Beranda
Assetto Corsa
Automotive
Games
Tutorial
Cara Setting Agar Mobil Tidak Rusak di Assetto Corsa (Damage Off)
Cara Setting Agar Mobil Tidak Rusak di Assetto Corsa (Damage Off)

Berikut ini adalah cara mengatur setting agar mobil tidak rusak di game Assetto Corsa. Dengan cara ini mobil tidak akan mendapatkan damage atau kerusakan apapun saat tabrakan antar mobil atau saat menabrak atau menyentuh tembok pembatas. Kita akan atur menjadi no damage atau damage off.

Setelah mobil mendapatkan kerusakan atau mendapatkan damage saat balapan, maka mobil akan menjadi lebih lambat dan sulit untuk dikendarai, bahkan jika kerusakannya parah, mobil tidak akan bisa melaju dan memaksa kita untuk berhenti membalap atau DNF (Did Not Finish).

Menonaktifkan damage juga sangat berguna jika kita sedang latihan di track baru, tidak perlu repot melakukan restart karena damage mobil terlalu berat.

Cara Setting Agar Mobil Tidak Rusak di Assetto Corsa (No Damage)

  1. Buka aplikasi "Content Manager" untuk game Assetto Corsa. Jika anda belum menggunakan Content Manager, silahkan install terlebih dahulu aplikasi ini lalu lanjutkan tutorial ini.
  2. Di halaman utama Content Manager silahkan cari tulisan atau pengaturan "Tyre blankets". Klik tombol menu option (tiga titik berjajar) yang berada di samping kanan tulisan. Jika berhasil akan muncul jendela baru.
  3. Pada pengaturan "Mechanical damage" silahkan kurang atau geser pengaturan ke 0% (nol percent).
    Cara Setting Agar Mobil Tidak Rusak di Assetto Corsa (Damage Off)
  4. Selesai. Silahkan bisa langsung dicoba menggunakan mobil dan track manapun.

Jika anda ingin mengembalikan pengaturan agar mobil menjadi normal kembali (bisa rusak dan mendapat damage) silahkan rubah kembali bagian Mechanical damage ke 100% atau ke persentase manapun yang anda inginkan. Semakin kecil persentase maka akan semakin berkurang efek kerusakan yang akan diterima oleh mobil.

Apa itu mechanical damage?

Mechanical damage di dunia otomotif merujuk pada kerusakan yang dialami mobil yang mengakibatkan kondisi fisik mobil yang tidak normal, contohnya mesin terlalu panas, ban mobil meletus, suspensi bengkok, dll.

Namun ada yang perlu diperhatikan saat bermain game simulasi seperti Assetto Corsa, setiap mobil di desain dengan konsep yang berbeda. Ada kemungkinan kerusakan yang dialami mobil di game tidak akurat dan tidak sama dengan di dunia nyata.

Di dalam game juga terkadang secara visual mobil terlihat masih mulus namun sebenarnya sudah ada yang rusak, begitu pun sebaliknya. Maka tidak disarankan jika anda menggunakan kalkulasi yang ada didalam game ke dunia nyata karena banyak faktor yang bisa berbeda. 

Bagaimana jika mobil masih rusak setelah menonaktifkan (mechanical) damage?

Jika setelah anda menonaktifkan damage mobil masih mendapatkan kerusakan silahkan coba beberapa langkah dibawah ini.

  • Pastikan anda gunakan game Assetto Corsa dengan update terbaru dan juga aplikasi Content Manager dengan update terbaru.
  • Gunakan mobil official atau bawaan game, bisa jadi masalah datang dari mod yang dipasang.
  • Gunakan track atau sirkuit official bawaan game, bisa jadi masalah datang dari mod sirkuit dari pihak ke tiga yang anda install.
  • Restart aplikasi dan periksa kembali pengaturan "mechanical damage", pastikan pengaturannya tetap di 0% (nol persen).
  • Rubah pengaturan mechanical damage ke 100% kemudian coba test balapan. Setelah itu rubah kembali pengaturan ke 0% dan coba lagi di test.

Semoga tulisan mengenai cara setting agar mobil tidak rusak atau tidak mendapatkan damage di game Assetto Corsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!