Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Berikut ini adalah cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express. Ini adalah panduan step by step atau langkah untuk anda yang baru memulai jualan di shopee dan mendapatkan pesanan pertama. Jika nanti ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Sebelum lanjut mengirim pesanan shopee dengan J&T atau JNT, tidak bosan kami ingatkan, PASTIKAN PEMBAYARAN TELAH TERKONFIRMASI di sistem Shopee. Jadi jika anda mendapat chat /pesan langsung dari pembeli namun anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran di sistem, lebih baik ditunggu dulu.

Setelah pembayaran benar - benar terkonfirmasi (biasanya akan muncul notifikasi di sistem shopee), barulah anda siap untuk memproses pesanan tersebut dari mulai menerima order sampai menerima pembayaran.

Baca juga: Panduan Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat



Standar packing yang benar

Sebelum mengirim pesanan shopee, Pastikan juga anda mengetahui standar packing produk yang benar, pastikan barang tetap dalam keadaan baik jika paket tidak sengaja terjatuh, atau bergerak - gerak saat berada didalam truk ekspedisi.

Jika anda menggunakan kardus, pastikan tidak ada ruang kosong dialam kardus. Jika ada ruang kosong didalam kardus, anda bisa penuhi dengan potongan kardus yang kecil - kecil atau lebih baik lagi jika menggunakan bubble wrap berlapis.

Jika anda khawatir barang rusak atau cacat diperjalanan, anda juga bisa menambahkan stiker /print tanda fragile (Barang pecah belah). Untuk gambarnya silahkan di google saja, "tanda fragile", atau "tanda barang pecah belah", dll.

Perhatikan juga batas waktu pengiriman, untuk amannya usahakan mengirim paket ke J&T dihari yang sama dengan waktu pemesanan. Atau paling telah keesokan harinya sudah masuk ekspedisi (JNT). Jika terlalu lama, toko anda akan mendapatkan skor /nilai yang kurang baik dari shopee.

Baca juga: Cara tarik saldo penjualan di Shopee ke rekening pribadi

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

  1. Buka dan login di aplikasi atau halaman website khusus penjual /seller di shopee (seller.shopee.co.id)
  2. Pada halaman utama seller shopee silahkan klik menu >Penjualan Saya atau bisa juga dengan membuka menu >Pengiriman Perlu Diproses
  3. Daftar pesanan yang harus anda proses /kirim akan terlihat di halaman ini, silahkan klik tombol /tulisan >Atur pengiriman
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  4. Akan muncul popup menu agar anda memilih cara pengiriman ke kurir. Silahkan pilih, apakah anda ingin antar paket yang dipesan ke counter J&T terdekat, atau meminta kurir J&T menjemput paket kiriman anda. Pada langkah ini saya memilih mengantar sendiri ke counter J&T tersdekat.
  5. Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol >Konfirmasi >Konfirmasi agar sistem dapat membuat kode booking.
  6. Setelah kode booking muncul silahkan klik tombol >Cetak Resi
  7. Halaman resi akan terbuka di tab yang baru, silahkan cetak atau print resi tersebut (untuk nanti ditempelkan di paket)
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  8. Jika perlu, anda bisa sertakan juga kwitansi pembelian dari toko anda
  9. Selanjutnya silahkan packing atau bungkus barang yang telah dipesan dengan baik. Perhatikan standar pengemasan yang benar, sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual.
  10. Setelah barang selesai di packing silahkan >Tempelkan resi yang telah dicetak sebelumnya. Tempelkan dibagian atas paket agar mudah dilihat oleh kurir saat pengantaran.
  11. Pasikan packing aman dan rapi, kemudian silahkan antarkan paket ke kantor J&T terdekat.
  12. Silahkan berikan paket tersebut ke kasir dan jika perlu sampaikan juga bahwa ini pesanan shopee.
  13. Silahkan tunggu sampai anda mendapatkan tanda terima /nomor resi dari petugas /kasir J&T.
  14. Umumnya transaksi menggunakan J&T di shopee sudah tidak menggunakan uang tunai (cashless) jadi anda tidak perlu membayar ongkos kirim.
  15. Jika paket telah berada di tangan kurir dan anda telah menerima bukti pengiriman (resi) maka sebenarnya tugas anda sebagai penjual telah selesai.

