XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC - Mirip Corsair ONE?

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Games
News
XBOX
XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC - Mirip Corsair ONE?
XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC - Mirip Corsair ONE?
XBOX Series X | xbox.com
XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC dan dikatakan mirip produk PC Corsair ONE?. Baru baru ini XBOX mengeluarkan trailer /teaser konsol game signature mereka yaitu XBOX Series X dengan spesifikasi yang dipercaya dapat menandingin performa PC. 

Lalu bagaimana spesifikasi aslinya? Apakah benar mirip PC Corsair ONE?

Jika derby didalam konsol game atau permainan mungkin PlayStation dan XBOX bisa termasuk kedalamnya. Karena kedua konsol game ini memang selalu kejar - kejaran dalam hal teknologi dan juga fitur - fitur lainnya.

Baca juga: Desain Resmi PS5 Sudah Keluar! Lebih Bagus dari XBOX Series X?

Kali ini XBOX sepertinya ingin berkompetisi dari sisi hardware atau spesifikasi yang ditawarkan kepada calon pembeli. Maka dari itu XBOX Series X Spesifikasi nya sekarang ini sedang menjadi perbincangan, terutama di kalaman pengamat teknologi dan game konsol.

Corsair ONE

XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC - Mirip Corsair ONE?
Corsair ONE | corsair.com

Selang beberapa jam dari waktu perkenalan perdana beragam reaksipun langsung bermunculan, salah satunya datang dari Youtuber asal Canada, Linus Sebastian. Didalam sebuah video yang membahas tentang XBOX Series X ini, Linus sedikit membahas bahwa bentuk dari XBOX Series X ini mirip dengan PC yang dijual oleh Corsair dengan nama produk Corsair ONE.

Jika dilihat sekilas dari ukuran dan bentuknya yang kotak memanjang keatas, kedua produk ini memang terlihat sama. Namun sepertinya ukuran dari XBOX Series X akan lebih kecil jika dibandingkan dengan PC Corsair ONE.

Salah satu keunggulan konsol game jika dibandingkan dengan PC adalah dari ukurannya yang lebih kecil dari PC, sehingga dapat lebih mudah dipindah dan pastinya lebih praktis dalam hal pemasangan. Jadi sepertinya XBOX Series X ini ukurannya tidak akan sama dengan Corsair ONE (walaupun mendekati).

Bagaimana menurut anda? Apakah kedua produk tersebut sama? Apakah spesifikasinya sama juga?

Baca juga: Baterai Bawaan XBOX Controller Kuat Berapa Lama?

XBOX Series X Spesifikasi Mendekati PC?

Sejatinya komponen yang ada didalam sebuah konsol game sebagian besar, bahkan 90% sama dengan PC. Terdapat CPU, GPU, Mainboard, Memory, Disk, dll, maka tidak heran jika game consol seperti XBOX Series X ini selalu dibandingkan dengan performa PC.

Pihak XBOX sendiri mengkonfirmasi bahwa hardware yang akan digunakan didalam XBOX Series X ini sebagian besar akan menggunakan komponen kelas menengah-atas dari komponen PC yang ada dipasaran saat ini. 

Dan yang pasti, pada seri yang terbaru ini Microsoft tidak lagi menggunakan HDD (Hard-Disk Drive) tetapi akan menggunakan NVMe Solid-State Storage. Dengan penggunaan NVMe dipastikan waktu loading dan respon aplikasi atau game akan lebih cepat dari konsol yang ada saat ini.
Microsoft says that the Series X will target 4K/60fps performance with Zen 2 and RDNA architecture from AMD, leveraging hardware-accelerated ray tracing, GDDR6 memory, and NVMe solid-state storage. - Phil Spencer/ Executive Vice President of Gaming at Microsoft
Pihak Microsoft mengatakan bahwa seri terbaru ini dapat bekerja di resolusi 4K/60fps dengan performa CPU 4 kali lebih cepat dari XBOX One dan dengan GPU yang memiliki kekuatan 2 kali lebih baik dari GPU yang dimiliki oleh XBOX One X.

Baca juga: Cara Pairing XBOX Controller ke PC Wireless via Bluetooth

Compatibility

Diatas adalah salah satu cuplikan atau teaser dari game baru yang dapat dimainkan di consol XBOX Series X. Video tersebut diambil langsung dari tampilan game (in-game) dengan resolusi 4K/60fps, jadi kurang lebih tampilannya akan sama saat bermain game tersebut.

Apakah XBOX Series X ini bisa memainkan game XBOX sebelumnya? Jawabannya BISA!. Jika dilihat dari siklusnya, biasanya game yang didesain untuk type XBOX tertentu tidak dapat dimainkan di konsol game yang lain, namun tidak dengan XBOX Series X ini, anda tetap dapat memainkan game dari konsol XBOX sebelumnya seperti XBOX One, dll.

Seperti PlayStation saat ini, sebelumnya konsol game XBOX tidak dapat melakukan cross-patform, namun sekarang anda tetap bisa memainkan game - game jadul di konsol game XBOX Series X seperti biasa.

Ditambah lagi, joystick atau remote control XBOX tetap bisa digunakan diberbagai jenis XBOX, jadi jika anda memiliki stik XBOX dari XBOX seri sebelumnya, tetap dapat dimainkan di consol XBOX terbaru ini, dan juga sebaliknya.


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:
Cara Cek Suhu Prosesor CPU dan VGA di Komputer

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!