Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya

Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya

Pada artikel tentang modus penipuan, saya mendapat banyak sekali pertanyaan tentang surat yang datang dari Easy shopping. Suratnya terlihat resmi dan sangat meyakinkan. Apakah surat undian tersebut benar asli, bukan penipuan?. Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya.

Pertanyaan seputar Easy Shopping (atau penipu yang mengatasnamakan easy shopping) sebenarnya sudah lama ada dan lumayan sering ditanyakan di website RindiTech ini. Semuanya sudah saya jawab juga yang intinya, jika anda merasa tidak pernah daftar kemungkinan besar itu penipuan, kalaupun bukan penipuan bisa dipastikan syaratnya tidak akan mudah seperti yang ditulis di judul amplop. 

Assalamualaikum ka. Saya juga baru banget dapet surat dari kantor pos mengatas namakan easy shopping.kalo saya iyu benar2 dapat 1 miliar. Bahkan sampai ada sertifikat jaminan nyaa sama amplop untuk mengurim formulir nya. Dan design nya jugaa benar benar rapih dan bagus. - Dari salah satu pembaca rinditech.com

Saya kira 'fenomena' hadiah easy shopping 1 M ini akan hilang dengan sendirinya. Namun sudah lebih dari 2 tahun masih saja ada yang menanyakan tentang kebenarannya, bahkan akhir - akhir ini malah semakin banyak. 

Banyak juga yang telah membahas tentang surat dari easy shopping ini, khususnya di Youtube. Namun sepertinya saya juga merasa perlu untuk ikut menjelaskan dari sudut pandang saya sebagai seorang blogger yang pernah menulis beberapa artikel tentang modus penipuan di dunia digital.

Baca juga: Ditelepon Alodokter yang meminta nomor rekening? Ini temuan kami

Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya

Tulisan ini saya buat dengan format sub-judul menggunakan pertanyaan, mudah - mudahan menjawab rasa penasaran teman - teman yang membaca.

Mari kita nilai seobjektif mungkin, tidak langsung mencap buruk atau baik hanya karena dari judul artikel atau judul video youtube saja. Saya disini juga berusaha untuk hati - hati dengan cara mencari informasi sebanyak - banyaknya agar saya juga bisa menyimpulkan dengan yakin, tidak sekedar prasangka atau feeling saja.

Tulisan ini saya buat hampir 1 bulan lamanya karena seiring berjalannya waktu, semakin banyak juga informasi yang saya dapatkan sehingga harus bolak - balik revisi tulisan di artikel ini. Artikel ini cukup panjang, silahkan baca dengan santai karena banyak pelajaran yang bisa diambil dari setiap pembahasannya.

Apakah perusahaan Easy Shopping benar - benar ada?

Jika kita hanya mencari informasi Easy Shopping dari pencarian Google atau Youtube mungkin dari judul - judul artikel atau video yang ada di halaman utama pencarian kita akan mengambil kesimpulan bahwa surat/hadiah 1 miliar itu palsu. Tetapi setelah mencari lebih dalam lagi ternyata perusahaan Easy Shopping benar - benar ada.

Buktinya apa kalau perusahaan Easy Shopping itu ada?. Saya menemukan Channel youtube Easy Shopping yang resmi dengan nama "Easy Shopping Indonesia

Disana ditunjukan acara-acara yang diselenggarakan oleh Easy Shopping, lengkap dengan brand ambassadornya yang didominasi oleh artis - artis ibu kota yang sudah senior seperti Nia Daniaty, Ronnie Sianturi, Barry Prima, dan Chintami Atmanagara (yang saya tau hanya ini, mungkin ada brand ambassador lainnya).

Dapat Surat Dari Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Salah satu video pembagian hadiah di channel Youtube Easy Shopping

Dari sana juga saya menemukan informasi bahwa Easy Shopping Indonesia ini dinaungi oleh perusahaan bernama PT. Karisma Bahana Gemilang. Saya tidak mendapatkan informasi yang lebih detail tentang perusahaan ini namun dari semua sumber yang saya temukan semua konsisten menyebutkan bahwa Easy Shopping Indonesia berada dibawah naungan perusahaan ini.

