Beranda
Assetto Corsa
Automotive
Games
Spek Minimal PC untuk main Assetto Corsa Competizione
Spek Minimal PC untuk main Assetto Corsa Competizione

Berikut ini adalah spek minimal PC untuk main game Assetto Corsa Competizione. Berapakah minimal RAM untuk main game ACC? Berapakah total penyimpanan yang diperlukan untuk game ACC? Berikut ini keterangan lengkap mengenai spesifikasi minimum untuk main game ACC di PC.

Secara singkat minimal spek untuk game ACC adalah PC Windows dengan intel core i5-4460 atau AMD FX-8120, RAM 4GB, VGA GTX 750 4GB atau Radeon RX 460 4GB. Juga sediakan tempat penyimpanan minimal sebesar 50GB untuk menyimpan game ini.

Bagi anda yang belum tahu, game Assetto Corsa Competizione ini dirilis pada tanggal 29 Mei 2019. Walaupun game ini lebih sudah berumur lebih dari 3 tahun, sampai saat ini masih menjadi game 'panutan' dan selalu masuk kedalam top 5 racing simulator diantara para sim racer. Sebut saja Jimmy Broadbent, Boosted Media, Jardier, James Baldwin, dll.

Spek Minimal PC untuk main Assetto Corsa Competizione

Spesifikasi MINIMUM:

  • Requires a 64-bit processor and operating system
  • OS: Windows 10 x64 20H2 (October 2020 Update)
  • Processor: Intel Core i5-4460 or AMD FX-8120
  • Memory: 4 GB RAM
  • Graphics: GeForce GTX 750 4GB, Radeon RX 460 4GB
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 50 GB available space
  • Sound Card: Integrated

Spesifikasi yang DIREKOMENDASIKAN:

  • Requires a 64-bit processor and operating system
  • OS: Windows 10 x64 - 21H2
  • Processor: Intel Core i5-8600K or AMD Ryzen 5 2600X
  • Memory: 16 GB RAM
  • Graphics: GeForce GTX 1070 8 GB, Radeon RX 580 8GB
  • DirectX: Version 11
  • Storage: 50 GB available space
  • Sound Card: Integrated

Apakah main game ACC harus menggunakan Steering Wheel?

Tidak. Bagi anda yang tidak/belum memiliki steering wheel (setir/kemudi) tidak usah khawatir, game ini juga bisa dimainkan dengan stik kontroller seperti XBOX controller, Playstation, dll. Yang penting bisa terhubung dengan PC.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan keyboard dan mouse yang tentunya pasti dimiliki oleh setiap pengguna PC. Namun jika anda ingin mendapatkan pengalaman bermain mobil balap, maka sangat disarankan untuk mencobanya menggunakan steering wheel.

Ada banyak pilihan steering wheel yang tersedia di toko online, mulai dari ratusan ribu hingga puluhan juta. Namun jika anda ingin membeli steering wheel, pastikan produk nya memiliki fitur FFB (Force Feedback). Fitur FFB memberikan feeling kepada pemain seakan - akan membawa mobil sesungguhnya.

Game ACC sudah tersedia di PlayStation Store

Pada bulan Februari 2022, Game Assetto Corsa Competizione sudah tersedia di PlayStation Store dan siap untuk dimainkan (dibeli). Jika anda menggunakan consol Playstation 4/5, apalagi PS5, anda tidak perlu mengkhawatirkan batas minimal spek karena tim ACC dan PS5 tentunya sudah menyesuaikan game agar bisa berjalan di consol PlayStation.

Namun ada sedikit kekurangan jika anda bermain dengan Playstation, terkadang "tim consol" selalu mendapatkan update terakhir, setelah PC. Kadang para pemain ACC di PS merasa menjadi anak tiri karena proses update yang tidak secepat "tim PC".

Selain hal diatas, game ACC ini sangat cocok dimainkan di consol mana saja. Karena base game nya sudah begitu "mewah" baik dari tampilan maupun performa ke steering wheel. Jadi main lawan komputer (AI) pun sudah cukup menyenangkan.

Jangan beli di harga normal, tunggu diskon!

Seperti yang selalu saya sarankan, apalagi untuk game yang sudah lebih dari 1 tahun rilis, selalu beli di harga diskon. Umumnya game - game yang sudah "berumur" selalu memberikan diskon besar (hingga 80%) di beberapa kesempatan, setidaknya satu bulan sekali akan ada waktu diskon atau sale.

Untuk game ACC ini biasanya ada diskon di akhir bulan dan di hari - hari besar seperti tahun baru, hari kemerdekaan, libur musim panas (summer sale), dll. Karena bukan hanya diskon untuk base game, tetapi diskon diberikan juga untuk konten add-on atau DLC.

Jadi jika anda berencana untuk memborong game ACC beserta DLC nya, saya sarankan menunggu harga turun atau diskon karena anda bisa menghemat sampai dengan 80 persen. Lumayan kan, uang sisa pembeliannya anda bisa tabungkan atau mungkin beli game lainnya yang sedang diskon juga. hehe

Apakah bisa menggunakan PC/laptop berbasis macOS?

Berdasarkan pantauan kami, saat ini masih tidak ada keterangan game ACC bisa bekerja di laptop/PC berbasis macOS, jadi sepertinya hanya bisa dimainkan di PC berbasih Windows dan consol game saja.

Sebenarnya di macOS anda bisa menginstall OS Windows namun sepertinya akan selalu merepotkan karena anda harus selalu berpindah OS antara macOS dan Windows. Solusi lainnya anda bisa membeli satu lagi laptop Windows, dan memisahkan device untuk bekerja dan untuk bermain game. hehe

Apakah bisa bermain game ACC secara offline?

Bisa. Game ACC sendiri menyediakan fitur balapan secara online melawan AI (komputer). Saya pribadi pun lebih sering balapan secara offline melawan AI dengan beberapa kostumisasi sesuai keinginan sendiri. Bermain online terkadang mendapatkan lawan yang "aneh" atau terlalu cepat. Hehe Jadi sepertinya balap offline adalah comfort zone untuk saya pribadi.

Namun, untuk instalasi awal game kita tetap diharuskan memiliki koneksi internet. Selain untuk membeli game dan download file installasi nya, kita juga hars melakukan aktivasi game agar selalu mendapatkan game update (jika ada yang baru).

Perlu diingat, meskipun kita bermain melawan AI poin driver seperti SA (Safety Rating), dan poin - poin lainnya akan selalu dihitung. Jadi tetap berhati - hati walaupun melawan AI tetap akan berpengaruh ke driver rating untuk bermain online.

Semoga tulisan mengenai spek minimal PC untuk main game Assetto Corsa Competizione ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Tetaplah menjadi pengguna yang bijak!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!