Top 5 Game Balap Mobil Terbaik Paling Realistis untuk PC

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
Games
Top 5 Game Balap Mobil Terbaik Paling Realistis untuk PC
Top 5 Game Balap Mobil Paling Realistis untuk PC

Berikut ini adalah daftar game balap mobil terbaik paling realistis untuk PC. Daftar ini dikumpulkan dari berbagai pendapat para pembalap khususnya pembalap yang pernah merasakan balap virtual dengan simulator dan pengalaman balapan dunia nyata. Spoiler, Grand Turismo tidak masuk daftar loh!

Game - game yang masuk daftar adalah game simulator balap yang saat ini banyak digunakan di dunia sim racing. Karena ada kata - kata sim racing, maka bermain game ini juga sangat disarankan menggunakan simulator game seperti steering wheel, akan lebih terasa realistis jika menggunakan shifter, handbrake, dll.

Peringkat diukur berdasarkan indikator - indikator berikut ini

  • Kualitas Force Feedback (FFB) di Steering Wheel. Yup! Karena kita membahas game balap mobil terbaik dan paling realistis, maka patokan utamanya adalah kualitas Force Feedback (FFB) di steering wheel ya. Bagaimana pemain bisa benar - benar merasakan seluruh aspek yang ada disekitar mobil secara detail saat balapan. Understeer, Oversteer, jalan licin, efek aerodinamis, kerikil di jalan, dll.
  • Reaksi terhadap lingkungan (Physics). Melihat bagaimana mobil bereaksi terhadap situasi lingkungan, jalan licin, tabrakan, setup mobil, reaksi terhadap angin (aerodinamis), dll.
  • Tidak Melihat harga. Pada daftar ini, harga setiap game tidak mempengaruhi "penilaian". Jadi walaupun sebuah game harganya sangat mahal, tapi jika kualitas nya palin bagus maka akan tetap berada di jajaran paling atas karena harga mahal disini tidak menjadi masalah.
  • Kombinasi Pendapat dari para YouTuber, Pembalap eSports, Pembalap Asli, dan sedikit pendapat saya pribadi yang telah mencoba hampir semua game yang ada.
  • Peringkat bisa berubah sewaktu - waktu. Setiap game selalu memberikan perbaikan secara rutin, maka dari itu bisa saja game dengan posisi terendah tiba - tiba naik pesat karena tim developer telah menemukan formula yang pas agar permainan terasa semakin realistis.

Daftar Game Balap Mobil Terbaik Paling Realistis untuk PC

1. iRacing

Di dunia game balapan atau sim racing, hampir semua orang pasti pernah merasakan atau minimal tahu dengan game iRacing. Walaupun game ini sudah dirilis dari tahun 2008, faktanya game ini masih bersaing dan tetap berada di jajaran paling atas untuk game simulasi balapan paling realistis.

Jika anda mencari kata kunci "the best sim racing game" di YouTube maka game iRacing bisa dipastikan selalu masuk daftar 3 besar. Entah itu dari pembalap virtual maupun pembalap asli, mereka selalu menempatkan iRacing di daftar 3 besar mereka.

iRacing terkenal dengan kualitas physics nya yang bisa dikonversikan menjadi FFB (Force Feedback) di steering wheel yang mendekati dunia nyata. FFB yang baik bisa membantu pembalap lebih memahami karakteristik setiap mobil di setiap keadaan.

Baca juga: Berapa Harga Game iRacing untuk Pemula?

Banyak dari merek mobil ternama juga membuat mobil balap versi digital di game iRacing ini seperti Mercedes, BMW, dll. Mercedes mulai bekerja sama dengan iRacing untuk membuat mobil Formula 1 W12, dan W13 versi digital lengkap dengan spesifikasi dan karakteristik yang sama dengan mobil aslinya.

BMW juga telah bekerjasama dengan iRacing untuk membuat mobil balap LMDh (Le Mans Daytona hybrid) BMW M Hybrid V8 yang akan mengikuti berbagai balapan internasional seperti IMSA dan 24 Hours of Daytona.

Dan masih banyak mobil balap lainnya yang tersedia dan memiliki lisensi dari brand - brand resmi. Selain mobil dengan lisensi asli, sirkuit atau track yang tersedia juga berkualitas laser scanned yang berarti memliki kualitas yang sangat detail sama seperti keadaan aslinya.

Selain terkenal dengan game balap paling realistis, sayangnya game ini juga terkenal dengan game balapan yang paling mahal. Game ini bersifat langganan dimana game ini tidak bisa dibeli secara permanen, melainkan kita harus membayar biaya langganan atau istilahnya subscriptions.

Selain harus membayar biaya langganan, sebagian konten yang terdia juga harus 'dibeli' seperti sirkuit dan berbagai jenis mobil balap.

