Peraturan Youtube Terbaru Dimulai, Beberapa Video Dihapus!

Peraturan Youtube Terbaru telah berlaku, Beberapa Video Mulai Dihapus!
Peraturan Youtube Terbaru telah berlaku, Beberapa Video Mulai Dihapus!. Lalu video seperti apa yang sedang 'diburu' oleh Youtube saat ini? Apakah dari tampilannya? atau dari backsound yang dipakai? Berikut beberapa informasi yang tim rinditech dapatkan langsung dari Youtube dan sumber lainnya.

Peraturan YouTube akhir - akhir ini banyak sekali mengalami pembaruan, beberapa waktu lalu Youtube mulai merapihkan peraturan tentang video anak - anak yang membuat beberapa 'emak - emak' protes karena video yang berisi anaknya tidak bisa menampilkan iklan dan bahkan ada yang sampai dihapus.

Jauh sebelumnya juga para kreator di Youtube dibuat pusing dengan peraturan penggunaan musik atau backsound yang biasa mereka gunakan, karena saat ini hampir semua musik komersial sudah tidak dapat lagi digunakan seenaknya.

Peraturan Youtube Terbaru ini Intinya tentang apa?

Peraturan Youtube terbaru saat ini lebih kemana sih? apakah penggunaan materi atau musik atau tentang bahasa yang digunakan? Atau ada hal yang lain? Kenapa ada video - video yang sudah dihapus setelah peraturan ini berlaku?
Today we are announcing a series of policy and product changes that update how we tackle harassment on YouTube.
"Hari ini kami umumnkan beberapa perubahan pada peraturan dan proses baru bagaimana kami menangangi konten - konten  yang 'mengganggu' di Youtube."

Jika dilihat dari pernyataan resmi yang dikeluarkan Youtube dihalaman resminya, peraturan baru yang diterapkan ini lebih kepada konten atau isi yang ada didalam video secara umum seperti maksud, makna, tujuan dari sebuah video tersebut dibuat.

Kata kunci lainnya datang dari kata "harassment", jika dibahasa Indonesia itu berarti "gangguan". Namun dalam artian luas harassment juga bisa berarti sindiran, bullying, intimidasi, dll. Di Indonesia saat ini mungkin yang sudah pernah ramai dibahas adalah istilah seperti 'hate speech', pencemaran nama baik, dll.

Youtube sudah mulai 'bersih - bersih'

Setelah peraturan Youtube terbaru diumumkan dan berlaku, tidak lama kemudian beberapa Youtuber mulai melaporkan di media sosial bahwa beberapa video yang pernah mereka unggah telah dihapus oleh sistem Youtube. Lengkap dengan pemberitahuan resmi dari Youtube yang mengatakan bahwa video mereka telah melanggar salah satu peraturan Youtube.

Salah satu contoh video yang dihapus oleh Youtube adalah video yang diupload oleh akun bernama iDubbbzTV dengan video berjudul "Content Cop - Leafy". Dari pantauan tim rinditech didalam video tersebut menunjukan seseorang dengan menggunakan seragam polisi tetapi bertingkah seperti anak muda yang nakal, didalam video tersebut juga tampak seorang pria membahas kekurangan fisik dari Youtuber lain.

Jujur saja kami kesulitan untuk memahami maksud dari video tersebut secara keseluruhan, apakah hanya untuk komedi atau memang benar - benar bermaksud untuk menyinggung atau menyudutkan orang lain. Namun yang jelas video tersebut dihapus oleh pihak Youtube setelah melakukan review terlebih dahulu.

Berdasarkan pantauan tim rinditech.com saat ini youtuber yang melaporkan bahwa beberapa video mereka telah dihapus masih didominasi youtuber - youtuber dari luar negeri. Untuk di Indonesia sendiri kami belum memiliki informasi yang valid dan bisa dipertanggungjawabkan.

Creator, Expert, Jurnalist, Advocate

Didalam pengembangan peraturan youtube terbaru tentang 'harassment' ini, pihak Youtube memberitahu bahwa mereka juga telah berkonsultasi dengan berbagai orang - orang dari berbagai macam latar belakang seperti pakar hukum, jurnalis, ahli, dan bahkan creator atau Youtuber pun mereka undang untuk memberikan sudut pandangnya.

Sepertinya pihak Youtube juga tidak mau main - main ya dengan penerapan peraturan yang baru ini. Terlihat dari keseriusan mereka dalam mengolah berbagai macam isu yang menjadi peraturan di Youtube.

