Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2 dan Manfaatnya

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2 dan Manfaatnya

Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2 dan Manfaatnya

Berikut ini adalah cara mengaktifkan mode developer di game Euro Truck Simulator 2 atau biasa disingkat ETS2. Menggunakan mode developer saat bermain game ETS2 sangat banyak keuntungannya, Anda bisa mempercepat waktu, berpindah tempat, sampai memunculkan sinar indah Aurora Borealis di langit utara.

Developer mode memungkinkan pemain untuk mengakses command box yang bisa digunakan untuk merubah beberapa kondisi didalam game. Dengan menekan kunci tilde (`) didalam game, maka command box akan muncul dan pemain bisa memberikan beberapa perintah untuk game secara langsung didalam command box tersebut.

Beberapa fitur yang saya sering gunakan di fitur developer mode adalah melakukan teleportasi berpindah kota atau tempat secara instan, mempercepat waktu, merubah cuaca hujan ke cerah atau sebaliknya, mengurangi atau menambahkan arus lalu - lintas, dan lain - lain.

Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2

Sebelum ke langkah pertama, pastikan game ETS2 sedang tidak dimainkan (exit game). 

  1. Buka windows explorer (Win+E)
  2. Buka folder "Documents"
  3. Didalam folder Documents silahkan cari dan buka folder "Euro Truck Simulator 2"
  4. Cari kemudian buka file bernama "config.cfg" dengan aplikasi notepad. Untuk jaga - jaga, sebelum dibuka silahkan backup file ini di folder lain yang aman. 
  5. Dalam file config silahkan cari tulisan bernama uset g_developer "0". Silahkan rubah angka nol menjadi satu, jadi seperti ini: uset g_developer "1"
  6. Selanjutnya cari tulisan bernama uset g_console "0". Sama seperti diatas, rubah angka nol menjadi angka satu, jadi seperti ini: uset g_console "1"

    Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2 dan Manfaatnya

  7. Simpan perubahan pada file dengan klik tombol "File" kemudian pilih "Save" atau tekan tombol "Ctrl + S" di keyboard. Jika sudah di save silahkan tutup file (close).
  8. Selesai. Silahkan restart game dan mainkan lagi seperti biasa dan coba tekan tombol tilde (`) untuk membuka kotak perintah developer mode didalam game. Jika tidak ada masalah, maka command box khusus developer akan muncul.

Daftar kode yang bisa digunakan setelah developer mode aktif

Dibawah ini adalah beberapa kode yang sering saya gunakan saat bermain ETS2 dengan bantuan command box setelah mode developer aktif. Untuk daftar lengkapnya silahkan cari dulu sendiri ya di Google atau di YouTube.

  • goto namakota (berpindah tempat secara instan (teleportasi): petunjuk lengkap silahkan baca disini)
  • g_set_time XX (mempercepat waktu. XX = 01 - 24)
  • g_set_weather 0/1 (merubah cuaca 0 = cerah 1 = hujan)
  • g_set_traffic 1-10 (merubah kepadatan arus lalu - lintas. 1 = paling sepi, 10 = paling ramai)
  • g_set_skybox 1-3 (merubah tampilan awan/langit)
  • dll.

Manfaat Mengaktifkan Mode Developer di ETS2

  • Akses ke console commands. Tujuan utama pemain, seperti Saya, mengaktifkan mode developer adalah agar bisa memberikan perintah langsung kepada game untuk merubah atau mengatur sesuatu yang ada di game seperti mempercepat waktu, berpindah tempat secara instan, merubah kepadatan lalu lintas, merubah cuaca, dll.
  • Modding. Beberapa mod atau konten dari pihak ketiga seperti mod bus, mod graphics, dll membutuhkan akses mode developer agar tidak ada masalah saat dimainkan.
  • Multi-monitor support. Untuk menggunakan lebih dari 1 monitor Anda harus memiliki akses ke mode developer karena pengaturan dan penyesuaian multi monitor harus dari console commands.
  • Camera control. Beberapa tampilan kamera atau gambar juta bisa diatur dari command box di mode developer. Salah satu contohnya adalah merubah jarak pandang spion yang ada di truk.
  • Debugging and testing. Dengan mode developer Anda bisa melakukan monitoring terhadap data yang berjalan secara real-time. Dengan begitu Anda bisa melakukan pengujian untuk memperbaiki sistem yang sedang digunakan.

Beberapa masalah dan solusinya

File config.cfg tidak bisa ditemukan. Pastikan Anda mencari di folder yang benar "Documents/Euro Truck Simulator 2". Jika masih tidak bisa ditemukan, pastikan Anda tidak sedang membuka game ETS2, bila perlu restart PC terlebih dahulu.

Command box tidak muncul saat kunci tilde (`) ditekan. Pastikan Anda telah merubah angka nol "0" di pengaturan "uset g_developer" dan "uset g_console" seperti yang telah ditulis diatas. Bila perlu buka kembali file config.cfg yang telah dirubah diatas, pastikan kedua pengaturan ini telah dirubah.

Beberapa kode/instruksi tidak bekerja saat dimasukan ke command box. Pastikan Anda menggunakan game ETS2 dengan update terbaru, beberapa fitur dan kode hanya bisa digunakan di update game terbaru.

Semoga tulisan mengenai cara mengaktifkan mode developer di game ETS2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!