Beranda
Finance
Tutorial
Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri
Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri

Berikut ini adalah cara ganti Email internet banking Mandiri di aplikasi iBanking yang biasa kita gunakan untuk bertransaksi. Dengan cara ini kita dapat mengganti email yang terkait dengan akun internet banking mandiri kita dengan mudah dan cepat.

Ketika sedang 'berkeliling' di aplikasi internet banking mandiri atau iBanking Mandiri milik saya, ternyata saya menemukan bahwa email yang terkait dengan akun bank Mandiri saya adalah alamat email lama yang sekarang sudah jarang saya buka.

Dengan begitu terjawab sudah kenapa saya jarang menerima email terkait transaksi di akun bank saya. Selanjutnya saya segera ganti email internet banking mandiri tersebut dengan email utama saya yang sekarang aktif digunakan. Ternyata caranya pun cukup mudah dan hanya memerlukan beberapa menit (bahkan detik) saja.

Ganti email internet banking mandiri cukup mudah dan cepat, tidak perlu pergi ke bank apalagi menunggu persetujuan pihak bank. Yang penting kita tidak salah memasukan password atau PIN saat diminta.

Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri

  • Buka aplikasi Internet Banking Mandiri anda
  • Silahkan Login seperti biasa (masukan username dan password)
  • Klim tombol >Menu Akun (kiri-atas) maka slide menu akun internet banking anda akun muncul
  • Pilih menu >Profil Saya
  • Klik tulisan >Detail Akun. Informasi akun anda akan muncul Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri
  • Klik tombol >UBAH biasanya terletak di bagian bawah halaman
  • Klik pada alamat email yang ingin dirubah kemudian silahkan masukan email pengganti
  • Klik tombol >SIMPAN PERUBAHAN. Halaman konfirmasi perubahan akan muncul
  • Silahkan masukan MPIN anda seperti biasa melakukan transaksi Cara Ganti Email Internet Banking Mandiri
  • Selesai. Silahkan kembali lagi ke bagian Detail akun untuk melihat perubahannya

Jika anda telah selesai ganti email internet banking mandiri anda sesuai langkah - langkah diatas, kami sarankan anda untuk melakukan logout kemudian tutup aplikasi iBanking anda. Kemudian silahkan buka, login kembali dan periksa bagian detail akun anda. Pastikan alamat email yang tertera telah berubah.

Test dengan melakukan transaksi

Bagaimana kita mengetahui bahwa langkah yang kita lakukan diatas sudah benar dan berhasil ganti email internet banking? 

Perlu diketahui bahwa anda tidak akan menerima email dari bank mandiri mengenai perubahan ini kecuali anda melakukan sebuah transaksi dari aplikasi ibanking mandiri anda seperti melakukan pembayaran, transfer atau membeli pulsa dari aplikasi tersebut.

Setelah anda melakukan transaksi dari aplikasi internet banking mandiri, jika langkah ganti email internet banking mandiri anda berhasil, maka anda akan menerima detail transaksi di email baru.

Jika anda tidak menerima email mengenai transaksi yang telah anda lakukan, ada kemungkinan penggantian email tersebut belum berhasil. Periksa kembali data profil anda di aplikasi, jika masih menggunakan email lama, silahkan ulangi langkah - langkah diatas.

Periksa Berkala

Jika anda telah selesai ganti email interent banking mandiri anda diatas, selanjutnya kami sarankan anda untuk melihat - lihat data lainnya yang terhubung dengan akun bank mandiri anda. Jika anda menemukan data atau keterangan yang mencurigakan, kami sarankan untuk segera menghapus atau menggantinya.

Lakukan juga pemeriksaan secara berkala pada data profil anda di aplikasi internet banking mandiri tersebut. Contohnya seperti diatas, kita dapat ganti email internet banking mandiri dengan mudah, hal tersebut menunjukan juga bukan tidak mungkin pihak lain pun dapat merubah data tersebut jika memiliki password atau kata kunci penting lainnya. Maka lakukan pemeriksaan secara berkala.

Semoga tulisan mengenai cara ganti email internet banking mandiri ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Unknown
    Unknown
    Senin, Januari 25, 2021
    Kak saya mau bertanya, jika kita mengganti email baru, apakah di email yang sebelumnya muncul notifikasi? Karena itu bukan email saya
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, Januari 26, 2021
      Saya lupa lagi kalau itu tapi harusnya sih ada ya. soalnya sistem tetap akan menganggap itu email kamu dua - dua nya
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!