Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap

Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap

Berikut ini adalah cara memperbaiki atau fix konsumsi bahan bakar di Assetto Corsa yang membuat AI masuk Pit setiap 2 lap. Dengan cara ini kita akan merubah konsumsi bahan bakar komputer (AI) menjadi lebih realistis dan tidak selalu masuk PIT setiap 2 lap sekali (error). Dengan cara ini juga kita bisa mengatur Mandatory PIT STOP.

Untuk memperbaiki error konsumsi bahan bakar AI di Assetto Corsa kita perlu merubah nilai jarak tempuh mobil /per liter. Kemudian kita juga perlu merubah nilai konsumsi bahan bakar /per 1000 liter di bagian folder data setiap mobil. Untuk dapat merubah data tersebut kita perlu mengaktifkan mode developer.

Sebelum memulai, saya sarankan anda untuk mencatat dahulu berapa liter bahan bahar atau bensin yang digunakan AI sebelum melakukan perubahan ini, bila perlu catat juga penggunaan bahan bakar untuk setiap 1 lap. Nanti kita bandingkan setelah melakukan perubahan dibawah ini. 

Dibawah ini saya menggunakan mobil Indycar sebagai contoh, jika anda menggunakan mobil lain silahkan sesuaikan dengan data mobil tersebut di kehidupan nyata. Silahkan gunakan google search untuk mendapatkan data seputar mobil yang ingin digunakan seperti kapasitas tanki bensin, penggunaan /per kilo meter, dll.

Baca juga: Fix Error Cuaca Tidak Berubah di Assetto Corsa

Fix Error Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Pit setiap 2 Lap

Agar lebih mudah dipahami, disini saya akan menggunakan mobil Indycar (APEX INDYCAR ROAD) sebagai contoh di sirkuit St. Petersburg dengan jumlah 10 lap. Silahkan terapkan juga cara yang sama di mobil yang anda ingin rubah konsumsi bahan bakar nya.

Sebagai perbandingan, pada settingan default (sebelum dirubah) AI menggunakan bensin 19 liter dan setiap lap nya bisa menghabiskan sekitar 7 liter, jadi setiap 2 lap mereka harus masuk PIT untuk isi ulang bahan bakar.

Setelah melakukan perubahan, AI di awal menggunakan bahan bakar sebanyak 23 liter dan setiap lap nya bisa menghabiskan (rata - rata) 2 liter. Setelah perubahan ini penggunaan bahan bakar menjadi lebih natural dan yang paling penting, mereka jadi tidak perlu masuk PIT hingga akhir balapan

Baca juga: Cara Pasang File Setup JSON di Game Assetto Corsa Competizione 

1. Aktivasi Mode Developer di Content Manager & Unpack file data.acd 

  1. Pertama, silahkan buka aplikasi Content Manager
  2. Selanjutnya buka menu >About
  3. Dibawah logo Content Manager ada tulisan "Version: 0.8.2393.....", Silahkan klik 8-12 kali tepat di tulisan "Version" hingga notifikasi atau popup muncul yang memberitahukan bahwa kita sudah mengaktifkan Mode Developer. Jika tidak ada respond atau tidak ada notifikasi yang muncul, ada kemungkinan mode developer sudah aktif sebelumnya.
    Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap

  4. Selanjutnya silahkan buka menu >Content, kemudian pilih sub-menu >Cars
  5. Pilih mobil yang ingin di edit penggunaan bahan bakar nya
  6. Klik tulisan "Unpack data" (biasanya ada di bagian bawah aplikasi). Jika berhasil sistem akan otomatis membuka folder data yang sebelumnya memiliki filetype "data.acd". Jika tulisan Unpack data tidak ada (tidak bisa di klik) maka kemungkinan besar anda belum berhasil mengaktifkan mode developer, silahkan ulangi lagi cara diatas. Jika sudah berhasil silahkan lanjutkan ke langkah ke-2 dibawah.
    Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap

2. Edit Konsumsi Bahan Bakar /per Kilometer

  1. Pada folder "data" diatas, silahkan buka file "fuel_cons.ini". Di folder ini saya menemukan tulisan "KM_PER_LITER=2" yang berarti mobil Indycar ini mengkonsumsi bahan bakar 1 liter untuk setiap 2 kilometer yang ditempuh.
  2. Disini saya membandingkannya dengan konsumsi BBM Indycar yang asli (real life), setelah melakukan pencarian di google ternyata mobil Indycar (rata- rata) bisa menempuh 1.7 km /per liter. Jadi saya rubah data di file fuel_cons.ini dari "KM_PER_LITER=2" menjadi "KM_PER_LITER=1.7".
  3. Setelah melakukan perubahan diatas silahkan simpan/Save (Ctrl+S) kemudian tutup/close halaman fuel_cons ini. Silahkan lanjutkan ke langkah ke-3 dibawah.
Setelah melakukan perubahan ini, AI Indycar yang tadinya membawa bahan bakar 19 liter, berubah menjadi 23 liter.

