Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Berikut ini adalah cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express. Ini adalah panduan step by step atau langkah untuk anda yang baru memulai jualan di shopee dan mendapatkan pesanan pertama. Jika nanti ada yang kurang dimengerti silahkan bertanya melalui kolom komentar.

Sebelum lanjut mengirim pesanan shopee dengan J&T atau JNT, tidak bosan kami ingatkan, PASTIKAN PEMBAYARAN TELAH TERKONFIRMASI di sistem Shopee. Jadi jika anda mendapat chat /pesan langsung dari pembeli namun anda belum mendapatkan konfirmasi pembayaran di sistem, lebih baik ditunggu dulu.

Setelah pembayaran benar - benar terkonfirmasi (biasanya akan muncul notifikasi di sistem shopee), barulah anda siap untuk memproses pesanan tersebut dari mulai menerima order sampai menerima pembayaran.

Baca juga: Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee?


Standar packing yang benar

Sebelum mengirim pesanan shopee, Pastikan juga anda mengetahui standar packing produk yang benar, pastikan barang tetap dalam keadaan baik jika paket tidak sengaja terjatuh, atau bergerak - gerak saat berada didalam truk ekspedisi.

Jika anda menggunakan kardus, pastikan tidak ada ruang kosong dialam kardus. Jika ada ruang kosong didalam kardus, anda bisa penuhi dengan potongan kardus yang kecil - kecil atau lebih baik lagi jika menggunakan bubble wrap berlapis.

Jika anda khawatir barang rusak atau cacat diperjalanan, anda juga bisa menambahkan stiker /print tanda fragile (Barang pecah belah). Untuk gambarnya silahkan di google saja, "tanda fragile", atau "tanda barang pecah belah", dll.

Perhatikan juga batas waktu pengiriman, untuk amannya usahakan mengirim paket ke J&T dihari yang sama dengan waktu pemesanan. Atau paling telat keesokan harinya sudah masuk ekspedisi (JNT). Jika terlalu lama, toko anda akan mendapatkan skor /nilai yang kurang baik dari shopee.

Baca juga: Cara tarik saldo penjualan di Shopee ke rekening pribadi

Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express

  1. Buka dan login di aplikasi atau halaman website khusus penjual /seller di shopee (seller.shopee.co.id)
  2. Pada halaman utama seller shopee silahkan klik menu >Penjualan Saya atau bisa juga dengan membuka menu >Pengiriman Perlu Diproses
  3. Daftar pesanan yang harus anda proses /kirim akan terlihat di halaman ini, silahkan klik tombol /tulisan >Atur pengiriman
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  4. Akan muncul popup menu agar anda memilih cara pengiriman ke kurir. Silahkan pilih, apakah anda ingin antar paket yang dipesan ke counter J&T terdekat, atau meminta kurir J&T menjemput paket kiriman anda. Pada langkah ini saya memilih mengantar sendiri ke counter J&T tersdekat.
  5. Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol >Konfirmasi >Konfirmasi agar sistem dapat membuat kode booking.
  6. Setelah kode booking muncul silahkan klik tombol >Cetak Resi
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
  7. Halaman resi akan terbuka di tab yang baru, silahkan cetak atau print resi tersebut (untuk nanti ditempelkan di paket)
    Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
    Contoh resi yang bisa dicetak untuk ditempel di paket
  8. Jika perlu, anda bisa sertakan juga kwitansi pembelian dari toko anda
  9. Selanjutnya silahkan packing atau bungkus barang yang telah dipesan dengan baik. Perhatikan standar pengemasan yang benar, sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual.
  10. Setelah barang selesai di packing silahkan >Tempelkan resi yang telah dicetak sebelumnya. Tempelkan dibagian atas paket agar mudah dilihat oleh kurir saat pengantaran.
  11. Pasikan packing aman dan rapi, kemudian silahkan antarkan paket ke kantor J&T terdekat.
  12. Silahkan berikan paket tersebut ke kasir dan jika perlu sampaikan juga bahwa ini pesanan shopee.
  13. Silahkan tunggu sampai anda mendapatkan tanda terima /nomor resi dari petugas /kasir J&T.
  14. Umumnya transaksi menggunakan J&T di shopee sudah tidak menggunakan uang tunai (cashless) jadi anda tidak perlu membayar ongkos kirim.
  15. Jika paket telah berada di tangan kurir dan anda telah menerima bukti pengiriman (resi) maka sebenarnya tugas anda sebagai penjual telah selesai.
Jika masih belum jelas, saya sarankan untuk menonton juga tutorial dalam versi video nya. Disana saya tunjukan proses packing, menempelkan resi, dan juga proses penyerahan ke ekspedisi. Videonya ada dibagian akhir tulisan ini. Bisa langsung di play dan juga bisa di putar di Youtube. Semoga membantu.

Selanjutnya bagaimana?

Silahkan periksa kembali halaman penjualan di akun shopee anda, pastikan status penjualannya telah berubah menjadi "Sudah Dikirim". Periksa update lokasi barang secara berkala, pastikan paket yang anda kirim sampai kepada pembeli.

Setelah barang diterima oleh pembeli dan transaksi dianggap selesai, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke akun rekening pribadi anda yang sebelumnya telah didaftarkan.

Baca juga: Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking

Tidak bisa print resi?

Banyak yang bertanya bagaimana kalau di rumah atau di tempatnya tidak ada printer atau tidak bisa print resi. Hal ini tidak menjadi masalah, jika tidak bisa print bisa diganti dengan menulis detail resi di kertas biasa lalu ditempel diatas paket seperti.

Agar memudahkan petugas atau admin JNT, usahakan untuk menuliskan secara lengkap alamat pembeli sesuai yang tertera di resi Tokopedia. Dan yang paling penting adalah nomor resi atau nomor booking yang tertera di resi Tokopedia wajib dituliskan dikertas tersebut.

Yang penting tulisannya bisa dibaca agar operator atau admin JNT bisa dengan mudah memasukan data / nomor booking ke sistem.

Ongkos Kirim

Shopee sudah mulai mengurangi transaksi langsung antara penjual dan ekspedisi (J&T). Seperti market place yang lain, sistem pengiriman di shopee sekarang menggunakan metode cashless. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi membayar ongkos kirim ke pihak ekspedisi.

Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee, kemudian langsung dibayarkan ke pihak ekspedisi. Jadi anda sebagai penjual tidak perlu lagi memikirkan biaya "nutupin" ongkos kirim. :)

Apakah boleh packing tanpa bubble wrap?

Sebenarnya, penggunaan bubble wrap itu tidak wajib, karena beberapa barang memang tahan banting sehingga penggunaan bubble wrap tidak diperlukan. Kecuali kalau memang barangnya sangat sensitif terhadap benturan atau tekanan seperti barang elektronik, baru penggunaan bubble wrap diwajibkan.

