Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya

Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya

Berikut ini adalah penjelasan tentang berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di Shopee. Apakah ada perbedaan untuk penjual baru dan lama?. Apakah penjual dengan status bukan star seller harus membayar lebih besar untuk biaya layanan di Shopee? Berikut penjelasannya

Materi atau sumber informasi ini saya olah dari halaman resmi shopee tentang biaya admin Non-Star. Jadi jika anda sudah berstatus Star Seller di shopee, pembahasan ini kurang cocok untuk anda. Namun jika anda seller atau penjual baru di shopee atau bahkan baru mau mulai jualan, pembahasan ini akan cocok untuk anda.

Baca juga: Cara Mengirim Pesanan Shopee via JNE Online Booking

Perbedaan jenis akun Non-Star dan Star Seller di Shopee

Sebelum ke pembahasan potongan biaya layanan di shopee, ada baiknnya kita juga mengetahui perbedaan dari star seller dan non star seller. Singkatnya, akun Non-Star adalah jenis akun atau julukan untuk penjual dengan nilai transaksi yang masih sedikit dan Star seller adalah penjual yang sudah memiliki nilai transaksi yang besar.

Status akun Non-Star atau akun 'biasa' ini sangat mudah didapatkan, bahkan untuk penjual pemula atau yang baru membuka 'toko' pun bisa. Syaratnya hanya perlu melengkapi data diri seperti konfirmasi KTP alamat, no rekening, dll. 

Status akun Star Seller didapatkan setelah penjual memenuhi syarat - syarat tertentu yang diberikan oleh pihak shopee seperti minimal penilaian toko, persentase chat dibalas, minimal transaksi dalam 1 bulan, tidak memiliki poin penalti, dll. Keterangan lengkapnya bisa dibaca di halaman resmi shopee berikut ini: https://seller.shopee.co.id/edu/article/1926   

Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee?

Lalu berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? 

Berdasarkan keterangan resmi dari shopee, untuk penjual baru pihak shopee tidak akan menarik biaya layanan di 100 pesanan pertama. Jadi jika dalam beberapa bulan pertama anda berjualan hanya mendapatkan 100 pesanan maka tidak akan dikenakan biaya layanan, tapi jika transaksi /penjualan sudah lebih dari 100 maka akan ada biaya layanan /biaya admin Non-Star. 

Jika penjualan sudah lebih dari 100 transaksi bagaimana perhitungan potongannya?

Pihak shopee akan menarik biaya admin untuk setiap transaksi yang berhasil sebesar 1.6% (satu koma enam persen) dari harga asli barang yang dijual. Sederhananya, jika anda berhasil menjual barang seharga Rp 100.000,- (seratus ribu rupiah) maka shopee akan mearik biaya layanan sebesar Rp 1.600,- (seribu enam ratus rupiah).

Perhitungannya: 

Nilai barang (Rp 100.000) - Biaya Admin (100.000 x1.6% = Rp 1.600) = Rp 98.400,-

Jadi anda akan mendapat penghasilan bersih sebesar Rp 98.400,- (sembilan puluh delapan ribu empat ratus rupiah)

Lalu bagaimana jika ada diskon?

Jika anda sedang memberikan diskon di produk yang sedang dijual, maka biaya admin dihitung dari harga barang setelah diskon. Contohnya, Harga barang adalah Rp 100.000, - dan anda memberikan diskon sebesar 20%, maka harga barang menjadi Rp 80.000 kan. Nah biaya layanan dihitung dengan harga barang Rp 80.000.

Perhitungannya:

Nilai barang setelah diskon (Rp. 80.000) - Biaya Admin (80.000 x1.6% = Rp 1.280) = Rp 78.720,-

Jadi anda akan mendapat penghasilan bersih sebesar Rp 78.720,-
Khusus untuk kategori produk tertentu (Elektronik, Komputer & Aksesoris, Handphone & Tablet, Kamera, Video, Drone, Makanan & Minuman, Kesehatan, dan Hobi & Koleksi), Penjual dengan status Non-Star akan dikenakan biaya admin lebih rendah.

Untuk biaya layanan kategori tertentu diatas, di halaman shopee, disebutkan akan dikenakan potongan sebesar 0.75% (nol koma tujuh lima persen) yang berarti lebih rendah dari biaya admin produk umum.

