Cara Merubah Kepadatan Traffic Lalu - Lintas di ETS2 - Bisa Macet atau Hilang Semua

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
ETS2
Games
Tutorial
Cara Merubah Kepadatan Traffic Lalu - Lintas di ETS2 - Bisa Macet atau Hilang Semua

Cara Merubah Kepadatan Traffic Lalu Lintas di ETS2 - Bisa Macet atau Lengang

Saat saya bermain game Euro Truck Simulator 2 (ETS2) kadang jalanan terasa sepi padahal itu sudah normal untuk standar eropa. Jadinya kadang saya naikan tingkat kepadatan mobil AI atau traffic saat bermain game ini agar masih berasa bawa di Indonesia. Hehe

Cara merubah kepadatan lalu lintas di game ETS2 sebenarnya sangat mudah, kita hanya perlu memilih tingkat kepadatan dari 1 hingga 10. Tinggat satu berarti paling lengang atau sedikit traffic nya sedangkan tingkat sepuluh akan membuat jalanan langsung ramai dan padat, kadang bisa sampai macet total.

Cara ini juga sering saya gunakan juga saat lalu lintas di perempatan atau di bundaran terkunci dan tidak bergerak. Biasanya saya turunkan dulu level traffic nya kemudian jika sudah lancar saya kembalikan lagi ke level sebelumnya.

Namun sebelum bisa memilih tingkat kepadatan traffic, Anda harus memastikan bahwa game yang Anda mainkan sudah mengaktifkan mode developer. Dengan mengaktifkan mode developer Anda bisa langsung memberi perintah kepada game untuk merubah beberapa pengaturan, termasuk kepadatan lalu - lintas secara instan.

Cara Merubah Kepadatan Lalu Lintas di ETS2 - Bisa Macet atau Lengang

  1. Pastikan Anda sedang membuka game atau memainkan game seperti biasa.
  2. Klik tombol Tilde (`) di keyboard. Tombol ini berada di sebelah kiri tombol "1", dibawah tombol "Esc". Jika tidak ada masalah, kotak perintah khusus developer akan muncul. Jika tidak muncul, berarti Anda harus mengaktifkan mode developer di PC yang Anda gunakan, tutorialnya silahkan lihat di bagian bawah.
  3. Ketik: "g_traffic (0-10)". Angka 0-10 adalah tingkat kepadatan, angka nol (0) berarti sangat lengang (kosong) dan angka sepuluh (10) berarti sangat padat (macet). Contoh, saya ingin menambah kepadatan traffic menjadi sangat penuh atau macet maka saya akan ketik "g_traffic 9" atau "g_traffic 10". Jika saya ingin mengurangi traffic maka saya akan ketik "g_traffic 3", "g_traffic 2", atau "g_traffic 1" untuk traffic paling lengang atau sepi. Jika ingin menghilangkan semua kendaraan saya akan gunakan kode "g_traffic 0".
    Cara Merubah Kepadatan Traffic Lalu Lintas di ETS2 - Bisa Macet atau Lengang
    Contoh kode memilih traffic level 5
  4. Jika sudah memilih tingkat kepadatan antara 1 - 10, silahkan klik tombol "Enter"
  5. Selesai. Tunggu beberapa detik hingga traffic atau mobil - mobil berdatangan atau pergi sesuai tingkat kepadatan yang telah Anda atur diatas.

Silahkan gunakan salah satu kode dibawah ini untuk referensi referensi. Seperti yang telah ditulis diatas, silahkan lakukan eksperimen dengan beberapa level dibawah ini, sampai Anda menemukan pengaturan /kode yang cocok.

  • g_traffic 10 (paling padat /macet)
  • g_traffic 9 
  • g_traffic 8
  • g_traffic 7
  • g_traffic 6
  • g_traffic 5
  • g_traffic 4
  • g_traffic 3
  • g_traffic 2
  • g_traffic 1 (paling lengang/default)
  • g_traffic 0 (tidak ada traffic/kosong)

Seperti yang ditulis diatas, sebenarnya level satu (g_traffic 1) adalah level default atau normal secara standar game. Dibawah level satu itu langsung ke level nol dimana semua kendaraan akan hilang. Jadi jika Anda ingin menghilangkan semua mobil atau traffic di ETS2 anda hanya perlu menggunakan kode "g_traffic 0" kemudian klik Enter dan semua mobil akan hilang.

Selain level satu, jika ingin mendapatkan traffic yang lebih padat silahkan coba mulai dari level 2, level 3, sampai level 10 dan pilih level yang paling cocok untuk Anda.

Cara mengaktifkan mode developer di Game Euro Truck Simulator 2

  • Silahkan tutup game ETS2 (jika masih dimainkan)
  • Buka folder berikut ini: "Documents / Euro Truck Simulator 2"
  • Cari dan buka file bernama "config.cfg" dengan notepad
  • Didalam file config silahkan cari tulisan uset g_developer "0". Rubah angka nol (0) menjadi satu (1) hingga tulisannya menjadi seperti ini: uset g_developer "1".
  • Selanjutnya silahkna cari tulisan uset g_console "0". Rubah angka nol (0) menjadi satu (1) hingga hasilnya seperti ini: uset g_console "1".
  • Simpan perubahan File/Save atau tekan tombol "Ctrl + S" (save).
  • Tutup file kemudian mainkan kembali game dan coba tekan tombol tilde (`). Jika tidak ada masalah sekarang kotak developer akan muncul.

Untuk penjelasan lengkap beserta gambar dan manfaat dari penggunaan mode developer ini silahkan baca di tulisan berikut ini: Cara Mengaktifkan Developer Mode di ETS2 dan Manfaatnya

Tips memilih tingkat kepadatan traffic / lalu - lintas saat bermain

  • Jika Anda menyukai traffic yang padat atau ramai silahkan coba dulu di traffic level 5 (g traffic 5), jika kurang padat Anda bisa meningkatkannya satu level (g traffic 6) dan terus tingkatkan hingga Anda menemukan kepadatan lalu lintas yang pas.
  • Jika Anda menyukai traffic yang lengang silahkan coba di traffic level 4 (g traffic 4). Jika masih terasa padat, silahkan turunkan secara bertahap mulai dari level 3 (g traffic 3), level 2, dan level 1 yang paling lengang dengan traffic.
  • Jika Anda berada di posisi terkunci karena traffic terlalu padat, Anda bisa mencoba menurunkan level kepadatan sementara. Misalnya Anda sedang berada di level 5, silahkan turunkan dulu ke level 1 atau bahkan level nol, hingga jalanan kembali lancar, kemudian setelah lancar silahkan gunakan lagi traffic level 5.
  • level 10 tidak menjamin langsung padat dan macet. Kemacetan biasanya muncul secara alami dan perlu waktu. Semakin tinggi level traffic maka semakin besar kemungkinan munculnya kemacetan yang parah.

Kepadatan di jalan tol akan terlihat berbeda dengan kepadatan di jalur dalam kota walaupun dengan level yang sama. Selalu aktif sesuaikan level traffic agar tidak terkena macet tiba - tiba. Kepadatan siang dan malam juga berbeda, biasanya siang hari akan lebih padat daripada di malam hari.

Semoga tulisan mengenai cara merubah kepadatan traffic lalu lintas di game ETS2 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!