Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?

Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?

Sudah beberapa hari ini saya berusaha mencari letak halaman wishlist Shopee di PC (komputer) dan laptop, mulai dari dilihat menu satu - satu sampai bertanya ke admin shopee langsung. Lalu bagaimana akhirnya? Apakah ada halaman khusus dari shopee?

Bagaimana cara melihat halaman wishlist shopee di website? bagaimana cara membuka halaman wishlist shopee di komputer atau PC? Apakah ada cara khusus untuk melihat barang - barang yang telah kita tandai di akun shopee?

Pasti hal diatas semua menjadi salah satu pertanyaan yang ingin Anda ajukan langsung kepada management shopee atau minimal customer service nya ya. Karena halaman wishlist shopee tidak dapat ditemukan, baik itu dari daftar menu ataupun halaman - halaman khusus.

Apa itu halaman wishlist?

Bagi Anda yang belum tahu, halaman wishlist atau 'favorit saya' pada sebuah marketplace seperti shopee adalah kumpulan produk atau barang yang sudah kita tandai. Semuanya akan ditampilkan pada satu halaman agar mudah dicari. Dan halaman tersebut sering disebut sebagai wishlist.

Di beberapa market place halaman wishlist juga sering disebut halaman favorit (berisi produk - produk yang kita tandai dan masuk ke halaman favorit /wishlist)

Misalkan Anda sedang mencari barang berupa dompet pria panjang  dengan spesifikasi tertentu. Terkadang butuh waktu yang tidak sebentar untuk mendapatkan produk yang sesuai, karena banyaknya produk dompet kulit pria pada halaman pencarian.

Namun jika kita sudah menemukan produk dompet yang pas dari ribuan produk yang hampir mirip - mirip tersebut, kita dapat menandai produk tersebut. Jika di Shopee kita hanya perlu menekan tombol berbentuk hati (love) dan akan otomatis akan masuk kedalam daftar wishlist atau favorit kita.

Setelah kita tandai produk dompet pria panjang tersebut, untuk selanjutnya kita tidak perlu lagi mencari dari halaman pencarian utama, kita hanya perlu membuka halaman wishlist. Pada halaman tersebut akan muncul daftar produk yang sudah kita tandai.

Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?

Ada beberapa cara yang kami lakukan untuk dapat membuka atau menampilkan halaman wishlist seperti yang ada pada halaman wishlist di aplikasi Shopee. Mulai dari menelusuri setiap menu yang ada pada halaman website shopee sampai menulis alamat halaman wishlist shopee secara manual di browser.

Tidak hanya menelusuri menu dan menulis alamat secara manual, kami juga akhirnya bertanya langsung kepada customer representative atau customer service official shopee yang ada di media sosial Twitter.

Dibawah ini adalah Pembahasan versi Video (Youtube). Jika anda ingin pembahasan lengkap silahkan lanjutkan membaca sampai akhir, jika anda ingin melihat contoh atau cara secara langsung dengan visual (video) silahkan putar video dibawah ini, atau buka di aplikasi Youtube seperti biasa:

 

Menelusuri bagian menu

Hal yang paling dasar jika kita tidak menemukan halaman yang kita cari adalah dengan melihat atau membuka menu yang ada satu per satu. Hal ini dilakukan agar tidak ada link atau menu yang terlewat atau kita rasa tidak mungkin berada disana.

Setelah kami berputar - putar di menu Akun Saya, kemudian Pesanan Saya, Notifikasi, Voucher Saya, sampai kepada Koin Shopee Saya. Tidak ada satupun dari menu - menu tersebut yang mengarah kepada halaman wishlist shopee akun kami.

Menulis langsung di browser

Karena kami tidak menemukan halaman wishlist shopee melalui menu - menu yang ada di akun shopee versi website. Maka kita ke cara alternatif yang kedua, yaitu menulisnya langsung di browser secara manual halaman wishlist shopee yang 'mungkin' digunakan oleh tim IT di shopee.

berikut adalah alamat - alamat yang kita coba buka dan prediksi digunakan untuk halaman wishlist shopee:

  • shopee.co.id/wishlist
  • shopee.co.id/page/wishlist/
  • shopee.co.id/show/wishlist
  • shopee.co.id/wishlist-page
  • dll
Dari beberapa halaman website yang kami 'prediksi' tersebut tidak ada satupun yang mengarah kepada halaman wishlist shopee. Bahkan kami pun mencoba meniru alamat atau /url halaman wish tokopedia, namu tetap saja tidak bisa.

