Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Membuat Cuaca Bersalju di Euro Truck Simulator 2
Cara Membuat Cuaca Bersalju di ETS2

Berikut ini adalah cara membuat cuaca bersalju di Euro Truck Simulator 2. Dengan cara ini kita bisa menggunakan musim salju lengkap dengan hujan salju di game ETS2. Lalu bagaimana cara agar musim salju ada di game ETS 2? Silahkan simak tutorial dibawah ini dengan seksama.

Cara membuat cuaca bersalju atau musim salju di game ETS2 sangat mudah. Pertama kita harus download mod musim salju bernama frosty winter, selanjutnya kita simpan file mod di dalam folder mod Euro Truck Simulator 2 kemudian kita aktifkan mod melalui mod manager. Jika berhasil maka cuaca akan otomatis berubah menjadi seperti sedang musim salju.

Mod musim salju ini gratis dan bisa dipakai kapan saja selama mod masih aktif dan selama mod tetap kompatible dengan versi game ETS 2 yang sedang digunakan. Pengembang mod sepertinya juga selalu aktif jika ada update atau pembaruan di dalam game jadi jangan khawatir jika game melakukan update, mod nya akan di update juga.

Mod ini bisa dipasang di game ETS2 minimal versi 1.46 atau terbaru. Di dalam tutorial ini saya menggunakan versi 1.46. Di website mod juga tersedia untuk game ETS2 versi terbaru seperti versi 1.49.

Baca juga: Cara Menggunakan Voice Navigation di ETS2

Cara Membuat Cuaca Bersalju di ETS2

  1. Pertama silahkan download mod Frosty Winter di halaman berikut ini: https://grimesmods.wordpress.com/2017/05/18/frosty-winter-weather-mod/ . Didalam halaman ini terdapat mod inti dan beberapa add-ons, saya sarankan anda download juga semua add-on yang ada agar tema musim salju nya lebih realistis.
  2. Jika semua file selesai di download, silahkan simpan semua file tersebut di dalam folder berikut ini: "C:........\Documents\Euro Truck Simulator 2\mod"
  3. Selanjutnya buka/jalankan game ETS 2
  4. Pada halaman utama silahkan buka menu Mod Manager
  5. Di halaman mod manager silahkan masukan atau aktifkan mod Frosty winter kemudian letakan paling atas (di atas mod lainnya). 
  6. Jika anda ingin menambahkan add-on untuk frosty winter ini, silahkan simpan semua add-on diatas mod utama Frostry winter. Jika diurutkan kira - kira seperti ini.
    • Frosty Clean Roads (diatas Frosty)
    • Frosty Heavy Winter (diatas Frosty)
    • Frosty Physics (diatas Frosty)
    • Frosty Wheel (diatas Frosty)
    • Frosty (diatas mod lainnya)
  7. Jika sudah selesai mengatur urutan mod silahkan klik tombol Confirm Changes.
  8. Selesai. Anda bisa langsung membuka profile game anda di ETS2 dan langsung klik tombol "Drive" untuk melihat apakah mod sudah aktif atau belum.

Kondisi lingkungan atau cuaca akan terus berada dalam kondisi musim salju selama mod masih aktif. Jika ingin menghilangkan suasana musim salju silahkan nonaktifkan mod dan add-on dari halaman mod manager seperti acara diatas. 

Baca juga: 10 Mod Rekomendasi Saya untuk Euro Truck Simulator 2 tahun 2023

Cara Agar Selalu turun salju

Mungkin saat anda mengemudi kondisi memang seperti musim salju, tetapi salju tidak pernah turun. Kemungkinan besar pengaturan intensitas hujan sangat rendah, jadi cuaca cerah (tidak turun salju) akan terus mendominasi. Jika anda ingin cuaca terus turun salju, silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini

  1. Pada halaman profil silahkan buka menu Options
  2. Silahkan lanjut buka pengaturan Gameplay
  3. Scroll ke bawah hingga anda menemukan pengaturan Rain probability. Silahkan geser tombol atau slider pengaturan ini ke arah kanan (maksimal) agar selalu turun salju. Jika ingin cuaca dinamis atau berubah - ubah silahkan simpan tombol/slider di tengah. Jika ingin lebih sering hujan salju silahkan geser lebih ke kanan, dan sebaliknya. 
  4. Silahkan tutup halaman pengaturan dan kembali kemudikan (Drive) truk seperti biasa. 
  5. Tunggu beberapa saat dan dalam waktu yang singkat cuaca akan berubah menjadi hujan lebat atau turun salju (jika sedang menggunakan mod Frosty Winter)

Baca juga: Cara Agar Truk Mendapatkan Pengawalan Polisi di ETS2

Ingin kembali ke cuaca normal (tanpa musim salju)?

Jika anda bosan dengan musim salju atau ingin merasakan kembali cuaca normal seperti sebelumnya, silahkan nonaktifkan atau hilangkan mod Forsty winter dan semua add-on nya dari daftar mod di mod manager seperti cara diatas. Jangan lupa untuk menekan tombol Confirm Changes agar semua perubahan tersimpan dan diperbarui.

Semoga tutorial cara membuat cuaca bersalju di ETS 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar Euro Truck Simulator 2 atau game lainnya silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!