Beranda
Cellular
Internet
Tutorial
Cara Mengirim atau Transfer Pulsa Kartu Indosat
Cara Mengirim atau Transfer Pulsa Kartu Indosat

Berikut ini adalah cara untuk melakukan transfer pulsa dari kartu Indosat. Dengan cara ini kita dapat membagikan atau memberikan pulsa yang ada pada kartu yang kita miliki kepada nomor lain. Lalu bagaimana dengan operator lain seperti Telkomsel, XL, Three, dan operator lainnya?

Fasilitas transfer pulsa ini sangat membantu para pengguna terutama jika keluarga atau teman kita ada yang sedang membutuhkan pulsa mendadak. Atau ada juga yang mempunyai jatah pulsa secara rutin dari kantor namun jarang digunakan atau selalu memiliki sisa yang cukup banyak.

Syarat Agar Dapat Melakukan Transfer Pulsa

Bagi pengirim pulsa ada beberapa syarat yang harus dipenuhi agar dapat melakukan transfer pulsa ke kartu atau nomor lain:

  • Umur kartu harus lebih dari 180 hari
  • Sisa pulsa setelah mengirim minimal harus ada Rp 5000,- 
  • biaya Rp. 600 /transaksi
  • nominal pulsa yang dikirim maksimal 200.000 /hari

Jika sudah memenuhi syarat diatas, maka kita akan lanjut ke tutorial atau langkah - langkah untuk transfer pulsa ke nomor lain.

Cara Transfer Pulsa Kartu Indosat

Ada beberapa cara untuk melakukan transfer pulsa dari kartu Indosat. Silahkan pilih salah satu yang dikira nyaman dan mudah untuk dilakukan dan diingat.

Cara 1 Menggunakan Menu Panggilan Telepon 

  1. Telepon /call nomor ini: *123*6*9*3*3#. tunggu sampai menu popup muncul.
  2. masukan nomor telepon tujuan yang ingin di transfer pulsa
  3. konfirmasi (Ikuti petunjuk yang diberikan melalui SMS atau menu popup yang muncul.
  4. Tunggu Konfirmasi Berhasil. Selesai

Cara 2 Menggunakan SMS

  1. Buka Menu SMS dan buat pesan baru.
  2. ketik: TRANSFERPULSA [spasi] nomor tujuan [spasi] nominal
  3. contoh: TRANSFERPULSA 085712345678 40000
  4. kirim ke: 151
  5. Tunggu sms dari 151 kemudian balas sesuai yang diperintahkan. Contoh, balas dengan ketik: OK [spasi][nomor token]. lihat gambar dibawah, 7591 adalah nomor tokennya. Maka anda harus membalas seperti ini: OK 7591. Nomor token juga bisa berupa kombinasi angka dan huruf ya.
    Cara Mengirim atau Transfer Pulsa Kartu Indosat
  6. Tunggu konfirmasi berhasil. Selesai

Apabila berhasil anda akan mendapatkan SMS konfirmasi bahwa transaksi telah berhasil dan biasanya akan dijelaskan juga berapa biaya yang dibutuhkan untuk mengirim pulsa tersebut.

Untuk memastikannya segera konfirmasti /tanyakan kepada pemilik nomor yang menerima transferan pulsa dari Anda. Setelah itu periksa kembali sisa pulsa anda apakah sesuai seperti yang diproses atau tidak.

Apakah akan memperpanjang masa aktif?

Pertanyaan ini yang mungkin muncul dibenak kita, apakah dengan mendapatkan pulsa dari sesama pengguna juga akan memperpanjang masa aktif kartu yang menerima? Jawabannya TIDAK. berdasarkan pengalaman beebrapa kali transfer pulsa, masa aktif dari kartu penerima tidak bertambah.

Maka dari itu, sebelum melakukan transfer pulsa atau menerima pulsa dari sesama pengguna, pastikan terlebih dahulu masa aktif dari kartu tersebut. Karena apabila kartu yang menerima pulsa sudah melewati masa aktif /masa tenggang, pulsa yang diterima tidak dapat digunakan.

Berapa lama prosesnya?

Pada pengalaman saya, proses transfer pulsa ke sesama nomor Indosat prosesnya instant. Setelah langkah terakhir dilakukan biasanya beberapa detik kemudian pulsa yang saya kirim sampai di nomor tujuan.

Paling lama itu sekitar 1 menit, dan itu juga jarang, kebanyakan pulsa diterima secara instant.

Jika pulsa tidak muncul di nomor penerima namun di pengirim sudah berhasil, saya sarankan untuk menunggu beberapa menit atau paling lama 1 jam. Jangan terburu - buru untuk kirim ulang jika pulsa sudah terpotong.

Apakah nomor tujuan akan mengetahui kalau dia dikirimi pulsa?

Ya. Nomor tujuan atau nomor yang ditransfer pulsa akan mendapat notifikasi atau pemberitahuan berupa SMS yang menyatakan bahwa dia telah mendapat pulsa senilai Rp 40.000,- (contoh) yang dikirim oleh nomor ini: 0857976543125 (contoh). 

Bagaimana Bila Proses Transfer Pulsa Gagal?

Bila gagal jangan langsung ulangi prosesnya, tunggu beberapa saat sampai benar - benar yakin bahwa memang prosesnya gagal (cek pulsa) agar tidak terpotong 2 kali. Setelah menunggu beberapa saat silahkan ulangi lagi prosesnya.

Setelah melakukan transfer jangan lupa untuk selalu cek sisa pulsa anda, dan sisa pulsa di nomor penerima. Pastikan pulsa yang terpotong sesuai, dan pastikan juga pulsa yang sampai di nomor tujuan sesuai nominalnya.

Bagaimana jika tidak ada balasan dari server?

Hal ini sering memang terjadi, saya pun sering tidak mendapat balasan di beberapa kesempatan saat ingin transfer pulsa. Solusinya tiada lain adalah menunggu, silahkan tunggu beberapa menit atau beberapa jam kemudian coba lagi kirim SMS nya.

Biasanya saya tunggu sekitar 30 menit terus coba lagi kirim SMS, kalau masih belum ada balasan biasanya saya tunggu dulu beberapa jam. Misalnya saat saya coba di pagi hari tidak bisa, maka saya akan coba lagi nanti sore atau malam nya.

Semoga tulisan mengenai cara untuk mengirim atau transfer pulsa kartu Indosat ini dapat membantu teman - teman yang ingin mengirim pulsa ke sesama pengguna. Apabila ada pertanyaan silahkan tuliskan di kolom komentar seperti biasa. Terimakasih. Jadilah pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!