Beranda
Assetto Corsa
Automotive
Games
Tutorial
Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa - Mudah dan Cepat!
Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa - Mudah dan Cepat!

Berikut ini adalah cara mudah dan cepat install atau pasang mod sirkuit di game Assetto Corsa. Dengan cara ini Anda akan bisa memasang atau install sirkuit baru ke game Assetto Corsa hanya dengan beberapa langkah saja.

Umumnya, file mod sirkuit untuk game Assetto Corsa menggunakan file type .ZIP/.RAR jadi jika Anda menemukan file mod selain format zip/rar seperti apk, exe, run, dan sejenisnya, maka Anda perlu memeriksa kembali sumber file tersebut karena bisa jadi itu virus berbahaya. Jadi pastikan file mod sirkuit yang Anda dapatkan menggunakan file type ".zip" atau ".rar" ya.

Beberapa sirkuit ada yang gratis (free) dan ada juga yang berbayar (paid), tergantung dari developer atau pembuat sirkuit nya ya.

Wajib Menggunakan Content Manager

Pada tutorial ini (dan di tutorial Assetto Corsa lainnya di website rinditech.com), Saya akan sering menggunakan aplikasi Content Manager untuk mempermudah proses instalasi atau memperbaiki (troubleshooting) masalah apapun yang berkaitan dengan game Assetto Corsa.

Dengan menggunakan aplikasi Content Manager Saya bisa memangkas beberapa langkah jadi lebih singkat dibandingkan merubah file instalasi game original. Menjadikan proses pemasangan mod lebih mudah dan lebih cepat tentunya.

Content Manager ada versi gratis dan berbayar, jika Anda pengguna casual, Content Manager versi gratis (Lite) sudah cukup, tidak perlu menggunakan versi berbayar. Namun aplikasi ini hanya bisa digunakan untuk Assetto Corsa original ya, dan sudah terhubung ke aplikasi Steam di komputer. Tidak bisa digunakan di game konsol seperti PlayStation atau XBOX.

Maka dari itu, jika Anda belum menggunakan aplikasi Content Manager, dan sebelum lanjut ke tutorial dibawah, silahkan download dan install terlebih dahulu aplikasi Content Manager berikut ini: Latest Content Manager (.zip)

Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa

1. Siapkan File Mod Sirkuit

Siapkan file sirkuit untuk di install. Anda bisa mendapatkannya dari berbagai sumber seperti YouTube, hasil pencarian Google, atau langsung dari website khusus sim racing seperti Race Department, Assetto Corsa Club, Assetto World, dan sumber lainnya (yang terpercaya).

Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa - Mudah dan Cepat!

Pada contoh kali ini Saya akan menginstall mod sirkuit Donington Park (gratis) yang saya download dari website Race Department.

2. Install file Mod Sirkuit

  • Buka aplikasi Content Manager. Jika Anda belum menggunakan aplikasi ini, saya sangat menyarankan agar Anda menggunakan aplikasi Content Manager karena akan sangat memudahkan proses installasi apapun ke game Asseto Corsa contohnya seperti mod sirkuit ini.
  • Biarkan halaman Content Manager tetap terbuka (jangan di minimize).
  • Buka folder tempat Anda menyimpan file sirkuit yang sebelumnya Anda download diatas.
  • Seret dan lepas (Drag and Drop) file sirkuit ke halaman Content Manager yang masih terbuka. Jika tidak ada masalah, akan muncul tanda bahwa aplikasi mendeteksi file atau mod baru. Salah satu tandanya adalah tombol menu berubah warna menjadi hijau.
    Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa - Mudah dan Cepat!
  • Klik tombol menu (tiga garis bertumpuk) disamping tombol Minimize. Menu baru akan muncul dan Anda akan melihat nama mod yang terdeteksi di bagian bawah. 
  • Klik tombol "Install" yang terdapat dibawah nama mod sirkuit yang Anda ingin install.
    Cara Install Mod Sirkuit di Assetto Corsa - Mudah dan Cepat!
  • Jika tidak ada masalah, sistem akan memulai instalasi atau pemasangan mod baru ke game Assetto Corsa Anda. Tunggu hingga proses ini selesai dan muncul notifikasi "Successfully installed".

3. Test Drive Sirkuit

Jika proses instalasi mod berhasil, Anda bisa memilih sirkuit tersebut untuk langsung dicoba. Silahkan lakukan test driver menggunakan mode practice, atau Anda juga bisa langsung balapan di sirkuit yang baru Anda install ini.

Pastikan semua bagian sirkuit bisa digunakan. Jika Ada masalah atau error di beberapa lokasi yang membuat pengalaman membalap Anda terganggun, jangan sungkan untuk melapor ke developer sirkuit nya ya, umumnya mereka akan segera memperbaikinya di update selanjutnya.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan saat menguji sirkuit baru:

  • Desain Sirkuit dan Layout nya
  • Track Limit
  • Dinding pembatas, kerb, bumps
  • Pit Stop dan Pit Lane
  • Pengaruh ke performa PC (Frame Rate, FPS, dll)
  • Kemampuan AI (lawan main)
  • Transisi Siang - Malam dan cuaca
  • HUD dan User Interface (track map, dll)
  • Kualitas visual (Gedung, Pohon, dll)

Apakah cara diatas bisa untuk install mod kendaraan?

Bisa banget!. Cara diatas juga sebenarnya bisa Anda gunakan untuk install mod apapun ke game Assetto Corsa termasuk mod traffic, mod fitur tambahan, mod mobil atau mod kendaraan lainnya. Caranya sama persis dengan cara install mod sirkuit diatas, yang beda hanya di file mod nya saja.

Yang perlu diperhatikan adalah keaslian file mod yang Anda install, pastikan anda mendownload hanya dari sumber - sumber yang terpercaya karena tidak sedikit juga sumber - sumber yang membagikan mod yang rusak atau bahkan tidak berfungsi sama sekali.

Masalah umum yang sering dihadapi

  • File Missing atau corrupted. Pastikan Anda mendownload semua bagian mod, jika perlu lakukan download ulang file mod.
  • Mod tidak muncul didalam game (tidak muncul di daftar sirkuit). Periksa halaman download, pastikan Anda mengerjakan semua langkah yang diperlukan untuk menginstall mod sirkuit tersebut.
  • Game menjadi error (crash atau freez). Pastikan PC Anda memenuhi syarat minimum untuk bermain game Assetto Corsa. Bila perlu turunkan kualitas gambar ke medium, low, atau very-low. Pastikan juga Anda menggunakan driver terbaru untuk graphic card (GPU) yang Anda gunakan.
  • Sirkuit memiliki banyak error atau banyak yang tidak sesuai saat balapan. Pastikan Anda menggunakan mod terbaru (update) dan periksa halaman komunitas mod, biasanya ada yang memiliki masalah yang sama seperti Anda dan jika beruntung Anda juga akan mendapatkan solusinya.
  • Waktu loading sangat lama. Periksa apakah mod sirkuit memiliki banyak aset atau detail yang sangat banyak. Jika Anda masih menggunakan Harddisk untuk menginstall game, pertimbangkan untuk menggunakan penyimpanan yang lebih cepat seperti SSD.

Jika Anda masih mengalami masalah - masalah lainnya, silahkan baca kembali halaman dokumentasi mod atau cari bantuan dari komunitas Assetto Corsa. Perlu diingat bahwa modding seperti ini terkadang masih tahap eksperimen atau uji coba, jadi ada kemungkinan untuk memiliki banyak error.

Semoga tulisan mengenai cara install mod sirkuit di game Assetto Corsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!