Beranda
Assetto Corsa
Games
Tutorial
Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa
Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa

Ingin tampilan di game Assetto Corsa mu menjadi seperti di game Gran Turismo? Mod ini dapat merubah tampilan HUD (Head-up Display) di Assetto Corsa menjadi seperti di tampilan Gran Turismo 7. Termasuk tampilan MFD, Leaderboard, Speedometer, Pedal input, Map, timer, dll.

Untuk mengganti tampilan balapan di Assetto Corsa menjadi seperti balap di game Gran Turismo Anda hanya perlu menginstall file mod HUD GT7. Mod ini gratis dan bisa langsung di download di website Race Department.

Wajib Menggunakan Content Manager!

Mungkin Anda sudah bosan membaca syarat wajib ini tapi saya akan ingatkan lagi, sangat direkomendasikan untuk menggunakan aplikasi Content Manager di PC Anda untuk membuka aplikasi game Assetto Corsa. Banyak sekali kelebihan dari aplikasi ini dan tentunya akan mempermudah proses instalasi apapun yang Anda inginkan di game Assetto Corsa Anda.

Aplikasi ini hanya bisa digunakan di platform PC, untuk Anda yang menggunakan consol seperti XBOX dan PlayStation sepertinya harus tetap menggunakan aplikasi bawaan Assetto Corsa.

Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa

  1. Download file mod HUD GT7 dengan format zip disini: GT7 HUD. Bagi pengguna baru Anda mungkin harus membuat akun dulu untuk bisa download.
    Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa
  2. Buka aplikasi Content Manager
  3. Buka folder tempat mod disimpan di PC. 
  4. Seret dan lepas (Drag n drop) file mod GT7 HUD ke halaman Content Manager. Jika tidak ada masalah, tombol menu di aplikasi Content Manager akan berubah warna menjadi hijau menandakan bahwa aplikasi membaca file mod.
    Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa
  5. Klik tombol menu Content Manager (disamping tombol minimize). Jika tidak ada masalah akan muncul file yang siap di install bernama "GT7 - AC HUD" dengan format zip.
  6. Klik tombol "Install" yang ada di bawah nama mod. Tunggu hingga proses instalasi selesai.
    Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa
  7. Akfitkan mod HUD di in-game. Silahkan mainkan game dengan format apapun (practice, hotlap, race,dll) kemudian aktifkan mod HUD GT7 (G Meter) dari halaman aplikasi seperti biasa. Penjelasan lengkap ada di bagian bawah tulisan ini.

Kami sarankan untuk menggunakan format balapan (race) agar semua parameter yang ada di mod ini terlihat berfungsi atau tidak.

Penjelasan lengkap menggunakan HUD GT7

Cara Pasang HUD Gran Turismo 7 di Game Assetto Corsa

Untuk mengaktifkan mod ini silahkan buka halaman aplikasi / mod saat anda berada di in-game. Cari mod atau app bernama "G Meter". Di dalam applikasi G Meter terdapat berbagai UI yang bisa digunakan seperti dibawah ini:

  • GT7 UI Config (untuk pengaturan tampilan)
  • GT7 Multi-Function Display (MFD)
  • GT7 UI Laps
  • GT7 UI Leaderboard
  • GT7 UI Map
  • GT7 UI Positions
  • GT7 UI Session timer
  • GT7 UI Speedometer
  • GT7 UI Timer

Silahkan klik satu persatu fitur - fitur diatas. Anda juga bisa menggunakan sebagian saja sesuai kebutuhan. Contohnya, saya Anda bisa menggunakan fitur Speedometer dan Map saja dan sisanya bisa menggunakan app lain yang Anda inginkan.

Bisa Menggunakan Intro Balapan seperti di Gran Turismo 7

Salah satu fitur yang saya sendiri terkesan saat mengetahuinya adalah fitur untuk menampilkan intro balapan seperti di game Gran Turismo 7. Saat hitungan mundur, mobil yang akan kita gunakan dalam balapan akan di highlight dari berbagai posisi sampai akhirnya lampu hijau atau mulai balapan.

Kekurangannya menurut saya fitur ini membuat saya menjadi kaget saat lampu merah berhenti menyala (green light) karena saya harus langsung balapan, seperti tidak diberi aba - aba, padahal sudah ada hitungan mundur tapi beda rasanya karena tidak terbiasa.

Terlepas dari kekurangan diatas, saya tetap menyukai konsep intro ini, apalagi saya sering menggunakan cockpit view dimana body atau desain mobil dari luar jarang terlihat. Dengan fitur intro ini livery mobil yang Anda gunakan akan diperlihatkan tepat sebelum balapan dimulai.

Bagaimana jika Mod error tidak bisa digunakan?

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan jika mod error atau bahkan tidak muncul. Pertama, pastikan file yang gunakan tidak corrupt atau rusak sebelum di install, untuk memastikannya Anda bisa melakukan download ulang file mod diatas.

Selanjutnya silahkan coba lakukan restart game atau bisa juga restart PC untuk memastikan aplikasi terinstall sempurna dan tidak ada gangguan apapun dari aplikasi lain di komputer.

Selain itu anda juga bisa melakukan install ulang mod ke halaman Content Manager, lakukan cara yang sama seperti yang telah saya tuliskan diatas bisa jadi ada langkah yang terlewat atau kebetulan saja di percobaan pertama ada gangguan.

Cara terakhir Anda bisa coba install mod secara manual tanpa menggunakan Content Manager. Silahkan extart file mod dan simpan file mod langsung ke folder instalasi game. Simpan di folder apps didalam folder assettocorsa.

Semoga cara pasang HUD Gran Turismo 7 ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!