3. Edit Konsumsi Bahan bakar /per 1000 liter

  1. Masih di folder "data", silahkan buka file dengan nama "car.ini"
  2. Cari data dengan tulisan CONSUMPTION (diatasnya terdapat tulisan "FUEL"), pada contoh di file mobil Indycar disana tertulis "CONSUMPTION=0.0038" Silahkan rubah nilai "0.0038" hingga anda menemukan angka yang pas untuk penggunaan bahan bakar yang paling mendekati ke kondisi nyata. Semakin kecil angka, maka semakin sedikit bahan bakar yang dibutuhkan. Jika anda bingung silahkan ikuti cara saya dibawah ini.
  3. Setelah melakukan beberapa kali eksperimen saya menemukan nilai yang cocok (sweet spot) di angka 0.001 (satu per seribu), jadi saya rubah dari "CONSUMPTION=0.0038" menjadi "CONSUMPTION=0.001". Setelah melakukan perubahan ini, penggunaan bahan bakar AI dari awalnya (rata - rata) 7 liter /lap menjadi 2 liter /lap.
    Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap

  4. Jika sudah merubah data diatas silahkan Save (Ctrl+S) kemudian tutup file.
  5. Di aplikasi Content Manager silahkan klik tulisan >Pack data. Akan ada jendela konfirmasi untuk replace data, klik tombol >Yes. Tunggu sebentar hingga folder mobil terbuka kembali.
  6. Silahkan hapus/delete folder "data". Ingat ya, hapus FOLDER dengan tulisan "data", BUKAN file "data.acd". Jika sudah, silahkan tutup jendela (close) tersebut.
  7. Kemudian silahkan coba main /balap lagi di game Assetto Corsa dengan skenario yang sama, jika berhasil AI (komputer) akan menggunakan bahan bakar menyesuaikan dengan jumlah lap / waktu balapan.
  8. Selesai. Silahkan bandingkan jumlah bahan bakar yang digunakan sebelum dan sesuah melakukan penyesuaian ini.

Setelah melakukan perubahan ini, AI yang awalnya mengkonsumsi bahan bakar 7 liter /per lap, berubah menjadi 2 liter /per lap, menyesuaikan dengan data konsumsi bahan bakar /per kilometer diatas. Angka ini juga hampir sama dengan penggunaan bahan bakar di balapan Indycar di real life.

Cara Setup Mandatory Pit Stop

Perlu diketahui bahwa di game Assetto Corsa, AI melakukan PIT bukan karena kondisi ban yang mau habis, tetapi karena jumlah bahan bakar yang sudah menipis. Dengan begitu jika kita ingin menerapkan mandatory PIT Stop dengan AI maka kita harus merubah data bahan bakar.

Cara yang paling mudah adalah dengan merubah rasio fuel consumption di halaman utama Content Manager dan cara lainnya adalah merubah max fuel di database mobil. Untuk caranya silahkan ikuti langkah - langkah dibawah ini. Silahkan pilih salah satu.

Merubah rasio fuel consumption 

  1. Silahkan atur balapan seperti biasa di halaman Content Manager.
  2. Pada halaman utama Content Manager silahkan klik tombol race options (icon tiga titik di samping tulisan Tyre blankets) hingga muncul menu popup.
  3. Pada menu popup yang muncul silahkan geser atau rubah bagian Fuel consumptions menjadi 2x atau angka lainnya (yang penting lebih dari 1x).
  4. Silahkan lanjut coba balapan seperti biasa. Jika berhasil penggunaan bahan bakar akan lebih banyak dari yang seharusnya. Contohnya, jika kita pilih 2x, maka bahan bakar akan habis tepat ditengah balapan dan akan membuat AI masuk PIT untuk isi ulang bensin. 

