Beranda
Productivity
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office Lengkap!
Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office Lengkap!

Berikut ini adalah cara menambahkan halaman di Word Microsoft Office lengkap dan mudah. Dengan cara ini anda akan dengan mudah menambahkan halaman baik berupa angka, romawi, huruf, dll di Microsoft Office Word.

Jika anda baru dalam dunia penulisan di komputer atau pernah bisa tapi lupa lagi, maka rinditech.com adalah tempat yang tepat untuk menemukan beberapa tips atau tutorial sederhana mengenai berbagai macam hal di dunia teknologi.

Entah anda sedang membuat makalah, tugas sekolah, atau sedang menulis buku pertama anda, penomoran halaman adalah salah satu hal yang wajib anda kuasai, karena hampir setiap projek atau tugas mengharuskan kita untuk tahu cara menambahkan halaman di word secara benar.

Selain menambahkan halaman di word dengan angka nomor, anda juga dapat menggantinya dengan angka romawi, huruf, dan pilihan lainnya (yang disediakan oleh aplikasi microsoft word).

Dibawah ini adalah cara menambahkan halaman di word atau program microsoft office dengan angka (nomor) biasa, jika anda ingin menggunakan angka romawi atau huruf silahkan lanjutkan ke cara kedua dibawahnya.

Baca juga: Cara Merubah Ukuran Kertas di Word Microsoft Office

Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office

Dibawah ini adalah cara lengkap menambahkan halaman di word atau aplikasi komputer microsoft office yang biasa digunakan untuk membuat laporan, makalah, tugas, artikel, ll. Kita anggap saja anda telah membuka file tulisan di Microsoft word dan siap untuk menambahkan halaman di word.

  1. Klik atau aktifkan menu bar >Insert (biasanya terletak di menu bagian atas layar)
  2. Pada bagian Header & Footer silahkan cari dan klik menu >Page Number
  3. di menu popup yang muncul silahkan >pilih posisi penempatan nomor halaman (atas, bawah, samping, dll)
    • Top of Page (nomor halaman akan diletakan dibagian atas kertas)
    • Bottom of Page (nomor halaman akan diletakan dibagian bawah kertas)
    • Page Margins (nomor halaman akan diletakan diluar margin kertas)
    • Current Position (nomor halaman akan diletakan diposisi yang sedang aktif)
  4. Kemudian anda dapat Pilih >Style /gaya tulisan halaman

    Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office Lengkap!
  5. Selesai. Jika berhasil halaman Header /Footer akan aktif dan nomor halaman akan muncul.

Jika halaman header /footer masih aktif silahkan klik dua kali (double-clicks) di bagian tengah halaman untuk keluar dari halaman Header /Footer.

Pada cara diatas anda bisa memilih berbagai macam tampilan yang ada, mulai dari penyimpanan posisi nomor halaman di kiri, kanan, ataupun tengah. Selain itu anda juga dapat menambahkan beberapa sentuhan seni yang juga dapat dipilih pada bagian style.

Lalu bagaimana jika ingin menggunakan angka romawi atau huruf untuk halaman di tulisan kita? bukan dengan angka.

Baca juga: Cara Merubah Ukuran Inchi ke Centimeter di Microsoft Word

Cara Ganti dengan Angka Romawi atau huruf

Jika anda ingin menggunakan penomoran dengan angka romawi atau bahkan huruf, silahkan ikuti langkah - langkah menambahkan halaman di word dengan angka romawi /huruf dibawah ini.

  1. Seperti cara diatas, klik >Insert
  2. Pada bagian Header & Footer silahkan cari dan klik menu >Page Number
  3. Selanjutnya silahkan pilih atau klik tulisan >Format Page Numbers
  4. Silahkan pilih >Number Format sesuai kebutuhan (angka biasa, angka romawi, huruf latin, dll)
  5. Klik >OK

    Cara Menambahkan Halaman di Word Microsoft Office Lengkap!
  6. Selesai. Jika berhasil halaman Header /Footer akan aktif dan nomor halaman yang telah diatur akan muncul.

Jika ingin merubah posisi atau gaya (style) silahkan ulangi kembali langkah di cara pertama diatas dengan memilih Top of Page, Bottom of Page, dll.

Baca juga: Cara Print Label Undangan 103 dan 121 di Microsoft Word

Ganti nomor awal

Selain cara menambahkan halaman di word, Anda juga dapat mengatur dari angka atau nomor berapa hitungan halaman dimulai. Contohnya jika anda telah menyimpan beberapa halaman bagian awal tulisan makalah atau buku di dokumen lain, maka anda tetap dapat melanjutkan halamannya langsung, tanpa harus mengulang hitungan dari awal.

Caranya, pada cara diatas di bagian Page Number Format silahkan pilih atau masukan angka atau huruf yang ingin digunakan untuk memulai halaman di kolom dengan tulisan >Start at: kemudian silahkan klik >OK.

Semoga tulisan mengenai cara menambahkan halaman di word microsoft office lengkap ini bermanfaat. Jika anda mengalami kesulitan atau memiliki pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!