Beranda
Finance
Shopee
Tutorial
Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO
Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO

Berikut ini adalah cara mudah Top up ShopeePay dengan OVO. Pada artikel ini kita akan membahas bagaimana mengisi saldo atau Topup ShopeePay dengan saldo OVO yang kita miliki. Bagaimana caranya? apakah ada biayanya?

Saat ini media pembayaran sangat beragam, mulai dari yang 'tradisional' seperti transfer lewat BANK dan ATM atau membayar langsung ke gerai - gerai Indomaret atau Alfamart. Ada juga cara 'instant' dengan dompet digital (e-Wallet) seperti OVO, ShopeePay, Dana, GoPay, dll.

Lalu bagaimana jika kita ingin membayar transaksi dengan ShopeePay tetapi dana kita terbatas dan hanya ada sisa di akun OVO? Bagaimana caranya membayar transaksi shopee dengan saldo OVO?

Saat ini anda sudah dapat melakukan transfer saldo OVO ke akun ShopeePay yang anda miliki. Transaksi antar e-wallet ini bisa dilakukan karena saat ini setiap akun ShopeePay telah memiliki nomor Virtual Account (VA) yang fix (tidak berubah - rubah seperti sebelumnya).

Lalu bagaimana cara melakukan transfer saldo OVO ke ShopeePay tersebut? Silahkan ikuti tutorial dibawah ini.

Langkah 1 Mendapatkan nomor VA (Virtual Account)

Pada langah pertama ini anda hanya membutuhkan nomor virtual account yang terhubung dengan akun ShopeePay anda. Jika anda sudah mengetahui nomor fix dari Virtual Account anda di ShopeePay, silahkan lewati langkah pertama ini dan langsung ke langkah yang ke 2 dibawah.

  1. Buka aplikasi Shopee di smartphone anda
  2. Buka halaman menu profil >Saya (icon orang di kanan-bawah layar)
  3. Kemudian buka menu >ShopeePay
  4. Silahkan pilih tombol >Topup
    Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO
  5. Lanjutkan dengan memilih cara pembayaran dengan memilih transfer "Bank Mandiri (Dicek Otomatis)". Setelah memilih cara pembayaran aplikasi akan menunjukan nomor VA (Virtual Account) untuk akun anda
  6. Silahkan copy atau catat nomor VA yang muncul (umumnya terdiri dari beberapa nomor dan diikuti dengan nomor HP yang terhubung dengan akun Shopee anda).
    Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO
    Nomor Virtual Account di gambar ini hanya contoh

Langkah 2 Top up ShopeePay dengan OVO

Setelah anda mengetahui nomor VA untuk akun anda, maka selanjutnya anda hanya perlu mengirim saldo dari akun OVO anda ke nomor VA tersebut. Caranya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka aplikasi OVO anda
  2. Login seperti biasa (jika belum)
  3. Silahkan pilih menu >Transfer 
  4. Selanjutnya pilih tujuan transfer >Ke Rekening Bank
    Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO
  5. Di halaman transfer pada kolom Bank Tujuan silahkan pilih >BANK MANDIRI
  6. Kemudian pada kolom Nomor Rekening silahkan masukan nomor VA ShopeePay anda (yang telah dicatat pada langkah pertama)
  7. Masukan Nominal Transfer (top up) yang anda inginkan
  8. Masukan catatan (bila perlu) lalu lanjutkan ke halaman konfirmasi
  9. Pada halaman konfirmasi nama pemilik rekening akan muncul seperti kode SK812, US832, dll. Tidak masalah, yang penting pastikan nominal dan nomor VA sesuai.
  10. Jika anda sudah yakin dengan nominal dan nomor VA, silahkan lanjutkan konfirmasi untuk transfer.
    Cara Mudah Top up ShopeePay dengan OVO
  11. Tunggu hingga notifikasi 'Berhasil' muncul.
  12. Selesai. Silahkan periksa saldo ShopeePay anda setelah berhasil melakukan transfer dari OVO.

Setelah anda berhasil melakukan transfer, umumnya aplikasi Shopee akan memberikan anda pesan berupa notifikasi bahwa anda berhasil melakukan Top up ShopeePay dengan OVO. Namun jika anda masih kurang yakin, silahkan periksa langsung ke halaman ShopeePay di aplikasi Shopee.

Top up selanjutnya

Untuk Top up selanjutnya, karena sekarang anda sudah mengetahui nomor VA ShopeePay akun anda, maka tidak perlu lagi melakukan proses dari langkah pertama. Anda bisa langsung mengirim atau transfer dana dari OVO ke akun ShopeePay anda seperti di langkah ke dua.

Hal ini dimungkinkan karena saat ini nomor VA yang diberikan kepada setiap akun tidak berubah - ubah dan bersifat permanen (selama tidak ada peraturan baru). Jadi anda dapat dengan mudah Top up shopeePay dengan OVO kapan saja. 

Sebagai gambaran, beberapa waktu sebelumnya hal ini tidak dapat dilakukan karena nomor VA untuk setiap akun selalu berubah untuk setiap transaksi pembayaran. Namun sekarang nomor VA dinamis sudah tidak berlaku lagi sehingga anda dapat dengan mudah melakukan Top up ShopeePay dengan OVO.

Nama Pemilik Rekening Aneh

Pada langkah transfer diatas anda pasti menemukan nama pemilik rekening tidak sesuai dengan nama akun atau nama anda. Hal ini disebabkan karena sebenarnya nomor rekening tersebut dibuat langsung oleh pihak Shopee dan Bank Mandiri untuk menampung seluruh transaksi anda.

Seperti layaknya anda menggunakan rekening Bank Mandiri milik Shopee untuk bertransaksi secara instan. Bukan tidak mungkin e-wallet lainnya juga menerapkan hal seperti ini, namun kita belum tahu saja bank mana yang digunakan oleh penyedia jasa - jasa e-wallet tersebut.

Semoga tulisan mengenai cara mudah Top up ShopeePay dengan OVO ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!