Beranda
Apple
News
Review
iMac Pro - Spek Tinggi dengan Layar Retina 5K
iMac Pro - Spek Tinggi dengan Layar Retina 5K
iMac Pro (apple.com)
Setalah sekian lama Apple tidak mengeluarkan produk komputer terbarunya, dan akhirnya pada tahun ini apple berhasil merilis produk komputer all in one terbarunya yang diberi nama iMac Pro.

iMac Pro ini dirilis di Amerika Serikat. Tidak hanya itu bahkan produk terbaru dari Apple ini sangat ditunggu-tunggu oleh para pengguna iMac diseluruh Dunia. karena selama dua tahun kebelakang ini tidak melakukan pembaruan.

Dan yang paling mengejutkan lagi dari iMac Pro ini adalah iMac mengalami banyak perubahan dan dilengkapi dengan beberapa prosesor canggih, maka dengan itu Aplle membuatkan jargon “the most powerful mac ever”  atau bisa dikatakan sebagai Mac terkuat yang pernah dirilis Apple.

Tidak hanya itu iMac Pro ini dilengkapi dengan beberapa perangkat yang super canggih dan berikut beberapa spesifikasi yang bisa kita lihat dibawah ini, sbeagi berikut :

Spesifikkasi iMac Pro

iMac Pro - Spek Tinggi dengan Layar Retina 5KProsesor : 8 –Core intel xeon W 3,2 GHz, Turbo Boost 4,2 GHz, Cache 19 Mb.
Layar : 5 K layar retina 27 inc,
Resolusi 5120 x 2880
Kecerahan 500 nit
Warna luas P3, 10-bit dithering
Grafis : Vega 56, prosesor grafis radeon Pro vega 56,
Memori HBM2 8GB, 56 unit komputasi, 3584 prosesor straming, presisi ½ 18 teraflop.
Memori :  32 GB Memori ECC DDR4 666 MHz
Audio : Speaker Stereo, 4 microfhone, jek headphone 3,5 mm
Koneksi dan ekspansi: Headphone, Slot Kartu SD, USB, Thunderbolt, dan Ethernet.
Nirkabel : Wifi 802. 11ac, kompatibel IEE 801.11 a/b/g/n
Bluetooth 4.2
Ukuran & Berat : 25,6 inc / 65,0 cm.
System Operasi :Mac OS
100-240 V AC
50 Hz -  60 Hz
10 – 35 derajat celcius

Tidak hanya itu komputer ini juga dilengkapi dengan beberapa aplikasi diantaranta foto, iMovie, garage band, pages, numbers, keynote, safari, mail, facetime, pesan, peta, catatan, kalender, kontak, pengingat, photo, pratinjau, iTunes, iBooks, App Store, youtube dan beberapa sosial media seperti facebook, dll.

Komputer iMack Pro memiliki kelebihan  yang sangat signifikan, mau tahu apa saja kelebihan dari iMac pro dengan kumpuer lain? berikut beberapa kelebihannya. 

iMac Pro - Layar Retina 5K

iMac Pro - Spek Tinggi dengan Layar Retina 5K

Kelebihan dari iMac pro yaitu terletak pada desain, iMac pro memang sangat memperdulikan penampilan, sehingga tak hera semua produk-produknya memiliki desain-desain yang sangat menarik dan indah untuk dipandang. 

Saat ini masih jarang produsen yang menawakan layar dengan resolusi 5K, bahkan layar 4K pun masih belum merata. Namun Apple sangat berani dengan menawarkan layar resolusi tinggi yang sebenarnya penggunaannya belum bisa dimaksimalkan saat ini.

Layar iMac Pro ini diklaim sebagai layar terbaik yang dimiliki oleh Apple. Dengan kecerahan 50 nit yang tersebar merata pada 14,7 juta pixel dan juga didukung dengan satu miliar warna.

Kemudian komputer Mac pro ini mampu menjalankan sistem operasi melalui virtual machine atau bisa juga menjalankan sistem operasi secara langsung dari dalam sistem.

Kelebihan dari iMac pro yang terakhir yaitu komputer ini dilengkapi dengan beberapa acsesories yang sangat menarik diantaranya magic mousem magic keyboard, dan kabel lightning yang sengaja dibuat gelap. 

Harga & Sistem Pendingin

iMac Pro - Spek Tinggi dengan Layar Retina 5K

Apple memang terkenal dengan produk - produk dengan desain yang elegan dan minimalis, namun hal tersebut juga menimbulkan resiko. Yup! Sistem pendinginan mesin selalu menjadi masalah menahun untuk Apple.

Dengan spesifikasi yang sangat tinggi tersebut, brand lain biasanya sangat memaksimalkan sistem pendingin dan juga aliran udara yang keluar-masuk.

Apple sepertinya mempunyai filosofi yang berbeda, dengan spek tinggi tersebut Apple tetap dengan desain minimalisnya. Meskipun dengan dua buah blower dengan kapasitas udara hingga 80%. Apple tetap terlihat kurang memaksimalkan aliran udara didalam sistem.

Satu lagi kekurangan dari iMac Pro ini adalah harga. Untuk harga satu unit iMac Pro ini dibandrol mulai dari USD 4.999   atau setara dengan 66 juta rupiah. Memang cukup mahal sih, tapi apabila dilihat mulai dari spesifikasi yang ditawarkan dari iMac ini sangat masuk akal.

Demikian itulah sedikit ulasan mengenai kelebihan dan kekurangan iMac Pro yang bisa kami sampaikan kepada anda dan semoga bermanfaat.

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!