Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Panduan Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat
Panduan Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat

Berikut ini adalah panduan atau cara kirim pesanan Shopee via SiCepat. Dalam tulisan ini kita akan membahas bagaimana proses transaksi penjualan di shopee, mulai dari menerima pesanan, persiapan dokumen, pengemasan, sampai menyerahkan pesanan ke pihak ekspedisi (SiCepat).

Jika anda baru pertamakali mendapat pesanan dari Shopee dan harus menggunakan Si Cepat maka ini adalah artikel yang tepat.

Dalam tulisan ini saya akan membagikan pengalaman saya sendiri dalam memproses pesanan yang datang ke toko online yang saya miliki di shopee. Untuk pemilihan kurir biasanya tergantung pembeli atau pihak shopee, jadi kita sebagai penjual tidak bisa merubah kurir yang telah ditentukan seenaknya.

Baca juga: Cara Menghitung Ongkos Kirim Berdasarkan Ukuran Volume dan Berat

Konfirmasi pesanan

Selalu saya ulang - ulang, sebelum anda kirim pesanan shopee via siCepat pastikan anda telah menerima konfirmasi/notifikasi pesanan langsung dari sistem shopee. Jika anda mendapat informasi pesanan langsung dari pembeli, jangan langsung diproses, pastikan dulu anda juga medapat notifikasi/konfirmasi dari shopee.

Pastikan juga pembeli telah menyelesaikan pembayaran atas barang yang dipesannya. Terkadang ada yang baru memesan tetapi belum menyelesaikan pembayaran karena harus transfer/bayar ke luar rumah. Tunggu dulu sampai pembayaran terverifikasi oleh sistem shopee baru lanjutkan proses pengiriman.

Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat

  1. Buka di aplikasi atau halaman website khusus penjual /seller di shopee (seller.shopee.co.id)
  2. Silahkan login (jika belum) 
  3. Pada halaman utama seller shopee silahkan klik menu >Penjualan Saya atau bisa juga dengan membuka menu >Pengiriman Perlu Diproses
  4. Semua daftar pesanan yang harus anda proses /kirim akan terlihat di halaman ini, silahkan klik tulisan atau tombol >Atur pengiriman
    Panduan Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat
  5. Setelah di klik >Atur Pengiriman biasanya akan muncul popup menu cara pengiriman ke kurir. Silahkan pilih, apakah anda ingin antar paket yang dipesan ke counter SiCepat terdekat, atau bisa juga meminta kurir SiCepat menjemput paket kiriman anda. Pada langkah ini saya memilih mengantar sendiri ke counter SiCepat terdekat.
  6. Setelah memilih metode pengantaran, silahkan klik tombol >Konfirmasi >Konfirmasi agar sistem dapat membuat kode booking.
  7. Setelah kode booking muncul silahkan klik tombol >Cetak Resi
  8. Halaman resi akan terbuka di tab yang baru, silahkan cetak atau print resi tersebut (untuk nanti ditempelkan di paket)
    Panduan Cara Kirim Pesanan Shopee via SiCepat
  9. Jika perlu, anda juga dapt sertakan kwitansi pembelian dari toko anda
  10. Selanjutnya silahkan packing atau bungkus barang yang telah dipesan dengan baik. Perhatikan standar pengemasan yang benar, sesuaikan dengan jenis barang yang anda jual.
  11. Setelah barang selesai di packing silahkan >Tempelkan resi yang telah dicetak sebelumnya. Tempelkan di bagian atas paket agar mudah dilihat oleh kurir saat pengantaran.
  12. Pasikan packing aman dan rapi, kemudian silahkan antarkan paket ke kantor SiCepat terdekat.
  13. Silahkan berikan paket tersebut ke kasir dan jika perlu sampaikan juga bahwa ini pesanan shopee.
  14. Silahkan tunggu sampai anda mendapatkan tanda terima/nomor resi dari petugas /kasir SiCepat.
  15. Umumnya transaksi menggunakan SiCepat di shopee tidak menggunakan uang tunai (cashless) jadi anda tidak perlu membayar ongkos kirim.
  16. Jika paket telah berada di tangan kurir dan anda telah menerima bukti pengiriman (resi) maka tugas anda sebagai penjual telah selesai.

Baca juga: Program Ekspor Shopee (Pengalaman Pribadi Saya)

Bagaimana kalau tidak ada printer?

Jika dirumah anda tidak ada printer, anda bisa menyimpan/screenshot resi nya dan print di warnet atau di jasa fotocopy. Namun jika memang tidak bisa dan tidak memungkinkan untuk print resi, anda bisa menggantinya dengan tulisan tangan di sepotong kertas.

Jika memang tidak bisa print resi, anda bisa menggantinya dengan menuliskan detail atau data - data yang ada didalam resi kedalam selembar kertas. Ukuran kertas juga tidak perlu besar, yang penting bisa muat alamat penerima dan nomor resi /nomor booking.

Yang penting nanti operator atau petugas ekspedisinya tau bahwa anda mengirim pesanan yang didapat dari shopee. Biasanya kalau operator tau itu pesanan shopee, mereka tidak akan bertanya lagi, mereka akan memasukan nomor booking dan cetak stiker untuk ditempel di paket.

Baca juga: Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee?

Terima pembayaran

Setelah anda kirim pesanan shopee via SiCepat maka anda hanya perlu menunggu paket yang anda kirim sampai dengan selamat ke alamat pembeli. Setelah paket sampai ditangan pembeli maka uang/pembayaran atas barang yang anda jual akan ditransfer ke akun anda setelah pembeli mengkonfirmasi barang telah diterima.

Jika pembeli tidak melakukan konfirmasi penerimaan barang, status pengiriman akan tetap berubah menjadi 'telah diterima' setelah 3x24 Jam dan uang penjualan akan ditransfer ke akun anda.

Jika anda butuh cepat uang penjualannya, saya sarankan untuk mengirim pesan kepada pembeli dan meminta mereka untuk melakukan konfirmasi penerimaan.

Perhatikan ini jika anda ingin mengganti Kurir yang digunakan

Pada pengaturan pengiriman pastikan anda hanya pilih kurir - kurir yang menurut anda mudah didatangi. Kalaupun misalnya anda terpaksa harus merubah kurir anda harus melakukan konfirmasi dan mengajukan perubahan kurir dari halaman seller shopee anda.

Sesekali mengganti kurir karena mendesak tidak apa - apa, tetapi jika berkali - kali dikhawatirkan sistem keamanan shopee akan menandai akun anda sebagai tidakan yang tidak wajar. Jadi pastikan anda memilih kurir yang benar - benar anda bisa gunakan.

Semoga tulisan mengenai panduan kirim pesanan shopee via SiCepat ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!