Selanjutnya bagaimana?

Silahkan periksa kembali halaman penjualan di akun shopee anda, pastikan status penjualannya telah berubah menjadi "Sudah Dikirim". Periksa update lokasi barang secara berkala, pastikan paket yang anda kirim sampai kepada pembeli.

Setelah barang diterima oleh pembeli dan transaksi dianggap selesai, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke akun rekening pribadi anda yang sebelumnya telah didaftarkan.

Baca juga: Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking

Ongkos kirim

Shopee sudah mulai mengurangi transaksi langsung antara penjual dan ekspedisi (J&T). Seperti market place yang lain, sistem pengiriman di shopee sekarang menggunakan metode cashless. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi membayar ongkos kirim ke pihak ekspedisi.

Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee, kemudian langsung dibayarkan ke pihak ekspedisi. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi memikirkan biaya "nutupin" ongkos kirim. :)

Semoga tulisan mengenai cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express ini bermanfaat. Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER: 10
  1. Bang mau tanya berarti kita juga harus punya printer dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus. Sebenarnya ga harus di print. Bisa juga ditulis dikertas data2 yang ada di resi. Yang penting kode booking, alamat pengirim & Penerima harus jelas biar mudah di input sama pegawai J&T nya.

      Delete
  2. Bang mau nanya kalau cod itu gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum pernah sih dapat pesanan yang COD. Tapi setau saja dari sisi penjualnya gak ada perubahan apa - apa, kita tetap akan dapat bayaran dari shopee begitu semua proses pesanan selesai. Yang beda itu di bagian pembelinya aja, saat mereka terima barang dari kurir, pembeli harus membayar barang yang dipesan.

      Delete
  3. Bang saya kan pilih cara pengiriman jnt yg dijemlut kerumah, lalu kurir nya belum dateng dateng padahal jadwal pick up nya kemaren gimana solusi nya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru pertama kali mending telepon dulu kantor jnt nya sebelum order jemput. Biar mereka bisa konfirmasi apakah ada yang bisa ngambil atau tidak. Kalau sudah kelewat ya mending anterin aja ke kantor jnt nya dari pada tambah telat sampai di pembeli nya

      Delete
  4. Bang yg dimaksud dgn "Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee" apa? Jadi ongkirnya si penjual yg tanggung gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Yang tanggung ongkir itu selalu pembeli. Jadi klo dulu penjual harus bayar (talangin) dulu biaya ongkir, baru nanti uangnya diganti setelah transaksi selesai. Sekarang, penjual gak perlu lagi nalangin ongkir, karena ekspedisi nanti nagih ongkirnya ke shopee, shopee ngambil uang ongkirnya langsung dari uang pembeli. Jadi kita sebagai penjual tugasnya cuman packing pesanan dan anterin ke kurir

      Delete
  5. Kalo si pembeli ngambil metode pembayaran COD trs kita anter pesanan nya ke kantor j&t kan kita gk perlu bayar apa-apa. Terus kita dpt uang nya dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang hasil penjualan barang kita tetap dari shopee ya, jadi nanti setelah transaksi selesai uang hasil penjualan akan muncul di akun penjualan seperti biasa. Jadi alurnya kira2 seperti ini: pembeli bayar ke kurir jnt, jnt transfer ke shopee, shopee transfer ke penjual

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,40,Formula 1,4,Games,30,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,241,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,30,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,242,Toko Online,40,Tutorial,270,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Setelah anda mengirim pesanan shopee dengan J&T dan barang diterima oleh pembeli, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke rekening pribadi anda.
https://1.bp.blogspot.com/-nHbch7JQ22A/Xn23dGCuqiI/AAAAAAAAIMU/W3MIyyIu_co9HoH5hvW1Q7q7KjgJnLsZACLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BShopee%2Bdengan%2BJ%2526T%2BExpress%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-nHbch7JQ22A/Xn23dGCuqiI/AAAAAAAAIMU/W3MIyyIu_co9HoH5hvW1Q7q7KjgJnLsZACLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BShopee%2Bdengan%2BJ%2526T%2BExpress%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/03/cara-lengkap-mengirim-pesanan-shopee-dengan-jnt-express.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/03/cara-lengkap-mengirim-pesanan-shopee-dengan-jnt-express.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content