Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Membuka Jendela dan Pintu di ETS2 (Truk dan Bus)

Cara Membuka Jendela dan Pintu di ETS2 (Truk dan Bus)

Berikut ini adalah cara membuka dan menutup jendela truk kanan - kiri dan juga membuka - tutup pintu bus atau kendaraan lainnya di game ETS2 (Euro Truck Simulator 2). Cara ini saya praktekan di game ETS2 versi 1.48 dan langsung berhasil. Cara ini bisa dipraktekan mulai dari versi 1.37 (atau lebih baru).

Menggunakan fitur buka tutup jendela atau pintu menambah rasa imersif saat bermain game. Saya pribadi sering menggunakan ini saat akan menyambungkan truk dengan trailer atau kargo dan juga saat melewati bundaran atau perempatan. Semuanya terasa lebih memuaskan saat menggunakan fitur ini.

Selain untuk truk yang memang bawaan dari game, fitur ini juga bisa digunakan untuk bus atau kendaraan lain yang dibuat oleh pengembang pihak ketiga. Syaratnya, pihak pengembang sendiri harus membuat mod tersebut bisa membuka pintu dengan tombol untuk membuka jendela.

Jadi, pastikan mod bus atau kendaraan yang Anda gunakan telah dilengkapi fitur buka - tutup pintu.

Cara Membuka Jendela dan Pintu di ETS2 (Truk dan Bus)

Cara ini hanya bisa digunakan di game Euro Truck Simulator minimal versi 1.37 atau terbaru. Jika Anda menggunakan versi dibawah itu, berarti Anda harus melakukan update game terlebih dahulu. Sampai saat ini (versi 1.49)  fitur buka - tutup jendela atau pintu masih bisa digunakan dan sepertinya akan terus ada.

Langkah 1: Buka halaman pengaturan "Key and Buttons"

  1. Jalankan game ETS2
  2. Buka salah satu profil atau buat profil baru untuk percobaan
  3. Pada halaman utama silahkan buka bagian "Settings" kemudian pilih menu "Key and Buttons"

    Cara Membuka Jendela dan Pintu di ETS2 (Truk dan Bus)

Langkah 2: Atur tombol buka-tutup jendela (dan pintu)

Pada halaman "Key and Buttons" silahkan cari pengaturan jendela seperti dibawah ini:

  • Open Right Window
  • Close Right Window
  • Open Left Window
  • Close Left Window

Jika sudah menemukannya, silahkan daftarkan atau assign tombol yang ingin anda gunakan untuk keempat fungsi diatas di kolom "Primary" atau "Secondary". Sebagai referensi Saya gunakan tombol - tombol ini untuk mengatur empat fungsi diatas. Anda bisa menggunakan tombol lain sesuai yang Anda inginkan.

Function Button
Open Right Window Num 2
Close Right Window Num 5
Open Left Window Num 1
Close Left Window Num 4

Cara Membuka Jendela dan Pintu di ETS2 (Truk dan Bus)

Dimana pengaturan untuk buka-tutup pintu? Pengaturan untuk buka-tutup pintu sama dengan pengaturan untuk buka-tutup jendela. Jadi buka jendela sama dengan buka pintu, tutup jendela sama dengan tutup pintu.

Umumnya, pengaturan untuk pintu bus atau kendaraan lain selain truk yang ada di game ETS2 diambil dari pengaturan jendela karena kendaraan - kendaraan tersebut bukan asli bawaan game, melainkan dari pengembang pihak ketiga. Jadi, jika bisa buka pintu berarti tidak akan bisa buka jendela, begitupun sebaliknya.

Langkah 3: Lakukan uji coba

Jika sudah mengatur tombol - tombol diatas, silahkan langsung coba di kendaraan yang Anda inginkan. Jika Anda menggunakan truk, berarti tombol diatas untuk membuka - tutup jendela. Jika Anda menggunakan Bus, maka tombol diatas untuk membuka-tutup pintu bus (atau kendaraan lainnya)

Pintu bus tidak terbuka?

Perlu diperhatikan, tidak semua kendaraan yang ada di game ETS2 bisa dibuka pintu nya, khususnya kendaraan mod atau kendaraan yang berasal dari pihak ketiga, termasuk bus yang Anda sering gunakan di game. Karena sebenarnya game ETS2 tidak menyediakan kendaraan bus untuk dikendarai, bus yang ada di game hanya untuk kebutuhan traffic (kendaraan lalu - lalang pelengkap perjalanan saat anda membawa truk).

Tidak semua developer atau pihak yang membuat mod bus menambahkan fitur buka-tutup pintu. Ada developer atau pembuat mod bus yang detail (termasuk buka-tutup pintu) ada juga developer yang tidak menggunakan fitur ini.

Jadi sebelumnya, silahkan periksa dulu fitur apa saja yang akan kalian dapatkan dari mod bus tersebut, pastikan ada fitur bisa buka - tutup pintu atau jendela.

Semoga tulisan mengenai cara membuka jendela tau pintu di game ETS2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!