Bisnis Ekspedisi Amazon Mulai Aktif, FedEx Terancam!

Jika FedEx dan perusahaan ekspedisi lainnya tidak segera merespon kondisi ini, bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan bisnis ekspedisi Amazon akan merambah ke luar marketplace dan menggerus pangsa pasar FedEx yang saat ini masih belum tersentu Amazon Prime.

Bisnis Ekspedisi Amazon Mulai Aktif, FedEx Terancam!
Credit: iStock
Saat ini bisnis ekspedisi Amazon mulai aktif, dan sepertinya akan menjadi kabar buruk bagi perusahaan ekspedisi lain seperti FedEx, UPS, dll. Amazon Prime saat ini telah mengirim lebih dari setengah pesanan yang masuk melalui website Amazon. Sisanya masih menggunakan jasa antar lain seperti FedEx, UPS, dll.

Anak usaha milik Amazon, yaitu Amazon Prime, kini sudah mulai menunjukan ancaman bagi perusahaan - perusahaan ekspedisi besar lainnya. Setidaknya di Amerika sendiri. 

Saat ini Amazon Prime telah menguasai setidaknya setengah (50%) dari dari total transaksi yang ada di website amazon.com untuk produk - produk yang memerlukan jasa pengiriman.

Hal ini tentunya sudah pasti harus diwaspadai oleh perusahaan - perusahaan ekspedisi lainnya. Pasalnya, tidak menutup kemungkinan bahwa kedepannya Amazon Prime akan memperluas layanannya ke market place lain.

Produk Tahun 2005

Sebenarnya Amazon Prime ini telah ada sejak tahun 2005. Namun baru beberapa tahun terakhir ini sepertinya mereka mulai 'tancap gas' dan mulai menawarkan berbagai macam paket. Selain itu mereka juga memberikan berbagai macam insentif dari berbagai layanan yang dimiliki oleh Amazon.

Dengan perlahan, Bisnis Ekspedisi Amazon ini mulai memberikan berbagai macam layanan yang memanjakan pelanggannya.

Setelah menawarkan jasa pengiriman seperti yang lainnya, Bisnis Ekspedisi Amazon ini akhirnya menawarkan waktu pengiriman yang lebih cepat dari jasa ekspedisi lain.

Selain itu Amazon Prime juga memiliki fitur "coba dulu baru bayar", dimana anda dapat mencoba dahulu barang yang diterima baru anda dapat memutuskan apakah akan membelinya atau tidak.

Di beberapa kota bisnis ekspedisi amazon ini bahkan menawarkan pengiriman instant 2 jam untuk produk - produk tertentu seperti buah, sayuran dan produk lainnya.

Sampai saat ini pengguna layanan Amazon prime terus bertumbuh berkali - kali lipat dari tahun ke tahun.

Layanan Tambahan Premium (Add-on) 

Sampai saat ini Amazon sudah memberikan berbagai macam layanan tambahan (add-on) kepada jasa pengiriman Amazon Prime. Pengguna yang berlangganan layanan Amazon Prime mendapatkan akses ke berbagai macam layanan yang dimiliki oleh Amazon secara gratis.

Pelanggan Amazon Prime mendapatkan layanan premium streaming film, streaming musik, ebook audible, dan layanan premium lainnya secara gratis.

Layanan - layanan tersebut pastinya akan memberikan penilaian tambahan kepada layanan bisnis ekspedisi Amazon yang telah ada sejak tahun 2005 tersebut.

Layanan - layanan tersebut tentunya akan menjadi pembeda dari ekspedisi lain karena hanya amazon yang dapat memberikan berbagai layanan tersebut.

Bisnis Ekspedisi Amazon Mulai Aktif, FedEx Terancam!

FedEx akan bangkrut? Sepertinya untuk ke posisi bankrut masih jauh karena saat ini FedEx dan jasa ekspedisi lainnya masih memiliki pangsa pasar yang besar di seluruh dunia. Berbeda dengan bisnis ekspedisi amazon, FedEx tidak hanya melayani pengiriman yang berasal dari website Amazon.com

Meskipun saat ini Amazon masih memegang predikat website marketplace terbesar di dunia, namun marketplace di dunia tidak hanya Amazon. Masih ada eBay, Alibaba,  dll yang juga mempunyai pelanggan masing - masing.