Bertanya langsung kepada Customer Service

Setelah berjuang 'sendiri' mencari tahu namun tetap tidak membuahkan hasil sesuai yang diinginkan, akhirnya kami pun bertanya langsung melalui CS Shopee. Tidak melalui website shopee, melainkan melalui akun sosial media shopee di twitter. 

Tanpa basa - basi, kami pun langsung bertanya perihal halaman atau cara agar kita bisa menampilkan halaman wishlist shopee di website kepada akun resmi /official shopee di Twitter seperti ini.

Pertama kami membuat tweet dengan langsung mention akun official shopee di twitter (@shopeeID) dengan pertanyaan langsung seperti ini: "@ShopeeID min klo mau lihat halaman wishlist di PC (website) gmn ya?"

Di hari yang sama kami langsung mendapat balasan dari shopee seperti ini: "Hi kak. Bisa cek produk yang kamu Favoritkan melalui aplikasi Shopee aja ya :) ^IS"


Balasan diatas kita sekarang mengetahui bahwa memang tidak ada cara untuk membuka halaman wishlist melalui website. Jika Anda ingin melihat daftar produk - produk yang telah anda tandai, maka mau tidak mau Anda harus membukanya melalui aplikasi Shopee di smartphone.

Baik itu smartphone Android maupun iOS (Apple) tidak ada bedanya, yang penting aplikasi Shopee di smartphone.

Apakah disengaja? Alasannya?

Sebelum menjawab pertanyaan apakah halaman ini disembunyikan dengan sengaja, kita harus mengerti dahulu tingkat kesulitan untuk menampilkan halaman tersebut.

Baca juga: Cara Top up ShopeePay lewat PC (Website)

Namun kembali lagi, tidak mungkin para ahli IT di Shopee tidak bisa memunculkan halaman wishlist shopee di website, karena itu seharusnya tugas mereka sehari hari. Dan YES!, hal ini sepertinya memang disengaja dan menjadi strategi khusus yang mereka ambil.

Strategi seperti apa? kok malah seperti menyusahkan pengguna website ya. 

Sepertinya pihak Shopee ingin sedikit memisahkan fitur yang digunakan oleh pembeli dan penjual, seperti yang kita ketahui pembeli di shopee didominasi oleh pengguna aplikasi. Sedangkan penjual mendominasi penggunaan komputer atau laptop untuk mengakses akun shopee masing - masing.

Dan mungkin masih banyak alasan lain yang menghasilkan keputusan bahwa halaman wishlist shopee tidak disediakan untuk pengguna yang mengakses akunnya melalui komputer (website).

Solusinya?

Sebenarnya ini lebih ke alternatif ya, karena kalau untuk solusi sepertinya susah memunculkan halaman wishlist atau 'Favorit Saya' langsung dari website Shopee karena memang dibatasi langsung dari websitenya.

Solusi atau alternatif pertama adalah dengan melakukan bookmark atau menyimpan alamat (url) produk di browser. Silahkan tandai /bookmark setiap produk yang ada di daftar wishlist /favorit kemudian masukan kedalam folder khusus agar mudah dicari.

Alternatif selanjutnya bisa menggunakan aplikasi emulator seperti Bluestack, Nox atau emulator lainnya. Bagi anda yang belum familiar, emulator adalah aplikasi yang diinstall di PC kita agar dapat membuka aplikasi android di komputer.

Seperti memiliki HP Android virtual, anda dapat membuka berbagai macam aplikasi langsung dari PC. Umumnya aplikasi emulator ini lebih sering digunakan untuk bermain game, tetapi sebenarnya bisa digunakan untuk membuka aplikasi lainnya  termasuk aplikasi marketplace seperti Shopee, Tokopedia, dll.

NOTE: Disarankan untuk tidak melakukan transaksi melalui emulator karena anda bisa dianggap memanfaatkan sistem dan akun anda bisa dinonaktifkan secara permanen. 

Update 2020: Akhirnya ada pencerahan yang mantap!

Akhirnya, ada teman kita bernama 'denot' di kolom komentar yang berbagi informasi link /url yang tepat untuk membuka halaman favorit atau wishlist shopee di browser komputer. Secara pribadi saya ucapkan terimakasih banyak atas informasinya.

Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?

Tanpa berbasa - basi lagi, langsung saja kunjungi url nya dibawah ini:

https://mall.shopee.co.id/buyer/likes

Jangan lupa, pastikan anda sudah login ya sebelum membuka halaman wishlist diatas.

