Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Teleportasi atau Berpindah Tempat di ETS2
Cara Teleportasi atau Berpindah Tempat di ETS2

Berikut ini cara teleportasi atau berpindah tempat di game ETS2 atau Euro Truck Simulator 2. Dengan tutorial ini anda bisa berpindah - pindah tempat dengan cepat antar kota atau antar negara hanya dengan beberapa langkah. Silahkan ikuti langkah - langkahnya dibawah ini.

Ada dua cara untuk teleportasi atau berpindah tempat di ETS2, cara pertama yaitu menggunakan fitur Quick Travel di halaman menu. Cara kedua yaitu menggunakan fitur mode developer dengan memasukan perintah "goto" kemudian masukan nama kota yang ada didalam peta, terakhir pilih lokasi untuk memulai perjalanan.

Jika menggunakan Quick Travel, kekurangannya adalah kita perlu menyiapkan biaya teleportasi, harganya bervariasi tergantung jarak antara lokasi yang diinginkan. Jika menggunakan fitur mode developer kekurangannya adalah kita perlu mencari tempat sendiri untuk parkir truk.

Baca juga: Cara Membuat Cuaca Bersalju di Euro Truck Simulator 2

Cara Teleportasi atau Berpindah Tempat di ETS2

Ada 2 cara yang akan saya tunjukan, silahkan gunakan salah satu yang paling nyaman anda gunakan, keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing - masing. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa.

Cara 1 Menggunakan Fitur Quick Travel

  1. Kita asumsikan anda sedang mengendarai truk di game Euro Truck Simulator 2.
  2. Klik tombol Esc untuk membuka halaman menu
  3. Pilih menu Quick Travel. Sistem akan membuka halaman peta
  4. Pada peta silahkan pilih atau klik salah satu kota yang ingin didatangi
  5. Jika kota tujuan sudah dipilih silahkan klik tombol Confirm Quick Travel
  6. Sistem akan memunculkan harga teleportasi, klik OK untuk konfirmasi
  7. Selesai. Tunggu loading selesai dan anda akan langsung berada di kota tujuan. Umumnya akan ditempatkan di salah satu tempat parkir yang tersedia di kota tersebut.

Cara 2 Menggunakan Fitur Developer Mode

  1. Klik tombol Tilde (~) (tombol yang berlokasi di ujung disamping angka 1 di keyboard, dibawah tombol Esc)
  2. Jika berhasil kotak perintah mode developer ETS2 akan muncul (jika tidak muncul silahkan aktifkan dulu mode developer, caranya ada dibagian bawah)
  3. Silahkan ketik "goto" spasi nama kota contohnya seperti ini: "goto london"
  4. Selanjutnya klik tombol Enter. Tunggu sebentar hingga sistem membawa anda ke kota tujuan
  5. Setelah sampai di kota tujuan silahkan klik lagi tombol Tilde (~) untuk menghilangkan kotak perintah mode developer.
  6. Silahkan navigasikan kamera dengan tombol khusus angka (numpad) di keyboard full-size. 8 = maju, 5 = mundur, 4 = kiri, 6 = kanan. Dan gunakan mouse untuk navigasi arah atau putar axis. Percepat laju dengan scroll up dan perlambat laju dengan scroll down di mouse.
  7. Cari jalan yang kosong dan posisikan kamera sedikit diatas aspal agar truk tidak jatuh melayang saat di turunkan.
  8. Klik tombol Ctrl + F9 untuk menurunkan truk.

Aktifkan Fitur Mode Developer di Euro Truck Simulator 2

Jika saat menekan tombol tilde (~) sistem tidak mengeluarkan kotak perintah developer mode, silahkan ikuti tutorial dibawah ini untuk mengaktifkan fitur mode developer di game ETS2.

