Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya

Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya

Berikut ini adalah solusi untuk mengatasi local disk C penuh tapi aplikasi sedikit. Sebelumnya sisa penyimpanan besar, tetapi terus berkurang padahal tidak pernah install aplikasi baru lagi setelahnya. Masalah ini saya juga alami dan ternyata penyebabnya adalah aplikasi Adobe Premiere Pro yang melakukan duplikasi file yang sedang di edit.

Lalu bagaimana caranya membersihkan local disk c penuh padahal aplikasi sedikit? Cara yang saya lakukan adalah dengan menghapus semua file cache yang disimpan oleh aplikasi Adobe Premiere Pro di local disk C. Dengan cara ini saya bisa membersihkan memori lebih dari 100 Gb.

Yup! Pada percobaan pertama saya juga sangat kaget dengan hasil yang didapatkan. File cache premiere pro di komputer saya ternyata sudah lebih dari 100 G, dengan begitu terjawab juga rasa penasaran saya kenapa local disk C di PC saya selalu bertambah walaupun aplikasi yang saya install tidak banyak.

Cara ini bisa dilakukan di hampir semua versi Windows yang saat ini banyak digunakan seperti Windows 7, Windows 8, Windows 10, dan Windows 11. Untuk Windows versi jadul seperti Windows XP mungkin ada sedikit perbedaan di tampilan menu nya, namun secara prinsip semuanya sama.

Masalah local disk C penuh ini berbeda dengan masalah RAM yang penuh, sama - sama tempat penyimpanan (memory) namun berbeda fungsi. Jadi pada pembahasan kali ini kita fokus ke penyimpanan di local disk C ya, bukan RAM. Jika anda cari cara mengatasi RAM yang penuh di laptop atau PC akan dibahas di tulisan yang berbeda.

Baca juga: Cara Full Test Kesehatan Memori RAM di PC Komputer /Laptop

Kenapa Local Disk C bisa Penuh sendiri. Bagaimana jika Local Disk C Penuh?

Jika harddisk atau SSD yang kita gunakan sudah penuh di bagian local disk C maka ada beberapa efek buruk yang akan kita rasakan. Secara instant, laptop atau komputer kita akan kesulitan menjalankan aplikasi - aplikasi yang biasa kita gunakan.

Walaupun secara teknis aplikasi - aplikasi yang sudah terinstall telah mendapatkan ruang masing - masing di lokal disk C namun beberapa aplikasi tetap membutuhkan ruang/memory ekstra saat dijalankan. 

Contohnya jika kita membuka aplikasi editing seperti Adobe Premiere, aplikasi ini membutuhkan ruang penyimpanan yang bisa dipakai untuk menyimpan file /video yang akan di buka atau di edit di aplikasi Premiere Pro. Jika kita ingin mengedit file video dengan ukuran 2 Gb maka aplikasi ini akan melakukan duplikasi file (temporary file) dan disimpan di folder cacher agar proses edit berjalan lebih lancar.

Jika ruang penyimpanan penuh, sudah dipastikan aplikasi tidak bisa berjalan normal, kita akan banyak menemui kendala, seperti layar freezing, lemot, dll. Jika sudah parah aplikasi akan tertutup sendiri (force close), bahkan komputer juga bisa melakukan restart sendiri.

Untuk itu, kita harus selalu memperhatikan kesehatan penyimpanan di komputer, pastikan ruang penyimpanan ekstra selalu tersedia agar proses pekerjaan kita tidak terganggu dengan error - error yang mengganggu.

Baca juga: Cara Cepat Menambahkan Emoji di Windows di Semua Aplikasi

Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya - Disk Cleanup

Sebelum melakukan langkah pembersihan cache aplikasi, saya sarankan agar anda melakukan pembersihan dengan metode Disk Clean up terlebih dahulu, untuk caranya silahkan baca tulisan berikuti ini. Jika sudah melakukannya, silahkan langsung ke cara dibawahnya.