  • Harga iRacing di Steam: $ 9.99 (Rp 99.999,-) /per bulan (langganan)

2. Assetto Corsa Competizione (ACC)

Ini adalah salah satu game balapan favorit saya, selain terasa sangat realistis saat dimainkan, game ini juga salah satu game mobil balap yang memiliki tampilan visualisasi (graphics) yang sangat bagus, mungkin paling bagus diantara semua game balapan yang ada didalam daftar ini.

Game ACC ini fokus terhadap balapan mobil di kelas GT3, GT4, dan sejenisnya. Karena jenis - jenis mobil ini bisa dibilang spesifik, membuat pengembangan game menjadi lebih baik dan terfokus. Game ACC ini bisa dibilang spesialisasinya memang di mobil - mobil GT3, GT4, dan sejenisnya.

Walaupun iRacing berada di posisi pertama, namun jika kita persempit di jenis GT3 dan GT4 saja, maka game Assetto Corsa Competizione bisa dibilang lebih baik. Ditambah, game ACC ini bisa dimainkan tanpa koneksi internet, jadi jika anda sedang mencari game balap mobil offline, game ini cocok untuk anda.

Baca juga: Spek Minimal PC untuk main Assetto Corsa Competizione

Game ACC (Assetto Corsa Competizione) adalah penerus dari game sim racing Assetto Corsa (AC), walaupun dari segi nama hampir sama tetapi game ACC diklaim sebagai game yang menggunakan game engine terbaru yang jauh lebih baik daripada game sebelumnya (AC).

Walaupun harga game ACC masih termasuk diatas rata - rata (lumayan mahal), namun jika dibandingkan dengan iRacing, harga game ACC masih masuk akal karena tidak menggunakan model langganan seperti iRacing. Untuk bermain game ini kita hanya perlu membeli game satu kali dan kepemilikan bersifat seumur hidup.

  • Harga Assetto Corsa Competizione di Steam: $ 39.99 (Rp 449.000,-)

3. rFactor 2

Hampir sama dengan game ACC, rFactor 2 memiliki kualitas FFB yang sangat baik. Jenis mobil yang tersedia juga lebih bervariasi dari game ACC, rFactor 2 memegang lisensi mobil listrik Formula E, Indycar, dan mobil - mobil balap lainnya seperti game iRacing.

Saya pribadi suka dengan rFactor 2 karena saat membawa mobil di game ini saya benar - benar bisa merasakan ban mobil yang menyentuh jalan. Memang agak sulit jika di deskripsikan, namun jika anda mencobanya sendiri (dengan steering wheel tentunya), maka anda akan mengerti maksud saya.

Baca juga: Download Sirkuit Mandalika Gratis untuk Game rFactor 2

Namun sepertinya developer rFactor 2 harus meniru apa yang dilakukan oleh game ACC dalam hal perkembangan. Game rFactor 2 sudah sangat layak untuk masuk daftar game paling realistis, namun sepertinya masih kalah pamor dengan game ACC. Sama seperti game ACC, rFactor game balap ini juga bisa dimainkan secara offline.

  • Harga rFactor 2 di Steam: $31.99 (Rp 149.000,-)

4. Assetto Corsa

Di dunia sim racing atau balapan virtual, nama Assetto Corsa sudah menjadi game legendaris dan game yang wajib dimiliki oleh setiap penggemar game balap. Selain harganya yang sudah sangat murah, game ini masih memiliki banyak penggemar.

Walaupun umur game ini sudah sangat tua, dari segi FFB (Force Feedback) game AC ini masih bisa diandalkan dan masih bisa dinikmati oleh berbagai kalangan. Bahkan untuk mobil balap jenis baru pun masih enak dibawa di game jadul ini.

Walaupun pihak pengembang (Kunos) sudah tidak memberikan konten baru, tetapi banyak pengembang dari pihak ketiga yang terus memproduksi konten - konten baru (mobil, sirkuit, dll) untuk game ini.

Jika dilihat dari jumlah pemain harian, game asseto corsa ini bisa mengalahkan jumlah pemain harian game ACC, rFactor 2, dan bahkan game iRacing. Sama seperti game ACC dan rFactor 2, game balap mobil ini juga bisa dimainkan secara offline, tidak perlu koneksi internet terus - menerus.

  • Harga Assetto Corsa di Steam: $ 19.99 (Rp 108.999,-)

5. Automobilista

Secara pribadi saya hanya bermain game ini sebentar karena saya merasa tidak cocok dengan FFB nya, mungkin perlu dilakukan beberapa penyesuaian dulu ya biar mainnya lebih nyaman. Tetapi di kalangan YouTuber lain seperti Jimmy Broadbent, game ini masuk kedalam daftar game balap yang realistis.

