Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Productivity
Tutorial
Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)
Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)

Berikut ini adalah cara agar layar HP tidak mati otomatis (selalu aktif) saat tidak dioperasikan. Layar HP atau smartphone akan selalu aktif meskipun tidak disentuh dalam waktu yang lama. Tidak perlu melalukan root atau pengaturan dengan komputer, cukup ikuti tutorial singkat dibawah ini.

Dengan cara ini layar smartphone atau HP anda akan selalu aktif (always on) dan pastinya layar tidak akan mati walaupun anda tidak menyentuh layarnya sekalipun. Cara ini jiga sering disebut mode stay awake di kalangan developer.

Tidak hanya para developer atau programer yang membutuhkan fitur stay awake ini terkadang kita sebagai pengguna biasapun membutuhkan fitur stay awake atau always on ini. Baik itu ketika sedang membaca sebuah artikel yang panjang atau sedang mengamati gambar atau foto yang ada di HP.

Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)

Dibawah ini adalah langkah - langkah atau tutorial cara agar layar HP tidak mati otomatis atau agar selalu aktif walaupun jarang disentuh dalam waktu yang lama. Walaupun tidak membutuhkan aplikasi tambahan kami sarankan agar anda membaca seluruh langkah terlebih dahulu agar lebih mudah untuk mempraktekannya.

  1. Buka bagian >Settings di HP anda
  2. Cari bagian >About (biasanya terletak di bagian paling bawah menu)
  3. Pada bagian Build Number atau Phone Version silahkan tap /klik berkali - kali (biasanya 7 - 12 kali) sampai keluar notifikasi dalam bahasa inggris "You are now a developer!" atau "No need, you are already a developer" atau bahasa lainnya yang serupa
    Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)
  4. Kemudian kembali ke bagian >Settings
  5. Cari dan buka menu >Developer options
  6. Cari dan aktifkan pilihan >Stay awake
  7. Pastikan menu Developer options dalam keadaan >On /Aktif
    Cara Agar Layar HP Tidak Mati Otomatis (selalu aktif)
  8. Selesai. Layar anda telah diatur untuk tidak otomatis mati

Silahkan coba buka aplikasi apa saja kemudian diamkan saja (tidak dioperasikan) dalam waktu yang cukup lama, lebih lama dari pengaturan otomatis layar mati di HP anda sebelumnya.

Jika anda sebelumnya mengatur layar mati setelah 1 menit, maka silahkan buka aplikasi apa saja kemudian diamkan lebih dari satu menit. Jika layar tidak mati setelah satu menit maka cara diatas berhasil. 

Beragam kegunaan

Fitur always on atau stay awake ini dapat digunakan untuk berbagai penggunaan. Walaupun awalnya memang khusus untuk para developer yang ingin melakukan pengujian di HP, saat ini penggunaan fitur ini sangat beragam.

Untuk para gamer yang senang dengan permainan balap cara ini biasanya digunakan untuk aplikasi simhub yang dapat menampilkan data yang biasa ada di dashboard mobil atau kendaraan seperti kecepatan, transmisi, dll.

Untuk para pengguna aplikasi fitur ini juga sering digunakan untuk aplikasi yang bertipe monitoring sehingga saat digunakan layar akan selalu aktif walaupun jarang di sentuh atau dioperasikan. 

Dan masih banyak lagi kegunaan dari fitur yang sederhana ini di berbagai macam profesi atau kegiatan. Semoga anda juga dapat memanfaatkan fitur ini sebaik - baiknya.

Layar tetap akan mati

Perlu diketahui bahwa layar HP tidak mati otomatis jika anda sedang membuka sebuah aplikasi atau file. Namun jika HP tidak sedang digunakan atau dalam keadaan stand by (tidak membuka aplikasi atau file apapun) maka layar HP atau smartphone anda tetap akan mati.

Setidaknya ini adalah pengalaman kami di beberapa smartphone yang pernah kami coba. Mungkin saja ada cara lain agar layar tetap benar - benar hidup walaupun dalam keadaan stand by, namun pada pengalaman kami selalu mati.

Semoga tulisan mengenai cara agar layar HP tidak mati otomatis atau selalu aktif ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!