Halaman resmi dari Shopee mengenai Biaya Admin Non-Star: https://help.shopee.co.id/s/article/General-Tentang-Biaya-Admin-Non-Star

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA

Sebelum ke penjelasan saya ingin ucapkan terimakasih kepada teman - teman yang memberikan informasi terbaru tentang biaya layanan, ternyata baru saja dirubah biaya layanannya. Dan setelah saya melihat laporan pendapatan toko saya, disana saya baru melihat ada biaya lain selain biaya layanan yang telah dijelaskan diatas.

Potongan tambahannya ternyata datang dari biaya layanan gratis ongkir xtra. Jadi selain dapat potongan biaya layanan pertama, saya juga mendapat potongan dari biaya layanan "gratis ongkir xtra".

Biaya Layanan Gratis Ongkir XTRA ini bisa dihindari sebenarnya, kita hanya perlu menonaktifkan fitur gratis ongkir xtra di bagian pengaturan. Tapi konsukuensinya pembeli tidak dapat menggunakan voucher gratis ongkir extra saat membeli di toko kita dan harus membayar ongkir secara full.

Untuk fasilitas gratis ongkir xtra dikenakan biaya layanan sebesar 4% (empat persen) dari harga produk untuk produk umum, dan 3% untuk produk khusus (seperti di perhitungan sebelumnya). 

Sebagai contoh, saya menjual produk umum dan pembeli menggunakan voucher gratis ongkir xtra, maka saya dikenakan biaya layanan 5.6% (1.6% + 4%) dari harga produk. Dibawah ini adalah salah satu laporan penjualan saya untuk produk dompet pria dengan harga Rp 135.000,-

Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya

Gambar diatas adalah salah satu laporan (asli) penjualan saya di shopee dengan kategori produk "dompet pria", saya asumsikan itu tidak termasuk kategori khusus yang dapat diskon biaya layanan. Tapi setelah saya hitung potongannya itu (total) jadi 5.9% dari harga produk, bukan 5.6% seperti perkiraan saya sebelumnya. haha

Saya juga kurang tau itu 0.3% dari mana karena tidak dituliskan secara rinci perhitungan potongannya seperti apa. Atau bisa jadi juga karena pembulatan saja dari potongan masing - masing layanan. Walaupun sedikit berbeda dari perkiraan, saya harap gambar diatas dan penjelasannya dapat dimengerti sehingga memberi gambaran tentang potongan penjualan di Shopee.

Baca juga penjelasannya langsung dari website shopee di halaman berikut ini: https://help.shopee.co.id/s/article/Bagaimana-perhitungan-biaya-layanan-program-Gratis-Ongkir-XTRA

Segera manfaatkan peluang ini

Sebenarnya jika dilihat dari nilai potongannya, penjual sangat - sangat diuntungkan. Nilai potongan yang sebesar 1.6% (diluar biaya layanan gratis ongkir xtra) itu tidak ada apa - apanya jika dibandingkan dengan peluang dan pangsa pasar yang terus berkembang di dunia ecommerce ini. 

Memang kalau dikali kan dengan ratusan atau ribuan pesanan, nilai potongannya akan terlihat lumayan tapi untuk penjual pemula seperti kita - kita ini, berjualan online di marketplace manapun sangat layak dicoba. Apalagi jika kita masih belum mempunyai cukup modal untuk membuka toko fisik.

Semoga penjelasan mengenai berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

COMMENTS

BLOGGER: 47
  1. Sangat2 membantu artikel tersebut diatas, mudah2an secepatnya bisa ambil bagian di shopee. Meski dgn status akun non-star

    ReplyDelete
  2. Terimakasih atas informasinya, sangat membantu.

    ReplyDelete
  3. Mas baru saja saya alami.. Pengahsilan saya di potong sebesar 30 ribuan.. Saya sedih sekali karna yg saya jual keuntungannya 500 rupiah 1000, 2000 rupiah 😩😩 kenpa dipotongnya gal lihat harga barang sih..?? Kalau 1000an customer saya beli 100 pcs berti berapa?? Terus di potong 30 ribu sama pihak shopee.. Sedih saya tuu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Memang harga barangnya berapa? kok ngambil untung nya kecil gitu. Coba lihat lagi laporan pendapatannya, potongan 30rbu itu ngambil dari mana dan untuk layanan apa. Bisa jadi itu potongan dari gratis ongkir, bukan dari biaya layanan yang 0,5%. Kalau harga barangnya murah, lebih baik dibikin paket saja atau diatur minimal pembeliannya.

