Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Setting Shifter Logitech menjadi 12 Speed di ETS 2
Setting Shifter Logitech menjadi 12 Speed di ETS 2

Berikut ini adalah cara setting shifter Logitech menjadi 12 Speed di ETS2 (Euro Truck Simulator 2). Dengan cara ini kita bisa merubah shifter yang hanya punya 6 transmisi / gigi menjadi 12 atau bahkan lebih. Cara ini bisa diterapkan untuk shifter Logitech G29, G920, G27.

Jika anda pernah melihat atau bahkan memainkan game ETS 2 pastinya sudah tahu bahwa transmisi di mobil truk bisa sampai belasan, antara 12 - 14 percepatan. Sedangkan di shifter Logitech hanya ada 6 arah + 1 untuk gigi mundur. Lalu bagaimana agar bisa melakukan 12 speed hanya dengan 6 tombol yang tersedia?

Sebenarnya cara ini juga bisa diterapkan untuk shifter Thrustmaster yang juga memiliki keterbatasan transmisi. Shifter thrustmaster mungkin memiliki lebih banyak transmisi (8 titik tombol), namun tetap terbatas, tidak sampai belasan. Maka dari itu, cara ini juga bisa digunakan oleh anda pengguna shifter dari brand Thrustmaster.

Setting Shifter Logitech Menjadi 12 Speed di ETS 2

  1. Pastikan steering wheel dan shifter logitech telah terdeteksi di game ETS2
  2. Selanjutnya silahkan buka bagian Pengaturan kemudian pilih >Options lanjut buka bagian >Controls
  3. Pada bagian controls ini pastikan untuk memilih "Keyboard + Logitech (atau Thrustmaster) Driving Wheel"Setting Shifter Logitech menjadi 12 Speed di ETS 2
  4. Lalu pada bagian transmission pastikan untuk memilih "H-Shifter"
  5. Pada bagian H-Shifter layout (setup) pastikan untuk memilih type "Range"
  6. Silahkan atur tombol Shifter 1 - 6 dan tombol Reverse (mundur) seperti biasanya.
  7. Pada bagian "Shifter toggle 1" dan "Shifter toggle 2" silahkan masukan tombol (bebas) yang ada di steering wheel yang tidak anda gunakan. Sebagai contoh, saya gunakan tombol "L3 (Joy Button 11)" dan "R3 (Joy Button 10)".Setting Shifter Logitech menjadi 12 Speed di ETS 2
  8. Selesai. Untuk pengaturan tombol - tombol telah selesai. Untuk pengaplikasiannya silahkan ikuti langkah dibawah ini.

Cara Menggunakan tombol shifter lanjutan (gigi 7, 8, 9, dst)

  1. Posisikan game ketika anda sedang mengendarai truck. Kita asumsikan bahwa anda telah mentok di gigi 6 dan ingin naik ke gigi 7 dst.
  2. Silahkan injak kopling (jangan dulu diangkat sampai langkah selanjutnya) kemudian pindahkan knob shifter ke tempat gigi 1 kemudian klik tombol "Shifter toggle 2" yang telah anda atur diatas. Pada contoh ini, berarti saya harus menekan tombol R3 yang ada di steering wheel.
  3. Pastikan transmisi/gigi telah berubah ke angka 7, baru silahkan lepas kopling.
  4. Selanjutnya, kita asumsikan bahwa anda telah mentok di gigi 12 dan ingin ke gigi 13 dst (jika ada, tergantung spesifikasi truk).
  5. Silahkan injak kopling seperti biasa kemudian pindahkan shifter ke tempat gigi 7 kemudian klik tombol "Shifter toggle 1" yang telah diatur sebelumnya. Karena pada contoh diatas saya telah mengaturnya ke tombol L3, berarti saya harus menekan tombol L3 sebelum angkat kopling. 
  6. Pastikan transmisi telah berubah ke gigi 13, kemudian bisa lepas kopling dan mengemudi seperti biasa.
  7. Untuk kembali ke gigi 7 atau 1, kita hanya perlu tekan lagi tombol Shifter toggle 1 atau 2 seperti cara sebelumnya. 
  8. Selesai. Sekarang anda bisa menggunakan shifter logitech anda untuk berpindah transmisi sampai 12 (atau bahkan lebih) di game Euro Truck Simulator 2

Di langkah diatas memang terlihat agak rumit, namun jika kita sudah terbiasa maka akan mudah dan seperti berpindah gigi pada umumnya. Yang penting diperbanyak saja latihan pindah gigi antar range, nanti juga terbiasa.

Catatan: Jika saat menekan tombol shifter toggle 2 malah langsung ke transmisi 13, silahkan ganti dengan menekan tombol shifter toggle 1 (atau sebaliknya). Saya juga kadang masih suka tertukar antara toggle 1 dan toggle 2, dicoba - coba saja antara kedua tombol tersebut sampai terbiasa.

Gigi Mundur (Reverse) di Shifter Logitech

Sebelum ke tutorial 12 speed, sebagai pengingat bagi yang belum tahu, bahwa di shifter logitech itu terdapat 6 + 1 arah yang bisa dipakai. Jadi 1 - 6 itu untuk transmisi maju, dan transmisi ke 7 untuk mundur. 

Ada beberapa pengguna yang masih beranggapan bahwa gigi 6 (kanan-bawah) itu diatur untuk gigi mundur, padahal gigi mundur terpisah dari posisi 1 - 6. 

Bagi yang belum tahu, untuk gigi mundur anda harus menekan terlebih dahulu knob shifter kebawah kemudian ditarik ke kanan-bawah. Posisinya hampir sama dengan transmisi 6 namun terletak di bagian bawahnya. Jadi total kita mendapatkan 7 transmisi /titik perpindahan gigi di shifter Logitech.

Kenapa saya repot - repot menulis tentang gigi mundur? karena ini juga saya alami di awal - awal menggunakan shifter G29 ini.

Semoga tutorial atau cara setting shifter Logitech menjadi 12 speed di ETS 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!