Saya sarankan perubahan fuel consumption paling banyak di angka 2x, karena kalau lebih dari itu kemungkinan besar AI akan masuk PIT lebih dari satu kali di satu balapan karena konsumsi bahan bakar yang terlalu ekstrim.

Merubah kapasitas maksimal bahan bakar

  1. Silahkan buka kembali file "car.ini" seperti cara diatas (bagian: Edit konsumsi bahan bakar /100 liter)
  2. Cari data dengan tulisan "MAX_FUEL=...." Silahkan rubah data tersebut agar maksimal penggunaan bahan bakar dibatasi sehingga AI akan masuk PIT di tengah balapan, seperti mandatory pit stop.
  3. Contoh. Jika dalam satu balapan anda hanya membutuhkan bahan bakar 30 liter, dan disana tertulis MAX_FUEL=70, maka silahkan rubah angka 70 menjadi dibawah 30 (contoh: MAX_FUEL= 20). Dengan begitu AI terpaksa harus masuk PIT di tengah race (atau sebelum finish) karena tidak cukup bahan bakar sampai akhir balapan.
  4. Silahkan simpan perubahan (Ctrl+S) kemudian jangan lupa klik tombol "Pack data" agar mobil bisa digunakan.
  5. Selesai. Silahkan coba test balapan lagi. Jika berhasil AI akan masuk pit ditengah balapan karena tidak cukup bahan bakar untuk menyelesaikan balapan.

Karena perubahan ini bersifat manual, maka jangan lupa untuk merubah kembali data ini ke nilai default setelah selesai balapan agar maksimal bahan bakar kembali ke kapasitas normal.

Sebenarnya merubah bagian konsumsi bahan bakar /1000 liter juga bisa membuat AI masuk pit, namun sepertinya angkanya terlalu detail dan tidak mudah diingat, jadi yang paling memungkinkan dan mudah adalah merubah kapasitas tangki bahan bakar atau merubah rasio fuel consumption. 

Semoga tulisan mengenai cara Fix Error Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa yang membuat AI masuk Pit Stop setiap 2 lap ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! #beWiseUser!

COMMENTS

BLOGGER
Name

Accessories,6,Adobe,3,Android,35,Apple,32,Apps,15,ASUS,16,Automotive,17,Biografi,3,Blackberry,12,Blogging,16,Computer,6,Corel,12,Crime,29,Design,9,Facebook,25,Finance,51,Formula 1,8,Formula E,2,Games,44,Google,25,HTML,5,Instagram,18,Internet,70,Microsoft,24,Modem,10,Motorola,3,Muslim Corner,11,News,251,OPPO,1,Peraturan,8,PlayStation,3,Productivity,36,Review,54,Robot,1,Samsung,22,Security,48,SEO,1,Smartphone,6,Social Media,55,Software,22,Sony,6,Sponsored,4,Telegram,2,TikTok,2,Tips 'n Trick,285,Toko Online,51,Tutorial,321,Virtual Reality,1,WhatsApp,28,Windows,12,XBOX,4,Xiaomi,29,YouTube,18,
ltr
item
Rindi Tech: Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap
Fix Konsumsi Bahan Bakar di Assetto Corsa - AI Masuk PIT Setiap 2 Lap
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhP3OfpYeOB6LU5hN5YoUzRjtqoYdkAy0pqd0R19qY6B4l94GQPi5jBMkETtIgrTy5R3bz9GUAwpmrUMIryILz6B9WmIOAorAZurj2k_qZO_a-vscHUmjRvoO92aqQpnnxSucFEFFYt5Pj--tc_fzdZ4eefNSS8Fg24P7XWcmWhzzqsNIISjy-I__ER7Q=w640-h360
https://blogger.googleusercontent.com/img/a/AVvXsEhP3OfpYeOB6LU5hN5YoUzRjtqoYdkAy0pqd0R19qY6B4l94GQPi5jBMkETtIgrTy5R3bz9GUAwpmrUMIryILz6B9WmIOAorAZurj2k_qZO_a-vscHUmjRvoO92aqQpnnxSucFEFFYt5Pj--tc_fzdZ4eefNSS8Fg24P7XWcmWhzzqsNIISjy-I__ER7Q=s72-w640-c-h360
Rindi Tech
https://www.rinditech.com/2022/03/fix-konsumsi-bahan-bakar-di-assetto-corsa.html
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/
https://www.rinditech.com/2022/03/fix-konsumsi-bahan-bakar-di-assetto-corsa.html
true
2075561899425353581
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content