      Delete
    2. Kebanyakan org jualan di shope pd Banting harga,bahkan sy liat byk di bawah modal sy,mgkn mreka pikir spy Laris manis,tanpa memikirkan potonganya, kadang sy jg bingung Emang mreka ga ambil untung atao gimana,mgkn stelah dpt potongan Baru mrasakannya, Dan ga bisa Banting harga lg

      Delete
    3. Yes. Untuk barang - barang generic (umum) memang persaingan harganya sangat ketat, hanya pedagang2 besar yang bisa tahan. Semoga kedepannya persaingan usaha bisa lebih merata lagi dari sekarang

      Delete
  4. potongannya 0,5% atau 5% sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang 1.6% kak, perhitungannya sudah saya update ditambah perhitungan biaya layanan untuk gratis ongkir

      Delete
  5. Gak 0.5% saya jual product 75.000
    Potongan Rp.4.286.-semua rekanan saya pun hampir mengalami hal yang sama.potongannya cukup besar bahkan dengar info akan di terapkan 7% jadi buat yang jualan kalo bisa di cek baik baik.jangan sampai untunf tipis malah habis kemakan pajak

    ReplyDelete
    Replies
    1. Yup! sekarang potongannya sudah berubah, sudah saya update juga perhitungannya termasuk biaya layanan jika kita menerima pesanan dengan gratis ongkir. Terimakasih sharingnya ya..!

      Delete
  6. Jadi brapa % Update nya mas... untuk potongan penjual? Khusus penjual baru/toko baru

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sekarang jadi 1.6% (satu koma enam persen) untuk produk umum dan diluar biaya layanan gratis ongkir. Penjelasan lengkapnya sudah saya update juga di artikel, jadi yang diartikel diatas itu sekarang sudah yang paling update. yang kemarin 0.5% sudah diganti.

      Delete
  7. Informasinya, simple, jelas n bermanfaat , tks mas

    ReplyDelete
  8. Awal2 jualan di shopee (2017) memang sangat terbantu, penjul belum sebanyak sekarang. Dan dulu tidak ada potongan untuk penjual non star.
    Pernah ikut program star seller, potongannya pun tidak sebanyak sekarang.
    Makin kesini makin besar potongannya. Tetapi tidak dibarengi dengan peningkatan kualitas layanan.
    Potongan makin besar, sementara aplikasinya semakin lemot dan sering trobel...

    Semoga ke depan shopee lebih baik dan lebih memperhatikan penjual kecil spy tetap bisa exis.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aamiin.. semoga persaingannya tetap terbuka ya untuk semua kalangan, tidak di dominasi sama penjual2 besar saja..

      Delete
  9. mau tanya bang, kalo seumpama kita bikin produk yg seumpama dikirim skala besar / pesen banyak kita pake jasa pengiriman sendiri gitu, nah kalo cuma beli sedikit bisa pake shopee, itu bisa gak ya bang? atau kalo pengiriman skala besar tuh biasanya kalo shopee pakenya apa?
    maaf banyak tanya, saya niat jualan bibit tanaman di shopee tapi bingung kalo ada orang pesen skala besar gimana 😂

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di shopee juga ada layanan untuk skala besar, biasanya pakai layanan kargo (hampir semua ekspedisi ada) jadi bisa lebih murah hitungannya. Kalau untuk kirim sendiri saya kurang tau.

      Delete
  10. Saya mau nanya kak. Jadi, kalo produk seharga 1.750.000 potongannya 1,6% × 1.750.000= 28.000? Atau malah lebih? Saya menggunakan Shopee ongkir gratis xtra

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau pakai gratis ongkir xtra bisa lebih potongannya. Untuk harga yang jutaan gitu biasanya dikasih maksimal potongan 10ribu. jadi 28.000 + 10.000 = 38.000. Potongannya jadi total 38.000.
      Ini itungan dari peraturan yang sekarang ya. Kedepannya mungkin bisa beda lagi

      Delete
  11. Potongan 1,6% itu per barang terjual gitu ya bang ? Jadi misalnya barang saya Harga 2500 terjual 10 barang. Setiap barang nya dikurangin 1600 ?

    ReplyDelete
  12. iya per barang itungannya. Tapi itu 1600 dari mana? 2500x1,6% = 40 (x10 item) =400 Jadi potongannya Rp 400,- (empat ratus rupiah) untuk 10 barang, bukan 1600

    ReplyDelete
  13. Klo promonya banyak potongan nya gedejuga dong gan. Kaya kemarin Ramadan sell, cashback extra, gratis ongkir extra,murah lebay Klo aktif semua berapa tuh potongannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kurang tau totalnya yang jelas pasti lebih besar dari potongan standard. Tapi sebenarnya kan sebesar apapun potongannya kalau usaha kita sudah diperhitungkan dengan matang gak ada masalah. Malahan kalau pedangan yang sudah besar pasti senang kalau ada moment2 besar seperti ini, karena pastinya penjualan mereka juga akan meningkat drastis dan potongan2 itu akan tertutup dengan sendirinya.