  1. Tekan tombol >Start/Windows
  2. ketik di kolom pencarian "Disk Cleanup". Silahkan pilih menu Disk cleanup tersebut
  3. Akan muncul popup dan meminta kita untuk memilih drive, silahkan pilih drive C kemudian klik tombol >OK
  4. Pilih atau klik tombol "Clean up system files" di bagian bawah
  5. Pilih drive C
  6. Aktifkan/Ceklist di kolom "Previous Windows Installation(s)"
  7. Klik tombol >OK.
  8. Tunggu hingga proses pembersihan selesai sempurna. Jika sudah selesai silahkan periksa kembali jumlah memori / ruangan kosong di local disk C, jika berhasil ruangan kosong akan bertamah.

Apakah proses Disk Cleanup akan menghapus semua data?

Tidak. Proses Disk cleanup ini hanya fokus menghapus file yang sudah dipakai dan tidak akan digunakan lagi, seperti file update windows yang telah terinstall. Jadi kalaupun file tersebut dihapus, tidak akan mempengaruhi kinerja komputer atau laptop.

Disk Cleanup ini memang fitur yang disediakan oleh Windows jika kita ingin membersihkan ruang penyimpanan di lokal disk C, tempat menyimpan sistem file. Jadi jika penggunaannya benar, maka tidak akan ada masalah dan tidak berpengaruh terhadap kinerja komputer.

Baca juga: Cara Setting Dark Mode di Microsoft Office Word, Excel, PowerPoint

Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya - Clear Cache (Adobe Premiere Pro)

Ini adalah cara khusus bagi anda yang pernah atau sering menggunakan aplikasi editing Adobe Premiere Pro. Dengan cara ini pada pengalaman saya, bisa membersihkan local disk C sebesar 100 Gb lebih (tepatnya 123 Gb) dan tidak berpengaruh sedikitpun terhadap kinerja komputer. Untuk tutorial cara membersihkan cache aplikasi Adobe, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.
  1. Silahkan buka aplikasi Adobe Premiere seperti biasa 
  2. Selanjutnya buka menu >Edit >Preferences >Media
  3. Didalam pengaturan media silahkan cari kolom Media Cache File dan disana ada keterangan seperti ini "Location: C:\Users\"Computer Name"\AppData\Roaming\Adobe\Common". Di beberapa komputer mungkin lokasinya berbeda, tetapi umumnya seperti data location ini. Silahkan buka folder Common tersebut melalui explorer
  4. Selanjutnya silahkan buka folder >Media Cache Files. Didalam folder Media Cache Files ini anda akan menemukan salinan file/media yang pernah dibuka di aplikasi Adobe dengan ukuran original. 
  5. Silahkan HAPUS PERMANEN (Shift +Delete) semua file yang ada di dalam folder Media Cache Files ini. Sebelum menghapus file - file ini silahkan pilih semua file (Ctrl+A) yang ada didalam folder kemudian silahkan lihat total ukuran file yang ada disana untuk mengetahui berapa besar memori yang akan dibersihkan.
    Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya

  6. Jika sudah dihapus semua, silahkan periksa kembali ukuran atau ruangan yang tersisa di Local Disk C, jika berhasil ruangan kosong akan bertambah sesuai ukuran file yang dihapus. Jika ruang kosong tidak bertambah, periksa bagian Recycle bin, pastikan bagian ini juga sudah bersih dari file - file sampah.

Pada pengalaman saya, cara ini bisa membersihkan banyak sekali memori. Pada contoh ini saya bisa membersihkan sebanyak 123 Gb, dan sebelumnya juga selalu diatas 100 Gb. Ini bukan cara permanen, jadi harus dilakukan setiap beberapa bulan sekali atau saat ruang penyimpana diarasa sudah penuh lagi.

Bagaimana jika file /folder tidak bisa dihapus?

Jika saat proses pembersihan ada file atau folder yang tidak bisa dihapus, maka silahkan tutup dulu aplikasi Adobe Premiere yang sedang dibuka. Kemudian ulangi kembali proses penghapusan diatas, atau klik tombol "Retry/Try Again"

Jika masih belum bisa silahkan buka jendela Task Manager (Ctrl+Shift+Esc) kemudian pada halaman Process silahkan cari aplikasi Adobe yang sedang berjalan. 