Pada video tutorial yang telah saya buat juga tidak menggunakan bubble wrap karena barang yang saya kirim berupa asesori HP yang terbuat dari bahan karet, sehingga kalaupun paket saya dilempar atau tidak sengaja terjatuh, tidak masalah. 

Yang jelas saya pastikan packingnya tetap aman dari cuaca ekstrim seperti hujan (air). Jadi saya packing paket tersebut dengan lakban di semua sisi, sehingga tidak akan ada air yang bisa masuk.

Tutorial Cara Mengirim Pesanan Shopee Versi Video (Youtube)

Jika anda ingin penjelasan dengan gambar bergerak (video) silahkan putar video dibawah ini, atau bisa juga buka di website atau aplikasi Youtube. Selamat menonton!



Semoga tulisan mengenai cara lengkap mengirim pesanan Shopee dengan J&T Express ini bermanfaat. Jika ada kesulitan atau pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi penggun yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER: 203
  1. Bang mau tanya berarti kita juga harus punya printer dong

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pertanyaan bagus. Sebenarnya ga harus di print. Bisa juga ditulis dikertas data2 yang ada di resi. Yang penting kode booking, alamat pengirim & Penerima harus jelas biar mudah di input sama pegawai J&T nya.

      Delete
    2. Di screenshot dulu juga bisa kan ya??

      Delete
  2. Bang mau nanya kalau cod itu gimana caranya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya juga belum pernah sih dapat pesanan yang COD. Tapi setau saja dari sisi penjualnya gak ada perubahan apa - apa, kita tetap akan dapat bayaran dari shopee begitu semua proses pesanan selesai. Yang beda itu di bagian pembelinya aja, saat mereka terima barang dari kurir, pembeli harus membayar barang yang dipesan.

      Delete
    2. Gan klo seumpama barang dijemput kurir ataupun kita ke J&t terdekat apa dapat tanda bukti serah terima barang? Dan klo di daerah kita yang cuma kantor J&t saja gemana klo pesanan minta diantar pake Sicepat", JNE dll? THXb4

      Delete
    3. @Wahana Nanti dikasih resi sama org JNT nya klo barang sudah diterima mereka. Lihat di pengaturan pengiriman, disana kita bisa milih mau pakai kurir apa saja, yang gak dipilih gak bakal muncul di pembeli kurirnya

      Delete
  3. Bang saya kan pilih cara pengiriman jnt yg dijemlut kerumah, lalu kurir nya belum dateng dateng padahal jadwal pick up nya kemaren gimana solusi nya bg

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau baru pertama kali mending telepon dulu kantor jnt nya sebelum order jemput. Biar mereka bisa konfirmasi apakah ada yang bisa ngambil atau tidak. Kalau sudah kelewat ya mending anterin aja ke kantor jnt nya dari pada tambah telat sampai di pembeli nya

      Delete
  4. Bang yg dimaksud dgn "Biaya ekspedisi akan langsung dipotong dari dana yang dikirim pembeli ke rekening shopee" apa? Jadi ongkirnya si penjual yg tanggung gtu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bukan. Yang tanggung ongkir itu selalu pembeli. Jadi klo dulu penjual harus bayar (talangin) dulu biaya ongkir, baru nanti uangnya diganti setelah transaksi selesai. Sekarang, penjual gak perlu lagi nalangin ongkir, karena ekspedisi nanti nagih ongkirnya ke shopee, shopee ngambil uang ongkirnya langsung dari uang pembeli. Jadi kita sebagai penjual tugasnya cuman packing pesanan dan anterin ke kurir

      Delete
    2. Mantap infonya bang, terima kasih

      Delete
    3. bang kan saya pesen barang utk orang lain nah ongkir asli kan 40k tapi saya pake voucher gratis ongkir jadi dibungkus nya ada tulisan ongkis nya ga

      Delete
    4. biasanya ada. nanti ongkirnya dicoret di stiker ekspedisinya

      Delete
  5. Kalo si pembeli ngambil metode pembayaran COD trs kita anter pesanan nya ke kantor j&t kan kita gk perlu bayar apa-apa. Terus kita dpt uang nya dari mana

    ReplyDelete
    Replies
    1. uang hasil penjualan barang kita tetap dari shopee ya, jadi nanti setelah transaksi selesai uang hasil penjualan akan muncul di akun penjualan seperti biasa. Jadi alurnya kira2 seperti ini: pembeli bayar ke kurir jnt, jnt transfer ke shopee, shopee transfer ke penjual

      Delete
    2. transferannya itu masuk ke atm gitu ya? atau bisa masuk shopeepay?

      Delete
    3. iya, dikirimnya ke rekening bank

      Delete
    4. Kalau kita gapunya rekening bank bisa ke shopee pay ga bang?

      Delete
    5. @Najwa Anindita hasil penjualan masuknya ke saldo penjualan, gak bisa disimpan di shopee pay

      Delete
  6. Kl pembeli pakai voucher gratis ongkir, penjual gk dibebani bayar ongkirnya kan bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, penjual gak akan dibebani biaya ongkir selama sistemnya cashless. Kalau gak pake sistem cashless ya penjual harus bayarin dulu, nanti uangnya diganti sama shopee

      Delete
  7. Mau tanya gan, kalo kirim paket Shopee via jnt, apakah pihak jnt ngasih cap label Shopee pd paket yg kita kirim? Trimakasih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak gan, dari JNT cuman ada label JNT saja. Kalau mau ada logo atau label shopeenya harus buat dan pasang sendiri dipaketnya

      Delete
  8. Bang, klo dari si penjual milih 0 ongkir di 1 ekspedisi, itu brarti klo si pembeli beli barang di kita trs ngambil ekpidisi yg 0 ongkir itu, berarti kita (si penjual) yg bayar ongkirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau pembeli pake voucher gratis ongkir maka yang bayar biaya ongkir itu shopee. Jadi sebenarnya penjual gak perlu memusingkan itu. Kalaupun nanti di ekspedisinya diminta bayar, nanti kan diganti sama shopee ongkirnya. Tapi sekarang hampir semua pake sistem cashless, jadi penjual gak perlu bayar apa2 ke ekspedisi.

      Delete
  9. Kak itu nanti stiker shopee itu yang nempel dari kita apa dari ekspedisi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau stiker sepeti itu biasanya inisiatip dari penjual, tapi tidak wajib dan sedikit juga yang melakukannya sepengetahuan saya. Kecuali kalau memang beli nya di bagian shopeeMall, itu pasti pake kardus shopee dan stiker shopee karena memang shopee langsung yang urus kirim2nya.

      Delete
  10. Hallo kak. Gimana saat kita belum punya rekening tapi sudah ada orderan masuk

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak masalah, selesaikan saja dulu orderan nya. Nanti kalau mau tarik uangnya dari shopee baru harus ada rekening. Nah sambil nunggu orderannya beres, segera buat rekening, yang penting ada dulu buat nampung uang kiriman dari akun penjualan di shopee.

      Delete
    2. Jadi, kalau mau jadi penjual di shopee harus punya rekening dulu ya ? Kalau enggak punya gimana donk ? Enggak bisakah ?

      Delete
    3. kalau untuk mulai jualannya sih gak perlu rekening, tapi kalau nanti sudah ada hasil penjualan baru wajib ada karena pilihannya (sekarang) cuman ada transfer ke rekening bank aja.

      Delete
  11. Bang, kalau misal ga sengaja nih mencet atur pengiriman, padahal barang PO 7 hari dan kepencet di hari yang sama dengan pemesanan, kira2 berapa lama dikasi waktu untuk ngirim ke ekspedisiya ya sama Shopee?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Biasanya informasinya ada di bagian detail pesanan, disana harusnya ada informasi batas waktu pengiriman ke kurir. Kalau gak salah sih sekitar 2-3 harian (cek sendiri ya biar pasti). Tapi kalau memang keliatannya gak akan keburu mending tolak saja pesanannya, biar pembeli juga bisa cepet order lagi di toko lain.

      Delete
  12. asss.aku. mau tanya bagaimana cara menarik uang hasil penjualan kita di shopee? terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah dibuatkan artikelnya ya, link nya sudah ada di dalam artikel, cari aja judulnya "Cara tarik saldo penjualan di Shopee"

      Delete
  13. Bang kalau barang dijemput sm courir penjual ada kena biaya nggak ya ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. setau saya ga ada biaya penjemputan (gratis). Gak tau ya kedepannya akan tetap gratis atau tidak, tapi saat ini masih gratis

      Delete
  14. Gan nomor resinya ditulis di kertas biasa aja gpp kan ya? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga apa2 gan, yang penting tulisannya bisa dibaca sama operator JNT nya buat dimasukan ke sistem

      Delete
  15. Kl kita jualan di shopee, keuntungan kita akan dipotong berapa persen oleh shoppe dari harga jual?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk penjual pemula tidak ada potongan ya, kalau sudah lebih dari 100 transaksi penjualan baru dikenakan biaya layanan 0,5 % dari harga jual. Jadi kalau harga barang 100.000 (seratus ribu rupiah) potongannya 500 (lima ratus rupiah)

      Delete
  16. Itu abangnya pakai hp atau laptop untuk berjualan? Kalau di hp ga bisa print kan buat print resi?

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya kebetulan seringnya buka dari laptop. Kalau di HP gak perlu di print, gak wajib. Bisa ditulis saja diatas kertas nomor resi /nomor bookingnya. Yang penting nanti bisa kebaca sama admin JNT nya untuk input ke sistem

      Delete
  17. Kalau kita tulis tangan alamat sama No resi nya, apa tidak berdampak pada toko kita?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ya kalau mau terlihat lebih rapi dan profesional sih di print resi nya. Tapi kalau masih belum bisa ya tulis tangan juga gpp, pembeli juga jarang yang perhatiin sebenarnya, yang penting barangnya sampai dan sesuai

      Delete
  18. Yg dituliqt itu No resi nya aja kk? Kalau alamatnya bagaimana, apakah pihak j&t yg cetak alamatnya??

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebenarnya nanti alamat penerima juga akan otomatis di cetak di stiker J&T, tapi kita sebagai penjual gak bisa ngandelin itu aja. Jadi ya lebih baik ditulis lengkap sama alamatnya.

      Delete
  19. Kak mau tanya ini aku baru mau jualan di shopee,aku masih bingung nih sama sistem pengiriman nya mohon bantuan nya ya kak bagaimana cara nya ngirimin pesanan ke pembeli lewat jnt

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba dibaca lagi tulisan saya, kalau ada yang gak berti baru tanyakan di bagian mana gak ngertinya jadi saya juga gampang jelasinnya.

      Delete
  20. Kak jadi kita cuma nyetakin nomor resi nya aja?alamat pembeli nya nanti dari pihak jnt atau gimana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya bisa nomor resinya aja karena nanti di stiker JNT otomatis muncul detailnya. Tapi lebih baik lengkap sama alamat pengirim soalnya kadang ada petugas JNT yang minta alamatnya ditulis juga di paket, jadi daripada nanti ribet lagi nulis dadakan di paket, lebih baik langsung saja ditulis lengkap dari awal biar lebih rapi dan terlihat profesional

      Delete
  21. Misal'y kita jualan lewat hp terus kalo mau ngeprint resi ke warnet yg ada alat print'y kira2 bisa gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa. Di screenshot saja resinya di HP, jadi ke warnet tinggal print saja. Ga perlu login ke shopee di komputer warnet

      Delete
    2. Berarti bisa print ke warnet ya kak? Terus nanti tinggal di tempel ke paketnya gitu?

      Delete
    3. @Ekaatp Yes betul di print di warnet dan langsung ditempel saja di paketnya

      Delete
  22. Thanks bro..membantu bgt ini artikel

    ReplyDelete
  23. Kak mau tanya kemarin kan saya udah kirim paket ke JNT tapi keterangan di shopeenya masih dalam "Dikemas" belum pindah ke "Dikirim" itu kenapa ya? Dan saya cek resi JNT dari shopeenya keterangannya masih juga belum di terima JNT itu kenapa ya? Makasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harusnya sih otomatis berubah ya statusnya, terus kedepannya biasakan bilang ke operator JNT nya bahwa ini pesanan dari shopee, takutnya malah dianggap kiriman biasa kalau gak bilang. Tapi kalau gak otomatis kita bisa update manual. Di halaman pengiriman ada kolom untuk masukan nomor resi, nah masukan aja nomor resi yang kamu terima dari pihak JNT di kolom tersebut nanti harusnya statusnya berubah jadi dikirim

      Delete
  24. kak mau nanya, berarti kita ke kantor jnt nya cuman bawa paket yang untuk kita kirim ke penjual aja?terus bilang kalo itu pesanan dari shopee gitu? berarti kita disana ga ngasih uang buat ongkirnya kan?
    sekian terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes kita hanya kasih paket yang mau dikirim ke penjual aja, ga perlu bayar ongkir. Di resi juga biasanya ada tulisan "penjual tidak perlu bayar ongkos kirim ke kurir". Sekarang sudah pakai sistem cashless, jadi ongkirnya diambil langsung dari uang yang ditransfer pembeli ke shopee

      Delete
  25. Keren bang, terus update" olshop kyk gini ya jgn sampai hangus 😀👍👍

    ReplyDelete
  26. Mf nanya mas, saya lupa nulis no.pesanan shopee d paket tp no.resi sya tulis mas apkh gk mslh? Jnt expres.. sya nunggu stts d shopee msih dikemas blm berubah dikirim.. blm 24j sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. masukin aja nomor resi yang kamu dapat dari JNT nya (yang dikasih sama petugas di kantor JNT), ditulis manual di kolom 'masukan nomor resi' nanti otomatis bakal update statusnya sesuai dengan nomor resi yang dimasukan.

      Delete
  27. Terima kasih ka, penjelasannya sangat bermanfaat bagi yang baru mau mulai..
    Tpi sy masih bingung, bagaimana kalo kita dropship dari market lain semisal lazada, terus kita jual produknya di shoppe. Nah bagaimana itu proses mekanisme pengirimannya ka.. tolong ka bantu kasih pemahan nya.
    Terima kasih
    Sukses selalu ya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. klo dropship saya sendiri kurang paham kang, coba aja googling atau cari di youtube kyknya sudah banyak yang bahas biar lebih jelas

      Delete
  28. thanks bang. sangat membantu kami yg mau berjualan di shopee.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama ya. Saya juga senang tulisan ini bisa bermanfaat

      Delete
  29. Kak ngirim paket dari shopee tsb bebas kan di konter jnt mana saja? Atau gimana kak? Kebetulan saya tinggal di Perbatasan Bekasi Karawang, nah jnt terdekat adanya di Rengasdengklok krw, kalau yg Bekasi cukup jauh.. bagaimana solusinya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Pilih yang terdekat sama alamat rumah aja. Yang penting perhitungan ongkirnya nanti gak berubah. Saya juga kadang pindah2 konter JNT, tergantung situasi, dan gak apa2.

      Delete
    2. Kak misal kita kirim barang nya ke JNT yg lebih dekat sama penerima bagaimana kak?
      Misal toko saya di Jatim. Pembeli di Jabar. Saya kebetulan berada di Jateng. Apakah boleh di kirim lewat Jateng?

      Delete
    3. Kalau contohnya jatim-jateng sih kyknya kejauhan ya, itu sudah beda provinsi dan ongkir juga pasti beda perhitungannya. Tapi intinya sih kalau pindah2 konter setau saya gpp yang penting tetap di ekspedisi yang sama

      Delete
  30. Mas mau tanya misal kalo blnja kan suka ada resinya nah nnti yg masukin resi apakah pihak jnt atau kita sebagai pnjual trus status pesanan d update dr jnt apa gmn ya

    ReplyDelete
    Replies
    1. kita sebagai penjual hanya perlu mengirimkan paket yang sudah tertera resi/nomor booking diatasnya, nanti pihak JNT yang masukin ke sistem. Kalau sudah masuk sitem JNT nanti kita dikasih tanda terimanya termasuk disana ada nomor resi. Untuk status pesanan nanti update sendiri (otomatis) karena sekarang sistem shopee dan ekspedisi sudah terhubung.

      Delete
  31. Kak mau tanya gimana kalau kita kirim cod, trs tiba2 penerima menolak paket dan diretur apakah kita harus nanggung biaya ongkirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau ada retur barang seperti itu biayanya ditanggung sama pihak shopee. Dan kalaupun ongkirnya kurang harusnya sih dibebankan ke pembeli karena itu kan keputusan pembeli untuk retur barang, jadi kita sebagai penjual tau terima lagi aja

      Delete
  32. Bang kalo kita udah dapet kode booking dari jnt buat pickup ke rumah, tapi sampe waktu yang di tentukan belum ada yang pickup sama sekali... Kita kan gatau nanti dari kantor cabang jnt mana yang ditugaskan pickup.. gimana cara kita tanya nya bang? Dan posisi lain kita punya salah satu nomor kurirnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau belum pernah pakai sistem pickup saya sarangkan sih untuk pengiriman pertama kita yang antar dulu ke kantor JNT nya. Baru nanti di kantor tersebut tanya - tanya seputar sistem pickup biar jelas dan mudah kalau ga ada yang pickup harus hubungi kemana. Kalau memang ga ada yang pickup ya mau gak mau kita harus antar sendiri ke kantor JNT nya, kalau nunggu terus kurir pickup nya bisa - bisa terlambat lagi pengirimannya

      Delete
  33. Om, misalkan saya mau jual barang dengan harga 500rb.terus ongkirnya dipotong dari harga tersebut kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nggak. Penjual tetap akan mendapat full 500rb. Ongkir kan yang bayar pembeli, bukan penjual. Kalau pembeli pakai voucher free ongkir, berarti yang bayar ongkir pihak shopee.

      Delete
    2. nah sperti contoh yg diatas kak, kalau misalnya kita jual barang seharga 500,jdi yg dibayar pembeli 500 lebih ya kak utk ongkirnya?

      Delete
    3. iya. jadi misalnya ongkir jakarta-bandung 15rbu. berarti nanti pembeli bayarnya 515rbu ke shopee. 500rbu dikasih ke penjual, 15rbu dikasih ke ekspedisi (JNT)

      Delete
    4. Kak mau tnya semisal waktu upload brg hrga'a 200rb trus bagian ongkos kirim'a qta ngeklik saya akan menanggung ongkos kirim, itu brarti qta yg bayarin ongkir'a ya kak ?

      Delete
    5. emang ada ya pilihan menanggung ongkos kirim? Saya juga baru tau itu

      Delete
  34. Bang mau tanya nih maaf pemula jika kita dapet pesanan apa dlu yg harus kita lakukan siapkan dlu barang ya apa pijit dlu atur pengiriman ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya sama aja, mau dibalik juga gapapa. Tapi kalau sesuai urutan sih lebih baik atur pengiriman dulu biar penjual tau bahwa pesanannya sedang di proses sama penjual

      Delete
  35. Om mau tanya kalo pembeli menggunakan metode shopee pay via j&t ongkir di tanggung pengirim dulu kah? 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau gak salah sekarang pembayaran tunai/cash sudah ditiadakan oleh shopee. Jadi mau metode pembayaran apapun (termasuk shopeePay) penjual/pengirim tidak perlu bayar apa - apa ke JNT. di gambar resi yang ada diatas juga tertulis "jangan bayar apapun ke kurir JNT, biaya akan dibayarkan langsung oleh shopee"

      Delete
  36. Kak maaf mau memperjelas pemahaman saya nih, msh sedikit bingung soalnya baru bgt mau jualan di shoppee. Berarti nanti waktu ada pesanan masuk dan pesanan sudah siap di kirim, supaya kita bisa dapat nomor resi dan nomor booking dari shoppee nya itu, kita klik dulu di status pengiriman atau bagaimana ya kak ? Terus berarti ga perlu di print kan ya resi sama kode booking nya ? Soalnya takut wajib bgt di print gitu hehe. Terima kasih sebelumnya kak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Untuk bisa dapatkan kode booking kita harus atur dulu pengirimannya di sistem shopee. nanti kalau sudah milih mau dikirim sendiri atau dijemput baru kode bookingnya bisa muncul. Yang dibutuhkan itu kan sebenarnya data yang ada didalam resinya biar kurir bisa dengan mudah input ke sistem dan mencocokannya dengan data yang ada di sistem JNT. Jadi pastikan kalau mau tulis tangan kode bookingnya jangan ada yang salah

      Delete
  37. Bang saya mau tanya bagaimana kita menghitung berat pengrmn produk .sedangkan dirumah tidak ada timbangan? Apa kita yg perkirakan aja.atau nanti dr pihak jnt akan ditimbang ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau berat harus benar - benar ditimbang, jangan di kira2. Kalau memang gak ada di rumah atau tetangga, datang saja ke kantor JNT dan ikut nimbang disana, kalau barangnya 1 atau 2 sih pasti diizinin ikut nimbang disana. Terus ditambah kira2 200-300 gram buat packing. Jadi kalau berat barang 500gr di sistem tokopedia tulisnya sekitar 700/800gr.

      Delete
  38. Makasih bang.
    Ini artikel lengkap banget, bahasanya jelas, gamblang. Mudah dipahami. Ramah banget lagi..Sehat selalu ya buat penulis🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sama - sama bang. sehat dan sukses juga buat abang 🙏🙏

      Delete
  39. Ka mw nanya, klo misalnya jual barang dropship via wa di shopee trus klo ada pesenan chatnya via wa kan. Nah yg aku bingungin waktu pemilihan pengiriman pilihnya antar ke counter atau pick up ya? Saya udah liat diyoutube katanya klo dropship pilih diantar ke counter. Tpi yg aku bingungin klo saya pilih antar ke counter tpi si suplier kirimnya pake pick up apa ngga masalah ka? Mohon bantuannya terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal dropship saya kurang faham dan katanya untuk sistem dropship memang sedang susah teknis nya. Kalau mau jelas sih langsung aja google ke judul yang langsung membahas tentang dropship, kalau dari saya takutnya salah informasi

      Delete
  40. kak sbelumnya makasi tulisannya sangat membantu, mau nanya kak nomor booking itu yg mana ya kak? sama no resi yg dikasi shopee sama nomor resi yg dikasi pihak ekspedisi ke penjual itu beda atau sama kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Nomor booking itu yang ada dibawah barcode, klo di contoh (gambar) letaknya ada di atas depannya itu JP0307... Nomor resi yang yang ada di sistem shopee dan yang dikasih ekspedisi harusnya sama ya.

      Delete

  41. Kalo kita print sendirj, semisal mau kasih logo shoppe nya? Caranya gimana ya banh

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau print resi yang ada di shopee kan sudah ada logo shopee nya, tinggal print. Kalau mau bikin sendiri manual ya tinggal cari saja logo shopee di google nanti di print

      Delete
  42. Alhamdulillah, akhirnya cukup paham juga caranya... Saya masih belajar dan baru akan memulai...
    Terima kasih banyak untuk semua penjelasannya kak. Sangat mudah dipahami dan pastinya sangat membantu pemula seperti saya. Semoga tetap semangat untuk terus berbagi dan memberi manfaat kak..
    Sukses selalu untuk usahanya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih ya, doa yang sama juga buat kamu semoga usahanya makin lancar dan sukses terus

      Delete
  43. Untuk masalah volume pengiriman max min nya berapa kak...
    Berat barang 16g, 1box isi 280pcs

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk batas volume sama saja seperti ekspedisi lain, PxLxT dibagi 6000. Jadi nanti dilihat mana yang lebih mahal, itu yang diambil. Kalau masih kurang jelas langsung balas saja ya disini

      Delete
    2. Bang coba jelasin ini gimana maksudnya ya, saya masih bingung?

      Delete
    3. selain dari berat, ongkir juga bisa dihitung dari ukuran (volume). Kalau ngirim paket beratnya 1kg tapi kardusnya besar kan rugi tempat nanti di truck nya. Jadi kalau ukuran paketnya besar tapi ringan nanti dihitung juga volume nya, nah nanti dilihat mahalan pakai volume atau pakai berat, yang dipilih yang paling mahal biar pihak ekspedisi gak rugi

      Delete
  44. Apa cuman jnt saja? Yang lain bisa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yang lain juga sama saja. Pakai JNT kebetulan saja pembelinya pilih JNT

      Delete
  45. Bang mau tanya kalau saya pilih pick up oleh kurir itu saya harus cetak resijuga atau nnti dicetakin sama kurirnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. menurut saya sih tetap harus cetak resi ya, kurir kan cuman ngambil doang. Yang cetak resi itu bagian yang input di kantor, admin input juga perlu data/nomor booking yang biasanya ada didalam lembar resi yang kita cetak.

      Delete
  46. kak kalau kita sebagai penjual, bagusnya pakai jasa pengiriman apa ya? dan misalkan kita jualan di shopee apakah shopee potong pajak dagangan atau bagaimana kak? terimakasih sebelumnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau jasa pengiriman sih itu tergantung yang ada di daerah kamu. Kalau ada sih lebih baik pilih yang bisa gratis ongkir, biar pembeli dapat potongan ongkirnya juga. Shopee menerapkan biaya layanan, tapi kecil banget kok klo gak salah itu cuman 0,5% (setengah persen).

      Delete
  47. bang bilang ke pihak ekspedisinya gimana ya waktu nganter paket?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sebenarnya kalau adminnya sudah lihat logo shopee sih gak usah bilang, mereka pasti langsung proses. Tapi untuk jaga2 si abangnya gak lihat itu logo, bilang aja "ini orderan dari shopee ya pak". Kalau sudah dibilangin dari shopee sih pasti adminnya sudah ngerti, kamu tinggal tunggu saja resi/tanda terimanya.

      Delete
    2. Kak mau tanya. Resi Yaang kita cetak dan tempel di barang. Dengan resi sebagai tanda terima itu bedanya apa?

      Delete
    3. Kak kalo resi otomatis itu bagaimana?

      Delete
    4. Resi yang dicetak itu untuk referensi pihak ekspedisi input ke sistem, kalau resi dari ekspedisi itu sebagai tanda terima bukti bahwa kita telah mengirimkan paket ke pihak ekspedisi.

      Resi otomatis itu adalah nomor resi yang diberikan ke penjual walaupun paketnya belum dikirim ke konter ekspedisi

      Delete
  48. Kak kalau mau print resi itu harus pakai kertas stiker kah?
    Soalnya kan biasanya ditempel, maaf masih kurang paham🙏🏻

    ReplyDelete
    Replies
    1. Gak perlu. kertas biasa juga cukup. Ditempelnya kan bisa pakai lakban transparan, jadi tetap terbaca dan nempel juga di paketnya

      Delete
  49. Terima kasih kak Rindi, pas banget ktemu info di website ini,
    bisa di bantu jelaskan kak,
    cth, produk saya berat 1000gr, kan disuruh tambah berat packing tuh jd 1200gr. apakah kita harus timbang setiap pesanan dan harus sama terus 1200gr? kalau beda bbrp gram apakah nanti di tolak ekspedisi? brp gr toleransi selisihny?
    saat ini sy mw berjualan madu, masih bingung pake packing sperti apa, dan ada bbrp ekspedisi yg tdk bs kirim cairan. kalau kak Rindi ada infonya mohon dibantu ya kak :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. 1300gr itu masih dihitung 1kg. kalau sudah diatas 1300 sudah masuk 2kg. Jadi kalau misalnya estimasi 500gr tapi setelah ditimbang jadi 1300gr itu masih gpp, selama dibawah 1kg.
      Kalau masih bingung packing cara yang paling gampang sih coba saja beli produk madu yang sama di toko lain, nah lihat tuh packingnya gimana, terus tiru deh.. kalau bisa lebih baik, lebih bagus. Semoga membantu!

      Delete
  50. Bang, untuk ongkir cashless yang ditanggung pembeli,untuk barang sendiri kita perlu ngukur berat pasti atau perkiraan saja? Agar muncul saat pembeli akan checkout (membayar)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Berat pasti +packing. Contoh: Berat barangnya 500gram tapi setelah di packing beratnya jadi 700gram, nah yang ditulis itu yang 700gram. Dan untuk jaga2 lebihin sedikit misalnya ditulisnya jadi 750gram

      Delete
  51. bang berarti setiap ada yang mau beli barang kita di timbang dulu biar tau estimasi ongkir gitu ap gmna,kalo barangnya bebrapa gram gmna nentui biaya ongkirnya 🙏

    ReplyDelete
    Replies
    1. satu kali aja ditimbangnya, buat perhitungan ongkir di sistem tokopedia. kalau barangnya sama kan pasti beratnya juga sama. Kita sebagai penjual hanya perlu memasukan estimasi berat (sama dimensi) saja saat input produk baru, untuk perhitungan ongkir itu urusan shopee dan pihak ekspedisi. Yang penting nanti pas di timbang gak jauh dari estimasi

      Delete
  52. kalo kita sebagai pembeli barang dan barang sudah sampai kerumah, kita disuruh bayar pajak/ongkir nya lagi ga??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung metode pembayaran yang dipilih. Kalau pilih pembayaran COD ya berarti harus bayar semua tagihannya saat barang diterima. Kalau pilih metode pembayaran selain COD berarti gak usah bayar lagi karena sudah bayar diawal pas pesan barang.

      Delete
  53. Permisi kak, jadi klo ndak ada print cukup tulis kode transaksinya saja ya di kertas? Contoh JP000000. Apa bagaimana??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Harus lengkap ya dengan alamat pengiriman, dll. Kalau hanya ditulis kode transaksi nanti admin nya gak bisa verifikasi apakah datanya sama atau tidak dengan di sistem.

      Delete
  54. Kak mau tanya, kalau untuk pengiriman aerosol jalur darat masih satu pulau Jawa, ekspedisi seperti JNE, J&T, dan sejenisnya pasti masih mau terima ga yah? Misal punya toko di Tokopedia/Shopee. Makasih Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya sih nerima aja, yg penting masih pakai jalur darat (bukan udara). Coba aja lihat di toko online yang sudah jualan aerosol juga, disana biasanya muncul/dikasihtau pilihan ekspedisi apa saja yang bisa dipakai

      Delete
  55. Ka maaf mau nnya,kl no resi ny mau dtls tnpa hrs d print,kita penjual mengkonfirmasi gmn ya ka?Trmaksh ka

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kita penjual gak perlu konfirmasi apa - apa. Kalau paket sudah masuk ke sistem ekspedisi nanti otomatis update juga di sistem shopee. Makanya jangan salah tulis data2 yang ada di resi, apalagi nomor bookingnya.

      Delete
  56. Kak Rindi saya mau tanya kalo ada pembeli yang memilih jasa pengiriman selain J&T apakah penjual masih bisa mengirim barangnya lewat kantor J&T?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sbenarnya bisa saja ganti ekspedisi, tapi akan buruk ke penilaian toko kita, apalagi kalau sudah masuk program gratis ongkir, wajib sesuai pesanan. sebenarnya kan prosesnya sama saja mau apapun ekspedisinya, cuman beda tempat pengiriman saja.

      Delete
  57. Bang mau nanya. Kallo kita ud porses pengiriman ato pick up. Tp dr konsumen melakukan pembatalan pesanan barang. Tp status batng sudah dkirim . Itu gmn bang ??

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya kalau sudah dikirim/masuk ekspedisi pesanan gak bisa dibatalkan, dan pembatalannya juga harus sepertujuan penjual. Jadi kalau kita gak menyetujui pembatalan transaksi akan terus aktif dan saya sarankan sih jangan disetujui pembatalannya karena sudah terlambat kalau sudah dikirim. Itu resiko pembeli, kenapa pas order gak berpikir matang - matang dan pas cancel terlambat

      Delete
  58. Bang saya baru mendapat pesanan pertama, nah pembeli saya minta supaya harganya dinaikkan menjadi 120rb supaya dia mendapat free ongkir katanya.. Saya sudah menggantinya,nah d pesanan saya pembeli sudah melakukan pembayaran, bagaimana caranya saya mengembalikan sisanya sementara harga barang saya hanya 45rb, bang?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tunggu saja sampai pesanan selesai dulu dan kamu bisa tarik dana penjualannya dari shopee. Kalau hasil penjualan dari shopee sudah masuk rekening, baru deh balikin uangnya. Kalau pembeli maksa2 cepet dibalikin berarti itu ada indikasi penipuan, karena uang penjualan gak akan bisa diambil sebelum transaksi selesai.

      Ngomong2 itu jauh banget minta naik harganya, bisa - bisa dianggap penyalahgunaan sistem kalau gitu, nanti akun jualannya bisa dibekukan sama shopee. Nanti - nanti jangan mau kalau diminta naikin harga gitu, resikonya terlalu besar.

      Delete
  59. Mantap bang terima kasih atas tulisan2nya, membantu bgt buat saya yg mau memulai jualan di marketplace gara2 tidak diperpanjang lagi kontrak kerja hehe semoga rejekinya lancar bang, kalau ada yg saya bingung akan saya tanyakan ke abang ☺

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin. Semoga rejeki kita semua dilancarkan ya..

      Delete
  60. Kak kalau ekspedisi pengiriman selain J&T bagaimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama saja prosesnya, yang beda cuman tempat kirim paketnya sesuai ekspedisi yang dipilih.

      Delete
    2. Kalau kirimnya misal ke JNE trus talau mau dapat resi otomatis ktnya harus ke kantor cabangnya y , trus ke JNE agen gthu bisanya manual katanya seller ttp bayar ongkir baru nanti diganti pihak shopee saat masukkan resi ke shopee nya . Emang bener gthu kah bang?

      Delete
    3. kurang tau saya klo itu, tapi setau saya sih sekarang semua transaksi sudah cashless jadi penjual gak perlu keluar uang ongkir. Lebih baik tanyakan langsung ke CS shopee bisa lewat aplikasi atau bisa juga lewat sosial media nya di twitter

      Delete
  61. Bang mau tanya, misalkan hari ini ada pesanan shopee yang masuk, pertama kan atur pengiriman dlu, kalo sudah di klik atur pengiriman boleh nggak besok ngirim barang pesanannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh. Yang penting gak lewat batas waktu yang sudah ditentukan shopee

      Delete
  62. Kak maaf mau tanya, kalau mau jualan di shopee tapi masih dibawah 17 yang otomatis gak punya KTP bisa kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau untuk jualan saja sih sebenarnya bisa2 saja, cuman nanti shopee bakal tetap minta verifikasi KTP untuk beberapa kebutuhan seperti kelengkapan akun, atau saat melakukan penarikan uang penjualan juga kadang diminta verifikasi KTP dulu. Untuk sementara pakai saja dulu akun orang tua/saudara untuk jualan, nanti kedepannya kalau sudah punya KTP bisa ditambahkan kok pemilik tokonya

      Delete
  63. Bang mau tanya. Paket nya itu berarti harus kita yg packing ya? Atau apa bisa pihak Jnt nya yang ngepacking-kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes, harus penjual yang packing kan kita yang tau barangnya seperti apa dan harus dipacking seperti apa. Di ekspedisi juga klo gak salah ada jasa buat packing, cuman ya harus bayar lagi. Dan itupun tidak di setiap kantor ada

      Delete
  64. Masalah packing, kita kan gada buble warp, apakah disediakan jasa kirim nya, soalnya ini kirim via pick up

    ReplyDelete
    Replies
    1. buble wrap biasanya sih ekspedisi nyediain tapi harus bayar lagi. Dan itupun harus kita yang antar ke kantornya biar nanti diliatin proses packingnya, kalau di pickup harus sudah selesai di packing, harus sudah siap kirim. Besok-besok siapin dulu bubblew wrap nya, jadi kalau ada orderan lagi bisa langsung dipake, jangan dadakan.

      Delete
  65. Maaf kak mau nanya cara buat atur ongkos kirim ditanggung pembeli gmn kak. Ini aku ada kirim barang lwt J&T ongkir seller yg bayar. Jd ongkirnya dipotongin harga barangnya kak. Misal harga 85 jadi cuman dibayar 70rb karna 15rb kena diongkir.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Semua transaksi memang dasarnya ditanggung pembeli. Harga barang gak perlu dirubah2 karena gak ada hubungannya sama ongkir. Urusan ongkir itu sebenarnya antara pembeli sama sistem shopee, jadi kita penjual gak perlu pusinging ongkir, penjual tugasnya cuman nerima pesanan saja dan kirim ke ekspedisi yang dipilih.

      Delete
  66. Kak mau nanya, kalau mau kirim barang(baju) tapi mau pakek pembungkus yang ada logo JNT nya, itu Kita beli sendiri atau gimana? Terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. yes harus beli sendiri, di online juga banyak yang jual

      Delete
  67. Nanya bos, misalkan kita mau jual via cod tapi kita belum punya rekening bank apakah bisa? Andai bisa apa uang itu akan di tahan shopee sampai kita sudah punya rekening?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sepemahaman saya sih bisa - bisa aja. uangnya bisa disimpan dulu di akun shopee nanti kalau sudah ada rekening bank tinggal dicairkan

      Delete
    2. Oke, makasih bang infonya sangat membantu

      Delete
  68. Alhamdulillah akhirnya Nemu artikel ini. Terimakasih bang, jelas banget semua uneg uneg di hati dah kebawah atas perwakilan komentar sebelumnya dan jawabannya jelas. Tapi saya mau nanya nih bang,kalau misalkan buyer pilih JNE nah itu kita bayar dulu ke JNE terdekat ongkirnya trus masukkan resi ke shopee atau ada otomatis jg kayak Jantung bang? Soalnya kantor cabangnya jauh adanya agen JNE terdekat aja.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kyknya sih di JNE juga pembayaran berupa cash sudah tidak ada klo pesanannya dari shopee. jadi penjual gak perlu bayar ongkir ke JNE nya, urusan ongkir sudah diurus langsung sama shopee dan JNE.

      Delete
  69. bang gimana ya, kenapa saldo penjualan saya tiba2 dipotong lebih dari 40 ribu buat ongkos kirim, padahal ga ngaktifin fitur ongkir ditanggung penjual :((

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau seperti itu sih lebih baik langsung tanya aja ke CS shopee nya, biar jelas kenapa ada potongan besar seperti itu. soalnya saya juga belum pernah dipotong besar untuk ongkir kyk gitu.

      Delete
  70. Bang aku baru pertama kamu ju di shopee tapi aku bikin kesalahan malah kasih barangnya dulu ke kurirnya sebelum klik atur pengiriman, itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau sudah terlajur gitu coba dilanjutkan saja proses klik atur pengirimannya. sampai kode booking muncul. Harusnya disana ada pilihan ganti nomor resi, nah masukan nomor resi yang kamu dapat dari kurirnya. biasanya bakal otomatis berubah. Kalau gak bisa langsung aja hubungi CS shopee nya, kasih tau masalahnya dan bilang aja ini penjualan pertama jadi masih bingung

      Delete
  71. Bang, kalo makek COD tu gimana ya? Terus kurir j&t nya juga harus di bayar nggak ongkir nya.. Soalnya kan saya makek gratis ongkir

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu sebagai pembeli ya? kalau pembeli lihat saja di rincian transaksinya, lihat total biaya kirim nya, dan lihat kamu dapat potongan ongkir berapa.. misalnya, kalau total ongkir itu 13.000 dan potongan gratis ongkir itu 10.000 berarti kamu harus bayar ke kurir 3000. Kalau disana potongannya full dan biaya ongkir jadi Rp0 berarti kamu gak perlu bayar ongkir ke kurir, bayar harga barangnya saja.

      Delete
  72. Bang, jadi kita sebagai penjual sebelum barang di antar ke konter jnt itu sudah dalam ke adaan packing ya ? Ato yg macking pihak konter jnt nya ? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. Umumnya kita penjual yang harus packing. jadi di jnt cuman dikasih stiker doang. Kalau mau dipacking di konter harus bayar lagi, dan gak semua konter menyediakan fasilitas packing.

      Delete
  73. bang,kalo kita sebagai penjual mendaftarkan gratis ongkir. kemudian ada pesanan masuk sebesar 100ribu, apakah nanti dari 100ribu tersebut akan terpotong untuk biaya ongkir?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yes. Biaya gratis ongkir akan dipotong dari situ. tapi kecil kok klo gak salah sekitar 3-5%. Jadi klo harga 100ribu potongannya paling 5rbu. dan kalau untuk produk yang harga jutaan maksimal potongannya sampai 10rbu.
      Mungkin kedepannya peraturannya akan berubah tapi sampai sekarang perhitungannya masih sama seperti ini.