      Delete
  14. Pengalaman pribadi enak d tokoed ap shopee om?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Untuk jenis produk yang saya jual sepertinya lebih banyak pembeli dari Tokped, kalau untuk pengalaman berjualan keduanya hampir sama, gak ada yang lebih bagus atau lebih jelek. Beda di tampilan halaman saja.

      Delete
  15. Ka mhon pencerahannya...saya baru buka toko.sbg dropshiper ada penghasilan yg sy di buat bingung, saya jual produk seharga 49000 ,tapi dana yg diterima 27000 , kurang 22000 masuk dlm ongkir, sy masih awam kan tntang berjualan di shopie toko saya ada gratis ongkir dgn min belanja 0

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau untuk dropship saya kurang mengerti, lebih baik langsung cari aja di google/youtube tentang masalah dropship. Kalau saya paksakan jawab takutnya malah nambah masalah karena memang belum faham soal dropship

      Delete
  16. Sangat membantu.. Trimakasih banyak ☺

    ReplyDelete
  17. Gan diilutrasi contoh perhitungan potongan penjualan ada diskon produk dan voucher penjual itu apa y? Min keuntungan brpa sih untuk pemula contoh jualan baju biar bs cover biaya2.tks

    ReplyDelete
    Replies
    1. Diskon produk itu kalau barang yang kita jual sedang ada diskon, perhitungannya disesuaikan dengan harga setelah diskon. Voucher penjualan adalah kode/voucher yang penjual buat (bukan dari program shopee). Untuk perhitungan keuntungan saya juga kurang ahli, baiknya langsung saja di goolge/youtube yang khusus membahas tentang perhitungan usaha

      Delete
  18. Layanan gratis ongkir nya kalo toko baru ..100 pesanan pertama bisa dpt gratis juga ga mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya, sepemahaman saya sih gitu, 100 pesanan pertama gratis biaya admin untuk penjual baru.

      Delete
  19. Makasih informasi nya ka 🙏

    ReplyDelete
  20. Ini potongan persentase nya dari omzet apa dari laba mas?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Shopee patokannya ke nilai transaksi /per pembelian, jadi mereka narik biaya layanan di setiap transaksi. Untuk urusan omset dan laba kan hanya penjual yang tau.

      Delete
  21. Selain biaya admin star/non star. Ada biaya gratis ongkir XTRA, cashback XTRA. Walaupun pembeli TIDAK menggunakan voucher XTRA pas cek out, penjual tetap kena potongannya. Aneh kan.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wah itu sih benar - benar aneh ya, harus segera dilaporkan takutnya ada kesalahan di sistem

      Delete
  22. Apakah jualan di shopee setiap bulanya dkenakan biaya bos,,, untuk byar iklan gitu

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau saya tidak ada biaya bulanan. Tapi kalau mau pasang iklan di shopee ya harus bayar.

      Delete
  23. Kl untuk program penjualan shopee import gmna? Apa sama potongannya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau soal itu saya juga kurang tau. Coba cari di google atau youtube yang khusus membahas seputar import, atau langsung tanyakan saja ke CS shopee nya biar tepat informasinya

      Delete
  24. Wah membantu banget, thanks bro

    ReplyDelete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,37,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,34,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,262,Toko Online,44,Tutorial,291,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya
Berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di shopee? Berikut penjelasannya
penjelasan tentang berapa persen potongan penghasilan bila berjualan di Shopee. Apakah ada perbedaan untuk penjual baru dan lama?
https://1.bp.blogspot.com/-CyPU3B4fuHo/X88foyQpMyI/AAAAAAAAI9M/ARu3swOZeQUVs-eE-m8DnhtdSYknX8sWgCLcBGAsYHQ/w640-h356/Halaman%2BWishlist%2BShopee%2BBisakah%2BDibuka%2Bdi%2BPC%2B%2526%2BLaptop%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CyPU3B4fuHo/X88foyQpMyI/AAAAAAAAI9M/ARu3swOZeQUVs-eE-m8DnhtdSYknX8sWgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Halaman%2BWishlist%2BShopee%2BBisakah%2BDibuka%2Bdi%2BPC%2B%2526%2BLaptop%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2020/12/berapa-persen-potongan-penghasilan-bila-berjualan-di-shopee.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2020/12/berapa-persen-potongan-penghasilan-bila-berjualan-di-shopee.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content