gv_1KNFRK-Ye73TcqHo_tUCtAqTgkhiVACLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BMengembalikan%2BAkun%2BShopee%2BDinonaktifkan%2BPermanen%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-1RdH-TAdJAQ/XeYy7AXgqhI/AAAAAAAAHgc/Gv_1KNFRK-Ye73TcqHo_tUCtAqTgkhiVACLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BMengembalikan%2BAkun%2BShopee%2BDinonaktifkan%2BPermanen%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/12/cara-mengembalikan-akun-shopee-dinonaktifkan-permanen.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/12/cara-mengembalikan-akun-shopee-dinonaktifkan-permanen.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy