Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Berikut ini adalah cara mengatasi masalah volume suara mikrofon yang sangat kecil di PC. Jika anda sudah menaikan full volume 100 persen tapi suara yang dikeluarkan oleh mic di PC tetap kecil bahkan di beberapa aplikasi hampir tidak terlihat input nya, berikut ini adalah tutorial untuk volume suara mikrofon sangat kecil di PC Windows.

Tadinya saya berpikir mikrofon yang saya beli kurang bagus kualitasnya, namun setelah saya mencoba menggunakan mic yang jauh lebih mahal suaranya tetap saja kecil. Saat melakukan live di Youtube suara mic yang dikeluarkan sangat kecil, tidak seimbang dengan suara sistem/game yang sedang dimainkan.

Pada pengalaman saya perbedaannya terlihat sangat jelas. Jika biasanya volume mikrofon hanya bisa maksimal di 10% saja, sekarang volume mic saya bisa naik sampai 40-50% di indikator volume di PC.

Akhirnya saya menemukan cara simple atau mudah diikuti ini, khususnya bagi kita - kita yang menggunakan Windows 10 atau Windows 11. Saya tidak tahu apakah pengaturan ini bisa untuk Windows 7 atau 8, tetapi jika anda masih menggunakannya bisa tetap dicoba saja ya, siapatau tetap sama pengaturannya.

Baca juga: Audio/suara media tidak keluar di beberapa aplikasi? Ini solusinya

Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

Sebelum lanjut ke tutorial pastikan dulu volume mikrofon di PC/laptop nya sudah maksimal di 100% ya, takutnya kita cuman lupa naikin volume saja. Tapi kalau sudah di 100% dan suaranya tetap kecil, silahkan ikuti tutorial atau cara menambah volume mikrofon di PC berikut ini. 

  1. Silahkan klik tombol >Start/Windows
  2. Kemudian ketik "Sound Settings" di kolom pencarian. Silahkan klik menu Sound Settings yang muncul. Sebagai alternatif bisa juga dengan melakukan klik kanan pada icon volume (kanan-bawah layar) kemudian pilih menu >Open Sound settings.
    Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

  3. Pada pengaturan Sound pastikan input device nya benar ya, sesuaikan dengan type atau merek mikrofon yang sedang digunakan.
  4. Jika input device telah benar silahkan klik tulisan >Device properties
  5. Pada halaman device properties silahkan klik tulisan >Additional device properties. Jendela Microphone Properties lanjutan akan terbuka.
    Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

  6. Pada halaman Microphone Properties silahkan buka menu >Levels. Pada pengaturan Levels anda akan melihat pengaturan volume mikrofon seperti biasa dan pengaturan Microphone Boost.
  7. Pada pengaturan Microphone Boost silahkan naikan/geser ke kanan untuk menambah boost pada volume microphone. Saya sarankan coba dulu rata kanan (full) sampai +30dB. Jika terlalu berlebihan nanti diturunkan saja sampai pas sesuai kebutuhan.
  8. Jika pengaturan boost sudah selesai, silahkan klik tombol >Apply/OK.
    Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya

  9. Selesai. Silahkan coba mikrofon di aplikasi perekam seperti Adobe Audition, Audacity, dll. Atau bisa juga langsung lihat saja di bagian sound, disana bisa terlihat indikator volume naik drastis.

Pada pengalaman saya perbedaannya terlihat sangat jelas. Jika biasanya volume mikrofon hanya bisa maksimal di 10% saja, sekarang volume mic saya bisa naik sampai 40-50% di indikator volume di PC.

Baca juga: Cara mematikan komputer dengan waktu otomatis shutdown timer

Menu Microphone Boost tidak keluar?

Ada beberapa masalah yang sering ditemui untuk cara diatas, salah satunya yaitu pengaturan volume Microphone Boost. Pada pengalaman saya microphone boost tidak keluar jika mic yang kita gunakan tidak dicolok ke port mic yang ada di bagian belakang PC (port mic utama yang berwarna merah). Atau anda bisa mencoba beberapa solusi dibawah ini.

  • Pada bagian Microphone properties silahkan buka bagian Advanced kemudian hilangkan semua ceklis pada pengaturan "Exclusive mode". Kemudian klik tombol OK. Lalu periksa lagi bagian Levels.
  • Jika ada, coba ganti dulu dengan mic lain. Tidak semua jenis microphone bisa mendapatkan pengaturan volume boost ini. 
  • Jika anda menggunakan mixer atau aksesoris audio lainnya, coba periksa kabel atau koneksi yang digunakan, jika ada silahkan gunakan port USB 3.0 (warna biru) agar power yang dikeluarkan stabil.
  • Periksa audio driver di PC. Pastikan audio driver yang terpasang sudah menggunakan versi terbaru. Bila perlu silahkan lakukan uninstall driver kemudian install ulang driver audio nya.
  • Jika masih tidak muncul bisa pakai aplikasi tambahan yang khusus untuk menambah volume seperti Equalizer APO. Saat ini saya belum membuat tutorialnya, jika ada saya akan langsung update di website ini. Untuk sementara silahkan lihat dulu ke website lain atau bisa lihat tutorial di youtube lain.

Semoga tulisan mengenai cara boost volume suara mikrofon yang sangat kecil di PC ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser .

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,27,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,38,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,246,OPPO,1,Peraturan,7,PlayStation,3,Productivity,35,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,46,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,266,Toko Online,46,Tutorial,294,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,11,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya
Volume Suara Mikrofon sangat kecil di PC Windows? Ini Solusinya
berikut ini adalah tutorial untuk mengatasi volume suara mikrofon sangat kecil di PC Windows. Volume sudah 100% tapi suara masih kecil? ini solusinya
https://1.bp.blogspot.com/-da6UQavvWD8/YUg0CqWI3SI/AAAAAAAAKJA/dx7Dvlxmgus5Z6JghxWh765Cu8xT4KY_wCLcBGAsYHQ/w640-h360/Volume%2BSuara%2BMikrofon%2Bsangat%2Bkecil%2Bdi%2BPC%2BWindows%2BIni%2BSolusinya%2B1.png
https://1.bp.blogspot.com/-da6UQavvWD8/YUg0CqWI3SI/AAAAAAAAKJA/dx7Dvlxmgus5Z6JghxWh765Cu8xT4KY_wCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/Volume%2BSuara%2BMikrofon%2Bsangat%2Bkecil%2Bdi%2BPC%2BWindows%2BIni%2BSolusinya%2B1.png
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/09/volume-suara-mikrofon-sangat-kecil-di-pc-windows-ini-solusinya.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/09/volume-suara-mikrofon-sangat-kecil-di-pc-windows-ini-solusinya.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content