Review RaceRoom Racing Experience: Game Balap Mobil Paling Underrated

Rindi Putra
0 Komentar
Beranda
Automotive
Games
Review
Review RaceRoom Racing Experience: Game Balap Mobil Paling Underrated
Review RaceRoom Racing Experience: Game Balap Mobil Paling Underrated

Saya sudah coba Assetto Corsa, Assetto Corsa Competizione, rFactor 2, dan Automobilista, Tapi game RaceRoom ini adalah game sim racing pertama yang saya buat review nya karena game ini sangat layak untuk mendapat gelar game balap mobil paling underrated. Berikut ini adalah review RaceRoom Racing Experience, game balap mobil paling underrated.

Kenapa bisa paling underrated? Game Racearoom ini mempunyai kualitas yang setara (atau paling tidak mendekati) dengan game - game sejenis yang jauh lebih terkenal dan punya pemain yang jauh lebih banyak. Maka dari itu banyak gamer, termasuk saya, yang setuju bahwa RaceRoom adalah game balap mobil paling underrated.

KW Studios selaku pengembang RaceRoom sudah membuat game simulator yang sudah teruji selama lebih dari 10 tahun. Terbukti bahwa game yang dirilis tahun 2013 ini sampai sekarang masih enak untuk dimainkan.

Game Utama Gratis! (Free-to-play)

Dari semua game balap simulator yang pernah saya coba, hanya game Raceroom yang memberikan base game secara gratis dan tidak ada batasan waktu. Anda bisa melakukan test drive sebentar dan jika tidak suka bisa langsung hapus atau uninstall tanpa harus bayar apapun.

Selain gratis, game ini juga sudah mendukung VR (Virtual Reality). Jadi jika teman - teman ingin mencoba game VR balapan yang gratis, bisa mencobanya di game RaceRoom ini.

Anda hanya perlu koneksi internet untuk download dan install game untuk pertama kali melalui Steam di PC. Setelah itu Anda bisa test drive dan coba semua konten yang gratis yang ada di game sepuasnya karena tidak ada batasan waktu.

Di game utama, Anda akan mendapatkan beberapa mobil gratis dan juga sirkuit untuk dipakai sepuasnya. Untuk detail dan daftar lengkap mobil dan sirkuit gratis di game RaceRoom silahkan buka artikel ini.

Masih Terus Mendapatkan Update

Game Assetto Corsa mungkin masih menjadi game yang banyak pilihan kontennya karena banyak modder atau pihak ketiga yang masih aktif membuat konten untuk game ini. Namun sebagus - bagus nya mod, game AC (Assetto Corsa) tidak akan mendapatkan perbaikan apapun dari sisi game utama karena pihak pengembang sudah mengkonfirmasi bahwa game AC tidak akan lagi mendapat perbaikan setelah update terakhir di tanggal 25 April 2018.

Berbeda dengan game AC, RaceRoom sampai saat ini (2023) masih terus mendapatkan update. Padahal game RaceRoom dirilis lebih dulu dari game AC. RaceRoom dirilis tanggal 12 Februari 2013, sendangkan AC dirilis tanggal 19 Desember 2014.

Jadi masih ada kemungkinan untuk RaceRoom memperbaiki game nya dan mengejar ketertinggalan dari game lainnya yang sudah jauh lebih terkenal. Bahkan menurut saya game RaceRoom ini sudah mendekati game rFactor 2 dari sisi variasi konten dan ForceFeedback.

Force Feedback sangat bisa diterima. Could be better but no complain!

Salah satu faktor utama yang sering dikeluhkan oleh para pemain simulator mobil adalah kualitas Force Feedback (FFB). Sebagus apapun kualitas visual dari sebuah game balap mobil, jika Force Feedbacknya buruk, pasti akan ditinggalkan oleh para pemain, terutama pemain yang menggunakan steering wheel.

