Beranda
Assetto Corsa
Formula 1
Games
Tutorial
Cara Menginstal Sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa

Cara Menginstal Sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa

Apakah Anda penggemar Formula 1 dan ingin merasakan sensasi mengemudi di sirkuit Madrid Grand Prix Spanyol yang baru diumumkan? Jika iya, Anda (dan saya) beruntung, karena ada mod gratis untuk game Assetto Corsa yang bisa anda gunakan!. Dalam tutorial ini, saya akan menunjukkan cara menginstal mod sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa dan sedikit menjelaskan beberapa fitur dari mod yang dibuat secara kilat ini.

Saya pribadi kagum dengan seberapa cepat para modder membuat mod ini, hanya dalam waktu 2 hari dari pengumuman resmi F1, mod ini sudah selesai dan siap diunduh di situs Race Department. Besar kemungkinan mereka sudah mulai mengerjakan proyek ini jauh sebelum pengumumannya tetapi tetap saja itu semua tidak mudah dilakukan, dan yang paling penting adalah, mod ini gratis!

Mod track F1 Madrid dibuat oleh Tyrone - Nukedrop Mods, seorang modder berbakat yang juga telah membuat sirkuit F1 lainnya seperti Jeddah dan Las Vegas. Mod ini berdasarkan pada jalan-jalan umum Madrid, digabungkan dengan rencana layout yang dirilis pada 23 Januari 2024. Mod ini tidak ada afiliasi dengan Formula 1 atau anak perusahaan mana pun dan hanya untuk penggunaan pribadi (tidak untuk dikomersilkan).

Fitur-fitur yang akan Anda dapatkan dari mod sirkuit F1 Madrid:

  • Bisa menggunakan hingga 32 AI (lawan)
  • Lampu Malam dasar dan beberapa lampu jalan (tidak ada lampu balap untuk malam di sekitar lintasan karena pengembang (modder) mengasumsikan bahwa balapan F1 akan berlangsung pada siang hari)
  • Kamera Replay
  • Kompatibilitas dengan PURE shader terbaru

Mod ini gratis untuk diunduh dan digunakan, tetapi Anda harus memiliki Content Manager dan Custom Shaders Patch yang sudah terinstal agar mod ini berfungsi dengan baik. Content Manager adalah peluncur kustom (custom launcher) dan aplikasi pengelolaan konten untuk game Assetto Corsa, dan Custom Shaders Patch adalah kumpulan shader dan fitur yang meningkatkan grafis dan physics permainan. Anda dapat menemukan informasi lebih lanjut dan tautan unduhan (link download) di halaman pengembang (tautan ada di bawah).

Dalam tutorial ini, saya akan menunjukan langkah-langkah berikut:

  • Mengunduh mod sirkuit F1 Madrid dari halaman website RaceDepartment
  • Menginstal mod menggunakan Content Manager
  • Menjalankan mod dan menyesuaikan pengaturan
  • Menggunakan mod dan membahas solusi dari beberapa masalah yang umum terjadi

Setelah membaca tutorial ini, harapannya Anda bisa balapn di sirkuit F1 Madrid di game Assetto Corsa dan merasakan tantangan berbeda dari sirkuit baru ini. Kita lanjut ke tutorial!

Unduh mod sirkuit F1 Madrid dari RaceDepartment

Langkah pertama adalah mengunduh mod sirkuit F1 Madrid dari website RaceDepartment, sebuah situs web yang menyediakan banyak mod dan add-on untuk berbagai simulator balap, termasuk Assetto Corsa. Anda dapat mengunduh mod sirkuit F1 Madrid di sini (Madrid - Gran Premio De Espana 2026). Anda harus membuat akun (gratis) atau masuk dengan akun yang sudah ada untuk mengunduh mod ini.

Cara Menginstal Sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa

Setelah Anda berada di halaman mod, baca semua informasi mengenai mod tersebut dan kemudian klik tombol Unduh atau "Download". Ukuran file mod ini sekitar 179 MB dalam bentuk zip, mungkin akan lebih besar setelah diinstal di game.

Saat saya menulis tutorial ini, nama file nya adalah "madrid_2026_RELEASE", mungkin akan berubah ketika ada pembaruan.

Install mod menggunakan Content Manager

Langkah berikutnya adalah menginstal mod menggunakan Content Manager (custom launcher dan aplikasi pengelolaan konten untuk Assetto Corsa di PC). Jika Anda belum menggunakan Content Manager, Anda dapat mengunduhnya dari sini (versi Lite). Proses instalasinya mudah tetapi Anda mungkin memerlukan referensi untuk beberapa rekomendasi pengaturan, Anda dapat menemukannya di YouTube atau forum - forum online yang membahas tentang Content Manager.

Cara Menginstal Sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa

Untuk menginstal mod menggunakan Content Manager, silahkan buka aplikasi Content Manager kemudian "seret dan lepas" (Drag and drop) file sirkuit yang baru Anda unduh ke jendela Content Manager. Anda akan melihat popup di sudut yang mendeteksi file baru untuk di isntall, Anda hanya perlu mengklik tombol "Install" dan proses instalasi akan dimulai.

