Beranda
Apple
News
Review
iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar
iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar
iPhone 11 Pro | apple.com
Akhirnya, generasi terbaru ponsel pintar produksi Apple sudah diperkenalkan, iPhone 11 Pro. Dari beberapa basic review para YouTuber dan juga rilis resmi langsung dari Apple, iPhone 11 Pro ini memiliki 2 fokus utama, yaitu kualitas kamera dan kualitas layar (screen).

3 buah kamera yang sengaja ditempatkan tidak berderet seperti smartphone - smartphone lainnya juga mencuri perhatian. Tidak hanya mencuri perhatian, namun menjadi cover atau gambar utama yang ditunjukan oleh hampir semua media, baik di website - website maupun cover video di YouTube.

Dengan diperkenalkannya iPhone 11 Pro, secara tidak langsung juga mengurangi beban dari iPhone X sebagai iPhone terbaik yang dimiliki oleh Apple. Bisa dikatakan iPhone X selalu menjadi sasaran empuk dikala produk smartphone flagship baru muncul.

Ponsel iPhone yang berbasis iOS ini selalu dijadikan perbandingan dikala ponsel flagship lain muncul dengan OS Android seperti Samsung, Google Pixel, Sony, dll. Dan sering kali ponsel iPhone menjadi bahan olok - olokan di beberapa bagian. Lalu bagaimana dengan iPhone 11 Pro ?

Gelas kaca untuk 3 kamera

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar

Seperti yang kita ketahui, iPhone 11 Pro ini dibekali dengan tiga buah kamera yang ditutup oleh satu lembar kaca yang tipis. Kenapa kaca? bukannya kaca mudah pecah ya saat terjadi benturan atau gesekan - gesekan? apalagi kacanya terlihat tipis jika dilihat sekilas.

Pertanyaan - pertanyaan diatas juga pastinya muncul ya dikalangan pengamat teknologi, bagaimana apple bisa membuat sebuah kaca menjadi layak untuk dipasang didalam sebuah smartphone dan melindungi bagian penting, yaitu kamera.

Ternyata kuncinya ada pada proses pelapisan yang mereka terapkan. Didalam keterangan websitenya Apple menyatakan bahwa satu lembar kaca yang dipasangkan diatas kamera - kamera tersebut telah mengalami beberapa proses pelapisan. 
Precision milled from a single sheet of glass
dual ion-exchange process for added strength
-Apple
Tidak disebutkan lebih detail mengenai proses tersebut, namun apple menambahkan mereka juga melakukan proses dual ion-exchange untuk menambah kekuatan pada kaca tersebut. Dengan proses tersebut apple terlihat sangat yakin akan ketahanan kaca pelindung tersebut.

Stainless Steel Frame

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar

Apple juga memilih bahan stainless steel yang dijadikan sebagai dasar pembuatan iPhone 11 Pro, yang diperkenalkan pada bulan September 2019 ini. 

Sangat beralasan jika Apple memilih material yang kokoh seperti stainless steel karena pada bagian terluar dari smartphone Apple masih tetap memilih material kaca yang terasa sangat rentan untuk tergores atau bahkan pecah.

Bagaimanapun juga Apple pastinya telah memikirkan matang - matang tentang pemilihan material atau bahan yang akan digunakan. Kalaupun memang terbukti rapuh sepertinya tidak menghalangi para penyuka produk Apple untuk tetap membeli.

iPhone 11 Pro - 3 kamera 3 fungsi berbeda

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar

3 buah kamera yang terpasang pada produk ponsel Apple yang satu ini tentunya mempunyai keunggulan yang berbeda. Seperti pada merek lain yang menggunakan 3 buah kamera, setiap kamera memiliki ukuran lensa yang berbeda seperti pada daftar dibawah ini.
  1. Wide Camera
  2. Ultra Wide Camera
  3. Telephoto Camera
Dengan 3 buah kamera diatas anda dapat merekam video kualitas 4K dengan 60 FPS (Frames per second). kualitas 4K sudah sangat cukup, bahkan lebih dari cukup untuk membuat video YouTube diatas rata - rata.