Saat pertama kali saya mencoba balapan di game RaceRoom, hal yang paling dirasakan dari Force Feedback nya adalah keseimbangan. Mungkin dari sisi detail belum seperti game ACC, rFactor 2, atau iRacing namun karena kesederhanaan itu membuat saya langsung nyaman saat balapan.

Tidak ada kekosongan di Force Feedback, bahkan saat di track lurus pun saya masih bisa merasakan aspal sehingga membuat saya merasa tetap in-control mobil yang saya gunakan.

Jika di urut, posisi kualitas FFB RaceRoom berada diatas game Assetto Corsa dan dibawah game rFactor 2. Mungkin masih jauh untuk mengejar ke level ACC tapi jika diberi waktu dan para developer mengerjakannya secara serius, bukan tidak mungkin akan menyamainya dalam beberapa tahun kedepan.

Pilihan Mobil dan sirkuit sangat beragam dan terlisensi official

Review RaceRoom Racing Experience: Game Balap Mobil Paling Underrated

Hampir semua brand mobil yang ikut kompetisi ada di RaceRoom dan semuanya mendapat lisensi resmi. Audi, BMW, Mercedes, Ferrari, Ford, Porsche, McLaren, KTM, Praga, Chevrolet, Cupra, dll. Walaupun tidak mendapat linsensi mobil Formula 1, RaceRoom tetap menyediakan mobil Formula dengan spesifikasi yang sama dengan F1, F2, F3 dan F4.

Selain lisensi dari setiap brand, Raceroom juga mempunyai lisensi dari berbagai macam kompetisi balapan internasional dan regional seperti ADAC, DTM, WTCC, WTCR, dll. Anda bisa mengadakan kompetisi Anda sendiri berdasarkan jenis kompetisi yang Ada.

Setiap add-on mobil premium dibanderol rata - rata seharga 3 Euro. Harga ini masih bisa diterima jika dibandingkan dengan harga mobil di game - game lain yang bahkan bisa sampai lebih dari 10 Dollar untuk satu buah mobil.

Selain banyak jenis mobil, RaceRoom juga mempunyai banyak jenis sirkuit. Mengikuti konten mobil yang tersedia, RaceRoom juga menyediakan sirkuit - sirkuit yang digunakan untuk membalap di setiap seri balapan.

Mulai dari sirkuit internasional sampai sirkuit lokal semua ada. Beberapa sirkuit terkenal yang tersedia di game RaceRoom ada Daytona International Speedway, Dubai Autodromo, Indianapolis Motor Speedway, Monza, Nordschleife, Nurburgring, Paul Ricard, Spa-Francorchamps, Suzuka, Laguna Seca, Sepang, Bathurst, Brands Hatch, Zolder, Donington Park, dll.

Sayangnya, untuk sirkuit gratis hanya ada 4, sisanya Anda harus membeli dengan harga antara 3 - 5 Euro untuk 1 sirkuit. Harga ini juga masih bisa diterima apalagi jika Anda membeli paket sirkuit karena akan mendapatkan diskon yang cukup besar.

Untuk melihat daftar lengkap mobil dan sirkuit gratis di game RaceRoom silahkan buka link ini.

Kualitas Audio cukup

Agak sulit untuk menilai Audio karena tidak hanya bisa dirasakan namun saat saya bermain di game Raceroom ini semua audio khususnya suara mesin mobil dan efek lainnya lumayan enak didengar. Dan entah kenapa saya sangat suka dengan efek suara angin saat mobil melaju kencang. Walaupun anginnya tidak terasa langsung tetapi dengan adanya tambahan efek itu, membawa mobil serasa lebih realistis.

Dari beberapa aspek audio mungkin masih banyak yang perlu diperbaiki tetapi saat saya mencobanya saya tidak memliki masalah apapun. Kecuali ada perubahan drastis di sistem audio dari pengembang, saya rasa sudah cukup untuk saat ini.

