Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP

Rindi Putra Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Tips 'n Trick
Tutorial
Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP
Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP

Berikut ini adalah cara nonton film dengan subtitle agar subtitle atau text translate bahasa Indonesia muncul saat memutar video atau film di HP atau smartphone. Dengan cara ini juga kita dapat memutar video mengatur agar subtitle atau translate dapat muncul otomatis.

Menonton video atau film di laptop ataupun PC di rumah sudah biasa dan mungkin sering, tapi bagaimana apabila kita ingin menontonnya di hp kita sendiri? Apalagi kalau sedang meneruskan film holywood yang selalu menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa utama film nya.

Walaupun kita sedikit - sedikit mengerti bahasan inggris tetapi untuk menonton film kadang kita perlu sedikit bantuan dari subtitle karena terkadang kunci dari cerita film tersebut berada pada percakapan - percakapan yang mungkin belum kita ketahui artinya. Maka dari itu kita kadang perlu nonton film dengan subtitle.

Sayangnya program atau pemutar musik bawaan smartphone, apalagi smartphone android, belum mendukung fitur penambahan subtitle. walaupun namanya telah di sesuaikan atau dimasukan kedalam folder yang sama tetap tidak akan ditampilkan karena memang pemutar video tersebut tidak dipersiapkan untuk itu. Lalu bagaimana solusinya?

Cara Menonton film dengan Subtitle atau Text Translate di HP

Agar kita tetap dapat nonton film dengan subtitle atau translate di video yang kita putar di HP atau smartphone, kita harus memiliki pemutar video yang lain. tapi tenang saja, aplikasi atau pemutar video yang akan kita gunakan tetap free (gratis).

  1. Siapkan file video atau film yang akan diputar kemudian beserta subtitle-nya (sama seperti subtitle yang digunakan di PC /laptop biasanya bertipe file .srt)
  2. Masukan file video dan file subtitle kedalam satu folder yang sama
  3. Ganti nama (rename) file subtitle sehingga sama persis dengan nama file video. misalnya file video bernama "Batman Season01 Episode02.mp4" dan file subtitle masih bernama "batmanS1E2.srt", anda harus merubah nama file subtitle menjadi "Batman Season01 Episode02.srt" persis seperti nama video kecuali bagian filetype (.mp4 .srt .mkv .dll)Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP
  4. Pindahkan folder yang berisi video dan subtitle diatas kedalam memori HP (simpan di memory internal atau external sama saja). Bisa juga disimpan di flashdisk OTG.
  5. Download dan install aplikasi "MX Player" dari Playstore (sebenarnya banyak aplikasi yang serupa seperti VLC for Android, namun baru aplikasi MX Player yang sempat kami coba).Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP
  6. Buka aplikasi MX Player tersebut.
  7. Cari dan pilih video yang telah disiapkan, kemudian Putar (Play)
  8. Subtitle akan otomatis muncul karenan kita telah atur untuk dideteksi secara otomatis oleh aplikasi. Selesai!

Jika kita telah merubah nama dari file subtitle yang ada dan disamakan dengan nama file video nya didalam satu folder yang sama, maka subtitle seharusnya terbaca oleh sistem di aplikasi dan muncul secara otomatis. namun bagaimana apabila tidak muncul??

Terkadang subtitle tidak pas dengan video yang diputar. Masalah ini bisa diatasi dengan mengatur speed atau kecepatan dari munculnya subtitle tersebut secara manual pada bagian Menu >Subtitles >Speed dari aplikasi MX Player.
Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP

Kenapa Subtitle tetap tidak muncul saat video telah di play??

  • Nama file video dan file subtitle tidak sama. harus sama persis berikut spasi, tanda, angka, dll. kecuali extensi (.mp4, .srt, .mkv, dll). solusinya bisa dicoba dengan cara memilih subtitle secara manual dari aplikasi. Pada saat video sedang diputar klik bagian Menu >Subtitles >Open >Pilih file subtitle yang telah disiapkan.Cara Nonton Film dengan Subtitle atau Text Translate di HP
  • Timing subtitle dan video tidak cocok atau beda versi, misalnya subtitle versi HDCAM dipakai untuk BlueRay, atau versi lainnya secara acak. solusinya bisa dengan cara mempercepat (atau memperlambat) dari bagian Menu >Subtitles >Speed.
  • Sistem di smartphone tidak mendukung. solusinya bisa dengan melakukan update software /OS terlebih dahulu.
  • Lain - lain. faktor lain yang mungkin jarang dialami oleh sebagian besar pengguna.

Semoga tutorial atau cara untuk menonton video dengan subtitle di HP atau smartphone ini dapat membantu teman - teman. apabila ada pertanyaan atau langkah yang kurang jelas silahkan ditanyakan pada kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!


Artikel menarik lainnya dari rinditech.com:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 8 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Instagram: @rindiputra :)

TIPS BERKOMENTAR:
Klik/Ceklis kotak putih kecil pada bagian "Notify me" atau "Beri tahu saya" agar mendapatkan notifikasi apabila komentar atau pertanyaan kamu telah mendapat balasan!