Selain itu, FedEx dan perusahaan ekspedisi lainnya juga tetap menerima pengiriman perorangan, tidak hanya berasal dari marketplace.

Namun jika FedEx dan perusahaan ekspedisi lainnya tidak segera merespon kondisi ini, bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan kondisi ini akan memburuk. Besar kemungkinan bisnis ekspedisi Amazon akan merambah ke luar marketplace dan menggerus pangsa pasar FedEx yang saat ini masih belum tersentu Amazon Prime.

Tarif Amazon Prime

Tidak seperti perusahaan ekspedisi pada umumnya, bisnis ekspedisi amazon ini menawarkan layanan berdasarkan paket langganan (membership), bisa bulanan ataupun tahunan. Mungkin kedepannya akan ada layanan mingguan atau per/transaksi.
  • USD 12.99 /1 bulan 
  • USD 119.00 /1 tahun
Jika dilihat dari tarif layanan yang ditawarkan, model bisnis yang dipakai oleh Amazon Prime berbeda jika dibandingkan dengan ekspedisi pada umumnya. 

Jika anda sering berbelanja dari website Amazon atau layanan amazon lainnya, maka anda mungkin akan mempertimbangkan layanan Amazon Prime ini. Namun jika anda jarang membeli barang atau jasa dari Amazon maka sepertinya anda dapat mempertimbangkan layanan ekspedisi lain yang lebih murah.

Walaupun terdapat banyak bonus yang diberikan, jika anda jarang berbelanja dari Amazon sepertinya penawaran layanan dari Amazon Prime tidak terlalu menguntungkan ya.

Di negara kita?

Di negara kita saat ini mungkin belum terlihat marketplace yang membuat perusahaan ekspedisi, namun kemungkinannya untuk ke arah sana sangat besar.

Belum lagi kiblat utama perusahaan - perusahaan teknologi di Indonesia adalah Amerika, maka sangat mungkin strategi Amazon juga ditiru oleh perusahaan marketplace lokal di negara kita.

Dengan melihat kondisi seperti di Amerika saat ini, nampaknya perusahaan - perusahaan ekspedisi seperti Kantor Pos, JNE, J&T, dll harus bergerak cepat. Pastinya bergerak cepat dan selalu berinovasi untuk mengatasi tantangan seperti ini dimasa depan.

Bagaimana menurut anda? semoga tulisan mengenai bisnis ekspedisi Amazon ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,31,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,10,Crime,22,Design,5,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,26,Google,23,HTML,5,Instagram,17,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,238,OPPO,1,Peraturan,3,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,233,Toko Online,39,Tutorial,260,Virtual Reality,1,WhatsApp,27,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,13,
ltr
item
Rindi Tech: Bisnis Ekspedisi Amazon Mulai Aktif, FedEx Terancam!
Bisnis Ekspedisi Amazon Mulai Aktif, FedEx Terancam!
Jika FedEx dan perusahaan ekspedisi lainnya tidak segera merespon kondisi ini, bukan tidak mungkin beberapa tahun kedepan bisnis ekspedisi Amazon akan merambah ke luar marketplace dan menggerus pangsa pasar FedEx yang saat ini masih belum tersentu Amazon Prime.
https://1.bp.blogspot.com/-Z5su_cAqd-Q/Xf3XYeOBnvI/AAAAAAAAHnM/bru3P77xcc8gsApTk3iL3eHceUz07T-DQCLcBGAsYHQ/s640/Bisnis%2BEkspedisi%2BAmazon%2BMulai%2BAktif%2BFedEx%2BTerancam%2B1.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Z5su_cAqd-Q/Xf3XYeOBnvI/AAAAAAAAHnM/bru3P77xcc8gsApTk3iL3eHceUz07T-DQCLcBGAsYHQ/s72-c/Bisnis%2BEkspedisi%2BAmazon%2BMulai%2BAktif%2BFedEx%2BTerancam%2B1.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/12/bisnis-ekspedisi-amazon-mulai-aktif.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/12/bisnis-ekspedisi-amazon-mulai-aktif.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content