Beranda
Assetto Corsa
Automotive
Games
Tutorial
Cara Menghapus Konten Mobil di game Assetto Corsa
Cara Menghapus Konten Mobil di game Assetto Corsa

Berikut ini adalah cara menghapus konten mobil di game Assetto Corsa. Dengan tutorial ini Anda akan bisa menghapus konten atau file mobil yang telah diinstall di game AC (Assetto Corsa) sehingga anda mempunyai ruang penyimpanan yang ekstra, dan bisa juga menghilangkan error di game.

Mobil jarang dipakai? Ada versi yang lebih bagus? Force Feedback nya tidak jelas? Atau sering terjadi error saat menggunakan mobil tersebut? Silahkan coba hapus konten atau file mobil tersebut dari game, bisa jadi masalah anda akan hilang dengan menghapus file nya.

Sebelum melakukan penghapusan, pastikan Anda mempunyai backup atau file cadangan mobil yang Anda ingin hapus. Karena kalau terlanjur dihapus, tidak bisa dikembalikan lagi kecuali anda memiliki file mentahan atau file backup untuk di install ulang di game AC.

Cara ini hanya untuk pengguna game di PC ya, bukan untuk pemain yang menggunakan console seperti PlayStation atau XBOX.

Sebenarnya kita juga bisa menghapus file track atau sirkuit yang telah diinstall di game Assetto Corsa, namun karena didalam tutorial ini kita akan menggunakan aplikasi Content Manager dan menghapus file track harus menggunakan versi berbayar, maka kita kan bahas di tulisan yang terpisah. Untuk saat ini kita fokus ke cara menghapus file atau konten mobil dulu.

Cara Menghapus Konten Mobil di game Assetto Corsa

  1. Buka aplikasi "Content Manager" untuk Assetto Corsa. Jika anda belum menggunakan Content Manager, silahkan install terlebih dahulu aplikasi ini karena banyak sekali kegunaannya. Aplikasi ini gratis. Jika sudah install CM (Content Manager), silahkan lanjutkan ke langkah selanjutnya.
  2. Buka menu CONTENT. Lokasinya ada di bagian kanan-atas layar.
  3. Pilih CARS. Lokasinya berada di bagian kiri-atas layar. Jika berhasil daftar semua mobil yang telah diinstall akan muncul.
    Cara Menghapus Konten Mobil di game Assetto Corsa
  4. Cari dan pilih Mobil yang ingin dihapus. Pada contoh ini saya akan menghapus file mobil bernama APEX INDYCAR
  5. Klik tombol "Delete". Akan muncul popup "Are you sure want to move (car name) to the Recycle bin?", silahkan konfirmasi dengan menekan tombol "Yes".
    Cara Menghapus Konten Mobil di game Assetto Corsa

Setiap file mobil yang telah dihapus dari Content Manager akan tetap disimpan di halaman "Recycle bin" komputer. Jadi jika ingin benar - benar bersih dan meringankan ruang penyimpanan komputer, silahkan bersihkan juga bagian Recycle bin komputer anda.

Alasan kenapa saya menghapus konten atau file mobil dari game

  • Ada konten yang lebih bagus. Khusus untuk konten mobil Apex Indycar diatas yang saya hapus, alasan utama saya menghapusnya adalah karena saya sudah ada konten mobil yang lebih bagus yaitu VRC Formula North America 2021 (berbayar).
  • Jarang dipakai. Meskipun sebenarnya versi Apex itu gratis dan masih bisa digunakan, tetapi saya yakin konten tersebut kedepannya akan jarang dipakai jadi lebih baik dihapus saja karena akan memenuhi daftar saja. 
  • Ada versi terbaru. Versi Indycar dari Apex masih mengacu pada versi 2020 sedangkan versi VRC sudah mengacu pada Indycar 2021.
  • Menambah ruang penyimpanan kosong di PC. Ukuran file konten dari Apex Indycar juga cukup besar (total 1,5 Gb) jadinya lumayan kalau saya hapus bisa menambah ruang penyimpanan kosong di PC.
  • File sering error. Alasan lainnya yang juga mungkin bisa jadi pertimbangan adalah, kadang ada konten mobil yang memang jelek atau sering error. Jadi lebih baik dihapus saja. 
  • Force Feedback aneh dan tidak sesuai. Ada juga konten mobil yang force feedbacknya tidak sesuai atau aneh saat dikendarai, daripada dipaksakan lebih baik dihapus saja daripada bikin kesal saat dimainkan.
  • Menghilangkan error di game. Terkadang sebuah file yang rusak bisa mengakibatkan error di game. Jadi jika anda mengalami error saat bermain game Assetto Corsa, coba hapus konten yang baru saja anda install, bisa jadi itulah pemicunya.

Dan masih banyak alasan lainnya yang "mengharuskan" saya (atau Anda) menghapus file atau konten mobil dari game Assetto Corsa. Sebenarnya selain konten mobil, ada juga konten track atau sirkuit yang bisa menyebabkan alasan - alasan diatas, namun sepertinya perlu pembahasan yang terpisah.

Semoga tulisan mengenai cara menghapus konten mobil di game Assetto Corsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak! Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!