Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

Rubah tampilan game ETS2 Anda dengan mod immersive symbol agar terlihat lebih realistis. Mod ini akan menghilangkan semua tanda hologram atau animasi yang biasa digunakan sebagai tanda tempat - tempat penting didalam game dengan tanda dan ciri yang lebih realistis.

Selain fitur dari official game Euro Truck Simulator 2, banyak juga fitur yang dibuat oleh para fans atau pihak ketiga (3rd party) yang biasa disebut mod. Salah satu mod yang saya pribadi sering gunakan adalah mod HN Immersive Symbol Extreme yang dibuat oleh Habdorn.

Mod ini memberikan tampilan yang lebih realistis saat mengendarai truk atau bus di game ETS2. Semua hologram atau animasi untuk menandari tempat - tempat penting akan dihilangkan dan diganti dengan tanda yang lebih natural seperti besi penutup lubang got (manhole cover) dan segitiga oranye (traffic cones) sebagai panduan parkir untuk loading dan unloading.

Cara Menghilangkan Hologram Animasi di ETS2

  1. Buka aplikasi Steam di PC Anda
  2. Di aplikasi Steam, silahkan buka menu "Workshop" di halaman utama game Euro Truck Simulator 2
  3. Silahkan gunakan kotak pencarian dan cari kata kunci "HN Immersive Symbols Extreme"
  4. Silahkan pilih dan buka mod yang sesuai dengan kata kunci diatas. Jika sudah terbuka silahkan klik tombol "Subscribe". Tunggu beberapa saat hingga mod ini terinstall sempurna di game ETS2 Anda.

    Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

  5. Jika proses instalasi telah selesai silahkan tutup aplikasi Steam dan jalankan game ETS2
  6. Di halaman awal game (LAUNCHPAD). Silahkan buka menu "Mod Manager". Pastikan mod bernama "HN Immersive Symbols Extreme" sudah berstatus "Active". 

    Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

  7. Jika mod sudah berstatus "Active" silahkan kembali ke halaman utama (keluar dari halaman Mod Manager) dan lanjut mainkan game seperti biasa.
  8. Silahkan datang ke tempat yang biasa ditandai dengan animasi hologram di game. Jika tidak ada masalah, semua hologram akan hilang dan akan digantikan dengan tanda yang lebih natural agar terlihat realistis Seperti gambar - gambar dibawah).

Jika tidak ada masalah, semua hologram penanda tempat penting seperti lokasi mengambil job, tempat mengisi bensin, dealer, dll akan diganti dengan manhole cover atau tutup baja berbentuk lingkaran yang biasa digunakan untuk menutup saluran air dibawah jalan.

Selain mengganti animasi hologram tanda tempat - tempat penting dengan manhole cover, mod ini juga akan mengganti tanda trailer (loading) atau tempat parkir (unloading) dengan empat buah traffic cone (segitiga oranye).

Catatan penting dari mod ini

  • Mengganti icon garasi, perusahaan, pom bensin, dll dengan kotak besar yang tidak terlihat. Sebagai gantinya, Anda akan melihat tutup lubang air (manhole cover). Anda tetap bisa melihat semua icon dan tanda di Map dan GPS seperti biasa.

    Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

  • Mengganti semua tempat loading (mengambil barang) dan unloading (menurunkan barang) dengan traffic cones (segitiga oranye). Di setiap traffic cone akan terdapat cahaya putih yang terang dan akan berubah menjadi hijau saat truk atau trailer Anda didalam posisi yang benar.

    Lebih Realistis! Hilangkan Hologram Animasi di ETS2, Begini Caranya

  • Mengganti semua batas jalan buntu dengan sesuatu yang tidak terlihat. Tidak diganti apa - apa.

Kekurangan menggunakan mod Immersive Symbol

Ada satu kekurangan saat menggunakan mod ini, yaitu semua hologram yang diperuntukan membatasi pemain seperti jalan buntu atau batas akhir map akan hilang dan tidak diganti dengan tanda apapun. Jadi jika Anda melewati garis batas jalan tersebut Anda akan dihentikan oleh tembok virtual yang tidak terlihat.

Begitu juga jika Anda melakukan teleportasi, jika Anda spawn atau turun di jalan yang tidak ada di dalam map, maka Anda akan terjebak di lokasi tersebut. Anda tidak akan bisa masuk ke jalan atau map yang asli. Anda akan tertahan di lokasi tersebut selamanya.

Solusinya jika Anda terjebak didalam daerah yang terisolir Anda harus melakukan teleport lagi dan pastikan Anda tidak spawn di lokasi terisolir lagi. Selain teleport, Anda juga bisa menggunakan fitur Quick Travel di menu utama. Silahkan lakukan quick travel ke lokasi manapun yang bisa dipilih.

Semoga tutorial atau tulisan mengenai cara menghilangkan hologram animasi di game ETS2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak, selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!