Beranda
Cellular
Finance
Internet
Tutorial
Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat Dengan Pulsa
Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat Dengan Pulsa

Berikut ini adalah cara perpanjang masa aktif kartu SIM Indosat dengan pulsa yang sudah kita miliki. Dengan cara ini kita tidak perlu lagi membeli pulsa untuk memperpanjang masa aktif tetapi kita bisa langsung menukar pulsa yang sudah kita miliki dengan masa aktif. Tutorial ini cocok untuk Anda yang jarang menggunakan HP tapi ingin kartu tetap aktif.

Cara perpanjang masa aktif kartu Indosat dengan pulsa sangat mudah, anda hanya perlu mengirim SMS ke 555 dengan format sesuai masa aktif yang ingin Anda beli. Contohnya jika anda ingin menambah masa aktif selama 14 hari maka Anda harus mengirim SMS AKTIF14 ke 555. Dengan biaya 5 ribu Anda akan mendapatkan perpanjangan masa aktif selama 14 hari.

Syarat utama untuk dapat menggunakan fasilitas perpanjangan masa aktif di kartu Indosat. Jika ingin menggunakan fitur atau fasilitas ini kartu Anda harus sudah aktif minimal 90 hari dan sisa pulsa setelah perpanjangan masa aktif minimal harus ada Rp 1000,-.

Tidak ada biaya tambahan apapun, pulsa Anda akan dipotong sesuai harga masa aktif dibawah (tabel masa aktif).

Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat Dengan Pulsa

  1. Periksa dan catat sisa pulsa dan masa aktif SEBELUM melakukan perpanjangan (*123#)
  2. Buka aplikasi SMS dan buat pesan baru.
  3. Ketik: "AKTIF30" (untuk masa aktif 30 hari dengan harga Rp 10.000,-). Keterangan lengkap mengenai daftar masa aktif yang bisa dibeli akan dijelaskan dibawah.
    Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat Dengan Pulsa
  4. Kirim ke: "555". Tunggu konfirmasi perpanjangan. Selesai
  5. Periksa kembali sisa pulsa dan masa aktif kartu SETELAH melakukan perpanjangan (*123#)
    Cara Perpanjang Masa Aktif Kartu Indosat Dengan Pulsa

Pastikan sisa pulsa berkurang sesuai tarif masa aktif yang Anda beli dan pastikan juga masa aktif kartu SIM Anda telah diperpanjang sesuai kode yang Anda gunakan.

Daftar Lengkap Masa Aktif yang Bisa Dibeli

Kode Masa Aktif Tarif
AKTIF3 3 Hari Rp. 2.000,-
AKTIF14 14 Hari Rp. 5.000,-
AKTIF30 30 Hari Rp. 10.000,-

Diatas adalah tabel kode, masa aktif, dan tarif dari setiap perpanjangan masa aktif nomor atau kartu yang disediakan oleh Indosat. Saya pribadi tidak tahu apakah ada kode lain atau masa aktif lain yang bisa dipilih tapi yang jelas 3 pilihan ini yang diberikan oleh pihak Indosat (IndosatCare) di Twitter saat sedang membahas tentang perpanjangan masa aktif dengan pulsa.

Bagaimana jika masa aktif tidak bertambah?

Jika belum ada perubahan setelah melakukan perpanjangan, saya sarankan Anda untuk menunggu dulu beberapa menit, kemudian periksa kembali. Jangan langsung mengirim SMS lagi untuk menghindari mengirim perintah double (2 kali).

Pastikan juga Anda memiliki sisa pulsa minimal Rp 1.000,- (seribu rupiah) setelah membeli masa aktif dengan pulsa diatas. Jadi jika Anda ingin membeli masa aktif dengan harga Rp. 10. 000,- pastikan Anda memiliki pulsa minimal Rp. 11.000,-.

Pastikan juga kartu Anda telah aktif minimal 90 hari sebelum Anda melakukan transaksi ini.

Jika masa aktif masih tidak bertambah dan sisa pulsa masih sama (tidak berkurang) silahkan ulangi cara diatas. Jika setelah mengirim ulang masih tidak bisa, jangan dipaksakan, saya sarankan Anda untuk menghubungi dulu CS Indosat di sosial media (gratis) bisa jadi ada masalah di nomor Anda atau ada masalah lain yang Anda tidak ketahui.

Apakah bisa memperpanjang masa aktif lebih dari 30 hari atau sampai tahunan?

Bisa. Tidak ada batasan maksimal berapa kali Anda boleh melakukan perpanjangan masa aktif dengan pulsa. Jika Anda ingin memperpanjang masa aktif sampai 2 bulan (60 hari) Anda hanya perlu mengirim SMS 2 kali kode "AKTIF30" ke 555. Begitupun kelipatannya.

Sayangnya tidak ada kode atau tarif yang lebih murah dari masa aktif 30 hari jadi jika Anda ingin memperpanjang hingga 1 tahun berarti Anda harus menggunakan kode masa aktif 30 hari sebanyak 12 kali. Dengan begitu Anda harus menyediakan pulsa sebesar Rp 120.000,- untuk perpanjangan 1 tahun masa aktif.

Mohon diinformasikan kepada kami melalui kolom komentar jika tweet atau postingan Indosat Care diatas tidak muncul atau bermasalah.

Apakah membeli masa aktif saja lebih worth it daripada membeli pulsa sekalian perpanjangan?

Tergantung kebutuhan. Contohnya, saya saat ini tidak terlalu sering menggunakan pulsa di HP untuk melakukan panggilan dan untuk akses internet saya menggunakan WiFi yang Ada di rumah. Jadi pulsa yang ada di kartu Indosat saya jarang sekali digunakan.

Jadi daripada membeli pulsa Rp 20.000,- untuk 30 hari, sekarang saya bisa lebih hemat karena dari pulsa yang dibeli tersebut saya bisa gunakan kembali untuk perpanjang masa aktif kartu hingga 60 hari.

Masih rugi sih sebenarnya, tapi sayangnya tidak ada pilihan lain yang lebih murah. Saya masih membutuhkan nomor kartu nya selalu aktif untuk beberapa hal yang penting seperti konfirmasi transaksi perbankan, konfirmasi email dan akun - akun penting lainnya yang membutuhkan nomor HP yang aktif.

Semoga tutorial atau pembahasan mengenai cara memperpanjang masa aktif kartu Indosat dengan pulsa ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!