Tampilan Menu User Friendly

Walaupun rFactor 2 telah mendapatkan perombakan di sisi tampilan menu tetap saja tidak lebih baik dari RaceRoom. Tampilan menu di RaceRoom sangat mudah untuk dimengerti, terutama saat memilih mobil karena bisa dengan mudah menggunakan fitur pencarian dan juga sudah dikelompokan berdasarkan kelas atau kompetisi yang diikuti oleh mobil - mobil tersebut.

Saat memilih mobil juga lebih mudah karena setiap mobil diperlihatkan gambarnya dan juga livery yang bisa dipilih.

Balap Online Masih Ribet

Cukup membahas kelebihan, sekarang kita membahas kekurangan dari game RaceRoom Racing Experience yang underrated ini.

Salah satu kekurangan yang langsung saya rasakan dari game ini adalah akses ke balapan online yang lumayan susah. Selain jumlah pemain yang tidak sebanyak game lain, untuk pemain baru juga mempunyai hambatan khusus yaitu rating system.

Jadi hanya sedikit lobby yang bisa diikuti karena keterbatasan akses untuk pemain baru. Di sisi lain sebenarnya sistem rank ini sangat baik untuk membatasi pemain curang atau dirty driver tetapi megurangi jumlah lobby yang bisa diikuti oleh para pemula.

Sirkuit Gratis Sedikit

Berbeda dengan jenis mobil gratis yang banyak bisa dipilih, sirkuit gratis di Raceroom hanya sedikit, yaitu hanya ada 4 lebih tepatnya. Selain 4 sirkuit ini, Anda harus membeli sirkuit tambahan untuk merasakan berbagai macam sirkuit yang tersedia.

Semoga kedepannya lebih banyak sirkuit gratis yang bisa digunakan atau membuat harga sirkuit jadi lebih murah.

Kualitas Gambar Agak Kurang

Karena kemampuan PC saya terbatas, jadi saya akan menilai dari beberapa video di YouTube yang bermain Raceroom dengan max graphics atau dengan kualitas 4k. Dari beberapa video di YouTube terlihat kualitas gambar atau visual game ini masih tertinggal dari game sim racing yang lain.

Mulai dari tekstur, pencahayaan, kualitas mobil sampai tampilan environment masih belum dimaksimalkan. Semoga kedepannya kualitas gambar di game RaceRoom ini bisa lebih baik agar kita bisa bermain lebih nyaman.

Tidak bisa menambah content dari pihak ke tiga

Berbeda dengan game Assetto Corsa, game RaceRoom tidak bisa menggunakan mod atau menambahkan konten baru seperti mobil atau sirkuit dari pihak ketiga. Sehingga untuk konten terbaru atau fitur tambahan harus menunggu pembaruan dari KW Studios selaku pihak pengembang.

Meskipun begitu Anda bisa merubah tampilan HUD seperti pedal input, temperature ban, dll dengan mod dari OtterHUD.

Secara umum game RaceRoom ini sangat layak untuk dicoba apalagi game ini gratis jadi bisa dicoba kapan saja dan dihapus kapan saja. Selain itu game ini mempunyai potensi yang sangat besar, minimal bisa menyamai game rFactor 2 atau bahkan bisa menyusul Assetto Corsa Competizione dari banyak aspek. Semoga para developer terus berinovasi dan memperbaiki game ini secara rutin.

Semoga review game RaceRoom Racing Experience ini bermanfaat. Jika ada pertanyaan silahkan simpan di kolom komentar dibawah seperti biasa. Selamat mencoba!

Baca juga:

Penulis blog

Rindi Putra
Rindi Putra
Graphic Designer & Technology Junkie Graduated with 'International Trade Management' Major | 2 Years of Professional career on International Shipping Company & 3 Years career on Local Fashion Brand Company | 10 Years (and still counting) as Digital content creator. Feel free to connect with me on Social Media Twitter/Instagram: @rindiputra

Tidak ada komentar

Mohon maaf komentar Anda tidak akan langsung muncul karena ada proses moderasi. Terpaksa harus dilakukan untuk menyaring komentar spam yang merugikan banyak pihak. Terima kasih atas pengertiannya. Selamat membaca!