Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)

Berikut ini adalah cara untuk menambahkan link di Instagram Story. Biasanya ditandai dengan tulisan Swipe Up atau See More pada bagian bawan layar. Bagaimana caranya? Adakah syarat untuk dapat menambahkan link di IG Story?

Setiap aplikasi akan selalu melakukan perbaikan agar para penggunanya tetap merasa nyaman dan tidak berpindah (ke aplikasi lain). Begitu juga dengan Instagram yang selalu melakukan pengembangan dan saat ini adalah menambahkan fitur baru. 

Fitur ini membolehkan kita untuk menambahkan link external (atau internal) pada postingan di Story. Link eksternal seperti link ke halaman website atau ke halaman lapak kita di marketplace seperti tokopedia, bukalapak, shopee, lazada, dll.
Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
@aww.sam

Link internal yang dimaksud diatas adalah link yang lokasinya masih berada di aplikasi instagram yaitu link ke IG TV.

Syarat untuk menambahkan link di Instagram Story

Sampai saat ini syarat yang diwajibkan untuk dipenuhi hanya ada dua, namun sepertinya tidak begitu mudah bagi sebagian besar pengguna. syaratnya yaitu:

  1. Akun Instagram Bisnis
  2. Follower 10K (10.000) atau lebih

Kenapa sih harus ada syaratnya?

Seperti yang kita tahu dengan fitur menambahkan link di instagram story, berarti kita akan membawa pengikut (followers) kita yang mengikuti (klik) link tersebut untuk meninggalkan aplikasi Instagram untuk sementara. 

Artinya Instagram harus benar - benar memastikan bahwa fitur link tersebut tidak disalahgunakan, untuk penipuan atau hal negatif lainnya. Salah sau cara yang memang mudah untuk memilih siapa saja yang dapat menggunakan yaitu diukur dari jumlah follower yang dimiliki.

Awalnya fitur ini hanya untuk pengguna yang memiliki 1M (1.000.000) followers. namun sekarang lebih mudah yaitu hanya 10K (10.000) followers, jadi ada kemungkinan syarat ini akan terus dipermudah.

Instagram Bisnis?

Jika akun anda masih akun personal silahkan untuk merubahnya dahulu ke instagram bisnis. Silahkan cari di bagian >Settings >Switch to Business Account.  Selanjutnya ikuti langkah - langkah yang ada dilayar.

Perubahan ini pada dasarnya tidak memiliki syarat khusus, kita hanya perlu menambahkan data - data lebih detail sesuai permintaan pada proses perubahan.

Jika kita sudah memenuhi  dua syarat diatas kita lanjutkan ke tutorial ini. 

Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)

Sekali lagi pastikan kita sudah memenuhi syarat yang telah dijelaskan diatas. Apabila sudah silahkan ikuti tutorial atau langkah - langkah dibawah ini:


  1. Buka Aplikasi Instagram (Login)
  2. Buka Menu untuk Postingan Story baru
  3. Pilih Foto /Video /Tulisa kata - kata yang ingin kita tambah dengan link website (link eksternal)
  4. Silahkan Edit /tambahakan emotikon (bila perlu)
  5. pada bagian atas layar akan muncul ikon untuk menambahkan link (seperti ikon rantai bertaut). Klik ikon tersebut.
    Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
    later.com
  6. Masukan link yang ingin kita bagikan di Story tersebut. Klik Next /Done.
    Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
    later.com
  7. Bila perlu tulis juga kata - kata agar follower anda melakukan swipe up atau geser ke atas. Contohnya seperti "geser ke atas untuk keterangan lebih lanjut", dll.
  8. Post ke Story. Selesai!

Apakah menambahkan link di instagram story berhasil?

Apabila berhasil pada Instagram story kita akan terlihat tanda panah keatas pada bagian bawah layar. Silahkan saja coba sendiri usap /geser keatas untuk memeriksa apakan link nya berfungsi atau tidak.

Alternatif pasang link jika belum memenuhi syarat

Jika akun anda belum memenuhi syarat untuk dapat memasang link di story, bisa dengan memasang link di bio. Cara ini memang jauh lebih ribet jika dibandingkan dengan pasang link langsung di story, tetapi lebih baik dari pada menyuruh followers anda mengetik ulang link di browser.

Untuk mendapatkan 10 ribu followers itu bukan perkara mudah bagi kita - kita yang bukan public figure. Jadi dari pada kita nunggu sampai 10 ribu followers dulu, lebih baik gunakan fasilitas yang ada dulu, karena pada akhirnya sama aja, memberitahukan followers bahwa ada link yang bisa dibuka.

Sebelum melakukan postingan di feed atau di story, pastikan dulu link yang ingin anda bagikan disimpan di kolom bio. Baru setelah link tersimpan di bio, silahkan beritahu followers anda baik di postingan feed ataupun story.

Jangan lupa cantumkan tulisan "Link in Bio" atau kata - kata sejenisnya biar followers anda bisa langsung menuju halaman profil anda untuk membuka link yang anda maksudkan.

Semoga artikel mengenai cara menambahkan link di instagram story /swipe up ini bermanfaat dan dapat membantu teman - teman yang sedang mencari tutorial atau informasi ini. Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser

Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

COMMENTS

BLOGGER: 2
  1. Followers ku sdh 13K ttp tdk bisa share link :"(

    ReplyDelete
    Replies
    1. Apakah akunnysa sudah dirubah ke akun Bisnis? Karena selain jumlah followers akunnya juga harus akun bisnis. Caranya merubah ke akun bisnis sudah ada ditulisan diatas ya

      Delete
TIPS BERKOMENTAR:
Klik (sampai muncul ceklis) kotak putih kecil pada bagian "Notify me" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan :)
Terimakasih atas partisipasi aktifnya di halaman RindiTech.com :)

Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,14,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,23,Design,6,Facebook,24,Finance,39,Formula 1,4,Games,28,Google,24,HTML,5,Instagram,18,Internet,66,Microsoft,25,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,239,OPPO,1,Peraturan,5,PlayStation,3,Productivity,28,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,43,SEO,1,Smartphone,5,Social Media,55,Software,22,Sony,5,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,239,Toko Online,39,Tutorial,266,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,8,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,15,
ltr
item
Rindi Tech: Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
Cara Menambahkan Link di Instagram Story (Swipe Up)
Berikut ini adalah cara untuk menambahkan link di Instagram Story. Biasanya ditandai dengan tulisan Swipe Up atau See More pada bagian bawan layar. Bagaimana caranya? Adakah syarat untuk dapat menambahkan link di IG Story?
https://4.bp.blogspot.com/-HUOyVTqxsEg/W9eYS0HpbMI/AAAAAAAAFQs/NgXHRaZbe8sDBXGGAMvFLeNVuuYYb3OeQCLcBGAs/s640/Cara%2BMenambahkan%2BLink%2Bdi%2BInstagram%2BStory%2B%2528Swipe%2BUp%2529.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-HUOyVTqxsEg/W9eYS0HpbMI/AAAAAAAAFQs/NgXHRaZbe8sDBXGGAMvFLeNVuuYYb3OeQCLcBGAs/s72-c/Cara%2BMenambahkan%2BLink%2Bdi%2BInstagram%2BStory%2B%2528Swipe%2BUp%2529.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2018/10/cara-menambahkan-link-di-instagram-story.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2018/10/cara-menambahkan-link-di-instagram-story.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content