Beranda
Automotive
Games
Tutorial
Cara Mengaktifkan Force Feedback di City Car Driving

Cara Mengaktifkan Force Feedback di City Car Driving

Berikut ini adalah cara mengaktifkan force feedback (FFB) di game City Car Driving. Secara default, game mengemudi ini tidak bisa memberikan respon atau feedback ke steering wheel apapun yang digunakan jadi Anda harus mengaktifkan pengaturan force feedback di game ini secara manual. Tapi jangan khawatir, caranya sangat mudah. Silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini.

Alasan utama kenapa saya jarang sekali memainkan game ini karena saya harus menggunakan fitur "back to center" dari aplikasi Steering wheel yang saya gunakan (Logitech G29), namun setelah mengetahui bahwa game ini ternyata sudah memiliki fitur force feedback (FFB). 

Walaupun tidak sepopuler game mengendari lain seperti ETS2, BeamNG, Assetto Corsa atau game mengendarai lainnya, Game City Car Driving menurut saya memiliki nilai jual yang sangat unik, pemain harus benar - benar menjalankan setiap teknis saat mengendari mobil, mulai dari memasang sabuk pengaman, menyalakan lampu, sampai mematikan mobil.

Cara Aktifkan Force Feedback di City Car Driving

Sebelum ke tutorial dibawah, pastikan dulu Steering wheel yang Anda gunakan sudah terbaca atau terhubung ke PC yang Anda gunakan.

  1. Pada halaman utama game silahkan buka menu "Settings"

    Cara Mengaktifkan Force Feedback di City Car Driving

  2. Pada halaman settings silahkan buka pilihan "Control"
  3. Pada pengaturan Control unit Anda memilih "Steering wheel"
  4. Pada pengaturan Set of settings silahkan pilih nama Steering wheel yang kamu gunakan. Pada contoh ini saya menggunakan "Logitech G29 + Shifter".
  5. Selanjutnya silahkan klik tombol "Advanced settings"

    Cara Mengaktifkan Force Feedback di City Car Driving

  6. Pada kolom Group of settings silahkan pilih "Feedback"
  7. Beri Ceklis atau aktifkan bagian "Switched on"
  8. Pada pengaturan Feedback device silahkan pilih nama steering wheel yang Anda gunakan. Pada contoh ini saya menggunakan "Logitech G Hub G29 Driving Force"
  9. Pada pengaturan Force feedback scale silahkan atur kekuatan FFB sesuai yang Anda butuhkan.

    Cara Mengaktifkan Force Feedback di City Car Driving

  10. Selesai. Pada tahap ini Anda akan bisa merasakan FFB saat mengendarai mobil di game City Car Driving. Untuk pengaturan lanjutan silahkan lanjutkan membaca.

Atur Pedal Dead zone dan linearity

Sebelum merubah pengaturan dead zone dan linearity, Saya sarankan untuk mencoba dulu bermain atau mengendarai mobil di game ini, jika tidak ada yang mengganggu, saya sarankan untuk tidak merubah apapun. Tapi jika ada yang kurang pas silahkan rubah pengaturan pedal dengan cara dibawah ini.

  • Buka halaman "Advanced settings" 
  • Pada pengaturan Group of settings silahkan pilih Vehicle control
  • Silahkan sesuaikan "Dead zone" dan "linearity" untuk setiap pedal yang Anda gunakan: Gas (Gass), Rem (Brake), dan kopling (clutch).

Tips mengatur FFB Scale:

Untuk pengguna setir atau steering wheel Logitech G29 saya sarankan untuk menggunakan full scale (mentok kanan), karena pada pengalaman saya FFB di Logitech G29 kurang terasa. Di game lain tidak ada masalah, FFB sangat terasa, namun di game City Car Driving ini lebih rendah dari yang lain. 

Bagi anda pengguna steering wheel dengan motor Direct drive seperti Fanatec, Moza, Thrustmaster DD, dll silahkan coba dulu di skala menengah, jika masih kurang terasa silahkan tambah secara berkala sampai Anda nyaman menggunakannya.

Semoga tutorial cara mengaktifkan Force Feedback di game City Car Driving ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat berkendara.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!