Didalam channel youtube tersebut juga ada video - video yang menunjukan pengundian hadiah 1 miliar dan hadiah lainnya. Jadi sepertinya pemberian hadiah 1 Miliar pun benar - benar ada, karena jika dilihat dari artis - artis yang muncul di video tersebut rasanya uang 1 miliar bukan hal yang terlalu istimewa bagi mereka.

Bahkan acara pemberian hadiah tersebut juga muncul di halaman berita Tribunnews dengan judul: Easy Shopping Anugerahkan Hadiah 1 Milliar Hadiah Utama Akhir TahunEntah ini content placement (berbayar) ataupun organik dari penulis, yang pasti media Tribunnews juga percaya bahwa pembagian hadiah itu benar adanya.

Berarti kita juga dapat uang 1 Miliar dong?

Kalau memang benar pemberian hadiah itu ada, berarti kita yang dapat surat langsung dari Easy Shopping akan dapat juga dong itu hadiah 1 miliar rupiah?

Bedakan antara "hadiah langsung" dan "undian berhadiah"

Mungkin ini yang sering memunculkan kesalahfahaman tentang hadiah 1 miliar dari Easy Shopping. Ternyata pemberitahuan tersebut bukan untuk langsung mendapatkan 1 miliar (hadiah langsung), tetapi untuk masuk kedalam daftar nama yang akan diundi untuk mendapatkan uang tersebut (undian berhadiah).

Jadi walapun anda sudah memenuhi semua syarat yang diajukan, bukan berarti anda akan langsung mendapatkan hadiah tersebut. Anda akan tetap bersaing dan diundi (dikocok seperti arisan) diantara orang - orang yang juga telah memenuhi syarat.

Jadi sekali lagi, hadiah 1 miliar dari Easy Shopping ini BUKAN HADIAH LANGSUNG, tapi UNDIAN BERHADIAH. Dimana pemenang (yang telah memenuhi syarat) akan dipilih dari 'kotak undian'.

Dari informasi yang saya dapatkan, pengundian hadiah 1 Miliar ini diadakan hanya setahun sekali. Jadi bisa dibayangkan ya betapa kecilnya kemungkinan untuk mendapat hadiah 1 miliar tersebut.

Tidak mungkin rasanya Easy shopping mengirim surat tersebut hanya untuk anda. Dalam 1 tahun saya yakin mereka mengirim ribuan surat ke seluruh Indonesia.

Rasanya, daripada ribet ngejar 1 miliar yang gak pasti ini lebih baik kita bekerja lebih giat. Yang pasti, pendapatannya pun akan terasa nikmatnya kalau datang dari hasil kerja keras sendiri, walaupun mungkin tidak mencapai satu miliar.

Syarat untuk masuk daftar undian

Katakanlan kita tetap tertarik untuk mendapatkan hadiah undian 1 miliar tersebut, apa saja syarat yang harus dipenuhi?.

Untuk mendapatkan uang 1 miliar dari Easy Shopping tidak semudah mengirimkan surat ke kantor POS. Dari berbagai sumber yang saya temukan ada syarat dan ketentuan yang harus dipenuhi oleh para "calon pemenang" ini.

Syarat - syarat ini ditulis dibagian dalam amplop yang hanya bisa dibaca jika kita merobek amplop tersebut. Hal ini menurut saya sudah keterlaluan dan termasuk tindakan menutup - nutupi hal penting yang seharusnya diketahui dari awal leh penerima surat.

Salah satu syarat yang sangat penting adalah anda harus harus memiliki 100 point belanja (setiap pembelanjaan produk easy shopping senilai 1 juta rupiah akan diberikan 1 point).

Jadi untuk masuk kedalam daftar undian, anda harus melakukan pembelanjaan produk Easy Shopping senilai 100 juta rupiah. Jika anda hanya mampu belanja 1 - 2 juta, maka sudah dipastikan anda tidak memenuhi syarat untuk mendapatkan 1 M.

Kita pinjam uang aja dulu ke teman terus nanti ganti kalau sudah dapat 1 M. Pemikiran yang sangat kreatif, tapi apa normal untuk dapat hadiah kita harus keluar uang banyak dulu? Iya kalau menang, coba kalau gak menang? bukannya dapat untung malah nambah hutang.

