Beranda
Instagram
Social Media
Tutorial
Cara Membuat Story Beat di Instagram
Cara Membuat Story Beat di Instagram

Berikut ini adalah cara membuat Story Beat di Instagram. Apakah anda sedang mencari cara bagaimana membuat story beat di ig? Apa itu story beat? Kita akan bahas bagaimana caranya membuat story beat ig atau membuat postingan atau story dengan musik atau backsound

Sebenarnya, postingan video atau foto dengan backsound musik sudah sering digunakan sejak beberapa tahun kebelakang. Namun dulu hanya orang - orang yang mampu melakukan editing saja di komputer.

Sekarang semakin banyak fasilitas yang dapat anda gunakan agar dapat mempunyai postingan video atau foto dengan backsound musik seperti ini. Termasuk saat ini ada aplikasi yang sedang viral, aplikasi ini dapat membuat video dengan backsound musik tetapi tetap mudah untuk digunakan.

Aplikasi ini bernama storybeat, sebenarnya banyak sekali aplikasi yang serupa namun saat ini yang sangat kekinian dan digunakan oleh banyak selebgram adalah aplikasi ini. 

Jadi, untuk dapat membuat story beat di Instagram seperti video atau foto dengan backsound musik TIDAK HARUS menggunakan aplikasi ini, hanya saja kebetulan saat ini aplikasi storybeat ini lebih banyak digunakan.

Dengan atau tanpa watermark?

langkah - langkah di cara membuat story beat ig ini terlihat panjang namun jika anda sudah terbiasa, akan terasa semakin mudah dan lebih cepat. Hasil dari membuat story beat di Instagram ini ada dua pilihan yaitu dengan watermark (logo StoryBeat) dan tanpa watermark atau tanpa logo storybeat.

Keduanya bisa dipilih pada saat membuatnya di aplikasi. Jika anda ingin menggunakan watermark pada pilihan export nanti silahkan pilih Instant Export with watermark.

Tetapi jika anda ingin hasilnya tanpa watermark silahkan pilih Watch an ad to export without watermark. Pada pilihan ini anda harus menonton sebuah iklan terlebih dahulu sebelum lanjut ke hasil akhir.

Kami menyarankan agar anda memilih pilihan tanpa watermark karena beberapa watermark bisa mengganggu atau menutupi hasil video anda (walaupun hanya sebagian kecil).

Keputusan ada ditangan anda, toh kedua pilihan tersebut tidak dikenakan biaya alias gratis. Selanjutnya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini untuk lebih lengkapnya.

Cara Membuat Story Beat di Instagram

Dibawah ini adalah langkah atau cara lengkap untuk membuat story beat di instagram. Kami pastikan bahwa langkah - langkah dibawah ini sudah melalui tahap verifikasi dan kami pastikan tidak ada langkah yang terlewat. Kami harapkan anda mempraktekannya secara perlahan agar hasilnya sesuai sempurna.

  1. Buka aplikasi PlayStore (Android) /AppStore (iOS)
  2. Cari dan Install aplikasi bernama "Storybeat". Jika sudah terinstall silahkan langsung dibuka
  3. Untuk penggunaan pertama, aplikasi akan meminta izin atau permission untuk akses file media di HP anda. Silahkan berikan izin dengan klik tombol >Allow /Berikan izin.
  4. Pada halaman utama aplikasi anda dapat memilih beberapa fitur yang telah disediakan seperti membuat kompilasi foto atau video dengan musik (backsound), membuat panoramic video, zoom-in zoom-out, dan yang terbaru adalah membuat story dengan GIFs. Untuk contoh sekarang silahkan pilih >Add music to photos or videoCara Membuat Story Beat di Instagram
  5. aplikasi akan membuka gallery photo anda, silahkan pilih video atau foto untuk dikompilasi (maksimal 30 foto). kemudian silahkan klik tombol >Next pada bagian kanan-atas layar. Halaman pengaturan akan terbuka
  6. Pada halaman selanjutnya silahkan klik tombol plus (+) untuk menambahkan musik atau backsound. Kami sarankan untuk mencoba pilihan >Search Music untuk mencoba pilihan musik yang disediakan oleh aplikasi.Cara Membuat Story Beat di Instagram
  7. Pada halaman pencarian musik (search music) silahkan klik judul lagu untuk preview atau mendengar sebelum dipilih. Untuk memilihnya silahkan klik tombol >Add. Halaman edit musik akan terbuka.
  8. Pada halaman edit musik silahkan geser equalizer musik ke kiri atau kanan untuk dipilih dan di potong sesuai durasi klip. Silahkan klik tombol Play untuk mendengarkan hasilnya. Jika sudah, silahkan klik >Save
  9. Jika sudah tidak ada perubahan, silahkan klik tombol >Export (tanda panah ke bawah) untuk menyimpan hasilnya di Gallery (memory HP). Pop up menu generator akan terbukaCara Membuat Story Beat di Instagram
  10. Pada halaman generator ini anda akan diminta memilih jenis layanan yang ingin digunakan. Silahkan pilih salah satu dari pilihan yang ada kemudian klik tombol >Continue
    • PAID (Berbayar)
    • FREE Watch an ad to export without watermark (hasil video tanpa watermark tetapi anda harus menonton sebuah iklan terlebih dahulu) | RECOMMENDED! 
    • FREE Instant export with watermark (hasil video dengan watermark (logo Storybeat) tetapi anda tidak perlu menonton iklan)
  11. Halaman pilihan akhir akan muncul. Silahkan pilih >Share video untuk upload langsung di Story Instagram. Jangan lupa untuk pilih aplikasi instagram untuk upload di story.
  12. Lanjutkan upload story ig seperti biasa. Anda juga tetap bisa menambahkan stiker dan kata - kata seperti biasanya.Cara Membuat Story Beat di Instagram
  13. Selesai. Silahkan periksa story ig anda yang terakhir untuk memastikan upload nya berhasil.

Sumber Musik

Pada pilihan sumber musik, anda dapat memilih sumber musik atau backsound yang ingin digunakan. Jika anda memilih pencarian musik dari aplikasi anda akan memilih sumber musik yang telah disediakan oleh aplikasi StoryBeat. Pilihan ini telah kita praktekan pada tutorial diatas ya.

Pilihan lainnya adalah melakukan pencarian musik dari gallery HP. Jika anda memilih pilihan ini anda dapat menggunakan musik atau backsound yang berasal dari gallery musik di memory HP anda.

Pilihan lainnya adalah menggunakan sound effect yang telah disediakan oleh aplikasi, hampir sama dengan pilihan pertama, namun yang anda pilih adalah backsound berupa efek - efek seperti suara binatang, suara petir, suara penonton, dll.

Semoga tulisan tentang bagaimana cara membuat story beat di Instagram ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!.


Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!