Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
News
Social Media
Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka
Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka
Latercase by Unbox Therapy
Beberapa minggu ini jagat Youtube diramaikan dengan Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka. Pitaka sendiri adalah sebuah perusahaan yang berbasis di HongKong yang terkenal dengan produk casing HP, wireless charger, dll.

Beberapa waktu lalu, tepatnya pada tanggal 30 November 2019, Channel Youtube 'Unbox Therapy' memperkenalkan /launching produk casing HP yang terbuat dari bahan aramid /kevlar dan diberi nama "Latercase". Unbox Therapy sendiri dikenal sebagai kanal Youtube yang sering melakukan unboxing produk - produk gadget.

Namun beberapa saat setelah peluncuran atau pengenalan produk perdana, produk casing HP Unbox Therapy ini mendapatkan berbagai macam respon. Khususnya dari salah satu pengguna di twitter yang mention salah satu brand produk casing HP, Pitaka.

Pihak Pitaka pun yang langsung diwakili oleh CEO nya, James Zheng, langsung merespon postingan tersebut di twitter. Zheng berkeyakinan bahwa produk yang dijual oleh Unbox Therapy berasal dari perusahaannya, Pitaka.

Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka

Casing HP Unbox Therapy Dituduh Meniru Produk Pitaka
Image: Matthew Moniz


"Interesting. I am sure most of the cases on this video are from PITAKA" - James Zheng, CEO Pitaka
Respon CEO Pitaka ini kemudian mulai mendapatkan berbagai macam pemberitaan dan publikasi. Yang pada akhirnya membuat suasana semakin panas dan berita tentang casing HP Unbox Therapy meniru produk dari Pitaka menyebar dengan luas.

Pihak Pitaka pun tidak tinggal diam, pada tanggal 3 Desember 2019 pihak pitaka mengeluarkan pernyataan resmi melalui website resmi Pitaka. Didalam rilis tersebut pihak pitaka menyatakan bahwa mereka sebelumnya telah mengirim produk unggulan mereka kepada pihak Unbox therapy untuk di review.

Namun Selang beberapa hari kemudian Casing HP Unbox Therapy diperkenalkan dan dari bentuk dan tampilannya sangat mirip dengan produk yang mereka kirimkan. Maka tidak heran jika pihak Pitaka berpikiran bahwa produk mereka telah ditiru oleh Unbox Therapy.

Video Review Pitaka Dihapus

Sebelumnya channel Youtube Unbox Therapy menghapus /private video yang berisi review tentang casing HP dari Pitaka (yang diupload sekitar 2 tahun lalu) sebelum mereka memperkenalkan produk casing HP mereka sendiri yang diberi nama "LATERCASE".

Langkah ini pun langsung diketahui dan diumumkan juga oleh CEO Pitaka yang lagi - lagi membuat publik semakin ramai membicarakan. 

Hal ini pun disoroti oleh para netizen termasuk para youtuber teknologi lainnya seperti Linus Sebastian dari Linus Tech Tips yang juga mempertanyakan kenapa pihak Unbox Therapy menghapus video review tentang pitaka di channel Youtube Unbox Therapy tepat sebelum mereka mengupload video promosi mereka tentang Casing HP Unbox Therapi.

Casing HP Unbox Therapy dan Pitaka ini sebenarnya banyak kemiripan juga dengan brand lainnya, namun masalah ini menjadi besar karena kedua pihak mempunyai kredibilitas dan juga polularitas yang sangat besar, terutama di industri media dan teknologi.

Menggunakan video Review sebagai Promosi

Selain itu, CEO Pitaka juga mengumumkan bahwa salah satu video mereka di Facebook dan Youtube yang berisi review Pitaka oleh Lew Later (Host Unbox Therapy) telah diblok 'take down' karena diprotes oleh pihak Unbox Therapy.

Unbox Therapy mengatakan bahwa 'take down' terhadap video yang di upload oleh Pitaka tersebut berkaitan dengan penggunaan materi video mereka yang digunakan Pitaka untuk melakukan promosi tanpa meminta izin terlebih dahulu.


Terlepas dari siapa yang salah, sepertinya di dunia yang serba instant ini kita juga mesti bisa melihat keadaan dan bersikap. Selain menghormati norma hukum yang sudah jelas posisinya, kita juga harus selalu memperhatikan aspek lainnya seperti budaya, sosial, politik, dll. 

Semoga tulisan mengenai casing hp unbox therapy ini bermanfaat, semoga masalah ini segera selesai, dan dapat dijadikan pelajaran agar tidak terulang lagi dikemudian hari. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!