Setelah selesai, Anda akan melihat sirkuit F1 Madrid di daftar sirkuit di aplikasi Content Manager, dengan tanda titik hijau di sebelahnya (menandakan bahwa itu adalah konten yang baru diinstal). Ini berarti mod berhasil diinstal dan siap digunakan.

Jalankan mod dan Sesuaikan pengaturan

Langkah terakhir adalah meluncurkan mod dan menyesuaikan pengaturan sesuai keinginan Anda. Untuk meluncurkan mod, klik tab Drive di bagian atas Content Manager, dan pilih mode yang ingin Anda mainkan. Anda dapat memilih dari mode Single, Hotlap, Time Attack, Race, Drift, Drag Race, dan Online. Untuk uji coba singkat, saya sarankan Anda memilih mode "Single", yang memungkinkan Anda untuk melakukan uji coba singkat di lintasan sirkuit dengan melawan AI, atau Anda juga bisa hanya mengemudi sendiri dengan mode "Practice" atau "Hotlap /Time Trial".

Selanjutnya, klik tombol Track dan pilih sirkuit F1 Madrid (Madrid 2026) dari daftar. Anda juga dapat menggunakan kotak pencarian agar lebih mudah ditemukan. Anda akan melihat pratinjau sirkuit, dengan beberapa informasi dan opsi. Anda dapat menyesuaikan pengaturan sirkuit seperti waktu hari, cuaca, suhu, angin, dan grip.

Cara Menginstal Sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa

Selanjutnya, klik tombol Car dan pilih mobil yang ingin Anda kendarai. Anda dapat memilih dari mobil-mobil yang tersedia dari game Assetto Corsa, atau salah satu mod yang telah Anda instal. Selanjutnya, klik tombol Opponents (jika Anda ingin balapan melawan AI) dan pilih jumlah dan jenis lawan yang ingin Anda lawan.

Selanjutnya Anda dapat memilih dari sesi Practice, Qualify, dan Race, dan mengatur batas waktu atau jumlah putaran (lap) untuk setiap sesi. Terakhir, klik tombol "Go!" atau "Start" dan tunggu game untuk dimuat. 

Setelah game dimuat, Anda akan melihat tampilan kokpit mobil Anda, dengan beberapa elemen HUD di layar. Anda mungkin perlu mengatur beberapa tombol pengaturan jika ini pertama kali Anda menggunakan aplikasi Content Manager.

Solusi untuk beberapa masalah yang umum terjadi

Jika Anda mengalami masalah dengan mod, seperti crash, glitch, atau kesalahan, Anda dapat mencoba langkah-langkah pemecahan masalah berikut:

  • Pastikan Anda memiliki versi terbaru dari Assetto Corsa, Content Manager, dan Custom Shaders Patch terinstal dan diperbarui.
  • Pastikan Anda memiliki driver (firmware) terbaru untuk kartu grafis (GPU) dan soundcard Anda terinstal dan diperbarui.
  • Pastikan Anda memiliki ruang penyimpanan dan memori yang cukup agar game dan mod berjalan lancar.
  • Pastikan Anda memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat jika Anda bermain secara online.
  • Pastikan Anda memiliki pengaturan dan kompatibilitas yang benar untuk monitor, keyboard, mouse, pengontrol, atau setir Anda.
  • Pastikan Anda memiliki izin yang benar dan pengaturan firewall untuk game dan mod untuk mengakses sistem dan jaringan Anda.
  • Pastikan tidak ada program atau proses lain yang berjalan di latar belakang yang dapat mengganggu permainan dan mod.
  • Pastikan tidak ada mod atau add-on lain yang terinstal yang dapat memberikan masalah kepada mod atau menyebabkan masalah kompatibilitas.
  • Pastikan Anda telah mengunduh dan menginstal mod dengan benar dan lengkap, dan pastikan Anda tidak memiliki file yang rusak atau hilang. Untuk jaga - jaga silahkan download ulang file mod dan ulangi langkah - langkah diatas
  • Pastikan Anda telah mengikuti petunjuk dan rekomendasi dari pembuat mod dari halaman mod.

Jika dari langkah-langkah diatas tidak ada yang berhasil, Anda dapat menghubungi pembuat mod atau situs web mod untuk bantuan dan dukungan lebih lanjut. Anda juga dapat memeriksa halaman mod untuk pembaruan, patch, atau perbaikan yang mungkin mengatasi masalah Anda. 

Jangan lupa juga untuk memeriksa komentar dan ulasan mod untuk saran atau solusi dari pengguna lain yang mungkin mengalami masalah yang sama.

Saya harap tutorial ini dapat membantu Anda untuk menginstal dan menikmati mod sirkuit F1 Madrid di Assetto Corsa. Mod ini adalah cara yang tepat dan murah untuk merasakan sirkuit Formula 1 baru yang akan debut pada tahun 2026. 

Jika Anda memiliki pertanyaan, jangan ragu untuk bertanya kepada saya di kolom komentar di bawah ini seperti biasa. Jika Anda menyukai tutorial ini, silakan bagikan dengan teman dan jangan lupa untuk tinggalkan komentar positif. Selamat menikmati track baru F1 Madrid!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!