Cara Memunculkan Aurora Borealis di ETS2 - Cahaya Kutub Utara

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Memunculkan Aurora Borealis di ETS2 - Cahaya Kutub Utara

Cara Memunculkan Aurora Borealis di ETS2 - Cahaya Kutub Utara

Bawa truk di malam hari kini lebih menarik karena Anda dapat ditemani oleh cahaya indah Aurora Borealis, cahaya dari kutub utara. Dengan update terbaru (1.49) di game Euro Truck Simulator 2, kini pemain dapat memunculkan aurora borealis dimana saja, tanpa harus ke kota yang berada di wilayah utara eropa di game.

Perlu diingat, cahaya aurora di game ETS2 ini hanya bisa dimunculkan saat malam hari atau saat langit gelap mulai dari jam 9 PM (malam) sampai 5 AM (pagi). Dari informasi yang saya dapatkan, Anda bisa memunculkan aurora mulai jam sembilan malam (9 PM), hingga jam lima pagi (5 AM). Diluar dari waktu itu, pancaran sinar aurora tidak akan muncul.

Pertama kali melihat Aurora Borealis, saya sangat takjub dengan keindahannya. Kini setiap dapat jadwal pengantaran di malam hari, saya bisa dengan mudah memunculkan cahaya indah dari aurora borealis di bagian utara langit, dimanapun saya berada didalam game.

Cara Memunculkan Aurora Borealis di ETS2 - Cahaya Kutub Utara

  1. Pastikan di dalam game sudah masuk jam sembilan malam (9 PM /21:00) atau sebelum jam lima pagi (5 AM /05:00). Untuk mempercepat waktu silahkan lihat tips dan tutorial dibawah.
  2. Klik tombol Tilde (~) yang berlokasi disamping angka 1 di keyboard, dibawah tombol Esc. Jika berhasil kotak perintah khusus developer ETS2 akan muncul. Jika tidak muncul, berarti Anda harus mengaktifkan mode developer terlebih dahulu, tutorialnya ada di bagian bawah artikel.
  3. Silahkan ketik "g_spawn_aurora" 

    Cara Memunculkan Aurora Borealis di ETS2 - Cahaya Kutub Utara

  4. kemudian klik tombol "Enter".
  5. Jika tidak muncul tulisan error, silahkan klik lagi tombol Tilde (~) untuk menghilangkan kotak perintah mode developer.
  6. Jika berhasil, cahaya aurora borealis akan muncul di salah satu bagian langit. Silahkan lihat ke seluruh arah langit untuk memastikan.

Cara mengaktifkan mode developer untuk game ETS2

  • Buka windows explorer (Win+E)
  • Buka folder "Documents \ Euro Truck Simulator 2"
  • Cari dan buka file bernama "config.cfg" dengan notepad
  • Dalam file config silahkan cari tulisan bernama uset g_developer "0". Disamping tulisan tersebut ada angka nol (0), silahkan rubah angka nol menjadi satu, jadi seperti ini: uset g_developer "1".
  • Selanjutnya cari tulisan bernama uset g_console "0". Silahkan rubah angka nol menjadi angka satu, jadi seperti ini: uset g_console "1"
  • Simpan perubahan dengan klik Ctrl + S kemudian Tutup file.
  • Selesai. Silahkan restart game dan coba tekan tombol tilde (~) untuk membuka kotak perintah developer mode.

Mempercepat waktu di game

Cara pertama, silahkan ambil waktu istirahat waktu istirahat /rest didalam game. Silahkan masuk ke garasi milik Anda, rest area, atau dealer truk, kemudian pilih mode istirahat (sleep/rest). Jika Anda bangun terlalu cepat atau waktu malam terlewat, silahkan pilih istirahat lagi sampai anda bangun antara jam sembilan malam dan jam lima pagi.

Cara kedua, jika anda mengerti, Anda bisa percepat waktu didalam game secara manual melalui kolom developer dengan kode "g_set_time 23" (23 = jam sebelas malam). Pastikan Anda sudah mengaktifkan mode developer seperti yang telah saya tulis diatas.

Semoga tulisan mengenai cara memunculkan aurora borealis di game euro truck simulator 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak dan selamat bermain game ditemani cahaya kutub utara yang indah!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!