Jika sudah ketemu aplikasi adobe yang sedang berjalan (running) silahkan pilih aplikasi tersebut kemudian klik-kanan hingga muncul menu popup selanjutnya pilih >End tast. Tunggu beberapa saat hingga aplikasi benar - benar tertutup sempurna, kemudian coba kembali melakukan penghapusan file cache diatas.

Apakah akan menghapus file original setelah clear cache?

Jika anda menghapus file cache di folder adobe diatas, maka file original atau video original yang pernah di edit di aplikasi Adobe tidak akan terhapus. Pada langkah diatas kita hanya menghapus file duplikasi yang dibuat oleh aplikasi Adobe dengan tujuan agar proses editing berjalan lancar sedangkan file original sama sekali tidak tersentuh.

Jika anda masih ragu, silahkan coba hapus satu file video dulu, lalu periksa file aslinya. Jika file asli masih bisa dibuka secara normal atau diputar secara normal maka hal ini menjadi tanda bahwa menghapus semua file yang ada di dalam folder Media Cache Files tidak ada masalah.

Pada pengalaman saya, saat membuka lagi file Adobe Premiere Pro yang telah dibuat, akan ada waktu tambahan untuk aplikasi memuat kembali file original untuk dibuatkan file media cache nya. Namun waktu tambahan ini tidak terlalu lama dalam pengalaman saya, seperti halnya waktu loading saat kita membuka aplikasi.

Apakah berpengaruh terhadap kinerja komputer? 

Pada pengalaman saya, setelah melakukan Disk Cleanup dan menghapus file cache adobe tidak ada masalah yang saya hadapi. Semua aplikasi berjalan sebagaimana mestinya, tidaka da error ataupun hal aneh yang dilakukan komputer.

Bahkan, karena sekarang komputer saya sudah lebih banyak ruangan kosongnya di local disk C, komputer terasa lebih ringan. Mungkin ini efek karena sekarang lebih banyak ruang kosong dan sistem juga lebih leluasa untuk menggunakannya.

Pada proses Disk Cleanup, yang dibersihkan adalah file 'bekas' update windows yang umumnya tidak akan dipakai lagi. Sedangkan pada proses clean file cache Adobe, kita hanya menghapus file backup/duplikasi yang dibuat oleh aplikasi untuk keperluan editing. Jika proses editing sudah selesai, maka file - file tersebut sudah tidak dibutuhkan lagi.

Semoga Tulisan mengenai cara mengatasi Local Disk C penuh padahal aplikasi sedikit dan cara membersihkannya ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,17,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,44,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,285,Toko Online,51,Tutorial,321,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya
Local Disk C Penuh Padahal Aplikasi Sedikit? Begini cara membersihkannya
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj1vq1oNCoyovBEvNtBU6HV8yI1rRfUgId2NmmfhlrWGsBKtAfLoqmrHN8bsWNDgwQsuVXhgN78va9ohwxUVTTKwXCi49gPrxSZsyhDtJnEVdnl3lTBDSN5pMu3cCPjfSpHBd3_Hm19yHNJUaSGmUg_cGcDIcruCk41lQVSgO-w-tilNpbVa3wPXTCYBA=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEj1vq1oNCoyovBEvNtBU6HV8yI1rRfUgId2NmmfhlrWGsBKtAfLoqmrHN8bsWNDgwQsuVXhgN78va9ohwxUVTTKwXCi49gPrxSZsyhDtJnEVdnl3lTBDSN5pMu3cCPjfSpHBd3_Hm19yHNJUaSGmUg_cGcDIcruCk41lQVSgO-w-tilNpbVa3wPXTCYBA=s72-w640-c-h360
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/01/local-disk-c-penuh-padahal-aplikasi-sedikit-cara-membersihkan.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/01/local-disk-c-penuh-padahal-aplikasi-sedikit-cara-membersihkan.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content