Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Agar Perpindahan Kamera Menjadi Halus di ETS2
Cara Agar Perpindahan Kamera Menjadi Halus di ETS2

Berikut ini adalah cara agar perpindahan kamera menjadi halus dan tidak kasar lagi di game Euro Truck Simulator 2. Dengan menggunakan plug in smooth interior camera perpindahan kamera didalam kabin atau interior truk tidak lagi kasar. Lalu bagaimana cara menggunakan fitur smooth interior camera di ETS2 ? Silahkan baca tutorial ini sampai akhir ya.

cara menggunakan fitur Smooth Interior Camera di ETS2 ini cukup mudah, anda hanya perlu download file plug milik Piotr Krupa di github kemudian install di directory game ETS2. Terakhir, kita hanya perlu memberikan penyesuaian di bagian settings agar berfungsi sesuai kebutuhan kita masing - masing. 

Setelah menggunakan fitur ini, sekarang melihat kanan-kiri menjadi lebih enak dan yang pasti terlihat lebih realistis. Bagi pengguna cockpit-view atau kamera interior fitur ini sangat direkomendasikan untuk digunakan.

Untuk langkah - langkah detailnya silahkan ikuti tutorial dibawah ini. Silahkan ikuti secara seksama dan pastikan anda membaca semua langkahnya agar tidak ada yang terlewat.

Baca juga: Cara Agar Truk Mendapatkan Pengawalan Polisi di ETS2

Cara Agar Perpindahan Kamera Menjadi Halus di ETS2

  1. Silahkan tutup atau hentikan game ETS 2 (jika sedang dimainkan)
  2. Download plug-in "Smooth Camera Interior" di halaman ini: https://hary309.github.io/projects/hry-plugins/hry-sic
  3. Extract file kemudian double-click atau install plug-in tersebut
  4. Saat proses instalasi anda akan diminta untuk memilih file antara ATS (American Truck Simulator) dan ETS2 (Euro Truck Simulator 2). Silahkan hilangkan checklist pada pilihan ATS dan aktifkan checklist pada ETS2 karena kita hanya butuh install plugin di ETS2 saja. Kemudian klik tombol Next.
  5. Proses selanjutnya adalah memilih folder directory tempat game ETS2 anda di install. Silahkan klik tombol Browse kemudian cari dan pilih folder utama tempat game ETS2 di Install, biasnya berada di directory berikut ini: ".... SteamLibrary\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2" selanjutnya silahkan klik tombol OK. Lalu klik tomol > Next > Install. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
  6. Pada tahap ini proses install plug-in sudah selesai. Fitur ini akan aktif secara otomatis saat kita membuka game ETS2.

Baca juga: 10 Mod Rekomendasi Saya untuk Euro Truck Simulator 2 tahun 2023

Pengaturan tombol dan preferensi detail menggunakan Smooth Camera Interior

  1. Didalam game, saat mengendarai truk silahkan klik tombol "Delete" di keyboard untuk memunculkan pengaturan plug-in.
  2. Silahkan klik atau buka pengaturan "Key binds". Pada halaman ini silahkan atur ulang atau rubah tombol - tombol yang digunakan dengan cara klik tombol yang ingin diganti kemudian tekan tombol yang ingin digunakan Sebagai referensi berikut tombol - tombol yang digunakan. Look left (melihat ke kiri), Look right (melihat ke kanan), Look up left (melihat sedikit ke kiri), Look up right (melihat sedikit ke kanan), Look up forward (melihat ke depan), dan Look up middle.
  3. Selanjutnya silahkan buka bagian "Settings". Silahkan atur semua pengaturan detail yang ada sesuai keinginan masing - masing.
    • Animation speed: Kecepatan perpindahan antar kamera
    • Rotation style: gaya atau animasi saat kamera melakukan transisi
    • Look...: jakar rotasi dari tengah ke posisi yang diinginkan
    • Experiment feature: mengaktifkan fitur tambahan (sangat disarankan untuk diaktifkan)
    • Vertical angle: posisi kamera lebih ke atas atau ke bawah
    • Auto center: kamera akan selalu otomatis kembali ke tengah jika fitur ini diaktifkan
  4. Jika sudah puas dengan pengaturannya, silahkan klik tombol "Apply"
  5. Terakhir, silahkan klik tombol "delete" untuk menutup jendela pengaturan.

Bagi saya pribadi, plug-in ini sangat bermanfaat dan membatu saat saya sedang menggunakan kamera interior atau kamera di dalam truk (cockpit-view). Sebelum menggunakan smooth interior camera ini, saat melihat kanan-kiri terasa kasar dan kadang membuat sedikit pusing.

Cara Install manual

  1. Download file manual installation berikut ini (Copy-paste link di tab baru): https://sharemods.com/9cl6dc8iisgm/hry-sic-2.0.6-manual-installation.zip.html
  2. Buka folder directory game ETS2 berikut ini : "...SteamLibrary\steamapps\common\Euro Truck Simulator 2\bin\win_x64". Sesuaikan disesuaikan juga lokasi Anda menginstall game (Local Disk:C /D /E, dll) 
  3. Extract file yang telah di download di langkah pertama di folder ini (win_x64).
  4. Selesai. Jalankan game seperti biasa dan coba masuk ke pengaturan tombol seperti diatas.

Baca juga: Cara Menggunakan Voice Navigation di ETS2

Jika anda masih bingung, silahkan lihat juga tutorial versi video dibawah ini.

Bukannya pakai mouse juga bisa ya untuk lihat kanan - kiri?

Memang visual perpindahan kamera ini bisa juga dilakukan menggunakan mouse, tanpa harus menggunakan plug-in ini. Tetapi saat mengendarai truk, apalagi menggunakan steering wheel, terkadang dibutuhkan kedua tangan di kemudi saat melakukan manuver seperti belok - belok dan parkir.

Kembali lagi ke preferensi masing - masing, jika anda rasa lebih baik menggunakan mouse, maka silahkan lanjutkan. Yang terpenting saat bermain game adalah kita menikmatinya, bisa meningkatkan mood sehingga perasaan kita menjadi lebih bahagia. 

Semoga tutorial cara agar perpindahan kamera menjadi halus di ETS2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

2 komentar

  1. Arwana77
    Arwana77
    Selasa, April 04, 2023
    Izin bertanya bang, saya melihat di websitenya ETS2 mereka bisa memainkan game ini dengan dua monitor. Dipengaturan game nya sendiri tidak ada opsi untuk dua monitor, bagaimana cara untuk memainkan game ini supaya bisa dua monitor seperti yang mereka lakukan? Mohon trik/penjelasannya bang. Terimakasih!
    1. Rindi Putra
      Rindi Putra
      Selasa, April 04, 2023
      Rada lumayan panjang ya klo dijelasin disini, tapi coba dulu lihat di tutorial YouTube "ETS2 dual monitor setup". sudah banyak kok yang buat tutorialnya. Yang bahasa inggris juga gpp, pasti ngerti kok klo lihat video nya. sekarang sudah bisa diatur dari pengaturan Nvidia saja, gak perlu buka2 file game.
Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!