Dengan teknologi terbarunya Apple juga mengklaim bahwa iPhone 11 Pro dapat menangkap cahaya 40% lebih banyak dengan kamera telephoto. Flash 36 % lebih terang dan 6 efek lighting pada portrait mode yang dapat anda gunakan, serta optical image stabilization (OIS).

Slofie

Apple juga memberikan fitur yang tidak biasa pada kamera depan iPhone 11 Pro. Anda dapat mengambil gambar video selfie dengan efek slow motion, dan Apple menamai hal tersebut dengan Slofie (Slow motion selfie).

Fitur ini cukup kreatif ya, apalagi untuk mengambil hati para calon pembeli yang suka mengambil gambar dan video selfie. Bagaimana dengan anda, apakah anda juga suka mengambil foto atau video dengan kamera depan? 

Pro Display - Super Retina XDR

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar
Selain memamerkan kemampuan dari ketiga kamera yang ada, iPhone 11 Pro juga dibekali dengan layar OLED yang sangat jernih. Dengan kerapatan 458 pixels per inch, Apple mengklaim bahwa iPhone terbaru ini memiliki kerapatan atau pixels density terbaik yang ada pada sebuah iPhone.

iPhone 11 Pro ini memiliki tingkat kontras yang sangat tinggi sampai dengan 1.200 nits dan bisa mencapai 800 nits saat keadaan outdoor dibawah sinar matahari. Yang berarti anda tetap dapat melihat layar dengan jelas saat keadaan terang sekali, seperti dibawah terik matahari.

Dengan kontras rasio 2.000.000:1 (dua juta berbandi satu) mata anda akan dimanjakan dengan ketajaman layar dan pastinya memberikan pengalaman yang berbeda saat menonton video didalam sebuah smartphone.

Kualitas layar monitor premium

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar
Bagi anda yang mengikuti berita tentang produk - produk Apple, anda pasti sudah tahu produk monitor premium yang dijual oleh Apple, Apple Pro Display XDR. Monitor Premium yang harga stand monitor nya saja lebih dari sepuluh juta rupiah.


kode XDR sendiri merupakan singkatan dari Extreme Dynamic Range, yang menunjukan kontrasnya perbandingan warna yang dimiliki. Dengan kualitas XDR seperti ini tentunya anda akan mendapatkan pengalaman yang baru dalam melihat kualitas video atau gambar yang ditampilkan.

New User Interface

Dengan kualitas layar yang baik Apple juga sepertinya memberikan sentuhan baru pada tampilan dan menu, khususnya pada bagian pengaturan dan pengoperasian kamera. Sangat bisa dimengerti, terlebih lagi iPhone 11 Pro ini memiliki jumlah kamera yang berbeda dari pendahulunya.

Pada iPhone 11 Pro ini anda juga dapat melakukan edit video dengan mudah dan juga nyaman tentunya karena didukung dengan layar kualitas tinggi. 

Jika anda seorang vlogger atau influencer 'on the go' yang tidak memerlukan aplikasi edit video di komputer sepertinya fitur ini sangat cocok untuk anda. Dengan waktu yang dibutuhkan untuk mengedit video dari komputer, nampaknya bisa memberikan alternatif pilihan.

What else? apa lagi yang baru?

iPhone 11 Pro - Apple Fokus di Kamera dan Layar

Sebenarnya masih ada beberapa hal lagi yang sangat menarik untuk dibahas dari peluncuran iPhone 11 Pro ini. Namun Sepertinya sisi kekuatan kamera dan layar yang saat ini sangat ditonjolkan oleh Apple saat ini. 

Bagian prosesor /chip dan fitur lainnya dari smartphone Apple iPhone 11 Pro ini akan dibahas pada artikel terpisah, yang pastinya sama menariknya seperti pembahasan kamera dan layar ini. Selebihnya tidak jauh berbeda dari pendahulunya yaitu iPhone X atau iPhone 10. 

Bagaimana menurut anda? apakah menurut anda sepadan dengan harga yang ditawarkan?

Semoga tulisan mengenai produk terbaru dari Apple, iPhone 11 Pro ini bermanfaat. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!


Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!