  1. Jika sedang dimainkan, silahkan hentikan atau tutup game ETS2
  2. Buka windows explorer (Win+E)
  3. Buka folder "Documents \ Euro Truck Simulator 2"
  4. Cari dan buka file bernama "config.cfg" dengan notepad
  5. Dalam file config silahkan cari tulisan bernama uset g_developer "0" kemudian rubah angka nol menjadi satu, jadi seperti ini: uset g_developer "1"
  6. Selanjutnya cari tulisan bernama uset g_console "0" kemudian rubah angka nol menjadi angka satu, jadi seperti ini: uset g_console "1"
  7. Simpan perubahan dengan klik Ctrl + S kemudian Tutup file.
  8. Selesai. Silahkan restart game dan coba lagi tekan tombol tilde (~) untuk membuka kotak perintah developer mode dan lanjutkan tutorial diatas untuk teleportasi.

Tidak ada tombol angka (numpad) di keyboard?

Beberapa keyboard memang tidak memiliki tombol numpad, contohnya seperti keyboard di laptop, jarang yang menggunakan keyboard full-size, jadinya hanya bisa melakukan navigasi dengan mouse saja tetapi tidak bisa maju mundur untuk mencapai tanah/aspal. Solusinya, silahkan langsung saja klik tombol Ctrl + F9 untuk menurunkan truk dari "langit".

Memang truk akan rusak karena jatuh dari atas namun bisa diakali dengan langsung diderek ke tempat service dan diperbaiki. Lebih memakan waktu tetapi setidaknya kita tidak perlu berkendara antar kota.

Jika anda sering bermain game ETS 2 ini saya sarankan untuk membeli keyboard numpad extension, yang murah banyak dibawah lima puluh ribu, yang penting tombolnya bisa digunakan untuk navigasi setelah teleportasi ke lokasi tujuan.

Baca juga: Cara Agar Truk Mendapatkan Pengawalan Polisi di ETS2

Bisakah menggunakan fitur teleportasi saat menjalankan misi?

Bisa. Tetapi harus teleportasi dengan menggunakan fitur mode developer. Fitur Quick Travel di Euro Truck Simulator 2 tidak dapat digunakan saat kita sedang menjalankan misi atau sedang mengantar barang. Jika menggunakan Quick Travel,s sistem akan menolak untuk berpindah tempat kecuali misi yang sedang aktif dibatalkan (abort) terlebih dahulu.

Fitur berpindah tempat ini sangat bermanfaat apalagi jika kita sedang ada misi perjalanan jauh antar negara. Kita bisa melewati jalan - jalan tol yang panjang dan kembali melanjutkan perjalanan dari akhir jalan tol atau setelah keluar tol.

Kekurangan dari cara ini adalah setiap jalan yang tidak kita lewati dengan berkendara tetap akan dihitung belum terjamah ditandai dengan warna jalan yang tetap abu - abu. Jalan yang telah kita lalui umumnya akan berubah warna menjadi kuning.

Membuka akses (unlock) ke semua showroom dan garasi yang ada di peta

Dengan cara berpindah tempat kita juga dapat membuka akses ke showroom atau dealer dan garasi yang belum pernah dilewati. Kita bisa berpindah tempat ke kota yang lokasi dealernya belum pernah kita lewati.

Anda hanya perlu teleport ke depan showroom mobil yang diinginkan dan letakan truk di dekat gedung showroom tersebut. Jika berhasil maka sistem akan menunjukan notifikasi bahwa lokasi dealer atau showroom tersebut telah kita discover. 

Dan jika kita ingin membeli truk lagi dari dealer/showroom tersebut nantinya kita hanya perlu kunjungi lewat halaman profile. Beritupun dengan garasi dan driver agensi, kita bisa mendatangi lokasi - lokasi tersebut tanpa harus berkendara jauh.

Semoga tulisan mengenai cara teleportasi atau berpindah tempat di Euro Truck Simulator 2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan seputar tutorial ini atau seputar ETS2 silahkan simpan di kolom komentar dibawah. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!