Kini Kreator Bisa Edit Video Youtube yang Terkena Copyright

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Finance
News
YouTube
Kini Kreator Bisa Edit Video Youtube yang Terkena Copyright
Kini Kreator Bisa Edit Video Youtube yang Terkena Copyright
Yup! kini kreator bisa edit video Youtube yang terkena copyright atau klaim. Izin penggunaan media seperti musik atau video stock saat ini masih menjadi masalah utama bagi para kreator atau youtuber. Kini para konten kreator atau youtuber dapat memotong video youtube yang telah di upload.

Akhir tahun 2019, tepatnya tanggal 19 Desember Google mengumumkan peraturan dan fitur baru yang dapat memudahkan para konten kreator atau youtuber untuk memeriksa video - video mereka yang terkena klaim atau copyright strike dan bisa edit video Youtube tersebut langsung dari halaman Youtube Studio.

Update ini sepertinya adalah fitur yang sangat ditunggu - tunggu oleh para konten kreator atau youtuber yang selalu bermasalah copyright atau izin penggunaan media seperti backsound musik atau stok video dari media - media besar seperti perusahaan rekaman atau bahkan dari sesama youtuber.

Baca juga: Cara Mendapatkan EFIN NPWP di Kantor Pajak

Dengan update dan fitur baru ini sekarang anda dapat mengetahui informasi - informasi berikut ini:

  • Melihat daftar video yang terkena klaim atau copyright strike atau yang telah dihapus
  • Mengetahui siapa yang mengajukan klaim terhadap video anda
  • Merespon atau memperbaiki (edit) video yang terkena masalah

Hapus satu video full

Saat ini jika ada video yang terkena klaim copyright dari perusahaan atau youtuber lain, video tersebut sudah pasti kehilangan penghasilan minimal 50% atau bahkan 100% karena seluruh penghasilan dialihkan kepada pemegang klaim.

Sedihnya lagi, walaupun musik atau stok video yang digunakan hanya sebagian kecil dari keseluruhan video yang dibuat tetap menjadi hak pemilik copyright atau pemilik lisensi. 

Contohnya, anda membuat video berdurasi 10 menit dan anda tidak sengaja menggunakan musik berlisensi di 10 detik awal (intro). Maka jika terkena klaim, satu video tersebut tidak dapat anda monetisasi (tidak akan mendapat penghasilan). 

Bahkan tidak sedikit juga konten kreator atau youtuber yang harus rela video nya dihapus (takedown). Sampai saat ini juga kita masih sering mendengar beberapa youtuber harus rela video nya dihapus dari Youtube karena permintaan langsung pemilik lisensi media yang digunakan.

Kini Kreator Bisa Edit Video Youtube yang Terkena Copyright

Kini Kreator Bisa Edit Video Youtube yang Terkena Copyright
Kini cara melakukan edit video youtube yang sudah di upload sudah mulai disosialisasikan oleh Google (pemilik Youtube), dan nampaknya para kreator atau youtuber merespon positif berita ini. Walaupun belum resmi tersedia, tetapi pihak Google menyatakan bahwa fitur ini akan tersedia secepatnya.

We’ve added an explicit Trim option directly on the Video Copyright details page. You can trim out copyrighted content claimed by Content ID in your video which automatically releases the claim. 
-Sarah (TeamYouTube)

Didalam pengumumannya juga Google menunjukan proses edit video youtube langsung dari halaman Youtube Studio. Disana anda sebagai konten kreator dapat melakukan edit video youtube yang sedang bermasalah dengan copyright atau izin penggunaan. 

Nantinya anda dapat memilih bagian mana saja dari video anda yang ingin anda potong (trim). Dengan begitu anda dapat membuang bagian video yang bermasalah saja, tanpa harus menghapus satu video secara utuh.

Dengan fitur 'trim' ini juga memungkinkan anda tetap dapat mengaktifkan fitur monetisasi di video yang terkena klaim, asalkan anda telah menghilangkan bagian video yang diklaim atau yang belum mendapat izin tersebut.

Baca juga: 4 Channel YouTube Entrepreneur Lokal untuk Belajar Bisnis

More in 2020..

Selain fitur edit video youtube yang telah di upload ini, Google juga mengumumkan bahwa akan lebih banyak lagi perubahan atau penambahan fitur baru di tahun 2020 khususnya yang berkaitan dengan aksi atau masalah copyright yang selama ini selalu dikeluhkan oleh para konten kreator atau youtuber. 

We have many more updates coming 2020 that will improve your copyright experience on YouTube. Stay tuned!
-Sarah (TeamYouTube)
Menarik untuk diikuti ya peraturan baru dari Youtube ini, semoga saja kedepannya Youtube dapat meningkatkan kualitas kenyamanan baik bagi penyedia konten (youtuber), pemilik konten berlisensi, dan juga yang paling penting adalah bagi penonton yang memberikan trafik kepada video - video tersebut.

Bagaimana menurut anda tentang peraturan baru yang memungkinkan konten kreator dapat edit video youtube yang bermasalah ini? Semoga tulisan ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!