Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?

Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?
Beberapa waktu yang lalu kami mendapatkan informasi bahwa produk Vape di Shopee dihapus dari hasil pencarian. Selain pencarian vape, kata lainnya yang berhubungan juga sama di block seperti vaping, vapor, vape liquid, dan produk lainnya yang berhubungan dengan rokok elektrik ini. Kenapa?

Berawal dari informasi yang kami terima dari salah satu pembaca kami yang mengatakan bahwa seluruh pencarian yang berhubungan dengan rokok elektrik atau produk vape di shopee dihapus dari hasil pencarian. Bahkan ada beberapa lapak atau pemilik toko yang memilih untuk menghapus produknya karena pembeliannya menurun drastis.

Setelah kami coba langsung dari aplikasi yang ada di HP, kami mendapatkan bahwa seluruh pencarian yang berkaitan dengan rokok elektrik atau vape benar - benar dihapus (atau di block) dari hasil pencarian. Dengan notifikasi "Produk tidak ditemukan, mohon coba kata kunci lain atau yang lebih umum".

Baca juga: Cara Mengembalikan Akun Shopee Dinonaktifkan Permanen


Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?

Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?
Kami pun penasaran dengan langkah yang diambil oleh Shopee ini sehingga kami pun berinisiatip untuk bertanya langsung ke customer service shopee melalui akun twitter. Kenapa pencarian produk vape di shopee dihapus? 

Alhamdulillah, kurang dari satu hari pertanyaan kami langsung mendapat balasan dari pihak admin shopee.

Pertanyaan kami seperti ini: Min, produk  "vape" di aplikasi beneran di blok ya? saya coba cari vape/vaping/vapor keterangannya "produk tidak ditemukan"

Kemudian balasan dari admin Shopee seperti ini: Uh sorry banget yah kak, buat saat ini Shopee ngikutin peraturan dari Google Playstore terkait dilarangnya produk serupa tembakau dan rokok elektrik tuh, mending cari fashion kece di Shopee tuh kak hehe 😁^DZ

Dari balasan diatas sepertinya langkah yang diambil untuk produk vape di shopee dihapus ini bukan murni berasal dari pihak shopee, tetapi lebih ke peraturan yang ada di Google Playstore. Dengan kata lain, peraturan ini juga berlaku untuk semua aplikasi yang ada di Google Playstore termasuk Tokopedia, Bukalapak, Lazada, dll.

Bagaimana dengan marketplace lain?

Halaman Wishlist Shopee Bisakah Dibuka di PC & Laptop?
Seperti yang telah disinggung diatas, penghapusan hasil pencarian tersebut mengikuti peraturan baru yang diterapkan oleh pihak Google di Playstore. Peraturan yang berhubungan dengan pelarangan produk serupa tembakau dan rokok elektrik.

Lalu kami coba di aplikasi marketplace lain seperti Tokopedia. Dan hasilnya juga sama, produk vape, vapor atau vaping di Tokopedia juga sama - sama diblok atau dihapus dari halaman pencarian. Notifikasi yang muncul pun lebih jelas "Pencarian terbatas, Android app membatasi pencarian barang bernikotin/tembakau."

Dan sepertinya, peraturan baru ini bukan hanya untuk aplikasi marketplace saja, tetapi untuk semua aplikasi secara umum yang ada di Google Playstore.

Bagaimana dengan di website?

Seperti yang telah dijelaskan diatas, produk vape atau sejenis rokok elektrik hanya dilarang untuk aplikasi yang di upload ke playstore. Jadi untuk pencarian di website sepertinya masih bisa karena tidak harus mengikuti peraturan yang ada di playstore.

Bagaimana dengan di AppStore? Untuk di AppStore saya belum tahu apakah ada peraturan yang sama tetapi beberapa pengguna iPhone masih bisa mencari produk vape di aplikasi shopee ataupun tokopedia.

Bagaimana menurut anda? Semoga tulisan mengenai pencarian produk vape di shopee dihapus ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


COMMENTS

BLOGGER: 9
  1. Di akulaku masih ketemu pencarian untuk Vape dan sejenisnya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! sebagian ada yang masih "bandel" tapi klo di playstore sendiri sudah jelas bahwa aplikasi yang ada di playstore gak boleh memasarkan produk vape /rokok elektrik dan sejenisnya.

      Delete
  2. Lazada masih bertebaran gan, cuma tokped sm shpee aja yg block

    ReplyDelete
  3. cari via web masih bisa, yang ga bisa itu langsung dari aplikasi online shop nya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bener banget gan, saat ini yang tidak boleh itu hanya di aplikasi yang di upload di playstore. Kalau untuk di website masih bisa karena tidak wajib mengikuti peraturan di playstore.

      Delete
  4. Gw bisa di Shopee beli vape, liquid, keperluan vape tinggal kecil "vapemurah" Nanti muncul tpi sedikit sihh tpi klo dipencet yg mau tinggal kebawah msh bnyk jdi tidak benar benar di blok, semoga berhasil:)

    ReplyDelete
  5. Replies
    1. Kalau pakai komputer masih bisa karena yang dilarang itu di aplikasi yang ada di PlayStore saja

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?
Pencarian Produk Vape di Shopee Dihapus - Kenapa?
Kami pun penasaran dengan langkah yang diambil oleh Shopee ini sehingga kami pun berinisiatip untuk bertanya langsung ke customer service shopee melalui akun twitter. Kenapa pencarian produk vape di shopee dihapus?
https://1.bp.blogspot.com/-9leG0SHd7bs/Xgyfb5IWrzI/AAAAAAAAHrY/IrEeMIrABSsYuvUfojZBof2C_tATKycKQCLcBGAsYHQ/s640/Pencarian%2BProduk%2BVape%2Bdi%2BShopee%2BDihapus%2B-%2BKenapa%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-9leG0SHd7bs/Xgyfb5IWrzI/AAAAAAAAHrY/IrEeMIrABSsYuvUfojZBof2C_tATKycKQCLcBGAsYHQ/s72-c/Pencarian%2BProduk%2BVape%2Bdi%2BShopee%2BDihapus%2B-%2BKenapa%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/01/pencarian-produk-vape-di-shopee-dihapus-kenapa.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/01/pencarian-produk-vape-di-shopee-dihapus-kenapa.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content