Namun tidak disebutkan dengan rinci kepada siapa saja mereka berkonsultasi, seperti yang kita ketahui juga beda orang pastinya juga memiliki pendapat yang berbeda. Bahkan dalam satu disiplin ilmu pun pendapat setiap orang pasti beragam dalam menanggapi berbagai macam isu.

Monetisasi sampai Hapus Channel

Didalam rilis reminya, Youtube nampaknya tidak main - main dengan peraturan baru ini. Youtube menjelaskan resiko yang dihadapi oleh para konten kreator mereka, mulai dari ancaman de-monetisasi sampai kepada penghapusan channel secara permanen.

Ancaman tersebut juga nampaknya tidak main - main, tidak lama dari pengumuman ini pihak youtube sudah menghapus beberapa video yang mereka anggap melanggar aturan di Youtube. Jika Youtuber tersebut tetap memproduksi konten yang sama, maka dapat dipastikan channel merekapun terancam dihapus.

Batasannya seperti Apa?

Karena peraturan Youtuber terbaru ini baru berjalan beberapa hari (sebelum tulisan ini dibuat) maka batasan - batasan mengenai mana yang boleh dan mana yang tidak boleh ada didalam video Youtube pun masih belum jelas.

Contohnya saja kasus penghapusan video youtube di paragraf awal, video tersebut sebenarnya sudah diunggah (upload) lebih dari satu tahun yang lalu, namun baru dihapus sekarang - sekarang karena peraturan youtube terbaru ini.

Pihak youtube pun tidak menjelaskan secara rinci batasan - batasannya seperti apa, yang jelas mereka akan lebih aktif dalam mengawasi dan melakukan review kepada konten - konten yang dianggap 'mengganggu' tersebut.

Kreator tidak bebas?

Apakah para konten kreator ini menjadi tidak bebas? Apakah Youtube sudah tidak sebebas dulu lagi? Untuk menjawab pertanyaan - pertanyaan ini anda bisa melihat kebelakang selera anda terhadap konten - konten di Youtube seperti apa.

Jika anda membuka youtube hanya untuk melihat tayangan televisi yang dilewati atau melihat cuplikan hasil pertandingan bola, maka sebenarnya tidak ada yang harus dikhawatirkan. Apalagi hanya untuk melihat tutorial atau produk atau gadget terbaru maka anda tidak perlu khawatir.

Namun jika anda membuka youtube untuk melihat berita atau tayangan - tayangan kontroversi dan nyerempet - nyerempet batas wajar maka anda harus mulai mengevaluasi diri anda sendiri manfaat apa yang anda dapatkan dari tayangan - tayangan tersebut?

YouTube vs Televisi

Saat ini di beberapa negara, jumlah penonton Youtube sudah mengalahkan jumlah penonton televisi konvensional. Di Indonesia juga sudah mulai terlihat, dengan banyaknya saluran TV yang membuat channel Youtube, dapat dipastikan jumlah penonton Youtube sangat potensial sebagai pasar baru di era digital.

bagaimana menurut anda tentang peraturan Youtube terbaru ini? apakah anda terbantu atau malah terganggu? Apapun alasannya, kita semua pasti menginginkan semua konten yang ada di Youtube benar - benar bermanfaat untuk semua penontonnya.

Semoga tulisan mengenai peraturan youtube terbaru ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,24,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,29,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,241,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,29,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,44,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,240,Toko Online,39,Tutorial,267,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Peraturan Youtube Terbaru Dimulai, Beberapa Video Dihapus!
Peraturan Youtube Terbaru Dimulai, Beberapa Video Dihapus!
Setelah peraturan Youtube terbaru diumumkan dan berlaku, tidak lama kemudian beberapa Youtuber mulai melaporkan di media sosial bahwa beberapa video yang pernah mereka unggah telah dihapus oleh sistem Youtube.
https://1.bp.blogspot.com/-cxU-hIbxkCM/XfYS8gBEo2I/AAAAAAAAHkQ/siKN11pyT4kWnAMJyKCpbaM3u0Qy2z6TQCLcBGAsYHQ/s640/Peraturan%2BYoutube%2BTerbaru%2Btelah%2Bberlaku%252C%2BBeberapa%2BVideo%2BMulai%2BDihapus.png
https://1.bp.blogspot.com/-cxU-hIbxkCM/XfYS8gBEo2I/AAAAAAAAHkQ/siKN11pyT4kWnAMJyKCpbaM3u0Qy2z6TQCLcBGAsYHQ/s72-c/Peraturan%2BYoutube%2BTerbaru%2Btelah%2Bberlaku%252C%2BBeberapa%2BVideo%2BMulai%2BDihapus.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2019/12/peraturan-youtube-terbaru-telah-berlaku.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2019/12/peraturan-youtube-terbaru-telah-berlaku.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content