Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Apple
News
Review
Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'
Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'
Apple Mac Pro 2019 & Pro Display XDR (tomsguide.com)
New Apple Mac Pro 2019 baru - baru ini diperkenalkan saat acara Apple WWDC (Worldwide Developers Conference) 2019 di McEnery Convention Center, California - Amerika. Bersamaan dengan pengumuman penting lainnya dari produk dan layanan Apple.

Selang beberapa waktu setelah Apple memperkenalkan produk PC terbarunya ini, berbagai reaksipun mulai bermunculan, namun yang paling banyak muncul adalah pembahasan tampilan desain yang mirip dengan pemarut keju namun dengan ukuran yang lebih besar.

Hal ini sangat masuk akal karena hampir semua orang jika melihat desain dari Apple Mac Pro 2019 ini akan langsung terbayang satu alat rumah tangga, yaitu parutan keju. Yang membuat tampilannya begitu mirip yaitu ada pada lubang - lubang ventilasi udara di bagian depan yang mirip dengan lubang yang ada di parutan keju.

Kolom komentar kanal Youtube Apple dinonaktifkan

Seperti yang kita ketahui, beberapa saat setelah diperkenalkan, Apple Mac Pro 2019 sudah menuai berbagai macam komentar, mulai dari terkagum - kagum sampai kritikan - kritikan tajam. Bagian desain nampaknya sangat menarik perhatian pada produk Apple yang satu ini.

Para netijen yang budiman langsung menyamakan desain Apple Mac Pro 2019 tersebut dengan bentuk pemarut keju. 

Yang paling mewakili 'pemarut keju' pada Apple Mac Pro 2019 ini adalah pada bagian lubang ventilasi di bagian depan PC. Lubang - lubang tersebut terlihat cukup besar - besar dan jika dibandingkan dengan rasio ukuran PC, tampak mirip sekali dengan parutan keju.

Komentar - komentar tersebut juga Apple dapatkan di kanal Youtube perusahaan. Khususnya pada video perkenalan Apple Mac Pro ini dengan Judul "Introducing the new Mac Pro and Pro Display XDR — Apple".

Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'

Pihak Apple pun langsung bereaksi, memilih untuk tidak membalas komentar - komentar tersebut, pihak Apple mengambil tindakan lain, yaitu menonaktifkan kolom komentar yang ada pada halaman video Youtube tersebut.

Sampai saat artikel ini diketik, kolom komentar tersebut masih terlihat dinonaktifkan.

Kapasitas RAM setara kapasitas penyimpanan

Dibalik desainnya yang menjadi bahan perbincangan, ternyata pada bagian spesifikasi Apple Mac Pro 2019 serius memberikan performa yang maksimal. Salah satunya terlihat pada kapasitas RAM yang sangat "GILA..!!" 1,5 TB atau setara dengan 1.300 GB.

Yup! Jumlah 1,5 TB (Terabytes) biasanya kita dapatkan di kapasitas penyimpanan HDD ataupun SSD. Namun di Apple Mac Pro 2019 ini kita akan menemukan angka tersebut di kapasitas RAM. Yup! Kapasitas RAM 1,5 TB di PC ini bisa setara kapasitas penyimpanan.

Jika dibandingkan dengan versi sebelumnya, jumlah ini sangat berbeda jauh dimana pada versi Mac Pro pertama hanya memiliki 4 slot RAM dan hnaya dapat memberikan kapasitas RAM up to 64 GB. Berbeda jauh dengan Apple Mac Pro 2019.

Hal ini dapat diwujudkan berkat arsitektur motherboard yang memiliki 12 slot RAM yang jika dimaksimalkan dapat menampung RAM up to 1,5 TB 2933 MHz ECC dengan Memori 6 channel (12 slot).

Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'

Dengan kapasitas RAM sebesar itu Anda Dapat membuka banyak program atau aplikasi berat dan mengoperasikannya dalam waktu yang bersamaan. Jika Anda kreator yang sangat mementingkan multitasking, maka kapasitas RAM akan sangat membantu.

Prosesor up to 28 Cores

Apple Mac Pro 2019 ini dirancang agar pengguna dapat memilih spesifikasi sesuai kebutuhan, termasuk untuk pemilihan spesifikasi prosesor. Terdapat 5 pilihan prosesor yang disediakan oleh Apple yang dapat dibenamkan di PC ini. 

Harga didasarkan pada jumlah inti (core), chache, dll seperti pada daftar berikut ini:
  • 8-core, 16 threads, 3.5GHz, 4.0GHz TB, 24.5MB cache, $5,999
  • 12-core, 24 threads, 3.3GHz, 4.4GHz TB, 31.25MB cache, harga belum dikonfirmasi
  • 16-core, 32 threads, 3.2GHz, 4.4GHz TB, 38MB cache, harga belum dikonfirmasi
  • 24-core, 48 threads, 2.7GHz, 4.4GHz TB, 57MB cache, harga belum dikonfirmasi
  • 28-core, 56 threads, 2.5GHz, 4.4GHz TB, 66.5MB cache, harga belum dikonfirmasi

Untuk menentukan pilihan prosesor mana yang Anda butuhkan kami sarankan untuk melihat terlebih dahulu prosesor PC atau komputer yang Anda gunakan sebelumnya. 

4 Buah Kartu Grafis /GPU

Walaupun tidak menggunakan kartu grafis dari NVIDIA dengan RTX, Apple Mac Pro 2019 tetap sangar. Dengan kapasitas (up to) 4 Buah Kartu Grafis Radeon Pro Vega II nampaknya akan tetap dapat bersaing dengan kartu grafis top lainnya.

Apple Mac Pro 2019 - Desain 'Dihina' Performa 'Dipuja'

Dengan 8 slot PCI-Express Apple Mac Pro 2019 ini sangat terbuka untuk di kostumisasi sesuai kebutuhan. Berdasarkan jumlah slot tersebut nampaknya masuk akal jika PC ini dapat menampung sampai 4 buah kartu grafis dalam satu mesin (motherboard).

Dengan slot PCI-E yang tersisa kita masih dapat menambahkan perangkat lainnya seperti ethernet card dengan kecepatan 10 Gbps atau sound card agar produksi suara lebih baik lagi. Semua kostumisasi sesuai kebutuhan.

Harga Apple Mac Pro 2019 untuk para Profesional (Mahal)

Kebayang kan PC dengan istilah spek /Spesifikasi dewa atau sultan seperti apa?. Nah, untuk yang satu ini, Apple tetap memberikan kita pilihan untuk membuat spek dewa tersebut lebih 'garang' lagi sesuai keinginan kita dengan limitasi yang cukup luas.

Walaupun Apple memberikan ruang yang cukup luas untuk kostumisasi dan upgrade spesifikasi, hal ini pastinya berpengaruh kepada biaya yang harus Anda keluarkan. 

Oleh karena itu, dari awal Apple telah memberitahu bahwa Apple Mac Pro 2019 ini diperuntukan kepada para kreator di Industri kreatif seperti editor, animator atau profesi sejenis lainnya yang sangat bergantung kepada aplikasi yang ada di PC.

Maka dari itu, dari harga yang ditawarkan sudah bisa kita lihat target pasarnya. 

Untuk spesifikasi terendah saja Anda harus mengeluarkan uang setidaknya $5999 atau setara dengan 80 juta rupiah. Dan untuk spesifikasi tertinggi atau maksimal Anda harus siap - siap mengeluarkan uang setidaknya $34000 atau setara dengan 480 juta rupiah.

Bagaimana? Tertarik dengan penawaran dari Apple ini? siapkan dulu dana nya ya..


Artikel Menarik Lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!