Sampai saat tulisan ini di edit link diatas masih bisa dipergunakan untuk membuka halaman wishlist. Namun telah otomatis di re-direct ke alamat terbaru. Jika link diatas sudah tidak bisa digunakan silahkan gunakan link alternatif dibawah ini.

https://mall.shopee.co.id/buyer/likes?__classic__=1

Bagaimana dengan Marketplace yang lain?

Sebagai perbandingan, halaman wishlist di marketplace lain seperti Tokopedia sangat mudah untuk ditemukan. Walaupun tidak ada link langsung di halaman utama, tetapi kita dapat menemukannya pada salah satu isi di menu akun kemudian kita bisa melihat langsung melihat menu halaman wishlist.

Begitu juga dengan marketplace lain seperti bukalapak, kita dapat melihat halaman favorit (wishlist) melalui menu akun profil kemudian menu >Barang Favorit.

Semoga pembahasan mengenai halaman wishlist shopee ini bermanfaat, jika ada pertanyaan atau pendapat pribadi Anda mengenai pembahasan ini, silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa!. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 43
  1. Aneh shopee, IT nya gak pernah belajar UX

    ReplyDelete
    Replies
    1. Klo untuk fitur wishlist /favorit di website saya yakin tim IT shopee bisa dengan mudah menambahkannya. Namun sepertinya ada alasan lain seperti yang telah dibahas diatas

      Delete
  2. Saya rasa bukan masalah pembeda fitur, karena merusak experience antara mobile dan desktop.
    Btw, pembahasan yang menarik 👍

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! Sepertinya butuh keterangan langsung dari tim strategi nya ya kenapa ga ada halaman favorit di website shopee. thanks gan testimoninya!

      Delete
  3. Apa mungkin shopee "maksa" visitor buat make app biar appnya laku di appstore. Hm

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin saja sih gan selama itu tidak melanggar peraturan atau merugikan pengguna. contohnya saja facebook yang memisahkan messenger dengan aplikasi utama, tidak sedikit yang protes tetapi masih jalan sampe sekarang. hehe

      Delete
  4. Ini pertama kalinya mau buka wishlist di marketplace sampai Googling dulu.
    Pantes aja dicari gak ketemu. Aplikasi Shopee buat Saya engga banget. Tuman, udah di stop masih aja jalan di background

    Tapi Makasih banget loh sudah berbagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehe iya gan, soalnya agak beda nih sama marketplace pada umumnya.
      Siap gan sama - sama! Makasih juga sudah ngasih testimoninya disini.

      Delete
  5. hahahahahaha pantes aja nggak nemu2,,mantap mksh gan infonya,,"Indahnya Berbagi"

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yupz! iya gan, indahnya berbagi! setidaknya mengurangi satu misteri bersama ya.. hehe

      Delete
  6. wahahhahahaha kirain saya nya aja yang oon sampe harus googling nyari cara top up shopee pay sama liat favourite. makasih loh infonya. memang bingung sih padahal lebih enak selancaran di web daripada hp. shopee nih ah elah

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! untuk kita - kita yang terbiasa dengan komputer memang lumayan menantang strategi yang diterapkan shopee ini. hehe.. Harus sedikit berolahraga mata berpindah - pindah dari layar HP ke layar komputer yes

      Delete
  7. Kebijakan Shopee yang bikin sebel ini. Saya bukan orang yang aktif belanja Onlen, jadi merasa 'useless' kalau harus pasang aplikasi, apalagi app Online shop gede-gede banget, bikin hape sesak. Jadi agak susah kalau mau membandingkan harga dan produk di shopee.

    ReplyDelete
  8. Menurut saya emang strateginya si Shopee ini buruk sih bagi pengguna desktop & hanya menguntungkan user mobile. Terus juga UI si Shopee ini berantakan banget, masih jauh di bawah Tokopedia. Dia cuma menang jago cari brand ambasador aja. CMIIW.

    ReplyDelete
  9. ho'oh cape nyarinya ternyata mang ga ada. aneh nih shapee. padahal kan ga semua orang betah mlototin layar smartphone buat nyari barang favorit. sy lebih nyaman di versi webnya trus liatnya pake layar 50" gitu.
    tanks infonya Gan..

    ReplyDelete
  10. 27/12/2019 Shopee utk produk Vaping dan Sejenisnya tidak bisa di akses melalui Aplikasi. Bahkan yang sudah saya masukkan ke Favorite pun juga tidak bisa diakses. Pencarian Nihil. ALhasil Penjual (dari yang saya lihat dari favorite tersebut) pada menutup produknya (UNLISTED)

    ReplyDelete
  11. Mending gak jadi belanja di Shopee daripada ribet gw mah.

    ReplyDelete
  12. makasih gan infonya, Akhirnya bisa tidur nyenyak saya

    ReplyDelete
  13. Kirain saya doang yang muter2 nyari menu wishlist shoppe...hehehe...
    Menurut saya bukan cuma calon pembeli yang dibikin keder klo nyari menu wishlist shoppee via PC/Laptop, tapi juga para dropshipper. Krn kadang-kadang temen2 dropshiper udah nandain produknya tapi lupa nandain favorite tokonya.
    BTW, thanks artikelnya bermanfaat.

    ReplyDelete
  14. yah, lain kali di bookmark aja deh... sampe pusing juga aku tadi nyarinya.

    ReplyDelete
  15. gampang dong bro klo pengen buka favorit shopee lewat browser disini url nya https://mall.shopee.co.id/buyer/likes/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wuiihh... Mantap gan, terimakasih banyak nih saya update di artikel ya.

      Delete
    2. Akhirnya 1 maslah saya terselesaikan. Keren ni mas nya nemu url nya...

      Delete
    3. THANKS BANGEET, SATU PAHALA UNTUK ANDAAAA!!! Dan juga untuk Mas Rindi atas blognya. Terlihat sepele bagi sebagian org tapi sangat sangat bermanfaat!!!!! Dan artikelnya komprehensif sekaliii. Naisss banget deh pokoknya!!

      Delete
  16. terima kasih kaka,, sangat membantu sekali dan wishlist nya keluar juga

    ReplyDelete
    Replies
    1. Siap! Saya ucapkan terimakasih juga kepada pembaca lainnya yang sudah berbagi pengalaman dan caranya disini

      Delete
  17. kalo untuk seller yg kita ikutin ada gk caranya liat lewat web?

    ReplyDelete
  18. masalahnya layar HP cuma 7 inchi.. mending layar PC 24 inchi..
    sama saya juga kesini cari cara liat WL.. wkwkwk
    Thanks ya..

    ReplyDelete
  19. wow https://mall.shopee.co.id/buyer/likes ini bener2 nolong bgt lah

    ReplyDelete
  20. Terima Kasih Infonya...Sangat bermanfaat

    ReplyDelete
  21. saya dapet info cara mencari wishlist shopee malah di sini...hehe...

    ReplyDelete
  22. ada perubahan d link. menjadi seperti ini

    https://mall.shopee.co.id/buyer/likes?__classic__=1

    ReplyDelete
    Replies
    1. thank you gan! Bisa jadi link alternatif kalau yang pertama tidak bisa dibuka

      Delete
  23. Mantap bisa wislist di web...👍👍👍👍

    ReplyDelete
  24. Wih mantap, terakhir kali ke sini belum ada solusi
    Sekarang udah ada linknya
    Thanks gan

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip! sama - sama gan, ini juga berkat teman - teman pembaca yang saling bahu membahu dan tidak kenal lelah untuk berbagi disini. hehe

      Delete
  25. terimakasih, bermanfaat banget!!! selama ini bingung gmn caranya hehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! sama - sama. Saya juga bingung awalnya harus buka gimana. Untungnya ada pembaca lain yang ngasih tau. hehe

      Delete
  26. kalo nonton live di shopee via pc (website), ada caranya gak mas? makasi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya belum tau ya klo cara nonton live di pc, kalau sudah ada caranya akan dibuat tulisannya. Untuk sekarang coba aja cari di google atau website lain, atau youtube caranya. Siapatau ada yang sudah nemu caranya

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?
Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?
Tanpa basa - basi, kami pun langsung bertanya perihal halaman atau cara agar kita bisa menampilkan halaman wishlist shopee di website kepada akun resmi /official shopee di Twitter seperti ini.
https://1.bp.blogspot.com/-QTdwvxlwZ6o/Xwyo6EhyJ6I/AAAAAAAAIrM/vpbNhv88NxElXbt9VfCv-RZePp2i-jXnQCLcBGAsYHQ/w640-h356/Cara%2BBuka%2BHalaman%2BWishlist%2BFavorit%2BShopee%2Bdi%2BPC%2BBrowser.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-QTdwvxlwZ6o/Xwyo6EhyJ6I/AAAAAAAAIrM/vpbNhv88NxElXbt9VfCv-RZePp2i-jXnQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Cara%2BBuka%2BHalaman%2BWishlist%2BFavorit%2BShopee%2Bdi%2BPC%2BBrowser.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/06/halaman-wishlist-shopee-dibuka-pc-laptop.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/06/halaman-wishlist-shopee-dibuka-pc-laptop.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content