Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi? Shopee dan Tokopedia

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Peraturan
Shopee
Toko Online
Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi? Shopee dan Tokopedia
Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi ? Shopee dan Tokopedia
gambar background: tempo.co

Bagaimana Jika Berat Barang Lebih dari Estimasi di Shopee dan Tokopedia. Bagaimana jika saat di timbang di ekspedisi barang yang kita kirim beratnya lebih dari yang kita tulis di detail barang di sistem Shopee atau Tokopedia. Bagaimana cara menyelesaikan pembayarannya? Siapa yang bayar lebih nya?

Perbedaan antara berat estimasi dan berat riil pastinya sering terjadi. Jika dalam batas wajar, pastinya tidak akan menimbulkan masalah. Jika perbedaan berat itu tidak mempengaruhi biaya pengiriman, maka tidak ada masalah, namun jika perbedaan berat sudah merubah biaya pengiriman, ini akan menjadi masalah dan sedikit merepotkan.

Pada tulisan mengenai cara berjualan di Shopee dan Tokopedia, saya sudah ingatkan jika dalam mengisi berat estimasi barang, disarankan untuk melebihkan beratnya beberapa persen dari berat asli. Hal ini dimaksudkan untuk meng-cover jika nantinya pada berat aktual terdapat perbedaan antara timbangan di rumah dan timbangan di konter ekspedisi seperti JNE, JNT, SiCepat, dll.

Perlu diketahui bahwa berat estimasi yang dituliskan itu sudah harus termasuk packing atau bungkus barang yang kita jual. Jadi jika kita menjual barang dengan berat 500 gram dan kita bungkus menggunakan kardus, maka kita harus menimbang berat barang setelah di bungkus dengan kardus yang sudah siap dikirim. 

Jika berat barang +packing jadi 700gram, maka disarankan untuk menulis 800gram atau 850 gram di detail produk yang kita jual di sistem Shopee atau Tokopedia.

Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi ? Shopee dan Tokopedia

Jika anda sudah terlanjur datang ke konter ekspedisi dan barang sudah ditimbang, maka saya sarankan untuk tetap melanjutkan transaksi. Ada beberapa kebijakan yang biasa diambil oleh pihak ekspedisi, siapkan untuk semua skenario kebijakan - kebijakan ini.

Sekali lagi, ini tergantung kebijakan ekspedisi dan juga kebijakan atau perjanjian antara online shop dengan pihak ekspedisi, contohnya perjanjian kerjasama antara Shopee dan JNT, atau perjanjian antara Tokopedia dan SiCepat. Bukan perjanjian antar penjual dan ekspedisi.

Biaya kelebihan berat dibayar sesuai kesepakatan penjual dan pembeli (Shopee)

Kebijakan pertama ini akan menuntut kita sebagai penjual untuk membayar sisa dari kelebihan biaya ongkir saat itu juga, jadi jika biaya kirimnya lebih mahal 10 ribu dari estimasi maka kita penjual harus membayar dulu 10 ribu ke pihak ekspedisi, baru barang bisa lanjut diproses.

Maka dari itu, walaupun sudah sistem cashless, selalu sedia uang lebih untuk menutupi tagihan dadakan seperti ini.

Di peraturan Shopee disebutkan bahwa kekurangan biaya pengiriman bisa dibayar oleh penjual maupun pembeli, sesuai kesepakatan. Saya sendiri masih kurang faham maksud dari pernyataan 'sesuai kesepakatan' ini. Tetapi kemungkinan besar sih biaya kekurangannya tetap harus dibayar dulu oleh penjual saat mengirim ke konter ekspedisi, baru setelah transaksi selesai penjual dapat menagih biaya kekurangan ongkir nya ke pembeli.

Tetapi jika dilihat dari sisi etika, penjual yang harus menanggung biaya kekurangan ongkir ini. Penjual bertanggung jawab untuk mengisi estimasi berat di sistem, jadi jika ada perbedaan maka itu berasal dari kesalahan penjual yang keliru dalam mengkalkulasi berat barang setelah di packing.

Sumber: https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-yang-harus-saya-lakukan-jika-terdapat-perbedaan-ongkos-kirim-pada-jasa-kirim-sistem-Shopee

Biaya kelebihan berat diambil dari saldo penjualan (Tokopedia)

Khusus untuk transaksi di Tokopedia, kekurangan biaya ongkos kirim akan ditagih atau diambil dari saldo penjualan pada transaksi tersebut. Jadi kalaupun saat di konter ekspedisi barang kita lebih berat dan biaya lebih besar, pengiriman akan tetap diproses.

Nanti setelah barang diterima pembeli dan transaksi selesai, baru kekurangan biaya kirim tersebut akan diambil dari saldo penjualan. Jadi jika kita menjual barang seharga 50ribu dan kekurangan biaya kirim nya 10ribu maka kita kan menerima saldo penjualan sebesar 40 ribu.

Dari peraturan yang disebutkan, sepertinya tokopedia memberikan solusi atau peraturan yang lebih jelas dan lebih nyaman bagi penjual karena walaupun saat penimbangna terdapat perbedaan biaya kirim, barang tetap akan diproses dan tagihan diambil dari saldo penjualan secara otomatis.

Sumber: https://www.tokopedia.com/help/article/saya-salah-input-berat-produk

Selalu ukur menggunakan timbangan! jangan dikira - kira

Untuk menghindari masalah seperti ini, saya sangat menyarankan anda untuk menimbang secara benar di timbangan, jangan menggunakan perkiraan atau feeling. Jika tidak ada timbangan di rumah, anda bisa datang ke konter ekspedisi terdekat untuk ikut menimbang di timbangan milik mereka.

Setelah anda mendapatkan berat barang + packing, selalu lebihkan beberapa persen saat mengisi di kolom berat barang di sistem Shopee maupun tokopedia. Jadi kira perat barang + packing adalah 800gram, di sistem penjual silahkan lebihkan jadi 900gram atau 950gram.

Semoga tulisan mengenai kelebihan biaya ongkir ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!