Walaupun kita sudah berbelanja produk Easy Shopping senilai 100 juta, tidak menjamin akan dapat 1 M. Tetapi hanya membuat kita masuk daftar undian saja. Rasanya lebih baik 100 juta tersebut dikeluarkan untuk keperluan yang lebih penting daripada dibelanjakan ke produk - produk yang belum tentu kita butuhkan.

Website Resmi Easy Shopping

Dari channel youtube tersebut saya juga mendapatkan informasi website resmi dari Easy Shopping adalah easyshopping.id. Selain itu disebutkan juga beberapa website lainnya yang berhubungan dengan perusahaan mereka. Berikut beberapa website yang disebutkan oleh Easy Shopping.

  • easyshopping.id (dibuat tahun 2018)
  • easy-shopping.co.id (dibuat tahun 2019)
  • beritaeasyshopping.blogspot.com
  • easyshoppingberhadiah.blogspot.com
  • ptkarismabahanagemilang.blogspot.com

Informasi ini saya dapatkan dari postingan di youtube Easy Shopping Indonesia yang di upload pada bulan Mei 2019 dan setelah tanggal tersebut tidak ada lagi update informasi detail informasi tersebut. Jadi saya anggap informasi tersebut masih relevan dan bisa kita gunakan.

Dapat Surat Dari Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Salah satu video dari Easy Shopping yang menunjukan channel/jalur komunikasi resmi perusahaan dengan konsumen.

Karena itu, jika anda menemukan website atau disuruh membuka website selain dari daftar website yang ada diatas, bisa dipastikan itu palsu.

Dari video tersebut juga disebutkan detail lainnya seperti nomor telepon kantor Easy Shopping, Alamat Fan Page Easy Shopping di Facebook, Instagram dan juga alamat PO BOX perusahaan di Jakarta.

Berikut data - data yang saya dapatkan dari postingan Youtube Easy Shopping Indonesia.

Telpon Easy Shopping

  • 021-3973-5000 (pendaftaran)
  • 021-3973-6000 (pertanyaan dan keluhan)

Sosial Media Easy Shopping

  • Facebook: Easy Shopping Indonesia @EasyShoppingIndonesia
  • Instagram: Easyshoppingindonesia
  • Youtube: EasyShoppingIndonesia
  • Alamat: PO.BOX 6688 Slipi Jakarta Barat 11410

Website Easy Shopping dibuat tahun 2018

Informasi yang saya dapatkan dari website Whois, alamat website easyshopping.id ini baru diaktifkan bulan September tahun 2018 dan terdaftar atas nama PT. Digital Registra Indonesia, sebuah perusahaan yang bergerak dibidang penjualan domain.

Dari data tersebut kita jadi mengetahui bahwa Easy Shopping membeli domain melalui perusahaan Ditigal Registra ini. Untuk detail dari pemilik domain ini tidak dapat kami temukan karena disembunyikan. Hal ini biasa dilakukan oleh pemilik - pemilik website yang tidak mau data mereka ditulis disana.

Dapat Surat Dari Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Data pendaftaran website easyshopping.id dari Whois

Hal seperti ini (menyembunyikan data pemilik domain) sangat wajar di kalangan pengguna website karena beberapa perusahaan besar pun ada yang tetap memilih untuk tidak menampilkan nama perusahaan mereka di detail informasi website.

Bagaimana dengan website easy-shopping.co.id?

Setelah informasi website resmi saya dapatkan, saya mempercayai bahwa selain website easyshopping.id berarti itu palsu. Namun saya menemukan website lainnya yang sangat identik dari semua aspek termasuk desain, layout, warna, detail informasi, dll. Website tersebut beralamat easy-shopping.co.id

Dapat Surat Dari Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
perbandingan side-by-side website easy shopping di 2 alamat berbeda yang terlihat sangat identik. 

Saya sangat takjub dengan kemiripan website tersebut dengan website resminya. Hal ini mungkin dilakukan karena karena skill duplikasi yang sempurna, atau pembuatnya orang yang sama. Fakta menarik pun saya dapatkan.