      Delete
  74. hai saya mau bertanya. jika kita memilih opsi kurir datang ke rumah, biasanya butuh waktu berapa lama untuk kurir datang ke rumah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung dari kebijakan kantor setempat. tapi biasanya sih di hari yang sama saat kita order penjemputan

      Delete
  75. Bang izin nanya misal packing dri penjual nya kurang aman atau jelek itu apakah akan di kemas ulang sama pihak jnt nya d kantor? Atau ttp di kirim?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau keliatan jelas banget gak aman biasanya dibalikin diminta untuk dipacking ulang atau ditawari jasa packing dari mereka (bayar). Kalau packingnya gak terlalu parah biasanya tetap dikirim.

      Delete
  76. Halo kak, aku seller pemula di shopee, mau tnya, aku udh atur pengiriman di antar ke komter trs ada tulisan "menunggu pengiriman di verifikasi oleh jasa kirim" itu maksdnya gmna ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Itu berarti ekspedisinya nunggu paket dikirim ke konter, kalau sudah masuk nanti diverifikasi bahwa paketnya benar2 sudah diterima oleh pihak ekspedisi dan siap untuk dikirim

      Delete
  77. Bang saya seller pemula kalau ada pembeli yg membeli produk saya sebanyak 5 barang dg masing barang ada jasa ongkirnya, apakah saya harus kemas dlm 1 dus isi 5 barang atau 1 dus 1 barang lalu saya diantar ke counter. Mohon pencerahan bang

    ReplyDelete
    Replies
    1. Proses sesuai invoice saja. Kalau ada 5 order ya dibuat 5 paket juga walaupun barang dan pembelinya sama. Karena kalau digabung jadi satu paket, 4 invoice yg lain akan dianggap gagal kirim.

      Delete
  78. Ongkirnya itu shoppe yg nangung atau penjual yg nanggung kk? Trus klo harga jual itu 100rb pendapatan bersih nya brp kk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau gak pakai vocher gratis ongkir, ditanggung pembeli. Kalau pakai gratis ongkir ditanggung Shopee. Untuk potongan sekarang kurang lebih 5%. Kalau 100rbu berarti dapat sekitar 95rbu

      Delete
  79. Saya pernah dapat orderan via market place lain pembeli memesan bibit sayur genjer masih hidup P=5cm dari akar s/d ujung daun teratas jumlahnya 500 batang bingung untuk kirimnya apakah j&T dengan shoppe bisa bantu pengirimannya dulu pernah saya cancel saya mohon penjelasannya terimakasih Kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Maksudnya gimana? Kalau mau dibantu packing sama pihak J&T saya sarankan langsung saja datangi dulu kantor J&T terdekat untuk detailnya karena tidak semua konter menyediakan jasa packing

      Delete
  80. Bang mw naxak klok pkek sistem cod klok brg udh dtrima sma pembeli tp gk di konfirmasi sama pmbeli pa pnjual ttep dpetin uang.a bang trimksih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tetap dapat dong. Kalaupun pembeli tidak konfirmasi, nanti juga sistem shopee akan melakukan konfirmasi transaksi telah selesai secara otomatis (3 hari setelah barang diterima). Setelah itu uang akan ditransfer ke akun penjual

      Delete
  81. Bang kalo minta packingin ke j&t nya bisa kan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tergantung kantor J&T nya, ada yang bisa ada yang gabisa. Coba datangi dulu aja kantor J&T terdekat biar pasti bisa atau tidak.

      Delete
  82. Maaf mau tanya kak, misal ni kita uda nentuin barang yg dijual max berat nya 1kg, trs ada pembeli yg beli barang berat nya melebihi 1kg nah nanti yang nanggung kelebihan berat untuk ongkir nya itu siapa dan sistem bayar sisa ongkir nya seperti apa. Terima kasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. Dari informasi yang saya dapat itu pembayarannya bisa ditanggung penjual/pembeli (sesuai kesepakatan) tapi secara etika sih harusnya ditanggung penjual ya soalnya kan itu kesalahan dalam menghitung estimasi berat barang. Sistem bayaranya bisa langsung di tempat ekspedisi atau nanti dikurangin dari hasil penjualan.
      Untuk penjual sebisa mungkin menghitung berat barang secara benar dengan timbangan. Timbang barang setelah dipacking, jangan timbang barangnya saja. dan dari berat itu disarankan untuk dilebihkan sedikit untuk menghindari perbedaan timbangan aktual

      Delete
  83. Bang mau tanya kalau pembelian secara kas non cod apakah dipaketannya ada tulisan harganya.... ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ada. Jenis pembayaran apapun di resi nya pasti dituliskan harga barangnya

      Delete
  84. Bang kalo di shopee saya sebagai penjual lalu dalam ongkir saya yg menanggung biaya ongkir dan saya akan kirim paket ke jnt (langsung ke counter) saya disana harus bayar ongkir apa engga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya kurang tau kalau soal menanggung ongkir, tapi biasanya di dokumen/resi ditulis apakah kita harus bayar atau tidak pas nganter ke counter.

      Delete
  85. Bg beda kurir jemput ke tokok kita sama kita anterin sendiri ke j&t nya apa bg,ap kita ad bayar gitu apa bg ke kurir ny kalau dia yang jemout ke tokok kira

    ReplyDelete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

1 – 200 of 203   Newer›   Newest»
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,35,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,266,Toko Online,46,Tutorial,294,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,11,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Cara Lengkap Mengirim Pesanan Shopee dengan J&T Express
Setelah anda mengirim pesanan shopee dengan J&T dan barang diterima oleh pembeli, maka saldo penjualan akan ditransfer ke akun shopee anda. Silahkan transfer atau cairkan uang tersebut ke rekening pribadi anda.
https://1.bp.blogspot.com/-nHbch7JQ22A/Xn23dGCuqiI/AAAAAAAAIMU/W3MIyyIu_co9HoH5hvW1Q7q7KjgJnLsZACLcBGAsYHQ/s640/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BShopee%2Bdengan%2BJ%2526T%2BExpress%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-nHbch7JQ22A/Xn23dGCuqiI/AAAAAAAAIMU/W3MIyyIu_co9HoH5hvW1Q7q7KjgJnLsZACLcBGAsYHQ/s72-c/Cara%2BLengkap%2BMengirim%2BPesanan%2BShopee%2Bdengan%2BJ%2526T%2BExpress%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/03/cara-lengkap-mengirim-pesanan-shopee-dengan-jnt-express.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/03/cara-lengkap-mengirim-pesanan-shopee-dengan-jnt-express.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content