Beranda
Assetto Corsa
Games
Tutorial
Solusi Error Cuaca Tidak Berubah di Assetto Corsa
Solusi Error Cuaca Tidak Berubah di Assetto Corsa

Berikut ini adalah solusi error cuaca tidak berubah di Assetto Corsa. Sudah merubah cuaca ke clear namun tetap bersalju, atau sebaliknya sudah merubah cuaca bersalju namun tetap cerah, mungkin ini solusinya. Masalah ini biasanya 'menghinggapi' anda yang menggunakan aplikasi Content Manager.

Bagaimana cara mengatasi error cuaca yang tidak berubah di game Assetto Corsa? Caranya kita hanya perlu merubah bagian modifikasi cuaca di bagian Custom Shader Patch. Pada pengalaman saya, setelah melakukan perubahan tersebut, pengaturan cuaca langsung kembali normal dan sesuai dengan pengaturan yang saya inginkan.

Sebelumnya, jika saya mengatur cuaca ke clear (cerah) tampilan di game malah bersalju, dan meskipun saya ganti ke cloudy (berawan) dan pengaturan kering lainnya, cuaca di permainan tetap bersalju. Ternyata hal ini dikarenakan cuaca game diatur mengikuti cuaca/musim di tempat aslinya.

Jadi jika anda bermain game di bulan Desember atau Januari, kemungkinan besar di game Assetto Corsa akan terus bersalju jika bermain di wilayah yang memiliki cuaca bersalju (Winter) seperti di sirkuit Silverstone, Inggris.

Solusi Error Cuaca Tidak Berubah di Assetto Corsa

  1. Silahkan buka aplikasi Content Manager untuk Assetto Corsa
  2. Buka halaman "Settings"
  3. Kemudian buka sub-menu "Custom Shaders Patch"
  4. Selanjutnya silahkan buka pengaturan "Weather FX"
  5. Kemudian nonaktifkan atau hilangkan ceklis (Uncheck) pada bagian "Use Seasonal Adjustment"
    Solusi Error Cuaca Tidak Berubah di Assetto Corsa
  6. Optional (langkah ini tidak wajib). Setelah merubah bagian Seasonal Adjustment, jika perlu silahkan simpan pengaturan (Save Preset) untuk jaga - jaga bilamana Content Manager melakukan update atau error dan tiba - tiba kembali ke pengaturan default.
  7. Selesai. Silahkan coba buka kembali atau bermain di sirkuit yang sebelumnya error dalam tampilan cuaca atau musim.

Pada contoh saya, saya membuka kembali sirkuit Silverstone (mempunyai musim bersalju/winter) dengan cuaca Clear (cerah). Pada pengalaman saya, cuaca sudah sesuai dengan pengaturan yang saya inginkan, tidak lagi mengikuti cuaca di tempat aslinya.

Game Assetto Corsa masih banyak peminat

Walaupun game Assetto Corsa sudah termasuk kedalam game lawas (dirilis Desember, 2019), namun sampai saat ini masih banyak pemainnya termasuk saya sendiri. Walaupun sudah ada game penerus seperti Assetto Corsa Competizione, nampaknya game Assetto Corsa sendiri tetap memiliki tempat di hati penggemar game simulasi berkendara.

Salah satu alasan yang sangat terlihat kenapa game ini masih banyak penggemar adalah banyaknya developer yang masih membuat kontent atau mod untuk game Assetto Corsa ini. Selain developer perorangan, developer besar seperti RSS (RaceSimStudio) pun masih membuat banyak kontent berbayar untuk game AC ini salah satunya adalah mobil Formula 1 2022.

Selain itu, karena game ini sudah berumur, game AC ini dan juga termasuk konten - konten tambahannya sering menawarkan harga diskon yang besar, bahkan kadang sampai diskon 90% yang dimana sangat layak untuk dicoba. Dan masih banyak lagi alasan kenapa game Assetto Corsa ini masih banyak peminat, baik offline maupun online.

Semoga tulisan mengenai Solusi error cuaca tidak berubah di Assetto Corsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! Selamat Mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!