Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi? Shopee dan Tokopedia

Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi ? Shopee dan Tokopedia
gambar background: tempo.co

Bagaimana Jika Berat Barang Lebih dari Estimasi di Shopee dan Tokopedia. Bagaimana jika saat di timbang di ekspedisi barang yang kita kirim beratnya lebih dari yang kita tulis di detail barang di sistem Shopee atau Tokopedia. Bagaimana cara menyelesaikan pembayarannya? Siapa yang bayar lebih nya?

Perbedaan antara berat estimasi dan berat riil pastinya sering terjadi. Jika dalam batas wajar, pastinya tidak akan menimbulkan masalah. Jika perbedaan berat itu tidak mempengaruhi biaya pengiriman, maka tidak ada masalah, namun jika perbedaan berat sudah merubah biaya pengiriman, ini akan menjadi masalah dan sedikit merepotkan.

Pada tulisan mengenai cara berjualan di Shopee dan Tokopedia, saya sudah ingatkan jika dalam mengisi berat estimasi barang, disarankan untuk melebihkan beratnya beberapa persen dari berat asli. Hal ini dimaksudkan untuk meng-cover jika nantinya pada berat aktual terdapat perbedaan antara timbangan di rumah dan timbangan di konter ekspedisi seperti JNE, JNT, SiCepat, dll.

Perlu diketahui bahwa berat estimasi yang dituliskan itu sudah harus termasuk packing atau bungkus barang yang kita jual. Jadi jika kita menjual barang dengan berat 500 gram dan kita bungkus menggunakan kardus, maka kita harus menimbang berat barang setelah di bungkus dengan kardus yang sudah siap dikirim. 

Jika berat barang +packing jadi 700gram, maka disarankan untuk menulis 800gram atau 850 gram di detail produk yang kita jual di sistem Shopee atau Tokopedia.

Baca juga: Cara Mengirim Pesanan Shopee dengan JNT Express

Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi ? Shopee dan Tokopedia

Jika anda sudah terlanjur datang ke konter ekspedisi dan barang sudah ditimbang, maka saya sarankan untuk tetap melanjutkan transaksi. Ada beberapa kebijakan yang biasa diambil oleh pihak ekspedisi, siapkan untuk semua skenario kebijakan - kebijakan ini.

Sekali lagi, ini tergantung kebijakan ekspedisi dan juga kebijakan atau perjanjian antara online shop dengan pihak ekspedisi, contohnya perjanjian kerjasama antara Shopee dan JNT, atau perjanjian antara Tokopedia dan SiCepat. Bukan perjanjian antar penjual dan ekspedisi.

Biaya kelebihan berat dibayar sesuai kesepakatan penjual dan pembeli (Shopee)

Kebijakan pertama ini akan menuntut kita sebagai penjual untuk membayar sisa dari kelebihan biaya ongkir saat itu juga, jadi jika biaya kirimnya lebih mahal 10 ribu dari estimasi maka kita penjual harus membayar dulu 10 ribu ke pihak ekspedisi, baru barang bisa lanjut diproses.

Maka dari itu, walaupun sudah sistem cashless, selalu sedia uang lebih untuk menutupi tagihan dadakan seperti ini.

Di peraturan Shopee disebutkan bahwa kekurangan biaya pengiriman bisa dibayar oleh penjual maupun pembeli, sesuai kesepakatan. Saya sendiri masih kurang faham maksud dari pernyataan 'sesuai kesepakatan' ini. Tetapi kemungkinan besar sih biaya kekurangannya tetap harus dibayar dulu oleh penjual saat mengirim ke konter ekspedisi, baru setelah transaksi selesai penjual dapat menagih biaya kekurangan ongkir nya ke pembeli.

Tetapi jika dilihat dari sisi etika, penjual yang harus menanggung biaya kekurangan ongkir ini. Penjual bertanggung jawab untuk mengisi estimasi berat di sistem, jadi jika ada perbedaan maka itu berasal dari kesalahan penjual yang keliru dalam mengkalkulasi berat barang setelah di packing.

Sumber: https://help.shopee.co.id/s/article/Apa-yang-harus-saya-lakukan-jika-terdapat-perbedaan-ongkos-kirim-pada-jasa-kirim-sistem-Shopee

Biaya kelebihan berat diambil dari saldo penjualan (Tokopedia)

Khusus untuk transaksi di Tokopedia, kekurangan biaya ongkos kirim akan ditagih atau diambil dari saldo penjualan pada transaksi tersebut. Jadi kalaupun saat di konter ekspedisi barang kita lebih berat dan biaya lebih besar, pengiriman akan tetap diproses.

Nanti setelah barang diterima pembeli dan transaksi selesai, baru kekurangan biaya kirim tersebut akan diambil dari saldo penjualan. Jadi jika kita menjual barang seharga 50ribu dan kekurangan biaya kirim nya 10ribu maka kita kan menerima saldo penjualan sebesar 40 ribu.

Dari peraturan yang disebutkan, sepertinya tokopedia memberikan solusi atau peraturan yang lebih jelas dan lebih nyaman bagi penjual karena walaupun saat penimbangna terdapat perbedaan biaya kirim, barang tetap akan diproses dan tagihan diambil dari saldo penjualan secara otomatis.

Sumber: https://www.tokopedia.com/help/article/saya-salah-input-berat-produk

Selalu ukur menggunakan timbangan! jangan dikira - kira

Untuk menghindari masalah seperti ini, saya sangat menyarankan anda untuk menimbang secara benar di timbangan, jangan menggunakan perkiraan atau feeling. Jika tidak ada timbangan di rumah, anda bisa datang ke konter ekspedisi terdekat untuk ikut menimbang di timbangan milik mereka.

Setelah anda mendapatkan berat barang + packing, selalu lebihkan beberapa persen saat mengisi di kolom berat barang di sistem Shopee maupun tokopedia. Jadi kira perat barang + packing adalah 800gram, di sistem penjual silahkan lebihkan jadi 900gram atau 950gram.

Semoga tulisan mengenai kelebihan biaya ongkir ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Baca juga: Cara Mengirim Pesanan Tokopedia dengan SiCepat

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,26,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,36,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,33,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,45,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,262,Toko Online,44,Tutorial,290,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi? Shopee dan Tokopedia
Bagaimana Jika Barang Lebih Berat dari Estimasi? Shopee dan Tokopedia
Bagaimana cara menyelesaikan pembayarannya? Siapa yang bayar lebih nya? Bagaimana Jika Berat Barang Lebih dari Estimasi? di Shopee dan Tokopedia
https://1.bp.blogspot.com/-I4yEUDE7vA4/YNk_5hY55KI/AAAAAAAAJ-c/x7uZdqVZ6zw0KHOHtjsXuaGjZm-EU_tdACLcBGAsYHQ/w640-h356/Bagaimana%2BJika%2BBarang%2BLebih%2BBerat%2Bdari%2BEstimasi%2BShopee%2Bdan%2BTokopedia.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-I4yEUDE7vA4/YNk_5hY55KI/AAAAAAAAJ-c/x7uZdqVZ6zw0KHOHtjsXuaGjZm-EU_tdACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Bagaimana%2BJika%2BBarang%2BLebih%2BBerat%2Bdari%2BEstimasi%2BShopee%2Bdan%2BTokopedia.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/06/bagaimana-jika-barang-lebih-berat-dari.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/06/bagaimana-jika-barang-lebih-berat-dari.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content