Saat saya berkunjung ke halaman Facebook resmi Easy Shopping, saya menemukan alamat website easy-shopping.co.id terpampang di bagian header halaman Fan Page Easy Shopping

Dari sini saya meyakini bahwa alamat easy-shopping.co.id adalah website baru yang dimiliki juga oleh Easy Shopping karena dari data Whois website ini didaftarkan pada tahun 2019, satu tahun setelah website easyshopping.id dibuat.

Lalu kenapa mereka membuat lagi alamat website baru?

Ada berbagai alasan yang bisa menjadi alasan, tetapi saya yakin salah satunya adalah karena reputasi website yang lama sudah terlanjur buruk. Kemungkinan karena banyak yang melaporkan dan menilai bahwa website tersebut berpotensi sebagai website penipuan.

Wajar saja karena setiap kali kita googling atau mencari informasi mengenai kata kunci "easy shopping", kebanyakan informasi yang muncul tidak bagus bagi citra perusahaan. Ada yang melaporkan, ada juga yang bahkan sudah menandai alamat tersebut sebagai penipuan.

Jadi wajar saja jika mereka memilih untuk mengganti alamat website resmi mereka dengan yang baru, karena lebih mudah untuk membangun reputasi website baru jika dibanding memperbaiki reputasi website yang sudah terlanjut buruk dimata netizen apalagi sudah buruk juga di mata mesin pencari seperti Google.

Produk - produk yang dijual Easy Shopping

Saya secara pribadi sangat penasaran produk - produk apa saja yang dijual oleh Easy Shopping karena mereka sangat terlihat aktif dalam menggaet pembeli - pembeli baru dengan teknik mengirim surat seperti ini. 

Namun harus saya akui, Easy Shopping adalah toko atau perusahaan pertama yang sangat susah untuk dilihat produk - produknya

Kalau perusahaan lain rela membayar biaya promosi agar produknya dapat dilihat oleh calon pembeli, Easy Shopping malah seperti melakukan kebalikannya.

Easy Shopping terlihat sangat tertutup terhadap produk/barang yang mereka jual. Bahkan di channel youtube mereka sekalipun saya sangat kesulitan untuk menemukan produk apa saja yang mereka jual. Kebanyakan mereka hanya menunjukan acara - acara penyerahan hadiah saja. Sesekali memberikan ucapan sesuai hari - hari besar di Indonesia.

Di halaman utama website Easy Shopping terdapat menu "PRODUK-PRODUK" namun tidak dapat di buka/di klik, seperti sengaja disembunyikan. Sepertinya kita baru dapat melihat produk tersebut setelah login/membuat akun di website tersebut.

Setelah melakukan 'penyelaman' lebih dalam di Google, akhirnya saya mendapatkan link /alamat ke halaman produk Easy Shopping. Link ini saya yakin benar karena berada di website mereka yang resmi (silahkan copy-paste link ini di browser jika ingin melihat langsung): https://www.easy-shopping.co.id/produk-produk/

Dapat Surat Dari Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Beberapa produk yang dijual Easy Shopping

Dari produk - produk yang muncul di halaman website Easy Shopping tersebut terlihat barang/produk yang dijual merupakan barang - barang yang umum dan banyak dijual juga di toko online mainstream seperti Shoppe dan Tokopedia.

Perbandingan Harga produk Easy Shopping VS Shopee

Namun harga - harga yang diterapkan di Easy Shopping terlihat 'kejam' alias mahal banget!. Jika dibandingkan dengan harga di online shop seperti Shoppe atau Tokopedia, harga disini bisa lebih mahal 50%. Bahkan untuk beberapa produk ada yang dibanderol 10x lipat lebih mahal dari harga pasaran.

Kita ambil contoh produk "PEMERAS LEMON" yang dibanderol seharga Rp. 199.000 di Easy Shopping, produk serupa dijual seharga Rp. 19.800 di Shopee. Terlihat Easy Shopping menjual produk yang sama seharga 10 KALI LIPAT LEBI MAHAL dari harga pasaran.   

Mungkin dari sini kita bisa mulai mengerti kenapa mereka bisa memberikan uang 1 miliar setiap tahunnya. Hehe

Baca juga: Hati - hati! Ada Halaman Promo Flash Sale Shopee Palsu

Kesimpulan tentang fenomena Surat Hadiah 1 Miliar dari Easy Shopping

Dari sekian banyak informasi yang saya dapatkan berikut beberapa hal yang dapat saya simpulan tentang kegiatan Easy Shopping yang selalu bagi - bagi surat ini.