Sama seperti game rFactor 2, game Automobilista ini sepertinya sudah kalah pamor dengan game balap yang baru atau game balap besar seperti iRacing. Jumlah konten nya yang terbatas dan juga sepertinya developer game ini harus membagi fokus ke game terbaru mereka yaitu Automobilista 2.

Walaupun begitu, dari segi realistis, game ini termasuk salah satu game yang paling realistis dari segi FFB. Game ini juga bisa dimainkan secara offline, koneksi internet hanya diperlukan saat intall, update dan saat bermain online tentunya.

  • Harga Automobilista di Steam $ 24.99 (Rp 119.999,-)

Bonus: BeamNG.drive

Game Beam NG terkenal dengan physics nya yang sangat realistis, apalagi jika dipakai untuk simulasi kecelakaan atau tabrakan, hasilnya sangat mendekati dunia nyata. Namun dari sisi lainnya, Beam NG nampaknya masih tertinggal.

Menurut saya pribadi game beam NG sangat nyaman digunakan untuk permainan casual seperti mengendarai mobil umum (road car) atau menjelajah hutan dan gurun menggunakan mobil trail. Namun untuk balap sepertinya masih perlu peningkatan.

Perbaikan dan penambahan konten mobil balap di Beam NG sudah mulai terlihat, semoga kedepannya bisa bersaing seperti game Assetto Corsa. Game mobil balap ini juga bisa dimainkan secara offline dan saya pribadi sering bermain solo secara offline di game ini. Game ini juga termasuk game paling ringan diantara semua game yang ada diisini, jadi jika anda masih menggunakan PC jadul, bisa mencoba game ini.

  • Harga game BeamNG.drive di Steam $ $24.99 (Rp 119.999,-)

Baca juga: Cara Install mod Game BeamNG

Sangat Disarankan Bermain Menggunakan Steering Wheel dengan FFB (Force Feedback)

Karena disini kita akan mengejar sisi "realistis" maka saya sangat menyarankan anda untuk bermain game - game diatas menggunakan Steering Wheel yang memiliki fitur FFB (Force Feedback). Dengan begitu, anda dapat merasakan seluruh potensi yang ada pada game.

FFB atau Force Feedback dapat memberikan kita sensasi berkendara, bukan hanya sekedar getaran seperti di controller. Dengan FFB kita dapat merasakan saat mobil understeer atau oversteer, atau saat mobil ditabrak akan terasa sumber kontak, apakah itu dari kiri/kanan, depan/belakang, dll.

Jalanan licin atau berkerikil pun akan terasa jika kita menggunakan fitur FFB di setir game yang kita gunakan. Jalan aspal akan terasa berbeda dengan jalan tanah atau berpasir, dan perbedaan itu hanya akan terasa jelas saat kita menggunakan steering wheel dengan fitur Force Feedback.

Grand Turismo, F1 22, Forza Horizon 5, dll tidak masuk daftar?

Game - game seperti Grand Turismo, Forza Horizon, F1 22, dll memang memiliki banyak penggemar dan kualitas game secara keseluruhan juga sangat baik, saya juga sering dan senang main game F1 22. Namun jika melihat sisi realistis, game - game ini masih "terlalu baik" dalam sisi force feedback.

Jika daftarnya kita tambah menjadi top 10 sepertinya game - game ini akan masuk daftar, namun karena posisi nya hanya 5 spot jadi standarnya harus tinggi ya.

Sebagai contoh, pada game Forza Horizon 5, tampilannya sangat memukau dan jika ada kontes visual atau grafis saya yakin game Forza Horizon akan selalu masuk 3 besar. Namun jika dilihat dari sisi Force Feedback dan realistis, banyak dari para sim racer mengkategorikan game ini sebagai game arcade atau simcade atau simulator-arcade (bukan murni simulator).

Force feedback yang diberikan tidak begitu detail, seperti perpindahan jalan aspal ke jalan berlumpur tidak terasa di steering wheel, atau ketika mobil mendapatkan kontak atau terbang, perhitungan physics nya tidak akurat. Dan contoh - contoh lainnya yang membuat game ini tidak masuk daftar game balap mobil terbaik paling realistis.

Ramah pemain casual

Keuntungan game - game yang bukan simulator murni ini adalah game - game tersebut masih bisa dimainkan dengan nyaman walaupun menggunakan controller seperti stik PS4 atau stik XBOX. Bahkan ada yang masih nyaman dimainkan menggunakan keyboard.

Jadi jika anda hanya ingin melepas stress atau bermain sebentar, game - game simcade atau game balap yang ramah controller ini sangat disarankan. Berbeda jika menggunakan steering wheel, kita harus mempersiapkannya terlebih dahulu dan itu bisa memakan waktu.

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!