Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Menggunakan Voice Navigation di ETS2
Cara Menggunakan Voice Navigation di ETS2

Berikut ini adalah cara menggunakan voice navigation di Euro Truck Simulator 2. Dengan cara ini kita dapat menggunakan fitur suara di peta atau pemandu jalan. Seperti menggunakan Google Map kita akan mendapatkan petunjuk arah melalui audio untuk mencapai tujuan di game ETS2.

Cara menggunakan atau mengaktifkan fitur voice navigation di ETS2 ini sangat mudah. Kita hanya perlu mengaktifkan fitur ini lewat halaman settings, tepatnya bagian audio. Di dalam halaman settings terdapat pengaturan voice navigation dan jika telah diaktifkan akan otomatis memandu kita dalam bentuk suara/audio.

Sekarang anda tidak perlu lagi pasang mod atau plugin tambahan karena fitur ini sudah tersedia didalam game. Jika anda tidak menemukan pengaturan ini, silahkan periksa versi game ETS 2 yang anda gunakan, pastikan anda menggunakan game dengan versi terbaru. Pada contoh ini saya gunakan game Euro Truck Simulator 2 versi 1.46.

Cara Menggunakan Voice Navigation di ETS2

  1. Buka game ETS2 seperti biasa
  2. Klik tombol Esc untuk membuka menu utama
  3. Pilih menu "Options"
  4. Selanjutnya buka menu "Audio"
  5. Pada menu Audio silahkan cari pengaturan Voice Navigation volume. Silahkan geser ke kanan untuk meningkatkan volume suara dari voice navigation. Jika nanti dirasa terlalu kencang bisa dikurangi dengan geser ke kiri. Untuk awalan saya sarankan untuk geser full ke kanan.
  6. Selanjutnya silahkan scroll ke bawah lagi dan cari pengaturan VOICE NAVIGATION. 
  7. Pada pengaturan voice navigation ini silahkan aktifkan atau centang box pilihan "Enable Voice Navigation"
  8. Selanjutnya silahkan pilih jenis suara dan bahasa di pengaturan Language and voice. Karena belum ada bahasa Indonesia, jadi silahkan pilih bahasa inggris atau bahasa negara lainnya yang anda bisa mengerti. Untuk mendengar contoh suaranya silahkan klik tulisan "Preview".
  9. Pada pengaturan "Speed Warning", jika anda ingin mendapatkan peringatan batas kecepatan dengan mode suara (secara default peringatan menggunakan bunyi alarm), silahkan pilih "Voice".
  10. Selesai. fitur Voice Navigations akan otomatis aktif saat kita sedang mengantar barang atau saat kita memasukan tujuan di peta.

Menu Voice Navigation Volume tidak ada?

Jika pengaturan volume untuk voice navigation tidak ada, silahkan scroll ke bawah pastikan menu voice navigation sudah aktif atau diberi centang. Jika sudah diaktifkan silahkan kembali ke atas ke pengaturan voice navigation volume.

Jika menu voice navigation juga tidak ada, silahkan periksa lagi versi game Euro Truck Simulator 2 anda. Pastikan anda menggunakan versi game ETS2 terbaru, atau setidaknya seperti versi yang saya gunakan ini yaitu Euro Truck Simulator 2 versi 1.46

Test Pengaturan Voice Navigation

Jika anda sedang tidak dalam sebuah misi pengantaran, untuk mengetest voice navigation ini bekerja atau tidak, anda bisa ikuti langkah - langkah dibawah ini.

  1. Buka halaman peta (tombol M di keyboard)
  2. Silahkan klik satu tempat / lokasi tujuan di dalam peta hingga muncul jalur navigasi (jalur warna merah).
  3. Keluar dari halaman peta (tombol M di keyboard)
  4. Selesai. Jika berhasil akan keluar audio/suara "Let's go..." yang menandakan bahwa fitur navigasi suara aktif dan siap memandu perjalanan hingga titik tujuan.

Belum bisa update game?

Jika anda belum bisa update game ETS2 ke versi terbaru dan ingin sekali menggunakan fitur voice navigation ini, silahkan gunakan mod voice navigation. Ada banyak tutorial atau mod tentang voice navigation, silahkan di google saja atau cari di YouTube cara menggunakan mod Voice navigation di game ETS 2.

Jika menggunakan mod tentunya anda harus melakukan beberapa langkah ekstra seperti install mod, pasang mod di game, dll. Namun hal itu tidak akan menjadi halaman jika anda benar - benar ingin merasakan fitur voice navigation seperti ini.

Semoga tutorial cara mengaktifkan atau menggunakan voice navigation di game Euro Truck Simulator 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!