  • Tidak ada informasi yang pasti dari mana Easy Shopping dapat data alamat lengkap kita, padahal kebanyakan belum pernah daftar atau beli di Easy Shopping.
  • Yang dilakukan oleh Easy Shopping disini adalah trik marketing agar lebih banyak orang berbelanja di Easy Shopping dengan hadiah 1 miliar bagi satu orang pelanggan yang beruntung.
  • Hadiah 1 miliar bukan bersifat hadiah langsung, tetapi undian berhadiah (dikocok diantara orang - orang yang telah memenuhi syarat) dan hanya diambil 1 orang pemenang satu tahun sekali.
  • Untuk masuk ke daftar undian harus memenuhi syarat dulu, syarat tersebut menurut saya pribadi sangat berat dan tidak layak untuk diperjuangkan.
  • Syarat - syarat untuk mendapat 1 miliar ditulis dibagian dalam amplop, syarat - syarat ini terlihat sengaja disembunyikan agar tidak terbaca oleh penerima amplop.
  • Sudah banyak yang terkecoh dan menyangka akan langsung mendapat hadiah 1 Miliar jika telah berbelanja di Easy Shopping.
  • Produk - produk yang dijual tidak ada yang istimewa, semuanya banyak dijual di toko online besar seperti Shopee dan Tokopedia.
  • Harga produk yang dijual di website Easy Shopping sangat keterlaluan mahalnya. Umumnya lebih mahal 50% dari harga pasaran, bahkan ada yang 10x lipat lebih mahal dari harga pasaran. 
  • Easy Shopping sepertinya malah fokus di 'jualan' hadiah 1 miliar daripada fokus jualan produk - produknya.
  • Banyak kejanggalan yang saya temukan tentang surat undian ini tapi tidak saya tuliskan di artikel ini karena informasi tersebut masih sebatas dari komenar - komentar netizen yang tidak bisa saya konfirmasi satu per satu.

Alhamdulillah, selesai juga pembahasan mengenai surat Easy Shopping hadiah 1 miliar ini. Seperti yang telah saya sampaikan, ini adalah salah satu tulisan saya yang membutuhkan waktu yang cukup lama, hampir 1 bulan saya menyusun tulisan ini.

Setiap saya melanjutkan menulis selalu ada saja fakta baru yang saya temukan yang membuat saya harus merubah lagi tulisan di hari - hari sebelumnya. 

Semoga informasi yang saya sampaikan ini bermanfaat. Jika anda memiliki pertanyaan, pendapat atau pengalaman pribadi silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,2,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,14,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,15,Computer,5,Corel,11,Crime,26,Design,6,Facebook,24,Finance,44,Formula 1,4,Games,36,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,67,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,10,News,244,OPPO,1,Peraturan,6,PlayStation,3,Productivity,33,Review,53,Robot,1,Samsung,22,Security,45,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,3,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,262,Toko Online,43,Tutorial,290,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,10,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,16,
ltr
item
Rindi Tech: Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari Cek Kebenarannya
Suratnya terlihat resmi sangat meyakinkan. Apakah asli? atau penipuan?. Dapat Surat Easy Shopping hadiah 1 Miliar ? Mari cek kebenarannya
https://1.bp.blogspot.com/-PghCmmoJgdQ/YNiaPAcjKPI/AAAAAAAAJ-U/ycSA_IMKmBATJJLJ79cNgUI2Gn86EnrxQCLcBGAsYHQ/w640-h356/Dapat%2BSurat%2BDari%2BEasy%2BShopping%2Bhadiah%2B1%2BMiliar%2BCover-min.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-PghCmmoJgdQ/YNiaPAcjKPI/AAAAAAAAJ-U/ycSA_IMKmBATJJLJ79cNgUI2Gn86EnrxQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h356/Dapat%2BSurat%2BDari%2BEasy%2BShopping%2Bhadiah%2B1%2BMiliar%2BCover-min.jpg
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2021/06/dapat-surat-easy-shopping-hadiah-1-miliar.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2021/06/dapat-surat-easy-shopping-hadiah-1-miliar.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content