Beranda
Shopee
Toko Online
Tutorial
Cara Top up ShopeePay lewat PC (Website)
Cara Top up ShopeePay lewat PC Komputer

Berikut ini adalah cara Top up ShopeePay lewat PC Komputer (Website). Dengan cara ini kita dapat langsung melakukan isi saldo ShopeePay tanpa harus melakukan request dari aplikasi di smartphone. Dan anda bisa melanjutkan transaksi langsung dari komputer atau laptop.

Sebelumnya pasti anda bertanya - tanya, apakah bisa mengisi saldo atau Top up ShopeePay langsung dari PC? Karena melihat saldo pun tidak bisa apalagi mengisi.

Yup! Sebenarnya di tampilan website Shopee tidak memberikan fitur menu ShopeePay seperti di aplikasi HP, namun kita tetap dapat mengis saldo ShopeePay langsung tanpa harus membuka aplikasi Shopee di smartphone.

Cara ini bisa dilakukan semenjak sistem shopee memberlakukan nomor VA (Virtual Account) yang fix alias tidak dirubah - rubah dan nomor tersebut umumnya terdiri dari beberapa nomor diikuti nomor telepon yang kita gunakan, seperti yang telah diterapkan juga oleh Tokopedia.

Jadi anda hanya perlu mengingat atau mencatat nomor tersebut di HP atau di daftar trasaksi anda, maka setelah itu anda dapat melakukan Top up ShopeePay lewat PC atau komputer kapanpun. Anda tidak perlu lagi melakukan request Top up dari aplikasi Shopee di smartphone.

Untuk cara atau tutorial lengkapnya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Cara Top up ShopeePay lewat PC Komputer

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, cara ini tidak membutuhkan aplikasi shopee di HP namun syaratnya anda harus mengetahui nomor VA (Virtual Account) akun shopeepay anda.

Jika anda belum mengetahui nomor VA akun shopeepay anda maka ada beberapa cara yang dapat dilakukan, pilih salah satu.

  • Melihat nomor VA dari history (catatan) transfer di akun bank online anda
  • Melihat nomor VA dari aplikasi Shopee

History Transfer

Cara pertama yang paling cepat adalah melihat langsung dari daftar transaksi yang pernah anda lakukan di akun bank online anda atau aplikasi bank online anda. Silahkan lihat transaksi terakhir anda untuk Top up akun shopeePay, silahkan catat nomor VA yang digunakan.

Aplikasi Shopee

Cara kedua adalah anda tetap harus membuka aplikasi shopee untuk melihat dan mencatat nomor VA yang terhubung dengan akun ShopeePay anda.

Jika anda belum mengetahui nomor VA untuk Top up ShopeePay lewat PC /Komputer atau laptop, silahkan ikuti dahulu langkah - langkah dibawah ini.

Jika anda sudah mengetahui nomor VA anda silahkan LEWATI langkah 'cara mengetahui nomor VA' dibawah ini, silahkan langsung ke pembahasan "Cara Top up ShopeePay lewat PC Komputer" dibawahnya.

Cara Mengetahui Nomor VA (Virtual Account)

  1. Buka aplikasi shopee di smartphone
  2. Buka bagian menu >akun
  3. Kemudian buka menu >ShopeePay
  4. Pada halaman ShopeePay silahkan anda pilih menu >Top Up
  5. Silahkan pilih cara pembayaran yang anda inginkan
  6. Nomor VA (Virtual Account) anda akan muncul sebagai nomor tujuan Top up di menu Multipayment ShopeePay nanti di menu transfer online (nomor VA umumya dmulai dari beberapa nomor kemudian diikuti oleh nomor handphone anda yang didaftarkan di Shopee).
  7. Catat nomor VA atau simpan di daftar catatan atau daftar transfer

Nomor VA tersebut selanjutnya akan terus digunakan untuk melakukan pengisian saldo atau Top up ShopeePay lewat PC atau laptop. Jika anda sudah mengetahui nomor VA akun Shopee anda silahkan lansung saja ikuti langkah dibawah ini.

Cara Top up ShopeePay lewat PC (website)

  1. Silahkan langsung buka website Bank online anda atau aplikasi yang biasa anda gunakan untuk mengisi saldo ke akun ShopeePay anda.
  2. Seperti biasa, silakan piilh menu >Pembayaran
  3. Kemudian >Multipayment
  4. Pilih Penyedia jasa >ShopeePay
  5. Lakukan Top up atau isi saldo dengan nomor VA yang tadi telah anda catat.
  6. Lakukan konfirmasi transfer seperti biasa.
  7. Selesai. Selanjutnya anda tidak perlu lagi melakukan request Top up dari akun shopeepay. Anda bisa langsung melakukan Top up dari komputer atau website bank online anda.

Kami sarankan untuk melakukan Top up dengan nominal kecil terlebih dahulu untuk memastikan nomor VA tersebut benar terhubung ke akun anda. Jika sudah silahkan periksa saldo melalui aplikasi Shopee

Kekurangan Top up tanpa buka aplikasi

Karena sebenarnya menu ShopeePay tidak ada di halaman versi web (komputer), maka anda pun hanya bisa melakukan Top up saja jika menggunakan PC atau komputer. Anda tidak bisa melihat menu - menu di shopeePay seperti cek saldo, Top up, melihat daftar transaksi, dll.

Salah satu cara untuk melihat saldo ShopeePay adalah dengan cara melakukan langkah pembelian, dan pada saat pemilihan jenis pembayaran disana anda akan melihat sisa saldo di akun ShopeePay anda.

Anda tidak harus benar - benar melakukan pembelian, anda hanya perlu melakukannya sampai di langkah pemilihan jenis pembayaran. Jika anda sudah dapat melihat berapa saldo ShopeePay anda maka anda bisa segera menghapus atau membatalkan transaksi tersebut.

Semoga tulisan mengenai cara Top up ShopeePay lewat PC Komputer atau website ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!