Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Apple
News
Review
Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!
Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!
Apple Pro Display XDR | apple.com
Beberapa waktu yang lalu Apple mengumumkan beberapa produk terbarunya, baik itu berupa sistem baru maupun perangkat yang baru. Termasuk Monitor Apple Pro Displa XDR ini, yang diperkenalkan bersama dengan PC Apple New Mac Pro 2019.

Benarkah stand monitornya dijual terpisah?

Pada gelaran Apple WWDC  (Worldwide Developers Conference) 2019 yang diadakan di California Amerika Serikat, Apple memperkenalkan beberapa produk baru dan juga update untuk iOS 13. Yang menjadi perhatian adalah duo produk baru, yaitu PC Apple New Mac Pro dan Monitor Apple Pro Display XDR.

Layar 32-Inch Retina Display dengan Resolusi 6K 

Monitor Apple Pro Display XDR ini memang lumayan besar. Ukurannya 32" inchi yang seukuran TV yang ada di rumah - rumah atau bahkan monitor lebih besar dari TV di rumah kita. hehe

Dengan layar yang sangat luas ini dipastikan Anda tidak akan mengalami kesulitan dalam melihat detail gambar. Selain itu, semakin besar ukuran layar, semakin banyak juga item - item yang dapat ditampilkan dalam satu layar secara bersamaan.

Resolusi 6K sangat jauh diatas standard resolusi monitor yang ada saat ini, jika dibandingkan resolusi ini bisa 2x lebih luas dari layar dengan resolusi 4K, apalagi jika dibandingkan dengan layar dengan resolusi yang masih standar dibawah 4K.

Dengan layar seluas ini, Apple menyasar pembeli Apple Pro Display XDR berasal dari para pekerja profesional atau seniman seperti designer, editor atau profesi lainnya yang selalu berhubungan dengan pekerjaan visual.

Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!

Apple Pro Display XDR (Extreme Dynamic Range)

Jarang Sekali Apple Memberikan nama produknya dengan tambahan singkatan, kecuali itu memang sangat penting untuk diketahui oleh calon pembeli. Seperti pada penamaan monitor Apple Pro Display XDR ini, XDR sendiri mempunyai singkatan (Extreme Dynamic Range).

XDR (Extreme Dynamic Range) disini menunjukan kemampuan monitor yang dapat menampilkan gambar /visual dengan jangkauan yang sangat tinggi dari sisi kecerahan (brightness), kontras rasio, akurasi warna, dan view angel.

Seperti pada bagian kecerahan (brightness) monitor Apple Pro Display XDR ini memiliki 1000-1600 nits. Jumlah tersebut sudah cukup membuat monitor baru ini masuk kedalam jajaran monitor dengan jumlah nits tertinggi saat ini.
Semakin tinggi jumlah nits maka akan semakin tinggi tingkat kecerahan pada layar. Tampilan di layar akan tetap terlihat jelas dan cerah walaupun berada pada kondisi yang gelap ataupun terang sekali.
akurasi warna (true color) pada monitor Apple Pro Display XDR ini juga sangat tinggi. Jika Anda seorang kreator yang sering bekerja dan berhubungan dengan kerja visual seperti editor dan designer maka Anda akan merasakan perbedaannya.

Dengan kontras rasio 1,000,000:1 tampilan pada layar akan terlihat lebih tajam jika dibandingkan dengan monitor lainnya.

Pro Stand - Stand Monitor yang Dijual Terpisah! Kok bisa?

Yup! Anda tidak salah baca, untuk produk monitor yang satu ini Apple menjual stand monitornya secara terpisah. Bahkan stand monitor ini memiliki nama sendiri yaitu Pro Stand. Kenapa bisa begitu? harganya?

Entah ini hanya strategi marketing atau memang ada alasan lain itu belum jelas. Namun dari sisi kualitas dan fungsi nya stand monitor ini memang bukan penyangga monitor biasa.

Pro Stand ini memiliki sistem penguncian magnetik dimana Anda dapat copot-pasang dengan mudah. Selain itu, stand ini membuat layar monitor dapat diputar kiri-kanan atas-bawah, juga dapat diatur ketinggiannya dengan mudah.

Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!

Harganya? Untuk harga stand monitor nya saja Apple membanderol Pro Stand ini dengan harga $999 atau setara dengan 14 juta rupiah. wow,, lumayan ya untuk harga sebuah stand monitor. Belum lagi ditambah magnetik adapter (Vesa Mount Adapter) seharga $199. berapa tuh kalau di total.!?

Harga Paket Lengkap (Apple Pro Display XDR + Pro Stand +Vesa Mount Adapter)

Berikut adalah perkiraan biaya yang harus dikeluarkan jika kita ingin membeli Apple Pro Display XDR ini secara lengkap. Ada dua type monitor yang ditawarkan oleh Apple yaitu dengan type standard glass dengan type nano-texture glass.


  • Apple Pro Display XDR (standard glass): $4999
  • Pro Stand: $999
  • Vesa Mount Adapter: $199

TOTAL: $6197 


  • Apple Pro Display XDR (nano-texture glass): $5999
  • Pro Stand: $999
  • Vesa Mount Adapter: $199

TOTAL: $7197

Jadi, jika Anda ingin membeli Apple Pro Display XDR ini secara lengkap, Anda harus menyiapkan dana sekitar 87 juta rupiah untuk type standard glass, dan sekitar 100 juta rupiah untuk layar dengan type nano-texture glass. Masih berminat?

Apple Pro Display XDR - Stand Monitor Dijual Terpisah!

Tidak cocok untuk bermain game

Jika pertanyaannya apakah monitor Apple Pro Display XDR bisa digunakan untuk bermain game? jawabannya BISA!. Tapi tidak cocok. Kenapa?

Salah satu faktor agar sebuah monitor itu cocok digunakan untuk bermain game adalah dari jumlah refresh rate nya. Monitor dengan resolusi 6K ini hanya memiliki tingkat refresh rate sebesar 60.00Hz. Sementara itu, monitor - monitor yang memang diperuntukan untuk game idealnya memiliki refresh rate sebesar 144Hz.

Maka dari itu, Apple juga tidak menyasar pasar gamer untuk memasarkan monitor ini. Apple memfokuskan penjualan monitoro Apple Pro Display XDR ini untuk para konten kreator seperti designer, editor, ataupun profesi lainnya yang bekerja lebih kepada proses visual.

Bagaimana? Tetap tertarik untuk membeli Apple Pro Display XDR ini? Apapun monitor pilihan Anda tetap disesuaikan dengan kebutuhan ya. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser! 


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!